Rabu, 20 Sep 2017 19:59
  • Home
  • Politik
  • Jokowi: Indonesia Berkomitmen Bantu Atasi Krisis Kemanusiaan di Myanmar

Sesalkan Kekerasan,

Jokowi: Indonesia Berkomitmen Bantu Atasi Krisis Kemanusiaan di Myanmar

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dehar
Senin, 04 Sep 2017 07:24
Dibaca: 120 kali
Humas Setkab/Nia
Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (3/9) malam. Presiden didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachir. 
Presiden Jokowi menyesalkan terjadinya aksi kekerasan di Rakhine State, Myanmar. 

Jokowi menilai, perlu sebuah aksi nyata bukan hanya pernyataan kecaman-kecaman dalam mengatasi aksi kekerasan yang menimpa warga Rohingya itu.

"Pemerintah berkomitmen terus untuk membantu mengatasi krisis kemanusiaan, bersinergi dengan kekuatan masyarakat sipil di Indonesia, dan juga masyarakat internasional," kata Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (3/9) malam. 

Menurut Presiden, dirinya telah menugaskan Menlu Retno Marsudi guna menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk Sekjen PBB Antonio Guterres, dan Komisi Penasehat Khusus untuk Rakhine State, Kofi Annan.

Sementara untuk penanganan aspek kemanusiaan dan konflik tersebut, menurut Presiden, pemerintah telah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan, di bulan Januari dan Februari sebanyak 10 kontainer.

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah juga telah membangun sekolah di Rakhine State, dan juga segera akan membangun rumah sakit yang akan dimulai pada bulan Oktober akan datang di Rakhine State.

"Indonesia juga telah menampung pengungsi dan memberikan bantuan yang terbaik," sambung Presiden Jokowi.

Ditambahkan Presiden, bahwa dirinya juga menugaskan Menlu untuk terbang ke Dhaka, Bangladesh, dalam rangka menyiapkan bantuan kemanusiaan yang diperlukan pengungsi-pengungsi yang berada di Bangladesh. 

Diharapkan minggu ini, lanjut Presiden, pemerintah akan mengirim lagi bantuan makanan dan obat-obatan.

"Sekali lagi, kekerasan, krisis kemanusiaan ini harus segera dihentikan," pungkas Presiden.

Editor: Budi

T#g:JokowiRohingya
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Sep 2017 19:07

    Soal Sengketa Tanah, Kelompok Tani di Asahan Minta Perhatian Jokowi

    Sengketa tanah antara masyarakat Desa Sei Kopas, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, dengan perusahaan perkebunan swasta, PT Jaya Baru Pratama (JBP), hingga saat ini masi

  • Minggu, 17 Sep 2017 11:17

    Kangen Cucu, Jokowi: Saya Juga Manusia Biasa

    Menutup hari yang penuh dengan kepadatan acara, Presiden Joko Widodo mengajak cucu kesayangannya, Jan Ethes untuk bermain berbagai wahana kereta di pusat perbelanjaan Solo Paragon, Sabtu malam, 16 Sep

  • Sabtu, 16 Sep 2017 08:46

    Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga ikuti aksi Unjukrasa Peduli Rohingya

    Walikota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah bersama masyarakat lintas agama Sibolga Tapteng mengikuti aksi unjukrasa Peduli Rohingya dengan melakukan long march keliling kota Sibolga yang dimulai dari de

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:35

    Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

    Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). Mer

  • Kamis, 14 Sep 2017 16:04

    Konflik SARA, Bungkus Kepentingan di Rohingya

    Akhir-akhir ini, pemberitaan media nasional maupun internasional tengah menyoroti krisis kemanusiaan yang sedang terjadi di Rakhine, Myanmar.

  • Kamis, 14 Sep 2017 07:34

    Pengurus Yayasan Vihara Buddha Narada Gelar Aksi Peduli Rohingya

    Dengan adanya toleransi, kita dapat menghargai dan menghormati kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar, khususnya kehidupan antar umat beragama.

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:43

    FPMR Palas Kirimkan Dana Rp17,5 Juta untuk Muslim Rohingya

    Setelah delapan hari terakhir melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu muslim Rohingya, mulai Hari Senin-Senin, (4-11/9/2017) lalu, Forum Peduli Muslim Rohingya Kabupaten Padang Lawas (FPMR

  • Selasa, 12 Sep 2017 17:02

    FKUB Deli Serdang Galang Dana untuk Muslim Rohingya

    Puluhan massa dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Deliserdang melaksanakan penggalangan dana untuk umat muslim Rohingya di persimpangan lampu merah Lubuk Pakam, pada Selasa (12/9/2017)

  • Selasa, 12 Sep 2017 10:52

    Bisnis Dibalik Konflik Rohingya

    Beberapa waktu belakangan ini tentu konflik Rohingya menjadi headline news di beberapa media baik di televisi maupun koran langganan pembaca.

  • Minggu, 10 Sep 2017 16:00

    Jokowi akan resmikan tol Jombang-Mojokerto

    Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Timur, Minggu siang, (10/9), untuk meresmikan jalan tol Jombang-Mojokerto.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak