Minggu, 20 Mei 2018 17:24
  • Home
  • Politik
  • Pemkab Labuhanbatu Gandeng Pengusaha Bangun Taman Kota

Pemkab Labuhanbatu Gandeng Pengusaha Bangun Taman Kota

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Rabu, 07 Feb 2018 14:27
Dok
Pembongkaran 11 pintu ruko di eks Pasar Baru
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bekerja sama dengan pengusaha akan membangun Taman Budaya Ika Bina En Pabolo di kompleks eks Pasar Baru Jalan Diponegoro Rantauprapat yang diawali dengan pembongkaran 11 unit Ruko.

Plt. Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM, Rabu (7/2) pagi di sela-sela pembongkaran 11 ruko itu mengutarakan, "Kegiatan kita hari ini adalah penghancuran atau pembongkaran 11 unit ruko eks Pasar Baru Rantauprapat yang tujuannya adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan eks Pasar Baru Rantauprapat."

"Karena kita ketahui bersama, sejak pindahnya pedagang-pedagang Pasar Baru ke Pasar Gelugur di Jalan Diponegoro, ini seperti ditinggalkan sehingga ruko-ruko yang ada ini sejak kepemimpinan Pak Tigor sudah tertinggal begitu saja dan menjadikan Jalan Diponegoro ini atau Rantauprapat menjadi kumuh, jorok bahkan kalau malam hari dijadikan tempat-tempat maksiat, bahkan kita khawatirkan menjadi tempat persembunyian untuk pelaku-pelaku kriminal oleh karena itu kita manfaatkan dan optimalisirkan aset ini dengan rencana Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk membangun Taman Budaya dan Ruang Terbuka Hijau yang dilengkapi dengan villa atau cottege yang bernuansa etnis," terangnya.

Dijelaskannya, untuk pembangunannya diharapkan dari dana CSR masing-masing perusahaan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, dalam hal ini pihak perusahaan sudah ada kata mupakat dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk mendukung pembangunan Taman Budaya Ika Bina En Pabolo ini melalui dana CSR Perusahaan.



"Pemkab Labuhanbatu sudah berkoordinasi dengan seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten ini untuk membangun eks Pasar Baru melalui dana CSR. Pemkab Labuhanbatu tidak menerima dana atau uang kontan untuk membangun ini dari perusahaan, tetapi pihak perusahaan lah yang membangun sarana dan pasilitasnya," jelas Ahmad Muflih.

Diharapkan nanti Taman Budaya atau Ruang Terbuka Hijau ini menjadi ikonnya Kota Rantauprapat, dan ini adalah pembangunan yang luar biasa untuk menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi Rantauprapat. "Agar pembangunan ini berhasil tentu diharapkan dukungan semua pihak termasuk unsur Forkopinda, pihak perusahaan dan OPD serta warga masyarakat untuk memberikan doa restu agar rencana pembangunan ini dapat dilaksanakan dengan baik," ungkap Ahmad.

Di tempat yang sama, Ir. Fachrul Hamta Marpaung Wakil Direktur CV. Dwitama Consultant selaku Konsultan Perencana dalam pembangunan Taman Budaya ini menjelaskan, "Rencananya di lokasi eks Pasar Baru yang luasnya lebih kurang 2 Ha ini akan dibangun 'Taman Budaya Ika Bina En Pabolo Labuhanbatu', sedangkan isi dari Taman Budaya itu sendiri nantinya terdapat beberapa bangunan 12 etnis yang ada di Labuhanbatu berikut dengan bangunan-bangunan pendukung lainnya."

"Di lokasi eks Pasar Baru ini nanti akan dibangun juga open stage, musholla, bangunan toilet, perpustakaan, ada juga joging track, plaza, sarana olahraga, cafetaria, kantin, klinik, pusat IT dan beberapa bangunan edukasi lainnya", jelas Fachrul Hamta Marpaung.

Lebih lanjut dijelaskannya, "Menyangkut kepada sebutan taman, disini juga ada RTH (Ruang Terbuka Hijau) di dalamnya, nanti juga akan ada ditanam buah-buahan identik dengan Kabupaten, misalnya Kuini, Mangga dan yang lainnya, kemudian juga ditanam tanaman hutan, pohon-pohon hutan seperti kayu marbau, meranti dan ulim, kayu-kayu keras seperti itu akan ditanam, karena itu juga bagian dari edukasi atau pertaniannya."

"Aktivitas di Taman Budaya ini setiap hari, artinya dari Pukul 09.00 s/d 22.00 Wib, seperti perpustakaan umum, pusat permainan anak-anak, cafetaria, kemudian edukasi budaya itulah bangunan-bangunan etnis. Pada konsepnya semua ada di dalam Taman Budaya ini seperti edukasi pariwisata, taman bermain sarana olahraga dan jajanan, semua ada terangkum dalam lokasi ini," jelas konsultan muda ini.

Tampak di lokasi, pembongkaran 11 pintu ruko di eks Pasar Baru ini dikomando Plt. Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM bersama Asisten Adm Pemerintahan, Asisten Adm Umum, Kepala OPD terkait dan Camat Rantau Utara, dan Pemkab Labuhanbatu juga menurunkan puluhan anggota Satpol PP dan BPBD serta aparat Dinas Perhubungan maupun PLN.

Editor: Tommy

T#g:CSRLabuhanbatu
Berita Terkait
  • Minggu, 22 Apr 2018 11:22

    Innalillahi... Jenazah Wakapolres Labuhanbatu Ditemukan Berpakaian Dinas Lengkap

    Setelah hilang selama beberapa jam pasca kecelakaan laut, akhirnya Wakapolres Labuhan Batu, Kompol Andi Chandra, ditemukan telah meninggal dunia.

  • Rabu, 11 Apr 2018 06:11

    PTPN III (Persero) Beri Penghargaan pada Mitra Binaan

    'BUMN Hadir Untuk Negeri' tidak hanya menjadi slogan bagi PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Hal ini terbukti dengan program program peduli masyarakat dan lingkungan yang terus diseleng

  • Sabtu, 07 Apr 2018 21:37

    Gubernur Serahkan Bantuan CSR Untuk HKI Di Tarutung

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan dana bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut kepada Huria Kristen Indonesia (HKI) Daerah II Silindung-Pangaribuan, Tarutung, Kabupaten Tapanu

  • Rabu, 14 Mar 2018 18:34

    Wakil Bupati, Kerja Ihklas Untuk Labuhanbatu Sejahtera

    Wakil Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT, yang saat ini juga sebagai ketua Golkar dan Ketua MPC Pemuda Pancasila Labuhanbatu adalah  tokoh muda yang sangat bersahaja dan ramah,

  • Selasa, 06 Mar 2018 14:16

    Curhatan Pedagang Tradisional Rantau Prapat ke Bang Ijeck, Ada Soal Rentenir

    Selasa (6/3/2018) pagi, Calon Wagub Sumut Musa Rajekshah mengunjungi Pasar Glugur Rantau Prapat, Labuhanbatu.Sejumlah pedagang mengungkap unek-unek kepadanya, di antaranya soal penataan pasar hingga p

  • Sabtu, 03 Mar 2018 18:23

    Pemkab Labuhanbatu Bentuk Tim Pencegahan Narkoba

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu membentuk tim pencegahan narkotika dan obat berbahaya atau narkoba untuk pencegahan dan pemeberantasan di daerah.Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Rabu (28/2), dala

  • Kamis, 22 Feb 2018 17:32

    Debit Air Naik, Teras Rumah Warga Talsim-Labuhanbatu Ambruk

    Teras Rumah Kabang (41), warga lingkungan Talsim kelurahan Sirandorung kecamatan Rantau Utara Labuhanbatu, ambruk akibat hantaman air disertai potongan balok dan sampah Rabu (21/2/18), malam.Amatan wa

  • Senin, 19 Feb 2018 22:19

    SEVP SDM & Umum PTPN III Resmikan Open Stage Toga Sinaga

    Senior Executive Vice Presiden Bidang SDM & Umum PTPN III, Ahmad Gusmar Harahap meresmikan Open Stage Toga Sinaga dimana Open Stage ini merupakan bantuan Program Bina Lingkungan PTPN III (Persero)

  • Minggu, 18 Feb 2018 20:18

    Penderita Tumor Ganas Butuh Perhatian Pemerintah

    Sudirman (52) warga Dusun Siluman A Desa Tebing Linggaraha Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, penderita tumor ganas yang butuh perhatian pihak dermawan, untuk pembiayaan perobatannya. Khususnya, kepe

  • Kamis, 15 Feb 2018 06:38

    DPD BKPRMI Labuhanbatu Gelar Dakwah On The Road Show

    Dewan pimpinan daerah (DPD) BKPRMI Kabupaten Labuhanbatu melakukan kegiatan Dakwah on the road show dengan tema Tolak valentine dan kawal ulama yang  di ikuti oleh adik-adik Remaja Masjid di tiga

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak