Senin, 18 Des 2017 06:39
  • Home
  • Politik
  • Jokowi & Tengku Erry Foto Selfie Di Gerbang Tol Helvetia

Resmikan Jalan Tol Di Sumut

Jokowi & Tengku Erry Foto Selfie Di Gerbang Tol Helvetia

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Jumat, 13 Okt 2017 21:13
Dibaca: 141 kali
Dok
Jokowi mengabadikan momen kebersamaan dengan Tengku Erry dan Menteri saat meresmikan jalan tol Medan-Binjai.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meresmikan ruas jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah dan jalan tol Medan-Binjai (ruas Helvetia-Binjai), pada Jumat (13/10/2017).

Saat meninjau pintu (gerbang) tol Helvetia, Presiden Jokowi menyempatkan diri berfoto selfie bersama Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Menteri BUMN Rini S Soemarno dan Menteri PU PR Basuki Hadimudjono. Momen foto selfie tersebut direkam Jokowi dengan kamera ponselnya. Presiden juga merekam dengan video momen di sekitar ruas jalan tol tersebut.

Ruas jalan tol yang melintasi Bandara Kualanamu-Lubuk Pakam-Teluk Mengkudu-Sei Rampah itu merupakan ruas jalan tol terpanjang di Sumatera, mencapai 42 Km, sedangkan jalan tol Helvetia-Binjai yang diresmikan sepanjang 10,46 km.

Rampungnya jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah, sehingga diharapkan juga dapat mengurai kepadatan pada jalan nasional.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan ruas jalan tol terpanjang di luar Pulau Jawa tersebut dapat berdampak besar bagi proses distribusi barang dan jasa menjadi sangat cepat.

"Jika jalan tol semua telah tersambung, maka diharapkan dapat menurunkan biaya operasional pengiriman barang dan jasa. Penurunan biaya operasional berdampak pada penurunan harga barang, dengan begitu dapat meningkatkan daya saing," ujar Jokowi menegaskan.

Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi diharapkan selesai seleuruhnya pada tahun 2018 sehingga bisa mendukung pengembangan Kawasan Strategis Nasional Danau Toba. 

"Kita harapkan dengan adanya tol ini, Danau Toba dan sekitarnya bisa menjadi kawasan pariwisata yang berkembang. Karena dari Medan-Tebing Tinggi-Toba yang sekarang (jarak tempuhnya) 4 jam bahkan 5 jam, nantinya kalau tol jadi, perkiraan hanya kurang lebih menjadi 1,5-2 jam," ujar Jokowi.

Dengan keberadaan jalan tol ini, mobilitas orang dan barang menurut presiden bisa lebih cepat dan murah sehingga menaikkan daya saing. "Mobilitas cepat maka harga transportasi murah, barang yang dibawa jatuh ke masyarakat akan kebih murah," katanya.

Biaya transportasi di Indonesia dibanding Singapura dan Malayasia lebih mahal 2,5 kali lipat. Kalau biaya itu diturunkan  maka daya saing bisa meningkat. Menurutnya daya saing global Indonesia sudah mulai membaik yaitu dari skor 41 menjadi 36. "Kalau tol sambung semua, maka daya saing terus membaik," ujar Jokowi.

Sementara itu, Gubsu Tengku Erry di hadapan Presiden menyampaikan bahwa pembangunan jalan tol Medan -Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,65 km telah selesai dikerjakan sepanjang 42 km yaitu pada seksi 2-6. Sedangkan untuk ruas jalan tol  Medan-Binjai sepanjang 16,73 km telah selesai dibangun sepanjang 10, 46 km yaitu Helvetia-Binjai.

Pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi masih ada sisa sepanjang 13,4 km lagi yaitu Tanjung Morowa sepanjang 3,2 km dan Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 10,15 km yang dalam waktu dekat selesai karena masalah pembebasan lahan sudah selesai.

Tengku Erry juga menjelaskan bahwa untuk jalan tol Medan -Binjai Seksi 1 yaitu Tanjung Mulia-Helvetia sepanjang 3, 3 km masih ada masalah yang berhubungan dengan lahan. "Mudah-mudahan bisa segera dituntaskan," katanya.

Erry juga memaparkan bahwa penambahan jalan tol di Sumut akan memacu pembangunan daerah. Sepanjang 3 tahun terakhir, Provinsi Sumut tumbuh 5-6,5 persen per tahun. "Kami yakin setelah ada jalan tol, maka  pertumbuhan Sumut bisa lebih dari 6%," katanya.

Erry juga menyebutkan dengan beroperasi dua jalan tol ini akan menjadikan panjang jalan tol di Sumut mencapai  113 km. Padahal selama lebih kurang 30 tahun terakhir Sumut hanya miliki jalan tol Belawan -Medan- Tanjung Morawa (Belmera) sepanjang 33 km. "Dengan hadirnya dua ruas jalan tol baru tersebut tentunya ada adanya penambahan jalan tol di Sumut sepanjang 80 km," kata Erry.

Harapan kami dari pemerintah provisi, katanya, kiranya Pemerintah Pusat tetap berkomitmen teruskan pembangunan jalan tol di Sumut. "Tentunya dengan adanya dukungan pembangunan infrastruktur melalui pendekatan kewilayahan di kawasan Industri Kuala Tanjung, KEK Sei Mangkei dan KSN Danau Toba dengan meneruskan akses jalan tol Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat-Sibolga tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahterahan masyarakat," jelasnya.

Gubsu Tengku Erry juga melaporkan kepada Presiden pada hari yang sama telah dilakukan sekaligus serah terima sertifikat tanah atas nama pemerintah cq Kementerian Keuangan sebanyak 183 sertifikat jalan tol Medan-Binjai dan Medan -Kualanamu-Tebing Tinggi dari BPN Sumut. "Ini adalah proyek strategis nasional yang pertama, pada saat diresmikan sertifikat selesai," ujarnya.

Selesai melakukan peresmian di pintu tol Kualanamu, Jokowi dan rombongan berkesempatan mencoba langsung jalan tol tersebut.

Editor: Budi

T#g:erryJokowi
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Des 2017 17:57

    Paspampres Kerja Keras, Jokowi Rubah Rute Untuk Antar Pak Habibie ke Kediamannya

    Usai menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Tiga Pilar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Tangerang, Banten, Sabtu, 16 Desember 2017, Presiden Joko Widodo semestinya langsung menuju B

  • Jumat, 15 Des 2017 06:35

    Panglima TNI: Kemandirian Industri Strategis Dalam Negeri Dukung Kebutuhan Alutsista TNI

    Untuk mendukung kebutuhan Alutsista TNI baik Angkatan Darat, Laut dan Udara maka industri strategis dalam negeri harus terus ditingkatkan. Kemandirian industri strategis sangat penting untuk mendukung

  • Rabu, 13 Des 2017 20:43

    Gubernur Harap Sri Bunga Rizky Bawa Nama Baik Sumut di Level Nasional

    Memasuki tahap tiga besar Grand Final Pemilihan Putri Indonesia Sumatera Utara 2017, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi memberikan pertanyaan kepada para finalis sebelum gelar juara ke

  • Selasa, 12 Des 2017 19:22

    Tengku Erry & Nurhajizah Hadiri Natal DPRD Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan perayaan Natal tidak hanya seremonial atau sekedar membangkitkan kenangan semata. Akan tetapi perayaan Natal harus dapat mendorong dan memotivasi untuk memperbaha

  • Selasa, 12 Des 2017 19:22

    Erry & Ustadz Maulana Meriahkan Maulid Di Medan dan Deli Serdang

    Setelah di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Ustadz Kondang Muhammad Nur Maulana (Ustadz Maulana) meriahkan peringatan Maulid Nabi Besar Muh

  • Minggu, 10 Des 2017 05:50

    Masyarakat Sumut Di Perantauan "bernyanyi" bersama Tengku Erry

    Gubsu Tengku Erry Nuradi ikut berbaur dan bernyanyi bersama masyarakat asal Sumatera Utara usai memberikan sambutan pada acara silaturrahmi masyarakat asal Sumatera Utara yang ada di Jakarta dan sekit

  • Sabtu, 09 Des 2017 19:19

    Jokowi Buka HMPI Di Yogyakarta, Tengku Erry Tanam Pohon Nangka

    Presiden RI, Jokowi membuka acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 di bukit karst, Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabt

  • Sabtu, 09 Des 2017 19:09

    Sumut Raih Penghargaan HMPI Di Yogyakarta

    Provinsi Sumatera Utara (Provsu) berhasil meraih penghargaan di acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 yang dibuka Presiden Joko Widodo di Gunung Kidul, Yogyak

  • Sabtu, 09 Des 2017 16:49

    Seskab: Tidak Ada Presiden Yang Bekerja Melebihi Jokowi

    Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menilai, tidak ada Presiden yang bekerja melebihi Presiden seperti sekarang ini (Jokowi, red).

  • Sabtu, 09 Des 2017 06:39

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Resmi Menjabat Panglima TNI

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, setelah secara resmi dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak