Kamis, 26 Apr 2018 18:24
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Minta Travel Umroh Bersaing Sehat

Gubernur Minta Travel Umroh Bersaing Sehat

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Sabtu, 14 Apr 2018 13:44
Humas Pemprov Sumut
Pelantikan Forum Penyelenggara Pelaksanaan Ibadah Umroh-Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PPIU-PIHK), Jumat (13/4/218).
Penyelenggaraan ibadah umroh di Indonesia kini telah didorong untuk melibatkan lembaga terkait untuk pengawasan, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini mengingat sejumlah kasus telah menimpa masyarakat sebagai korban 'travel bodong'. Karena itu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta seluruh travel untuk bersaing secara sehat.

Hal itu disampaikan Gubsu Erry pada Pelantikan Forum Penyelenggara Pelaksanaan Ibadah Umroh-Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PPIU-PIHK) Provinsi Sumatera Utara di Hotel Madani Medan, Jumat (13/4/218).

Gubernur menyebutkan, kebutuhan masyarakat terhadap biro perjalanan untuk pelaksanaan ibadah umroh atau haji terus bertambah jumlahnya.




Apalagi dengan jumlah umat Islam sebagai mayoritas di provinsi ini, membuat antrian haji cukup panjang, bisa mencapai 11-12 tahun. Karenanya pilihan warga jatuh pada pelaksanaan umroh agar dapat beribadah di tanah suci Mekkah.

"Pemerintah juga akan memberikan semacam standarisasi bagi penyelenggaraan ibadah umroh dan haji khusus. Jangan sampai keberadaan travel membuat kita prihatin karena banyak masyarakat menjadi korban (travel bermasalah). Kita tidak mau yang seperti itu terjadi di Sumut," ujarnya.

Erry menyebutkan usaha yang bergerak di bisnis travel/perjalanan ibadah umroh sangat menarik minat masyarakat. Karenanya jangan sampai ada seorangpun warga yang kecewa tidak bisa berangkat hanya karena perusahaan tertentu bermasalah atau sengaja memanfaatkan tingginya antusias umat muslim berangkat ke tanah suci.

"Saya mendengar ada yang menawarkan harga Rp10 juta untuk biaya umroh, tetapi berangkatnya tahun depan. Ini dananya kalau diputar (dimanfaatkan) untuk bisnis lain seperti menanam jagung, tentu bisa mendapatkan keuntungan dari situ. Ini sama seperti kejadian di awal reformasi lalu, dan kita tidak ingin itu terjadi lagi. Karena itu OJK hadir di sini, bersama Kemenag, mengawasi," sebut Erry.

Dengan tingginya pengawasan dari seluruh lembaga terkait, serta mawas diri masyarakat, Gubsu yakin kasus penipuan serupa seperti beberapa waktu lalu di Pulau Jawa, tidak terjadi di Sumut. Namun juga harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan penyelenggara ibadah umroh dan haji khusus. Dengan demikian, persaingan antar perusahaan travel berjalan baik dan sehat.

"Dengan begitu, saya harapkan forum ini memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Baik dalam hal memberikan pelayanan keagamaan maupun dalam unsure bisnis. Mudah-mudahan ini akan menambah semangat kita dalam beribadah, mengingat penyelenggara ibadah ini cukup bervariasi. Intinya adalah pengawasan kita semua," jelasnya.

Sementara, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional Sumut Mulyanto menekankan pentingnya memberikan pelayanan agar masyarakat mendapatkan haknya, mendapatkan keadilan saat pelaksanaan ibadah umroh khususnya. Dirinya pun mencontohkan penawaran 'gratis satu' dalam jumlah tertentu oleh perusahaan travel, perlu dipertanyakan. Sebab bukan tidak mungkin ada tawaran seperti investasi, bodong atau kamuflase.

"Investasi itu harus memenuhi dua hal, pertama legal artinya ada izin di otoritas terkait. Kedua logis, masuk akal. Kalau investasi memberikan keuntungan yang besar, ini masuk akal nggak. Sama seperti penawaran ibadah umroh gratis satu, itu biayanya paling murah Rp20 juta, perlu dipertanyakan," katanya.

Hal senada disampaikan Wadir Binmas Polda Sumut AKBP Suharno. Pihaknya mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa korban yang ingin berangkat ke tanah suci melalui biro perjalanan ibadah tertentu. Padahal, masyarakat yang memilih biaya murah karena memang kemampuan keuangannya terbatas. Namun akhirnya harus menderita kehilangan uang dan tidak bisa berangkat ibadah.

"Sampai saat ini pelaku sudah ditangkap. Tetapi untuk menyita asset, ternyata tidak cukup mengganti biaya keberangkatan. Karena itu kita berharap di Sumut jangan sampai ada yang menderita karena persoalan seperti ini," pungkasnya.

Turut hadir di acara itu, Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut HT Darmansyah, Ketua PPUI-PIHK H Bob Nasution, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nouval Mahyar, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Zonny Waldi, serta sejumlah pengurus forum PPIU Sumut.

Editor: Erickson

T#g:arabTravelumroh
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Apr 2018 19:58

    Doa Selamat Umroh, PTPN III (Persero) Berangkatkan 63 Calon Jamaah Umroh

    PT Perkebunan Nusantara III (Persero) memberangkatkan 63 orang calon jamaah umroh ke tanah suci pada hari Rabu, 18 April 2018, dalam acara doa selamat yang diselengarakan di aula Kelapa Sawit, Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan.

  • Selasa, 17 Apr 2018 06:57

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Pangab Persatuan Emirat Arab

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menerima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab (PEA) Staff Lt. General Hamad Mohamed Tahni Al Rumaithi di ruang tamu P

  • Jumat, 16 Mar 2018 17:36

    Singapore Travel Fair Hadir Lagi Di Medan

    Singapore Travel Fair kembali digelar di Medan dari tanggal 16-18 Maret 2018, tepatnya di Atrium utama Center Point Mall, Jalan Jawa Medan. Setelah sebelumnya sukses di Palembang pada tanggal 9-11 Mar

  • Selasa, 13 Mar 2018 11:23

    Panglima TNI Menerima Kunjungan Kehormatan Dubes Uni Emirat Arab

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Uni Emirat Arab Yang Mulia Mr. Mohammed Abdulla AI Ghfeli di ruang tamu Panglima TNI Mabes TNI Cilangkap Jakar

  • Senin, 19 Feb 2018 09:59

    Jamaah Umrah Abu Tours Medan Mengaku Diancam dan Diperas

    Kasus dugaan penipuan berkedok perjalanan Umrah yang melibatkan First Travel, kembali terulang di Sumatera Utara.Dikabarkan ribuan calon jamaah umrah yang menggunakan jasa keberangkatan umrah Abu Tour

  • Kamis, 28 Des 2017 03:28

    Perbaiki Moral Bangsa Pangdam I/BB Lepas Umroh Mahasiswa/i Ke Tanah Suci

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri berangkatkan 13 Mahasiswa dan Mahasiswi Umroh ke Tanah Suci Mekkah, di Lounge Room Executive Lt I Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (27/12/2017)

  • Rabu, 27 Des 2017 17:27

    Rasa terharu dan gembira 13 mahasiswa/i berangkat Umroh ke Mekkah

    Rasa terharu dan gembira 13 orang Mahasiswa/I berangkat Umroh ke Mekkah dan 1 orang Beasiswa  pada saat sambutan yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri dalam rangka silaturahmi, d

  • Rabu, 27 Des 2017 17:17

    Pangdam I/BB Bantu 13 Mahasiswa/i Berangkat Umroh Ke Mekkah & 1 Orang Beasiswa

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri memberikan bantuan 13 orang Mahasiswa/Mahasiswi berangkat Umroh ke Mekkah dan 1 orang Beasiswa, di Lounge Room Executive Lt I Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km

  • Minggu, 03 Des 2017 16:43

    Jalan Sehat Bersama Muhammadiyah, Tengku Erry Beri Hadiah Umrah

    Gubsu Tengku Erry Nuradi melepas dan ikut serta jalan sehat bersama ribuan warga Muhammadiyah dalam rangka memperingati Milad ke-105 Muhammadiyah, di kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri Medan, Minggu (3/1

  • Rabu, 29 Nov 2017 11:19

    Mirip modus penipuan Umroh First Travel, Polres Binjai Ciduk Pasutri dari Medan

    HR dan IR, pasangan suami istri (Pasutri) yang tinggal di Kota Medan, diamankan petugas Sat Reskrim Polres Binjai karena diduga terlibat penipuan umroh."Dalam menjalankan aksinya, kedua tersangka mend

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak