Jumat, 22 Sep 2017 18:37
  • Home
  • Politik
  • Jokowi: Indonesia Tidak Pernah Berdiam Diri Terhadap Persoalan Umat Muslim di Dunia

Jokowi: Indonesia Tidak Pernah Berdiam Diri Terhadap Persoalan Umat Muslim di Dunia

Solo (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 17 Sep 2017 20:47
Dibaca: 226 kali
Humas Setkab RI/Jay
Presiden Jokowi dan Panglima TNI

Sebagai negara besar dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia juga tidak pernah berdiam diri terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi umat muslim di dunia yang terjadi di negara-negara Muslim.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara Silaturahim Nasional Majelis Tafsir Alquran ke-3 di Stadion Manahan Solo, Minggu (17/9), dengan tema "Merajut Kebinekaan, Memperteguh NKRI" yang dihadiri 100.000 orang peserta dari seluruh Indonesia.

"Karena kita memegang teguh amanah konstitusi bahwa kita wajib ikut serta memelihara ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, karena memang faktanya sampai saat ini Palestina juga belum merdeka, Suriah, Irak, Yaman, Libya, masih dihantui oleh perang dan konflik serta Afghanistan yang belum sepenuhnya pulih," tutur Presiden Jokowi.

Indonesia berkewajiban, lanjut Presiden, untuk ikut berkontribusi memberikan solusi mewujudkan perdamaian dunia, memberikan solusi demi kepentingan umat Islam di dunia. 

Ia mencontohkan misalnya terkait Palestina tahun 2016, Indonesia telah membuka kedutaan besar kehormatan di Ramallah, Palestina.

"Yang kedua untuk Palestina juga atas permintaan Presiden Mahmoud Abbas, Presiden Palestina, Indonesia juga menggelar KTT luar biasa mengenai Palestina di Jakarta 2016 yang lalu ini banyak orang yang lupa," lanjut Presiden.

Inilah kegiatan-kegiatan sesama negara dengan penduduk muslim, tambah Presiden, juga untuk Afghanistan Indonesia turut membantu dengan membangun Islamic Center bagi pendidikan anak-anak di sana.

"Kita juga membangun masjid Indonesia di Kabul di tahun 2016, sebentar lagi kita juga akan mengajak ulama-ulama Afghanistan untuk berkunjung ke Indonesia untuk saling belajar, saling sharing untuk membangun Islam yang rahmatan lil alamin dan nanti bulan Desember juga Ibu Negara Rula Ghani, istri Presiden Afghanistan, juga akan berkunjung ke Indonesia Insya Allah untuk membahas program-program yang berkaitan dengan perempuan dan anak," tambah Presiden Jokowi.

Berkaitan dengan Rakhine State di Myanmar masalah Rohingnya, tambah Presiden, sikap Indonesia tegas bahwa kekerasan dan krisis kemanusiaan di Rakhine state harus segera dihentikan. Itulah sebabnya, lanjut Presiden, dirinya telah mengutus Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang datang dua kali untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi dan militer Myanmar agar mendesak agar kekerasan yang ada bisa dihentikan.

"Dan pada Januari-Februari yang lalu kita juga sudah mengirim obat-obatan dan makanan ke pengungsi di Rakhine state di Myanmar 10 kontainer itu sudah bulan Januari dan Februari, minggu yang lalu juga terakhir kita kirim empat pesawat Hercules yang membawa makanan obat-obatan selimut dan lain-lain untuk saudara-saudara kita yang mengungsi di perbatasan Bangladesh dan Myanmar," papar Presiden seraya menyampaikan bahwa minggu ini juga akan dikirim lagi bantuan dengan pesawat maupun kontainer untuk pengungsi yang berada di perbatasan Myanmar dan Bangladesh.

"Inilah hal-hal yang akan kita lakukan di manapun, di negara manapun, apabila saudara-saudara kita terkena krisis kemanusiaan maupun konflik," tambah Presiden.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Mensesneg Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Editor: Budi

T#g:Islam
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Sep 2017 10:41

    Sambut Tahun Baru Hijriyah, Al-Qur'an Bergema di Masjid Labura

    Memasuki tahun baru Islam 1439 H, ratusan masyarakat Labura terdiri atas pelajar dari berbagai sekolah mengadakan khataman Al-Qur'an di Masjid Raya Al-Aman Aekkanopan, Rabu (20/9).Kegiatan ini di

  • Selasa, 27 Jun 2017 19:17

    Pengamat: Bertemu GNPF MUI, Citra Jokowi Anti Islam Terbantahkan

    Hendri Satrio, Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, mengapresiasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI).

  • Kamis, 01 Jun 2017 21:01

    Ketua DPP KAUMI minta anak bangsa dapat memahami arti Pancasila

    Ditemui di ruang kerjanya, H. Irfan Hamidi yang merupakan Ketua DPP Kesatuan Aksi Umat Muslim Indonesia (KAUMI) menyampaikan pesannya terhadap anak bangsa generasi sekarang agar dapat memahami makna dan arti Pancasila.

  • Minggu, 21 Mei 2017 12:01

    Islam Itu Damai, Islam Itu Toleran

    Menyambut Hari Kebangkitan Nasional dan menyongsong datangnya Bulan Suci Ramadhan 1438 H, dilaksanakan pengajian dengan pembicara tunggal Hj Aisyaturrosidah dari Ponpes Al Qodiri Jember.

  • Kamis, 18 Mei 2017 09:18

    TK Islam Nurul Ilmi Wisuda 20 Orang Siswa Angkatan II

    Perlahan namun pasti, eksistensi TK Islam Nurul Ilmi Desa Sigorbus Jae Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), terus melakukan kegiatan belajarnya untuk jenjang pendidikan setingkat TK/PAUD.

  • Senin, 17 Apr 2017 16:52

    Political Islamo-phobia Alert

    By: Iqbal Fadillah, Social and Politics Observer

  • Kamis, 13 Apr 2017 10:45

    Dosen Lebanon: "Saya tidak mau, kaum muslimin di Indonesia menjadi korban faham-faham radikal"

    Mengusung tema, mengokohkan pemahaman Islam ala manhaj Aswaja di tengah tantangan ideologi global, Sekolah Tinggi Agama Barumun Raya (STAIBR) menggelar kegiatan Seminar Internasional, dengan menghadir

  • Selasa, 11 Apr 2017 04:28

    Tengku Erry Bertemu Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi

    Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi bertemu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di ruang kerja lantai 10 kantor Gubsu di Medan, Senin (10/4/2017).

  • Minggu, 09 Apr 2017 23:03

    Seminar Gali Masuknya Islam Nusantara di Barus

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan, Seminar Nasional Peradaban Islam di Nusantara dan Kilometer Nol di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara sangat bermanfaat dalam upaya menggali pertama kali masuknya Islam di Nusantara.

  • Sabtu, 18 Mar 2017 19:56

    Sambut Kedatangan Jokowi, Forkopimda Tapteng Gelar Rakor

    Forkopimda Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar rapat koordinasi, di Aula Cendrawasih Pemkab Tapteng jalan F.L Tobing Kecamatan Pandan terkait rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kecamatan Ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak