Sabtu, 19 Agu 2017 10:44
  • Home
  • Politik
  • Panglima TNI : Program Pembangunan TIK Dukung Tugas TNI di Perbatasan dan Pulau Terluar

Panglima TNI : Program Pembangunan TIK Dukung Tugas TNI di Perbatasan dan Pulau Terluar

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Selasa, 01 Agu 2017 08:51
Dibaca: 835 kali
Puspen TNI
Video conference di Mabes TNI, Cilangkap

TNI saat ini sedang merencanakan dan melaksanakan pembangunan pangkalan-pangkalan baru di wilayah terpencil, perbatasan dan pulau terluar. Program pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Kementerian Kominfo RI sangat membantu dan mendukung tugas pokok TNI di daerah-daerah tersebut.
 
Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat melaksanakan video conference di Mabes TNI, Cilangkap dengan Menteri Kominfo RI Rudiantara yang berada di Pulau Miangas, Sulawesi Utara, Senin (31/7/2017).
 
Melalui video conference, Panglima TNI mengatakan bahwa TNI menyambut baik dan mendukung upaya Kementerian Kominfo dalam membangun dan terus mengembangkan TIK serta Penyiaran di seluruh tanah air.
 
"Saya atas nama seluruh prajurit TNI mendukung yang dilakukan oleh Kemenkominfo RI tentang pembangunan dan pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi dan Penyiaran di pulau-pulau terluar, daerah terpencil dan perbatasan di seluruh wilayah Indonesia," tutur Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
 
Panglima TNI menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk konkret program Nawacita Presiden RI Ir. Joko Widodo sebagai wujud hadirnya negara di tengah masyarakat. "Ini suatu langkah yang luar biasa, karena wilayah-wilayah tersebut berperan sebagai beranda atau halaman depan Indonesia dan hal tersebut sesuai dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.
 
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengungkapkan bahwa pemerataan pembangunan melalui program Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar sangat penting karena daerah tersebut selama ini agak tertinggal secara ekonomis.
 
"Program pemerataan pembangunan di bidang telekomunikasi dan informatika ini selaras dengan yang dicanangkan oleh pemerintah akan melakukan pemerataan pembangunan dan sentra-sentra yang dibuat oleh Pak Menteri tentang teknologi komunikasi informasi dan penyiaran bernilai strategis dan fundamental dalam mengembangkan ekonomi," kata Panglima TNI.
 
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa pembangunan pulau terluar yang dilakukan oleh TNI memiliki peran strategis sebagai implementasi program pemerintah membangun dari pinggiran melalui peningkatan infrastruktur ekonomi sekaligus menunjang tugas pokok TNI menjaga kedaulatan Negara.
 
"TNI memiliki kepentingan melakukan pembangunan di pulau-pulau terluar, perbatasan dan daerah terpencil, yang terkaitan juga dengan pembukaan sentra-sentra ekonomi baru dan tempat strategis untuk mendukung program-program prioritas pemerintah yang tentunya terkait juga dengan tugas pokok TNI menjaga kedaulatan negara," jelas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
 
Panglima TNI mengucapkan selamat kepada Kementerian Kominfo RI atas  bisa terpasang dan hadirnya fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Penyiaran yaitu: Seluler 4G, Internet Broadband (Pita Lebar), Penyiaran RRI, Penyiaran TVRI di Miangas yang merupakan salah satu wilayah terpencil dan hal tersebut dapat menjadi hadiah terindah bagi masyarakat di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar dalam memperingati ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Kalau selama ini masyarakat Miangas melihat ke belakang laut, ke depan laut, ke kiri dan kanan gunung, namun mulai sekarang sudah bisa melihat dunia luar lewat apa yang dilakukan oleh Kemenkominfo," pungkas Panglima TNI.

Editor: Dian

T#g:Gatot NurmantyoRudiantaraperbatasan
Berita Terkait
  • Rabu, 16 Agu 2017 23:26

    Jelang HUT ke-72 RI, Kemendesa PDTT RI dan Bakamla RI Sibuk di Perbatasan

    Tiga hari menjelang perayaan HUT ke-72 RI, puluhan pejabat dan staf dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa PDTT RI) yang didukung personel d

  • Rabu, 16 Agu 2017 09:46

    Wartawan di perbatasan harus berani sampaikan fakta

    Wartawan yang bertugas meliput peristiwa di perbatasan, harus berani menyampaikan fakta. Meskipun konsekwensinya tak jarang harus menghadapi tekanan. Baik itu dari aparat, maupun masyarakat.Demikian d

  • Jumat, 11 Agu 2017 19:21

    Panglima TNI : Mahasiswa arus jadi kader Public Relations berwawasan kebangsaan

    Mahasiswa sebagai kader Public Relations di masa depan harus memiliki wawasan kebangsaan yang mendalam dan terampil dalam membangun opini serta mampu bersaing di tingkat Internasional demi kejayaan Ne

  • Jumat, 11 Agu 2017 10:31

    TNI Dukung Program Pemerataan Pembangunan di Perbatasan

    Pembangunan wilayah perbatasan merupakan salah satu fokus konsentrasi kerja Presiden RI Ir Joko Widodo dan seluruh perangkat pemerintahan, termasuk TNI di dalamnya.

  • Selasa, 08 Agu 2017 05:28

    Panglima TNI Terima Kunjungan Panglima USPACOM

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima kunjungan Panglima United States Pacific Command (USPACOM)  Laksamana Harry B. Harris dan Dubes LBPP AS Yosep. R. Donovan, Jr. beserta rombongan

  • Minggu, 06 Agu 2017 20:06

    Kapoldasu tinjau perbatasan Kabupaten Karo dan Langkat di Kuta Rakyat

    Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Ketua Bhayangkari Daerah Sumut dan para Pejabat Utama Polda Sumut, pengurus Bhayangkari Daerah Sumut dan Kapolres Tanah Karo meninjau langsung pe

  • Jumat, 04 Agu 2017 14:14

    Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Capratar Akademi TNI

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Wakasal Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, memimpin sidang Penilaian Penentuan

  • Jumat, 04 Agu 2017 11:14

    Panglima TNI Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bersatu Kelola SDA Indonesia

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bersatu mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, demi kepentingan dan kemakmuran rakyat.

  • Rabu, 02 Agu 2017 14:52

    Panglima TNI Hadiri Zikir Kebangsaan di Istana Merdeka

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menghadiri Zikir Kebangsaan dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia bersama Presiden RI Ir. H Joko Widodo, Wapres RI H M. Yusuf Kall

  • Rabu, 02 Agu 2017 02:02

    Pemerataan Pembangunan TIK di Perbatasan dan Pulau Terluar

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat cepat sehingga perlu adanya program pemerataan pembangunan sarana dan prasarana khususnya di Pulau Miangas yang masuk dalam kategori wilayah

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak