Selasa, 24 Apr 2018 19:44
  • Home
  • Politik
  • Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN Kalah Voting. Paripurna tetapkan Paket A

Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN Kalah Voting. Paripurna tetapkan Paket A

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Jumat, 21 Jul 2017 08:11
Dok
Ilustrasi Paripurna DPR RI
4 (empat) Fraksi masing-masing Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN menarik diri dari Sidang Paripurna yang memasuki proses voting untuk menentukan isu presidential threshold yang terbagi dalam paket A dan paket B.

Dalam sidang yang berlangsung pada Kamis malam tersebut, Fraksi Gerindra yang diwakili oleh Muzani, Fraksi PKS yang diwakili oleh Al Muzamil, Fraksi Demokrat yang diwakili oleh Benny K Harman dan Fraksi PAN yang diwakili oleh Yandri Susanto menyampaikan pandangan masing-masing Fraksi untuk tidak ikut serta dalam proses selanjutnya untuk memutuskan paket A atau B yang khususnya terkait Presidential Threshold.

"Apapun yang sudah diputuskan kami hormati, kami sampaikan bahwa PAN dalam proses pengambilan keputusan RUU penyelenggaraan pemilu, untuk tahapan berikutnya pengambilan tingkat kedua kami menyatakan kami tidak akan ikut dan tidak bertanggung jawab atas keputusan malam ini," kata Yandri, Jumat (21/7/2017).

Hal serupa juga disampaikan oleh Benny K Harman, "Kami Fraksi Demokrat tidak ingin menjadi parpol yang melanggar prosedur, atas dasar pertimbangan tersebut kami memutuskan untuk tidak ikut mengambil bagian dan tidak bertanggung jawab atas keputusan." 

Sementara itu Muzani dari Gerindra mengatakan,"Fraksi Gerindra tidak ikut dalam pengambilan voting tersebut, kami tidak bertanggung jawab atas putusan politik tersebut. Kami berharap proses pemilihan umum dan pilpres dilakukan dengan cara yang lebih baik." 

Demikian juga dengan Al Muzamil dari Fraksi PKS yang menegaskan partainya memiliki sikap yang sama.

Setelah menyampaikan masing-masing pandangan Fraksi, kemudian diikuti dengan anggota keempat Fraksi itu keluar dari ruangan Sidang Paripurna beberapa saat menjelang tengah malam.

Atas keputusan keempat Fraksi tersebut, pimpinan sidang Fadli Zon, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan pun keluar dari ruangan dan menyerahkan pimpinan sidang pada Ketua DPR RI Setya Novanto yang didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Atas perkembangan itu, proses voting untuk menentukan apakah paket A atau B yang dipilih tidak dilanjutkan. Anggota DPR RI yang berada di ruang sidang sepakat untuk memilih Paket A dan menerima RUU Penyelenggaraan Pemilu.

Secara khusus Fahri Hamzah mengatakan keberadaannya di ruangan dan mendampingi Ketua DPR RI merupakan bagian dari aturan mengenai persidangan dalam sidang paripurna terkait pimpinan sidang. Meski demikian ia menyatakan secara pribadi memilih paket B.

Sebelumnya, setelah proses lobi, mengkerucut hanya dua paket dari lima paket yang akan dipilih bila terjadi proses voting terkait isu krusial dalam pembahasan RUU Penyelenggaraan Pemilu.

Paket A yaitu Presidential threshold (20-25 persen), parliamentary threshold (4 persen), sistem pemilu (terbuka), alokasi kursi (3-10 kursi), metode konversi suara (saint lague murni). Sementara Paket B Presidential threshold (0 persen), parliamentary threshold (4 persen), sistem pemilu (terbuka), alokasi kursi (3-10 kursi), metode konversi suara (quota hare).

Dengan disepakatinya RUU Penyelenggaraan Pemilu dengan kesepakatan paket A, maka agenda sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Setya Novanto berakhir. Mewakili pemerintah, hadir Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menkumham Yasona Laoly. 

Editor: Sam

Sumber: Antara

T#g:demokratGerindraPANpks
Berita Terkait
  • Senin, 23 Apr 2018 19:43

    Panglima TNI : Prajurit TNI dan Polri Jangan Menyakiti Hati Rakyat

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam arahannya menegaskan kepada seluruh Prajurit TNI dan Polri untuk tidak melakukan tindakan yang tak

  • Senin, 23 Apr 2018 18:43

    Kondisi Pantai Kami Hancur Pak. Sebentar Lagi, Kami lah yang Hancur

    Cawagub Sumatera Utara, Sihar Sitorus miris lihat kehidupan masyarakat Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

  • Senin, 23 Apr 2018 16:23

    Amien Rais dan Kontroversi yang belum usai

    Saat ini publik sedang dihebohkan dengan pernyataan "partai Allah dan partai setan." Amien Rais kembali memicu kontroversi.

  • Kamis, 19 Apr 2018 19:19

    Panglima TNI Tiba di Nanggroe Aceh Darussalam

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Kamis (19/4/2018). Kedatangan Panglima

  • Kamis, 19 Apr 2018 12:29

    Sihar Tantang Edi Jadi Orator

    Seakan membutuhkan orator politik, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus, menantang pedagang untuk melakukan orasi politik untuk memilih nomor urut dua pada Pilkada Serentak 2018.

  • Kamis, 19 Apr 2018 04:09

    Babinsa dan PPL Desa Jatimulyo Dampingi Petani Panen Padi Jember

    Padi seluas 2 hektar milik Nur Hanifan yang merupakan anggota kelompok Tani Sumber Makmur Dusun Beringinsari Desa Jatimulyo Kec. Jenggawah Kabupaten Jember, dipanen pada Selasa (17/04).

  • Rabu, 18 Apr 2018 14:28

    Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Delegasi Markas Besar PBB dan Jepang

    Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Brigadir Jenderal TNI Victor H. Simatupang, M.Bus., menerima kunjungan perwakilan delegasi dari United Nations Headquarter ( Markas Besar PBB) d

  • Rabu, 18 Apr 2018 14:18

    Bakamla RI Inventarisir BMN SPKKL Kupang

    Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI mulai menggelar aksi "Ayo Inventarisasi BMN 2018", dalam hal ini dilaksanakan oleh Bagian Pendayagunaan dan Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN). Untuk kantor B

  • Sabtu, 14 Apr 2018 05:04

    Menjadi Gubernur Sumatera Utara, Djarot Sihar Pelayan Rakyat

    Pasca rilis hasil survey Indo Barometer, 23 Maret 2018 yang menempatkan Djarot Sihar pada posisi teratas, secara periodik muncul serangan pada pasangan ini.

  • Jumat, 13 Apr 2018 09:13

    DJOSS Hadiri Musrenbang, Sihar: Kita Harus Main Cepat

    Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel, Kamis (12/4/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak