Senin, 16 Jul 2018 10:07
  • Home
  • Politik
  • PAW Anggota DPRD Tobasa, DPN PKPI Tunjuk Liston Hutajulu gantikan Usden Sianipar

PAW Anggota DPRD Tobasa, DPN PKPI Tunjuk Liston Hutajulu gantikan Usden Sianipar

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Rabu, 11 Okt 2017 04:01
Dok
Juliski Simorangkir, Ketua Ketua DPP PKPI Sumatera Utara

Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPN PKPI) resmi mengeluarkan surat persetujuan Pergantian Antar Waktu (PAW) Usden Sianipar ST, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba Samosir, yang digantikan Liston Hutajulu sesuai nomor surat nomor 81/DPN PKPI IND/ V/2017 tertanggal 26 Mei 2017.
 
Surat tersebut langsung ditandatangani Ketua Umum DPN PKPI AM Hendropriyono dan Sekretaris Jenderal Imam Anshori Saleh.

Demikian diungkapkan Ketua DPP PKPI Sumatera Utara, Juliski Simorangkir pada para wartawan menanggapi informasi yang beredar terkait PAW Usden Sianipar ST yang saat ini menjabat anggota DPRD Kabupaten Tobasa, Senin (10/10/2017).

"Sebenarnya kita tidak berniat untuk melakukan PAW Usden Sianipar, namun saudara Usden tetap bertahan dan tidak mengakui kepemimpinan Ketua Hendropriyono sehingga partai akhirnya mengambil keputusan tersebut," katanya.

Dijelaskannya, pergantian Usden Sianipar, ST tersebut telah sesuai dengan mekanisme dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Partai PKPI. Adapun alasannya, Usden Sianipar tidak pernah menghadiri konsolidasi, kegiatan dan juga tidak pernah memberikan kontribusi kepada partai.

"Kita sudah sampaikan secara kekeluargaan kepada saudara Usden Sianipar bahwa PKPI yang sah itu adalah di bawah pimpinan Pak Hendroriyono sehingga meminta agar seluruh kader yang sempat terpecah diminta untuk bersatu kembali. Jadi kepemimpinan Hendropriyono yang diakui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan KPU, tetapi mereka tidak mau datang," jelas Juliski Simorangkir yang juga merupakan anggota DPRD Sumut itu. 

Terkait perlawanan yang dilakukan Usden Sianipar dengan melakukan gugatan terhadap keputusan DPN PKPI, Juliski mengatakan bahwa tindakan itu bukanlah masalah dan itu merupakan hak Usden Sianipar. 

"Bila Usden melakukan gugatan, ya itu sah-sah saja, sebagai warga negara berhak melakukan itu. Namun kita percaya bahwa Hakim nantinya akan mempertanyakan legalitas penggugat (Usden Sianipar, red), maksudnya apakah partai yang menaungi Usden tersebut memiliki legalitas Kemenkumham. Karena ini partai politik jadi pengakuan yang sah itu berdasarkan SK Kemenkumham. Ini juga sekaligus pemberitahuan dan penjelasan kepada masyarakat luas bahwa yang memiliki legalitas SK Kemenkumham itu adalah PKPI pimpinan Hendropriyono," tegasnya.

Sedangkan penunjukkan pengganti Usden Sianipar, ST dikarenakan Liston Hutajulu merupakan nomor 2 suara terbanyak berdasarkan surat dari KPU dalam pemilihan legislatif pada tahun 2014 lalu.

Senada, Bernad Simare-mare yang ditunjuk sebagai penasehat hukum PKPI saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan bahwa alasan PAW Usden Sianipar dikarenakan Usden Sianipar tidak pernah mengikuti kegiatan partai dan tidak taat dengan peraturan AD/ART partai.

"Bahkan tidak mengakui kepemimpinan Ketua Umum Partai PKPI Pak Hendropriyono sehingga saudara Usden Sianipar sudah layak di PAW," katanya. 

Sedangkan terkait gugatan Usden di PN Balige, Bernad berkeyakinan gugatan penggugat tidak akan diterima karena menurut undang-undang Partai Politik, segala perselisihan internal partai harus di selesaikan dalam Mahkamah Partai sebelum melakukan gugatan ke pengadilan.

Semua gugatan yang masuk di PN Balige wajib diproses soal putusan tidak diterima itu soal nanti. Sedangkan penggugat tidak pernah menempuh penyelesaian jalur Mahkamah partai.

"Proses sidang yang berjalan saat ini di PN Balige sudah sampai pada tahapan pemberian jawaban dari tergugat atas gugatan saudara penggugat," tukasnya.

Diketahui, Usden Sianipar ST, Anggota DPRD Tobasa melakukan gugatan kepada Dewan Pimpinan Nasional PKPI, Dewan Pimpinan Provinsi Sumut PKPI & Dewan Pimpinan Kabupaten Tobasa PKPI di Pengadilan Negeri Balige dengan Nomor Perkara : 52/Pdt.Sus-Parpol/2017/PN Blg. 

Sedangkan SK Kemenkumham Nomor M-HH.01.AH.11.01 Tahun 2017 mengakui keabsahan kepengurusan PKPI dengan Ketua Umum Hendropriyono dan Sekretaris Jenderal Imam Anshori Saleh.

Editor: Budi

T#g:PAWPKPITobasa
Berita Terkait
  • Selasa, 10 Jul 2018 11:10

    HIMMAH Medan Desak Ketua DPRD Lantik Amiruddin

    Seratusan masa Pimpinan Cabang Himpunan Mahasiswa Alwashliyah (HIMMAH) Kota Medan melaksanakan Aksi Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Kota Medan, Senin (9/7/2018). Aksi unjukrasa tersebut bersamaan deng

  • Sabtu, 16 Jun 2018 09:16

    Gubsu Lepas Pawai Takbiran Malam Idul Fitri

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengharapkan pawai mobil hias Takbir Akbar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Medan bisa menjadi contoh ketertiban dan kedisiplinan bagi siapapun di Sumatera Uta

  • Sabtu, 10 Mar 2018 06:10

    OTK Bubarkan Unjuk Rasa Anti Korupsi Di Depan Kantor Kejaksaan Balige

    "Ganyang Koruptor dari Tobasa, Tuntaskan Kasus PKK, Copot Kajari Tobasa"

  • Sabtu, 17 Feb 2018 15:17

    Partai NasDem Targetkan Menang Pemilu 2019 di Tobasa

    Setelah mencapai posisi tiga besar di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Pemilu 2014 lalu, NasDem kini menargetkan untuk menjadi juara pada Pemilu 2019.Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Koordinasi

  • Minggu, 11 Feb 2018 20:01

    Djarot: Pilkada Ini Jangan Dibawa Marah-marah

    Suasana jadi penuh gelak tawa kala Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menyampaikan pidatonya di acara Paborhaton oleh Punguan Pomparan Raja Nairasaon (PPRN) di Nairasaon Desa Si

  • Minggu, 04 Feb 2018 17:14

    Warga Balige Tantang Sihar Sitorus

    Jelang penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), masing-masing bakal pasangan calon (Bapaslon) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Masing-masing Bapaslon bersosial

  • Minggu, 28 Jan 2018 17:48

    Panwaslih Palas Lantik PAW Panwascam dan PPL

    Ketua Pania Pengawas Pemilihan Kabupaten Padang Lawas (Panwaslih Palas), Abd. Rahman Daulay, secara resmi melantik Irma Suryani Lubis, sebagai anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam)

  • Jumat, 17 Nov 2017 16:47

    KPU Paluta PAW Anggota PPK Simangambat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan Penggantian Antar Waktu (PAW) terhadap salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Jum'at (17/11/2017).Pada pukul 15.00

  • Kamis, 12 Okt 2017 08:22

    Pelaksanaan PAW 4 Kades di Jember Tertib dan Aman

    Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Desa (Kades) karena pejabat terpilih sebelumnya tidak dapat meneruskan masa jabatannya baik karena meninggal dunia maupun tersandung permasalahan hukum dan lain-lai

  • Minggu, 17 Sep 2017 10:57

    Peace Is Possible Indonesia 2017 JCI di Balige Meriah

    Kegiatan Jalan Santai bersama yang dilakukan panitia Peace is Possible Indonesia 2017 JCI berlangsung meriah dan mendapat sambutan positif yang ribuan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut di Ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak