Jumat, 18 Agu 2017 00:21
Iklan Kota1
  • Home
  • Politik
  • PAW Eveready Sitorus Gerindra Terkesan Dipaksakan

PAW Eveready Sitorus Gerindra Terkesan Dipaksakan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Aan
Senin, 07 Agu 2017 20:57
Dibaca: 101 kali
Dok
Reki Nelson J Barus dan keluarga serta kolega di Partai Gerindra diabadikan bersama Wagubsu usai pelantikan PAW, Senin (7/8).

Ruben Tarigan, Wakil Ketua DPRD Sumut telah memimpin sidang paripurna pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Sumut Fraksi Gerindra, yakni dari Eveready Sitorus ke Reki Nelson J Barus, hari ini, Senin (7/8/2017).

Proses PAW ini penuh kontroversi dan diwarnai interupsi dari sejumlah anggota DPRD Sumut asal Fraksi Gerindra sendiri.

Melalui perdebatan yang panjang, Ruben Tarigan selaku Pimpinan DPRD-SU dalam rapat Paripurna yamg dipimpinnya​ seorang diri, tanpa dihadiri 4 (empat) unsur pimpinan lainnya, melantik Reki Nelson J Barus menggantikan Eveready Sitorus yang dicopot secara sepihak oleh partai Gerindra.

Walau dihujani interupsi dan skors beberapa kali, dengan tudingan melanggar tata-tertib (tatib) DPRD-SU, Ruben tidak bergeming dan mengatakan, hanya menjalankan perintah Badan Musyawarah (Bamus).

Rapat Paripurna yamg berlangsung alot ini mendapat kritikan pedas dari internal Fraksi Gerindra, Ramses Simbolon.

"Sebagai anggota Bamus saya memberikan testimoni. Ada perdebatan panjang terkait masalah ini, ada banyak pandangan. Diketahui anggota Bamus bukan hanya melakukan konsultasi ke Mendagri tetapi juga meminta pendapat ke Mahkamah Agung. Oleh Mahkamah Agung tidak menerimanya namun secara formal telah mengeluarkan surat agar anggota Bamus menghormati proses hukum yang sedang ditempuh oleh Eveready," ungkap Ramses.
Menurut Ramses, Pimpinan DPRD-SU yang secara terus-menerus mendesak dan terkesan memaksakan dilakukannya rapat Bamus. Sehubungan PAW Eveready patut dicurigai dimana diduga Pimpinan memiliki kepentingan. Apalagi semua hak-hak yang melekat dan hak normatif seperti gaji dan fasilitas lainnya dari saudara Eveready katanya, sudah ditarik. 'Tentu perlu dipertanyakan atas dasar apa hak tersebut ditarik," ujarnya.

Sementara Astra Yudha Bangun mengatakan, tidak tahu dari mana datangnya, namun di mejanya ada surat protes dari Eveready tentang PAW ini. 

Astra memgingatkan, bahwa Pimpinan dan anggota DPRD-SU diikat oleh tatib. 

Dalam kesempatan tersebut Astra mempertanyakan kembali apakah tatib masih menjadi acuan dalam setiap pengambilan keputusan di DPRD-SU. Jika benar demikian maka hendaknya semua tanpa kecuali harus taat aturan, taat azas dan taat terhadap undang-undang.

"Pada pasal 136 tatib DPRD-SU disebutkan, dimana proses PAW anggota DPRD, sebagaimana termaktub pada pasal 135 bahwa PAW dapat ditindak-lanjuti dengan proses kekuatan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap," ujar Astra.

Editor: Sam

T#g:Eveready SitorusGerindraPAW
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 08:37

    Di guyuran hujan, Taptu & Pawai Obor di Nias Selatan tetap meriah

    Upacara Malam Taptu dan pawai obor di Teluk Dalam, kabupaten Nias Selatan berlangsung meriah walaupun di bawah guyuran hujan, tadi malam (16/8).

  • Kamis, 17 Agu 2017 08:27

    Pawai Obor Simbol Semangat Pejuang Kemerdekaan

    Ratusan pelajar, prajurit TNI dan Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah instansi di jajaran Pemprov Sumut dan Pemerintah Kota Medan memeriahkan malam 17 Agustus dengan pawai obor di de

  • Jumat, 04 Agu 2017 18:24

    Sofyan Nasution Melamar ke Partai Gerindra Deli Serdang

    Bakal calon (balon) Bupati Sofyan Nasution resmi melamar DPC Partai Gerindra Deli Serdang di Jalan Lintas Tanjung Morawa-Lubuk Pakam, Jumat (4/8/2017).

  • Jumat, 04 Agu 2017 15:44

    Repdem Sumut laporkan FX. Arief Poyuono ke Polisi

    Pengurus Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Sumut menilai statemen Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, FX. Arief Poyuono yang menyebut PDI-Perjuangan merupakan partai mirip PKI beberapa waktu lalu, s

  • Selasa, 01 Agu 2017 18:31

    Sofyan Nasution Ambil Formulir ke Partai Gerindra Deli Serdang

    Sofyan Nasution mengambil formulir ke DPC Partai Gerindra Deli Serdang, Jalan Medan-Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

  • Jumat, 28 Jul 2017 09:18

    Ketua DPC Gerindra Kota Bekasi Didesak Mundur

    Sejumlah Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra Kota Bekasi menyatakan kekecewaannya terhadap Ketua DPC Partai Gerindra, Ibnu Hadjar Tanjung.

  • Jumat, 28 Jul 2017 03:18

    Prabowo Subianto King Maker, Koalisi Demiz-Syaikhu Belum Pasti

    Perpolitikan Jawa Barat sempat dihebohkan dengan pemberitaan pernyataan Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) yang menyatakan koalisi PKS Gerindra akan mengusung pasangan Deddy Mizwar (Demiz) dan A

  • Kamis, 27 Jul 2017 22:17

    Pengamat Sebut Duet Maut Anggawira-Herkos di Kota Bekasi

    Peta politik Pilkada Bekasi 2018 mulai mengerucut. PKS-Gerindra Kota Bekasi kemungkinan akan koalisi. Bahkan diprediksi, Gerindra mengusung Walikota, sementara PKS akan mendapat posisi Wakil Walikota.

  • Rabu, 26 Jul 2017 21:46

    Waduh, Mobil Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Diseruduk Truk

    Mobil Toyota Veloz warna putih BK 1417 UY milik Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Kamaruzzaman SAg diseruduk truk jenis colt diesel di Jalinsum Desa Perdamean Kecamatan Tanjung Morawa, persisnya di depan

  • Minggu, 23 Jul 2017 00:13

    Mantan Menteri Era SBY di Balik Gudang Beras yang Digerebek Polisi

    PT. Indo Beras Unggul (IBU) di Bekasi diduga melakukan penipuan. Produsen beras "Maknyuss" dan "Cap Ayam Jago" itu dituduh menipu konsumen dengan menjual beras medium sebagai merek premium dengan harga tinggi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak