Senin, 18 Jun 2018 05:04
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Politik
  • Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Menhan Australia

Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Menhan Australia

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 07 Jun 2018 12:07
Puspen TNI
Selamat Puasa Paluta
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Australia H.E. Senator Marise Payne di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyampaikan ucapan selamat datang dan menyampaikan bahwa kedatangan Menhan Australia ke Indonesia adalah suatu kehormatan bagi Panglima TNI serta seluruh prajurit TNI dimanapun berada dan bertugas.

Pada pertemuan ini Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan selamat kepada H.E. Mr. Gary Quinlan atas diangkatnya sebagai Duta Besar Australia di Indonesia yang baru. Dalam pertemuan tersebut Panglima TNI  juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi Angkatan Bersenjata Australia dalam latihan multilateral Komodo yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Dalam pertemuan ini Panglima TNI menyampaikan bahwa kerjasama Indonesa-Australia dalam bidang militer dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, khususnya pada bidang pendidikan militer melalui pertukaran Taruna dari masing-masing Akademi Angkatan.

Lebih lanjut terkait ancaman terorisme, Panglima TNI menuturkan bahwa dalam penanganan terorisme diperlukan kerjasama yang erat dan pertukaran informasi intelejen. "Saat ini terorisme mencoba  manfaatkan kemajuan teknologi IT dan kebebasan berpendapat untuk dapat menyebarkan pengaruh kuat idealisme terorisme seperti ISIS, Kelompok JAD dan JI", ucapnya.

Terkait terorisme Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menyampaikan bahwa selesainya Undang-Undang Terorisme oleh pemerintah Indonesia, dapat memberikan ketegasan dalam pemberantasan terorisme. "Dengan Undang-Undang terorisme yang baru dapat dilakukan pencegahan sebelum terjadi aksi teror dan TNI dapat dilibatkan dalam menghadapi aksi teror", ujarnya.    

Pada kesempatan yang sama Menhan Australia H.E. Senator Marise Payne mengucapkan selamat atas di angkatnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Selain itu Menhan Australia juga menyampaikan bahwa sebentar lagi akan ada pergantian Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia. "Saya berharap pergantian tersebut juga akan memberikan kesempatan kepada Pangab Australia yang baru dan para pejabat Angkatan Bersenjata Australia untuk dapat berinteraksi dengan Panglima TNI", ujarnya.

Menhan Australia juga menuturkan bahwa, kerjasama militer antara pasukan khusus Indonesia-Australia telah masuk pada tahun ke-25, bahkan program kerjasama Indonesia-Australia telah mencapai pada tahun ke-50. "Kerjasama tersebut menggambarkan hubungan yang kuat dan konsisten antara Indonesia dan Australia", kata Menhan Australia.

Dalam pertemuan ini, H.E. Senator Marise Payne menyampaikan bahwa pertukaran antar Taruna kedua Angkatan Bersenjata sangat baik dalam rangka memberikan pelajaran dan pengalaman dari usia yang masih sangat muda.

Selanjutnya terkait terorisme Menhan Australia menyampaikan bahwa Australia sangat setuju sekali pendapat Panglima TNI mengenai ancaman terorisme yang semakin intens. "Saya sangat berharap bahwa Panglima TNI dan juga Pangab Australia mendatang dan Menhan Indonesia Ryamizard Ryacudu dapat mengembangkan kerjasama di dalam menghadapi terorisme tersebut", katanya.

Dalam pertemuan tersebut Panglima TNI didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han).

Turut hadir mendampingi Menhan Australia yaitu Dubes Australia untuk Indonesia H.E. Mr. Gary Quinlan, Plt. Asisten Sekretaris I Kebijakan Internasional Mr. Stephen Robert Moore dan Athan Australia di Jakarta Commander Robert Plath.

Editor: Erickson

T#g:Australia
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Mei 2018 09:11

    Kepala Bakamla RI Temui Komandan ABF, Bahas Tingkatkan Kerja Sama

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., melakukan kunjungan kerja ke Australian Border Force (ABF) dalam rangka membahas peningkatan kerja sama keamanan maritim, Canberra, Australia, kemarin (9/5/2018).

  • Kamis, 19 Apr 2018 02:19

    Aslog Panglima TNI Pimpin Delegasi TNI Dalam Pertemuan JLSC dengan ADF di Australia

    Aslog Panglima TNI Laksamana Muda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M memimpin delegasi TNI dalam pertemuan Sub Komite Logistik Gabungan atau Joint Logistics Sub Committee (JLSC) antara TNI dan Angkatan Ber

  • Minggu, 18 Mar 2018 17:38

    Jokowi Sampaikan 3 Poin Usulan Kerjasama ASEAN-Australia di Samudra Hindia

    Kerja sama ASEAN-Australia selama 44 tahun terakhir telah berkontribusi membangun ekosistem kawasan Asia Tenggara yang damai, stabil, dan sejahtera. Untuk itu, selain menguatkan kerja sama di Samudra

  • Jumat, 16 Mar 2018 10:56

    Gubernur Sumut Jajaki Kerjasama Dengan Australia

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bertemu Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne, Australia, Rabu (14/3/2018).Pe

  • Kamis, 16 Nov 2017 08:16

    Panglima TNI: Ausindo HLC Refleksi Kerja Sama antara TNI dan ADF

    Australia-Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC) merefleksikan tonggak yang kokoh dalam hubungan dan kerja sama antara TNI dan Australia Defense Force (ADF) di satu pihak dan hubungan bilateral

  • Sabtu, 11 Nov 2017 19:31

    Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Australia di Viet Nam

    Mengawali kegiatan hari kedua berada di Da Nang, Viet Nam, Sabtu, (11/11/2017), Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Furama Resort Da Nang

  • Senin, 28 Agu 2017 09:28

    Kapal Bakamla Latihan Bersama dengan ABFC Thaiyak

    Kapal Bakamla RI KN Ular Laut 4805 melakukan latihan bersama dengan Kapal Australia ABFC Thaiyak dalam Patroli Terkoordinasi Shearwater IV di laut Arafuru, Minggu (27/8/2017).

  • Sabtu, 12 Agu 2017 13:02

    Indonesia dinilai belum manfaatkan teknologi untuk produksi garam

    Susan Herawati, Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menilai impor garam yang setiap tahun dilakukan untuk mengatasi kelangkaan stok merupakan dampak dari tidak serius I

  • Selasa, 25 Jul 2017 20:05

    15 Perwira Siswa Australia kunjungi Mabes TNI

    Sebanyak 15 Perwira Siswa Center For Defence Strategic Studies (CDSS) Australia, terdiri dari 13 Delegasi CDSS, 1 (satu) personel Atase Udara dan 1 (satu) personel Asisten Atase Udara, yang dipimpin o

  • Selasa, 04 Jul 2017 15:44

    Internasionalisasi Kasus Biak Berdarah, Berhasilkah?

    Peristiwa "Biak Berdarah" atau dikenal dengan peristiwa Tower terjadi pada 6 Juli 1998.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak