Sabtu, 25 Nov 2017 06:56
  • Home
  • Politik
  • Gubernur & Kapolda Sumut laksanakan Vidcon dengan Kapolri

Terkait pembahasan program penggunaan Dana Desa

Gubernur & Kapolda Sumut laksanakan Vidcon dengan Kapolri

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Jumat, 20 Okt 2017 12:30
Dibaca: 112 kali
Dok
Kegiatan video conference Kapolda Sumut dan jajaran dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian,Jumat (20/10).

Gubernur Sumut Ir. H. Tengku Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Agus Andrianto SH,  para Pejabat Utama Polda Sumut, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumut Aspan Sofyan, para Kapolres/Tabes sejajaran melaksanakan Vidcon dengan Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M.Tito Karnavian M.A, Ph.D, Kemendes dan Kemendagri terkait penandatanganan MOU antar Kemendes PDTT, Kemendagri dan Polri tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa, pagi tadi, Jumat (20/10), di Ruang Vidcon Mapolda Sumut.

Kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan dana negara untuk pembangunan Desa dan pemerataan pembangunan di Desa serta kesejahteraan masyarakat Desa.

Dalam vidcon ini, Kapolri menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kapolda yang sudah mengikuti kegiatan Vidcon beserta Para Gubernur di daerah masing-masing. 

Kapolri menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah kepada Desa tertinggal dan melibatkan polri untuk mengambil andil untuk memperbaiki pembangunan Desa kedepannya,  Kepolisian akan ikut berpartisipasi melalui Bhabinkamtibmas yang sudah langsung bersentuhan dengan masyarakat. 

"Hal- hal yang harus diluruskan yaitu mengenai penyaluran dana dari pemerintah Daerah kepada pemerintah Desa namun dananya tidak sampai kepada masyarakat desa. Banyak dana-dana yang harusnya tidak ada malah diadakan dan yang ada justru dianggap tidak ada," ucap Kapolri.

"Yang perlu menjadi perhatian Kemendagri dan Kemendes yaitu kebocoran dana yang sering terjadi saat ini sehingga tidak tersalur, dan kami Polri tidak hanya melibatkan Bhabinkamtibmas saja, tetapi juga dari tingkat Polda sampai Polsek akan kami libatkan agar setelah ini segera memikirkan ide ide untuk membantu pembangunan Desa yang tertinggal," tambahnya.

Kapolri juga meminta kepada masing masing Kapolda agar memerintahkan Bhabinkamtibmas daerah untuk dapat mengawasi mengenai penyaluran dana, kemudian mengamankan pembangunan yang ada di desa agar tidak terjadi konflik kedepannya, memberikan penjelasan kepada masyarak agar tidak ada konflik dan terjadi hal anarkis di Desa, mengawasi keterbukaan dana Desa kepada publik dan sampaikan kepada masyarakat Desa tentang penggunaan dana Desa yang sudah diberikan. 

Kapolri meminta kepada masing masing Kapolda untuk membaca MoU dan membicarakan dengan instansi yang terkait dan mengambil inisiatif untuk menghindari terjadinya pemotongan pemotongan, kemudian Kapolda perintahkan kepada Kapolres agar segera kumpulkan Bhabinkamtibmas untuk memberikan penjelasan mengenai apa saja yang boleh dikerjakan dan apa saja yang tidak boleh terkait dana pembangunan Desa. 

"Nanti 2 bulan lagi saya akan adakan kembali Vidcon terkait masalah ini. Untuk tingkat Polda petugas harian diawasi oleh Dir Binmas dan tingkat Polres oleh Kasat Binmas. Kegiatan dilaporkan secara bertahap dari tingkat Polsek, Polres, dan Polda yang nantinya Kapolda akan melaporkan ke Kakor Binmas untuk tingkat Mabes Polri", ucap Jenderal Tito.

Ini merupakan sebuah amanah untuk Polri dalam berkontribusi dalam penggunaan Desa, saya berharap agar ini dapat berjalan dengan baik dan tidak mempermalukan institusi. 

Kapolri mengatakan dalam program dana Desa ini akan diberikan penghargaan untuk Bhabinkamtibmas yang berperan aktif untuk menjalankan program ini.

"Tidak hanya untuk Bhabin saja tetapi para Kapolsek, Kapolres dan Kapolda juga akan mendapatkan penghargaan yang aktif sebaliknya apabila ada yang ikut menyalah gunakan dana desa akan saya berikan punishman," pungkasnya.

Editor: Budi

T#g:ADDDana DesaKapolri
Berita Terkait
  • Selasa, 14 Nov 2017 10:24

    Dana Desa Siamporik Dibuat Untuk Jalan Dalam Kawasan Hutan

    Dana yang bersumber dari Dana desa digelontorkan oleh Kepala Desa Siamporik untuk membuat Koridor di kawasan hutan produksi terbatas sesuai dengan SK Menhut No. 579/Menhut- II /2014 tentang penunjukan

  • Jumat, 10 Nov 2017 19:00

    Sosialisasi Pencegahan Penyelewengan Dana Desa di Humbang Hasundutan

    Saut Parlindungan Simamora mewakili Bupati Humbahas membuka Sosialisasi Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa Kabupaten Humbahas, di Aula Hutamas Komplek Perkantoran Tano Tubuh

  • Minggu, 22 Okt 2017 16:42

    MTQN Ke-1, Desa Bangun Sari Tanjungmorawa

    Bertempat di lapangan dusun 2 dan 3 Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjungmorawa Kabupaten Deliserdang, Desa Bangun Sari menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Nasional(MTQN) tingkat Desa Bangun Sari ke-1.&

  • Kamis, 05 Okt 2017 11:15

    Kades Hatongga Palas Diduga Tilep DD 2016

    Kepala Desa Hatongga Kecamatan Batang Lubu Sutam (Batam) di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Abdul Gani Lubis diduga telah menilep anggaran dana Desa (DD) tahun 2016, terutama pada kegiatan pipanisasi

  • Kamis, 21 Sep 2017 10:01

    Dana Desa, Program Pemerintah Mengentaskan Kemiskinan

    Program Pembangunan Dana Desa merupakan program pemerintah mengentaskan kemiskinan.

  • Jumat, 15 Sep 2017 10:55

    Rp21,7 Triliun DD Huragi 2017 untuk Infrastruktur Pedesaan

    Akumulasi jumlah dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), yang diterima sebanyak 31 desa di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas) di tahun 2017 mencapai sedikitnya sebe

  • Sabtu, 26 Agu 2017 07:26

    Saut P. Simamora: Dana Desa untuk kepentingan masyarakat, bukan oknum

    Sosialisasi dana desa dan TP4D (Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) di Kabupaten Humbang Hasundutan, dilaksanakan pada Kamis (24/8), di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

  • Kamis, 24 Agu 2017 20:34

    Kapolri Apresiasi Keberhasilan Kapolrestabes Medan

    Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Besar Tito Karnavian mengapresiasi kinerja Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Medan atas keberhasilan menangkap provokator ujara

  • Kamis, 24 Agu 2017 19:14

    Kapolri beri semangat masyarakat terdampak erupsi gunung Sinabung

    Dalam sambutan, pesan serta harapan pada masyarakat pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan bahwa dirinya mempunyai kesan yang mendalam pada masyarakat Karo, karena

  • Selasa, 22 Agu 2017 11:32

    Lusa, Kapolri akan ke Kabanjahe, bantu masyarakat terdampak erupsi Sinabung

    Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan menghadiri Kegiatan Bhakti Kesehatan dan Bhakti Sosial bagi pengungsi dan masyarakat Karo akibat erupsi Gunung Sinabung di di Stadion Samura Kabanjahe Kab.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak