Jumat, 19 Okt 2018 06:33
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Imbau Masyarakat Dukung Aksi Kemanusiaan Ke Suriah

Gubernur Imbau Masyarakat Dukung Aksi Kemanusiaan Ke Suriah

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Selasa, 10 Apr 2018 23:10
Humas Pemprovsu
Gubsu saat menerima audensi Pimpinan ACT di Sumut, Selasa (10/4).
Gubsu Tengku Erry Nuradi mengimbau masyarakat untuk mendukung aksi kemanusiaan dengan memberi bantuan dari Indonesia untuk warga di Suriah. Bantuan yang diperoleh sebesar Rp15 miliar selama tujuh hari pun mendapat apresiasi dari gubernur.

Hal itu disampaikan Tengku Erry saat menerima kunjungan NGO Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di kantor Gubsu di Medan, Selasa (10/4/2018).

Hadir disitu Eko Sujatmoko selaku pimpinan ACT, Ronio Romantika (Branch Head) dan Yessy di bagian operasional. Sedangkan Gubernur didampingi Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus, Kepala BPBD Sumut Riadil dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Indah Dwi Kumala.




Dari diskusi singkat tersebut, disampaikan bahwa ACT terus bergerak mengumpulkan bantuan untuk kemanusiaan di Negara Suriah (Syria), termasuk juga di Palestina. Pimpinan ACT di Sumut Eko Sujatmoko menyampaikan kepada Gubsu tentang berbagai kegiatan mereka di tahun ketiga ini terkait kepedulian terhadap sesama. "Kegiatan seperti ini cukup bagus dalam membantu masyarat yang kurang mampu," ujar Gubsu Erry.

Karenanya, Gubsu Erry mengimbau dan mengajak seluruh masyatakat Sumut untuk ikut mensukseskan pengiriman beras kemanusiaan ke Suriah, yang akan dilaksanakan pada 21 April 2018 mendatang.

Sementara pimpinan ACT Eko Sujatmoko mengatakan, bantuan yang mereka kumpulkan dalam waktu tujuh hari mencapai Rp15 milir lebih. Namun angka yang cukup besar ini menurutnya masih tergolong kecil, meskipun untuk urusan kemanusiaan ini sangat berarti. Atas dasar itu, pihaknya meminta agar Gubernur menyampaikan kepada seluruh kabupaten/kota agar mendorong aksi kemanusiaan ini.

"Kita ada di 33 kabupaten/kota, namun masih 21 daerah yang aktif di Sumut. Meskipun kita tahu berada di Sumut, namun keberadaanya sudah melampaui lembaga yang sudah 15 tahun berdiri, baik dari segi aksi dan bantuan. Jumlah relawan kita ada sekitar 500 orang di Sumut," katanya.

Sedangkan untuk kegiatan di dalam negeri khususnya di Sumut, Eko mengatakan saat ini lembaga ACT yang diartikulasikan sebagai action (aksi), telah memberikan bantuan kepada kaum dhuafa seperti tukang sampah dan penarik becak. Kegiatan ini digelar melalui mobil food friends, dimana kesehariannya, ada 500 nasi bungkus yang dibagikan.

"Bahkan bukan kami saja, ada juga yang ikut membantu, seperti rumah makan. Jadi hitungan kita, jika penarik becak mendapatkan penghasilan dalam jumlah tertentu, maka kalau uang makannya tidak dikeluarkan membeli nasi, kan bisa diberikan kepada anaknya," sebutnya, yang mengatakan aksi ini berlangsung sejak dua tahun lalu.

Selain itu, atas perhatian yang cukup besar, ACT memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur dengan menjadikan orang nomor satu di Pemprovsu itu sebagai Keluarga Kehormatan ACT. Erry pun diberikan tanda berupa kaos bergambar aksi kemanusiaan untuk Suriah yang pengiriman beras melalui pelabuhan Belawan.

Editor: Erickson

T#g:suriah
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 25 Sep 2018 04:25

    Membaca Fenomena Perang Tagar di Indonesia

    Di dalam sebuah negara demokrasi, perbedaan pendapat tentunya lumrah terjadi karena semua pihak dari berbagai lapisan masyarakat memiliki hak untuk menyampaikan pendapat atau aspirasinya. Menjelang Pe

  • Minggu, 04 Mar 2018 11:24

    Car Free Day Diisi Aksi Solidaritas untuk Ghouta Suriah

    Aksi dukungan dan protes terhadap konflik di Kota Ghouta, Suriah disuarakan oleh masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara pada Car Free Day (CFD) di kawasan Lapan

  • Jumat, 07 Jul 2017 02:57

    Gunakan peluru kendali, Militer Rusia serang tiga lokasi IS di Suriah

    Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pihaknya telah menghancurkan tiga depot amunisi dan pos komando kelompok bersenjata IS di Provinsi Hama, Suriah, menggunakan peluru kendali jelajah. Hal ini dirilis oleh lembaga Rusia itu, Rabu, (5/7)

  • Kamis, 06 Jul 2017 10:56

    Kemenlu dan BNPT Minta WNI di Suriah Pulang ke Tanah Air

    Pemerintah saat ini sedang berupaya untuk memulangkan WNI yang masih berada di wilayah konflik Suriah.

  • Selasa, 04 Jul 2017 18:44

    Ratusan WNI pulang dari Suriah sudah menyebar di Indonesia

    Komjen Pol Suhardi Alius, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), menyatakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali dari Suriah sudah ratusan orang dan tersebar di penjuru tanah air.

  • Jumat, 30 Jun 2017 19:50

    Polri: Syawaluddin Pakpahan CS juga targetkan Markas Kodam dan Komplek Asia Megamas Medan

    Terungkap bahwa Syawaluddin Pakpahan dan komplotannya juga berencana menargetkan Markas Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai sasaran teror. Demikian dinyatakan Mabes Polri.

  • Rabu, 28 Jun 2017 07:48

    Bashar al-Assad kunjungi pangkalan militer Rusia di Suriah

    Presiden Suriah Bashar al-Assad didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov, mengunjungi sebuah pangkalan udara Rusia di Hmeymim, Suriah barat, Selasa (28/6/2017).

  • Senin, 26 Des 2016 10:18

    Ribuan ibu ini sepakat Khilafah dan Syariat Islam adalah satu-satunya solusi

    Memperingati Hari Ibu, Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia mengadakan acara KIN 4 (Kongres Ibu Nusantara ke-4), pada Minggu 25 Desember 2016. Kegiatan ini bertema : Negara Soko Guru Ketahanan Keluarga da

  • Minggu, 25 Des 2016 10:18

    AMPS: Bashar Assad, Teroris yang harus dihukum mati

    Aliansi Medan Peduli Suriah yang tergabung dari Hizbut Tahrir Indonesia(HTI) Chapter Kampus dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) serta empat puluhan lebih komunitas kampus, lembaga dakwah dan organisasi non p

  • Jumat, 23 Des 2016 21:12

    Aliansi Medan Peduli Suriah Galang Dana untuk Korban Konflik Aleppo

    Sekitar dua ratusan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Medan Peduli Suriah dari sejumlah komunitas melakukan aksi unjuk rasa dan penggalangan dana di bundaran SIB Medan, Sabtu (24/12/2016). Aksi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak