Minggu, 17 Des 2017 05:23
  • Home
  • Politik
  • Jokowi: Baru 46 dari 126 juta lahan yang sudah ada sertifikatnya

Jokowi: Baru 46 dari 126 juta lahan yang sudah ada sertifikatnya

BALI (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 10 Sep 2017 07:40
Dibaca: 113 kali
Humas Setkab RI/Anggun
Jokowi saat menyerahkan sertifikat di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Bali, Jumat (8/9).
Presiden Jokowi mengemukakan, di seluruh tanah air ini ada 126 juta yang harus disertifikatkan, sekarang baru kurang lebih 46 juta, sehingga masih kurang banyak sekali. 

Ia menyebutkan, di kabupaten banyak sengketa-sengketa tanah, karena belum pegang sertifikat.

Untuk itu, Presiden sudah memerintahkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN agar menyelesaikan segera sertifikat tersebut dan segera menyerahkan kepada rakyat, kepada masyarakat. 

"Targetnya biasanya setahun hanya 400 sampai 500.000, tahun ini saya sudah targetkan 10 kali lipat, 5 juta harus diserahkan kepada masyarakat. Tahun depan, 7 juta harus diserahkan kepada masyarakat. (Tahun) 2019, 9 juta harus diserahkan kepada masyarakat," kata Presiden Jokowi saat menyerahkan 3.500 sertifikat tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Bali, Jumat (8/9) siang.

Oleh sebab itu, lanjut Presiden, bagi yang sudah pegang tanda bukti hak atas tanah yang namanya sertifikat, sudah aman. Seseorang mau akui ini tanahnya, tidak bisa karena sertifikatnya ada. "Gampang sekarang, pegang. Oleh sebab itu, sertifikat itu harus tahu semuanya berapa meter persegi yang dimiliki, letaknya dimana harus mengerti," ujarnya.

Kepala Negara berpesan kepada warga yang sudah memegang sertifikat agar diberi plastik sehingga kalau nanti gentingnya bocor, enggak rusak. Yang kedua, lanjut Presiden, difotokopi, tempatkan di tempat yang berbeda sehingga kalau sertifikat hilang, masih punya fotokopi, mengurusnya mudah.

Jika sertifikat ini mau dipakai untuk jaminan di bank, Kepala Negara mengingatkan agar hati-hati. "Dihitung, dikalkulasi, usahanya masuk enggak? Bisa mencicil, mengangsur setiap bulan enggak bunganya? Hati-hati," tutur Kepala Negara seraya menambahkan sertifikat adalah tanda bukti hak atas tanah, hak hukum atas tanah yang betul-betul harus disimpan dengan baik-baik.

"Enggak apa-apa, silakan ke bank enggak apa-apa, dapat 200 juta dipakai untuk usaha. Wah ini ada untung 50 juta, boleh itu untuk beli sepeda motor. Wah untung 100 juta, boleh untuk beli mobil. Dari keuntungan, bukan dari yang dipinjam keluar dari bank tadi. Hati-hati. Saya titip itu, hati-hati," sambung Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga berpesan baik Kanwil BPN, kantor BPN di kabupaten dan kota, agar memberi pelayanan yang cepat kepada masyarakat dalam pengurusan sertifikat yang ada.

"Secepat-cepatnya dikeluarkan. Saya sudah perintah juga kepada Menteri BPN, katanya kurang juru ukur, sudah segera tambah juru ukur. Sudah tambah berapa, Pak Menteri? Dulu hanya memiliki 2.000, sekarang sudah ditambah lagi menjadi 4.500 sehingga mengukurnya lebih cepat. Jadi enggak ada alasan lagi mengukurnya lamban," tegas Presiden.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Editor: Elya

T#g:BPNJokowishm
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Des 2017 06:35

    Panglima TNI: Kemandirian Industri Strategis Dalam Negeri Dukung Kebutuhan Alutsista TNI

    Untuk mendukung kebutuhan Alutsista TNI baik Angkatan Darat, Laut dan Udara maka industri strategis dalam negeri harus terus ditingkatkan. Kemandirian industri strategis sangat penting untuk mendukung

  • Sabtu, 09 Des 2017 19:19

    Jokowi Buka HMPI Di Yogyakarta, Tengku Erry Tanam Pohon Nangka

    Presiden RI, Jokowi membuka acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 di bukit karst, Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabt

  • Sabtu, 09 Des 2017 16:49

    Seskab: Tidak Ada Presiden Yang Bekerja Melebihi Jokowi

    Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menilai, tidak ada Presiden yang bekerja melebihi Presiden seperti sekarang ini (Jokowi, red).

  • Sabtu, 09 Des 2017 06:39

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Resmi Menjabat Panglima TNI

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, setelah secara resmi dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara,

  • Kamis, 07 Des 2017 22:17

    Kadin Berperan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan, karena rasa cintanya dengan Kadin, dirinya harus melakukan perjalanan bolak-balik Medan-Jakarta.

  • Senin, 04 Des 2017 17:04

    Presiden Serahkan 10.000 Sertifikat Tanah di Soreang

    Sebanyak 10.000 sertifikat tanah diserahkan kepada warga se-Kabupaten Bandung oleh Presiden Jokowi di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin, (4/12/2017). Dalam sambutannya, Presiden m

  • Senin, 04 Des 2017 10:04

    Jokowi Teken Perpres No. 106/2017 tentang Kawasan Sains & Teknologi

    Dalam rangka memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri, khususnya industri kecil menengah berbasis inovasi, pemerintah memandang perlu menyediakan layanan bagi industri dalam suatu kawasan yang

  • Minggu, 03 Des 2017 11:03

    Jokowi: Peran Guru Tak Tergantikan

    Presiden Jokowi menegaskan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Meskipun saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu sangat cepatnya, namun peran guru te

  • Kamis, 30 Nov 2017 09:40

    Horja Godang Bobby-Kahiyang Tunjukkan Kekayaan Adat Budaya Nusantara

    Pesta adat atau Horja Godang pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu Siregar di komplek Bukit Hijau Regency (BHR)-Taman Setia Budi Indah Medan, Sabtu (25/11/2017), berlangsung meri

  • Rabu, 29 Nov 2017 11:39

    Di Langkat, Jokowi Bagikan 9.000 Sertifikat Tanah

    Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) membagikan 9.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Sumatera Utara. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan Alun-alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Kab

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak