Kamis, 18 Apr 2024 07:03
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Opini BPK menjadi motivasi bagi Bupati Tapteng

MEDAN (utamanews.com)

Oleh: Roy S.

Selasa, 30 Mei 2017 21:40

Penilaian hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) TA 2016 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI masih dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), sama seperti TA 2015.

Opini itu menjadi motivasi bagi Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani untuk komitmen melakukan evaluasi agar tahun berikutnya bisa memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Bakhtiar sendiri baru dilantik sebagai Bupati pada Senin 22 Mei 2017, pekan lalu.

"Ya, tahun 2015 dan 2016 ini WDP. Tapi untuk 2017 nanti akan kami upayakan meraih WTP. Kita akan evaluasi mana-mana yang perlu dibenahi," ujar Bakhtiar usai menerima predikat penilaian itu di Audiotorium BPK RI Perwakilan Sumatera Utara di Medan, Rabu (30/5/2017).

Opini BPK ini merupakan penilaian profesional terhadap hasil pemeriksaan manajemen pengelolaan keuangan APBD terhadap jajaran tingkatan pemerintahan di Indonesia. Yang dinilai yaitu mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan berdasarkan kriteria kesesuaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Adapun jenis opini BPK diantaranya, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), WTP dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan yang terburuk opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) atau disclaimer of opinion.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD TA. 2016 dilaksanakan di Audiotorium BPK RI Perw. Prov. Sumatera Utara di Medan, yang diikuti oleh 20 Kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Kabupaten Tapanuli Tengah memperoleh Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan diserahkan oleh Kepala BPK-RI Perw. Provinsi Sumatera Utara ibu Dra. VM. Ambar Wahyuni. MM, Ak, CA, dan disaksikan Anggota V BPK-RI ibu Ir. Isma Yatun, MT.

LHP langsung diterima oleh Bupati Tapteng Bakhtiar ahmad Sibarani. dan Ketua DPRD Kab. Tapteng Syahrun Pasaribu, SE. didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Inpektur Mangihut Simanullang, SE, Sekwan DPRD Tapteng Melki Dayan Panggabean, S.Sos, Kepala BPKPAD Tapteng Zafril Abdi, SE, M.Si, dan Kepala Bidang Akuntansi Ridwan Gorat, SE, MM.

Editor: Sam

T#g:BPKTapteng
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Senin, 25 Mar 2024 20:45

    Polres Tapteng Tangkap Pemilik Daun Ganja Kering

    Satuan Reserse Narkoba Polres Tapanuli Tengah, Polda Sumatera Utara, mengamankan seorang pria dalam kasus tindak pidana Narkotika jenis Ganja kering.Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnah


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️