Selasa, 24 Okt 2017 14:41
  • Home
  • Politik
  • Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN Kalah Voting. Paripurna tetapkan Paket A

Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN Kalah Voting. Paripurna tetapkan Paket A

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Jumat, 21 Jul 2017 08:11
Dibaca: 261 kali
Dok
Ilustrasi Paripurna DPR RI
4 (empat) Fraksi masing-masing Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN menarik diri dari Sidang Paripurna yang memasuki proses voting untuk menentukan isu presidential threshold yang terbagi dalam paket A dan paket B.

Dalam sidang yang berlangsung pada Kamis malam tersebut, Fraksi Gerindra yang diwakili oleh Muzani, Fraksi PKS yang diwakili oleh Al Muzamil, Fraksi Demokrat yang diwakili oleh Benny K Harman dan Fraksi PAN yang diwakili oleh Yandri Susanto menyampaikan pandangan masing-masing Fraksi untuk tidak ikut serta dalam proses selanjutnya untuk memutuskan paket A atau B yang khususnya terkait Presidential Threshold.

"Apapun yang sudah diputuskan kami hormati, kami sampaikan bahwa PAN dalam proses pengambilan keputusan RUU penyelenggaraan pemilu, untuk tahapan berikutnya pengambilan tingkat kedua kami menyatakan kami tidak akan ikut dan tidak bertanggung jawab atas keputusan malam ini," kata Yandri, Jumat (21/7/2017).

Hal serupa juga disampaikan oleh Benny K Harman, "Kami Fraksi Demokrat tidak ingin menjadi parpol yang melanggar prosedur, atas dasar pertimbangan tersebut kami memutuskan untuk tidak ikut mengambil bagian dan tidak bertanggung jawab atas keputusan." 

Sementara itu Muzani dari Gerindra mengatakan,"Fraksi Gerindra tidak ikut dalam pengambilan voting tersebut, kami tidak bertanggung jawab atas putusan politik tersebut. Kami berharap proses pemilihan umum dan pilpres dilakukan dengan cara yang lebih baik." 

Demikian juga dengan Al Muzamil dari Fraksi PKS yang menegaskan partainya memiliki sikap yang sama.

Setelah menyampaikan masing-masing pandangan Fraksi, kemudian diikuti dengan anggota keempat Fraksi itu keluar dari ruangan Sidang Paripurna beberapa saat menjelang tengah malam.

Atas keputusan keempat Fraksi tersebut, pimpinan sidang Fadli Zon, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan pun keluar dari ruangan dan menyerahkan pimpinan sidang pada Ketua DPR RI Setya Novanto yang didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Atas perkembangan itu, proses voting untuk menentukan apakah paket A atau B yang dipilih tidak dilanjutkan. Anggota DPR RI yang berada di ruang sidang sepakat untuk memilih Paket A dan menerima RUU Penyelenggaraan Pemilu.

Secara khusus Fahri Hamzah mengatakan keberadaannya di ruangan dan mendampingi Ketua DPR RI merupakan bagian dari aturan mengenai persidangan dalam sidang paripurna terkait pimpinan sidang. Meski demikian ia menyatakan secara pribadi memilih paket B.

Sebelumnya, setelah proses lobi, mengkerucut hanya dua paket dari lima paket yang akan dipilih bila terjadi proses voting terkait isu krusial dalam pembahasan RUU Penyelenggaraan Pemilu.

Paket A yaitu Presidential threshold (20-25 persen), parliamentary threshold (4 persen), sistem pemilu (terbuka), alokasi kursi (3-10 kursi), metode konversi suara (saint lague murni). Sementara Paket B Presidential threshold (0 persen), parliamentary threshold (4 persen), sistem pemilu (terbuka), alokasi kursi (3-10 kursi), metode konversi suara (quota hare).

Dengan disepakatinya RUU Penyelenggaraan Pemilu dengan kesepakatan paket A, maka agenda sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Setya Novanto berakhir. Mewakili pemerintah, hadir Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menkumham Yasona Laoly. 

Editor: Sam

Sumber: Antara

T#g:demokratGerindraPANpks
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Okt 2017 10:54

    Spanduk Di Gapura Rusak Estetika Aek Kanopan

    Spanduk yang dipasang di gapura perbatasan kabupaten Labura-Asahan dinilai merusak estetika dan keindahan Aek Kanopan sebagai ibukota Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).

  • Sabtu, 21 Okt 2017 11:31

    16 Karateka Junior Indonesia Siap Berlaga di Spanyol

    Dalam menghadapi Kejuaraan Dunia Karate di Santa Cruz De Tenerife, Spanyol, tanggal 25 s.d 29 Oktober 2017, misi utama yang harus diraih para Karateka Junior Indonesia adalah siap berlaga dengan segen

  • Jumat, 20 Okt 2017 15:40

    JICA dan Japan Coast Guard Kunjungi Kantor Zona Bakamla RI di Batam

    Delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Japan Coast Guard (JCG) mengunjungi Kantor Kamla Zona Maritim Barat di Batam, Kamis (19/10/2017).

  • Kamis, 19 Okt 2017 20:59

    Pasukan Garuda Gelar Tasyakuran Kenaikan Pangkat di Afrika Tengah

    Personel Pasukan Garuda misi perdamaian PBB yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XXXVII-D/Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) di bawah

  • Rabu, 18 Okt 2017 15:28

    Generasi Muda Harus Bangga Memiliki Pancasila

    Pancasila adalah Ideologi Bangsa Indonesa, yang mana kita sebagai warga Negara tidak terkecuali generasi muda patut menjunjung tinggi Ideologi tersebut. Pancasila yang telah dirumuskan sedemikian rupa

  • Selasa, 17 Okt 2017 16:27

    Panglima TNI: TNI-Polri Tetap Solid Wujudkan Stabilitas Politik

    Soliditas TNI dan Polri adalah tonggak penyangga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan sekaligus harus dapat menjaga dan mewujudkan stabilitas politik demi

  • Selasa, 17 Okt 2017 15:37

    Diduga Pungli Rekrutmen Panwascam, Panwaslih Palas Didemo Massa

    Diduga kuat telah terjadi praktek pungutan liar (Pungli) pada saat proses rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), serta diduga seorang komisioner Panwaslih Palas merupakan kader salah satu p

  • Senin, 16 Okt 2017 04:26

    DPD PKS Tebing Tinggi resmi serahkan dokumen pendaftaran ke KPUD

    Sejumlah pengurus DPD dan Ketua DPC PKS se-Kota Tebing Tinggi yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPD PKS Tebing Tinggi, Wan Syawal, ST dan didampingi oleh Sekretaris Umum Muheri, SH secara resmi t

  • Sabtu, 14 Okt 2017 07:34

    Tengku Erry Serahkan SK Kenaikan Pangkat Guru Di Labura & Tanjung Balai

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan untuk mengajukan kenaikan pangkat ASN khususnya guru akan dilakukan melalui online.

  • Kamis, 12 Okt 2017 15:32

    Pelantikan Anggota Panwascam Se-Kab. Nias Selatan

    Pelantikan anggota Panwascam terpilih dihadiri oleh 105 orang yang berasal dari 35 kecamatan se-Kab. Nias Selatan (Nisel).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak