Selasa, 19 Mar 2019 17:47
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Minta Travel Umroh Bersaing Sehat

Gubernur Minta Travel Umroh Bersaing Sehat

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Sabtu, 14 Apr 2018 13:44
Humas Pemprov Sumut
Pelantikan Forum Penyelenggara Pelaksanaan Ibadah Umroh-Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PPIU-PIHK), Jumat (13/4/218).
Penyelenggaraan ibadah umroh di Indonesia kini telah didorong untuk melibatkan lembaga terkait untuk pengawasan, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini mengingat sejumlah kasus telah menimpa masyarakat sebagai korban 'travel bodong'. Karena itu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta seluruh travel untuk bersaing secara sehat.

Hal itu disampaikan Gubsu Erry pada Pelantikan Forum Penyelenggara Pelaksanaan Ibadah Umroh-Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PPIU-PIHK) Provinsi Sumatera Utara di Hotel Madani Medan, Jumat (13/4/218).

Gubernur menyebutkan, kebutuhan masyarakat terhadap biro perjalanan untuk pelaksanaan ibadah umroh atau haji terus bertambah jumlahnya.




Apalagi dengan jumlah umat Islam sebagai mayoritas di provinsi ini, membuat antrian haji cukup panjang, bisa mencapai 11-12 tahun. Karenanya pilihan warga jatuh pada pelaksanaan umroh agar dapat beribadah di tanah suci Mekkah.

"Pemerintah juga akan memberikan semacam standarisasi bagi penyelenggaraan ibadah umroh dan haji khusus. Jangan sampai keberadaan travel membuat kita prihatin karena banyak masyarakat menjadi korban (travel bermasalah). Kita tidak mau yang seperti itu terjadi di Sumut," ujarnya.

Erry menyebutkan usaha yang bergerak di bisnis travel/perjalanan ibadah umroh sangat menarik minat masyarakat. Karenanya jangan sampai ada seorangpun warga yang kecewa tidak bisa berangkat hanya karena perusahaan tertentu bermasalah atau sengaja memanfaatkan tingginya antusias umat muslim berangkat ke tanah suci.

"Saya mendengar ada yang menawarkan harga Rp10 juta untuk biaya umroh, tetapi berangkatnya tahun depan. Ini dananya kalau diputar (dimanfaatkan) untuk bisnis lain seperti menanam jagung, tentu bisa mendapatkan keuntungan dari situ. Ini sama seperti kejadian di awal reformasi lalu, dan kita tidak ingin itu terjadi lagi. Karena itu OJK hadir di sini, bersama Kemenag, mengawasi," sebut Erry.

Dengan tingginya pengawasan dari seluruh lembaga terkait, serta mawas diri masyarakat, Gubsu yakin kasus penipuan serupa seperti beberapa waktu lalu di Pulau Jawa, tidak terjadi di Sumut. Namun juga harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan penyelenggara ibadah umroh dan haji khusus. Dengan demikian, persaingan antar perusahaan travel berjalan baik dan sehat.

"Dengan begitu, saya harapkan forum ini memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Baik dalam hal memberikan pelayanan keagamaan maupun dalam unsure bisnis. Mudah-mudahan ini akan menambah semangat kita dalam beribadah, mengingat penyelenggara ibadah ini cukup bervariasi. Intinya adalah pengawasan kita semua," jelasnya.

Sementara, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional Sumut Mulyanto menekankan pentingnya memberikan pelayanan agar masyarakat mendapatkan haknya, mendapatkan keadilan saat pelaksanaan ibadah umroh khususnya. Dirinya pun mencontohkan penawaran 'gratis satu' dalam jumlah tertentu oleh perusahaan travel, perlu dipertanyakan. Sebab bukan tidak mungkin ada tawaran seperti investasi, bodong atau kamuflase.

"Investasi itu harus memenuhi dua hal, pertama legal artinya ada izin di otoritas terkait. Kedua logis, masuk akal. Kalau investasi memberikan keuntungan yang besar, ini masuk akal nggak. Sama seperti penawaran ibadah umroh gratis satu, itu biayanya paling murah Rp20 juta, perlu dipertanyakan," katanya.

Hal senada disampaikan Wadir Binmas Polda Sumut AKBP Suharno. Pihaknya mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa korban yang ingin berangkat ke tanah suci melalui biro perjalanan ibadah tertentu. Padahal, masyarakat yang memilih biaya murah karena memang kemampuan keuangannya terbatas. Namun akhirnya harus menderita kehilangan uang dan tidak bisa berangkat ibadah.

"Sampai saat ini pelaku sudah ditangkap. Tetapi untuk menyita asset, ternyata tidak cukup mengganti biaya keberangkatan. Karena itu kita berharap di Sumut jangan sampai ada yang menderita karena persoalan seperti ini," pungkasnya.

Turut hadir di acara itu, Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut HT Darmansyah, Ketua PPUI-PIHK H Bob Nasution, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nouval Mahyar, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Zonny Waldi, serta sejumlah pengurus forum PPIU Sumut.

Editor: Erickson

T#g:arabTravelumroh
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Mar 2019 21:14

    Batik Air Resmikan Penerbangan Internasional dari Yunnan

    Kunming merupakan gerbang dari Provinsi Yunnan, Tiongkok yang merupakan pusat kebudayaan, perekonomian dan bisnis, komunikasi hingga administrasi. Di kalangan wisatawan, kota ini dikenal sebagai "Dest

  • Senin, 04 Mar 2019 18:24

    AirAsia tarik semua penerbangan dari Traveloka

    AirAsia telah mengambil keputusan untuk menarik penjualan tiketnya secara permanen dari online travel agent Traveloka.

  • Kamis, 28 Feb 2019 22:28

    Menggugah Minat "Trend Traveling" Era Milenial, Lion Air Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Medan dan Jayapura

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo bertajuk #liburanmakinmudah pada beberapa rute penerbangan domestik efektif per 1 Maret 2019.Corporate Commun

  • Selasa, 19 Feb 2019 13:19

    Kepala Bakamla Courtessy Call ke Dubes LBPP RI-Uni Emirates Arab

    Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R. melakukan Courtessy Call atau Kunjungan Kehormatan ke Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Uni Emirates Arab Husin Bagis, di sela-sel

  • Senin, 21 Jan 2019 12:21

    KBRI Beirut Siap Mendukung Pelaksanaan Umroh Personel Konga XXIII-M

    Kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Umroh bagi personel yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian seakan terbuka lebar, terlebih bagi personel TNI yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian

  • Minggu, 02 Des 2018 15:42

    Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe Lepas Keberangkatkan Umroh 15 Anak Berprestasi

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Rosmanidar Hasibuan dan Kakankemenag Labuhanbatu Drs. H. Sapiruddin, M.Pd, Sabtu (1/12/2018),

  • Jumat, 30 Nov 2018 19:10

    Berangkat Umroh, Siswa SMP Islam Jafar Muslim Dapat Bantuan Uang Saku dari PT LTS Lingga Tiga

    Salah seorang Siswa SMP Islam Jafar Muslim Muhammad Nur Soky mendapat bantuan uang Saku untuk berangkat Umroh dari PT LTS Lingga tiga melalui humas H. Khaidir yang diserahkan kepada Kepala Sekolah SMP

  • Minggu, 02 Des 2018 03:02

    Operasi Intelijen? Tuduhan Tanpa Landasan!

    Bendera bertuliskan kalimat tauhid menjadi kontroversi di Tanah Air akhir akhir ini. Polemik itu berawal dari pembakaran bendera oleh anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama di Garut

  • Senin, 19 Nov 2018 01:19

    Hoax Perlakuan Istimewa Arab Saudi Kepada Rizieq

    November bukan bulan yang membuat Rizieq merasa segar terguyur air hujan, melainkan sebaliknya. Minggu pertama di bulan ini pula, Rizieq kembali terkena masalah. Bukan sekedar masalah administrasi kei

  • Selasa, 13 Nov 2018 17:13

    Hafal Ayat Kursi, Plt Bupati Labuhanbatu Berikan Hadiah Umroh

    Agenda kegiatan silahturrahmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (GOLKAR) kabupaten Labuhanbatu, bersama warga kelurahan Sirandorung, menjadi keharuan dan kesan tersendiri bagi warga ma

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak