Jumat, 15 Des 2017 03:54
  • Home
  • Politik
  • PAW Eveready Sitorus Gerindra Terkesan Dipaksakan

PAW Eveready Sitorus Gerindra Terkesan Dipaksakan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Aan
Senin, 07 Agu 2017 20:57
Dibaca: 241 kali
Ruben Tarigan, Wakil Ketua DPRD Sumut telah memimpin sidang paripurna pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Sumut Fraksi Gerindra, yakni dari Eveready Sitorus ke Reki Nelson J Barus, hari ini, Senin (7/8/2017).

Proses PAW ini penuh kontroversi dan diwarnai interupsi dari sejumlah anggota DPRD Sumut asal Fraksi Gerindra sendiri.

Melalui perdebatan yang panjang, Ruben Tarigan selaku Pimpinan DPRD-SU dalam rapat Paripurna yamg dipimpinnya​ seorang diri, tanpa dihadiri 4 (empat) unsur pimpinan lainnya, melantik Reki Nelson J Barus menggantikan Eveready Sitorus yang dicopot secara sepihak oleh partai Gerindra.
Walau dihujani interupsi dan skors beberapa kali, dengan tudingan melanggar tata-tertib (tatib) DPRD-SU, Ruben tidak bergeming dan mengatakan, hanya menjalankan perintah Badan Musyawarah (Bamus).

Rapat Paripurna yamg berlangsung alot ini mendapat kritikan pedas dari internal Fraksi Gerindra, Ramses Simbolon.

"Sebagai anggota Bamus saya memberikan testimoni. Ada perdebatan panjang terkait masalah ini, ada banyak pandangan. Diketahui anggota Bamus bukan hanya melakukan konsultasi ke Mendagri tetapi juga meminta pendapat ke Mahkamah Agung. Oleh Mahkamah Agung tidak menerimanya namun secara formal telah mengeluarkan surat agar anggota Bamus menghormati proses hukum yang sedang ditempuh oleh Eveready," ungkap Ramses.

Menurut Ramses, Pimpinan DPRD-SU yang secara terus-menerus mendesak dan terkesan memaksakan dilakukannya rapat Bamus. Sehubungan PAW Eveready patut dicurigai dimana diduga Pimpinan memiliki kepentingan. Apalagi semua hak-hak yang melekat dan hak normatif seperti gaji dan fasilitas lainnya dari saudara Eveready katanya, sudah ditarik. 'Tentu perlu dipertanyakan atas dasar apa hak tersebut ditarik," ujarnya.

Sementara Astra Yudha Bangun mengatakan, tidak tahu dari mana datangnya, namun di mejanya ada surat protes dari Eveready tentang PAW ini. 

Astra memgingatkan, bahwa Pimpinan dan anggota DPRD-SU diikat oleh tatib. 

Dalam kesempatan tersebut Astra mempertanyakan kembali apakah tatib masih menjadi acuan dalam setiap pengambilan keputusan di DPRD-SU. Jika benar demikian maka hendaknya semua tanpa kecuali harus taat aturan, taat azas dan taat terhadap undang-undang.

"Pada pasal 136 tatib DPRD-SU disebutkan, dimana proses PAW anggota DPRD, sebagaimana termaktub pada pasal 135 bahwa PAW dapat ditindak-lanjuti dengan proses kekuatan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap," ujar Astra.

Editor: Sam

T#g:Eveready SitorusGerindraPAW
Berita Terkait
  • Senin, 04 Des 2017 04:04

    Gus Irawan: Menangkan Edy Rahmayadi di Pilgubsu 2018

    Partai Gerindra bertekad memenangkan calonnya, Edy Rahmayadi, di Pemilhan Gubernur Sumatera Utara pada 2018 mendatang.

  • Jumat, 17 Nov 2017 16:47

    KPU Paluta PAW Anggota PPK Simangambat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan Penggantian Antar Waktu (PAW) terhadap salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Jum'at (17/11/2017).Pada pukul 15.00

  • Jumat, 17 Nov 2017 14:07

    Gerindra: Infrastruktur Tak Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

    Ferry Juliantono, Wakil ketua umum Partai Gerindra, mempertanyakan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.Ferry menilai gencarnya pemerintah d

  • Rabu, 15 Nov 2017 10:05

    Anggota DPRD Gerindra Ributi Realisasi Bansos Pemprov Sumut

    Permainan Pemprov Sumut dalam mengolah realisasi usulan dana bantuan sosial untuk rumah ibadah, mulai mendapatkan respon keras dari anggota DPRD Sumut.Kemarin sore menjelang malam, Selasa (14/11/2017)

  • Sabtu, 28 Okt 2017 18:18

    Sugiat Santoso: Ijeck Figur Bersih dan Konsen pada Kepemudaan

    Ketua KNPI Sumut, Sugiat Santoso, menyatakan secara jelas dukungannya pada Musa Rajekshah alias Ijeck untuk maju pada Pilgubsu 2018.

  • Kamis, 12 Okt 2017 08:22

    Pelaksanaan PAW 4 Kades di Jember Tertib dan Aman

    Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Desa (Kades) karena pejabat terpilih sebelumnya tidak dapat meneruskan masa jabatannya baik karena meninggal dunia maupun tersandung permasalahan hukum dan lain-lai

  • Rabu, 11 Okt 2017 04:01

    PAW Anggota DPRD Tobasa, DPN PKPI Tunjuk Liston Hutajulu gantikan Usden Sianipar

    Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPN PKPI) resmi mengeluarkan surat persetujuan Pergantian Antar Waktu (PAW) Usden Sianipar ST, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (

  • Minggu, 08 Okt 2017 15:18

    Partai Gerindra Masih Buka Pintu Calon Alternatif di Pilgub Jabar 2018

    Sodik Mudjahid, Ketua DPP Gerindra, mengatakan bahwa pihaknya kemungkinan  akan membuka pintu bagi pasangan calon alternatif, yang lebih kuat dengan pasangan lama yakni Dedi Mizwar dan Ahmad Syai

  • Kamis, 31 Agu 2017 21:11

    Persaudaran Islam Ababil Manado laksanakan Pawai Obor Idul Adha

    Sekitar limapuluhan orang dari Majelis Kota Manado melaksanakan pawai obor dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017.

  • Selasa, 29 Agu 2017 14:19

    DPRD Medan heran, harga kontrak Ruko Pemko di Petisah cuma Rp2 juta per tahun

    Sengketa melibatkan aset Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang kerap dimenangkan pihak lain, menimbulkan dugaan Pemko Medan kurang serius mempertahankan aset, dan bahkan tidak tertutup kemungkinan berkon

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak