Senin, 22 Okt 2018 18:09
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Politik
  • Erry Sebut Indonesia dan India Banyak Kesamaan

Erry Sebut Indonesia dan India Banyak Kesamaan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Selasa, 30 Jan 2018 14:00
Humas Pemprovsu
Konjen India di Medan Mrs Dr Shalia Shah dan tamu undangan resepsi

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri resepsi perayaan hari ulang tahun Republik India ke-69 di hotel JW Marriott Medan, Minggu (28/1/2018) malam.

Hadir juga disitu beberapa konjen negara sahabat, mewakili FKPD Provsu, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, para kepala SKPD Provsu dan masyarakat India yang ada di Medan.

Pada kesempatan itu Gubsu Erry mengharapkan hubungan kerjasama antara India dan Indonesia, khususnya Sumatera Utara semakin meningkat kedepan. Masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan dan berbaur dengan masyarakat pribumi.

"Kedepan diharapkan agar tetap dijaga dan terus berkembang. Karena hubungan persaudaraan ini merupakan kekuatan bilateral yang mandiri dan kuat terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masing-masing masyarakatnya," ujar Erry.

Indonesia dan India menurut Erry memiliki banyak kesamaan. "Indonesia dan India adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia," katanya.

Saat ini, lanjut Erry, banyak kegiatan yang telah dikembangkan kedua negara, begitu juga dengan swasta, bahkan antara masyarakat dengan masyarakatnya terutama kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian dan perdagangan yang bukan hanya dilakukan pengusah besar, tetapi juga antar sektor-sektor usaha kecil  dan menengah.

Adapun berbagai kemajuan kerjasama ini bukan hanya dalam bidang perdagangan, tetapi juga kepariwisataan, pendidikan dan kegiatan sosial budaya serta peluang bisnis lainnya.

Selain itu hubungan diplomatik Indonesia dengan India juga sangat baik. TNI AL Indonesia melakukan kerjasama latihan pengawasan laut dengan tentara laut India 2 kali dalam setahun. "Kerjasama latihan pengawasan laut ini juga mengeratkan antara kedua negara yang berdekatan," sebut Erry.

"Secara Geografis Indonesia dan India juga sangat dekat. Dari Pulau Weh di Sabang ke pulau Andaman India, hanya berkisar 40 mil lau atau 60 kilometer. Jaraknya lebih kurang dari Medan ke Tebing Tinggi. Jadi banyak kesamaan," kata Erry.

Sementara Konjen India di Medan Mrs Dr Shalia Shah pada kesempatan itu mengatakan bahwa Resepsi perayaan ke-69 Republik India sangat penting karena bertepatan dengan peringatan 25 tahun hubungan kerjasama Republik India dengan Negara-negara ASEAN.

"Hari Republik India hari ini sangat spesial karena juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun hubungan bilateral antara Republik India dengan negara-negara ASEAN. Presiden Jokowi juga hadir sebagai tamu kehormatan pada perayaan ini," kata Shalia Shah.

Dikatakan Shalia Shah bahwa tahun 2018 ini Republik India akan meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara ASEAN. Khususnya dengan Indonesia. Karena lanjutnya selain bertetangga India dan Indonesia juga sama-sama multi etnik. Sehingga hubungan kerjasama di bidang kebudayaan tradisional yang selama ini juga sudah terjalin antara Indonesia dengan India.

"Tahun ini India akan meningkatkan kerjasama bilateral dibidang-bidang lainnya seperti ekonomi, maritim. Dan juga kita akan meningkatkan konektivitas kota-kota di India dengan Indonesia," sebut Shalia.

Editor: Tommy

T#g:India
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 15:21

    Anak Ini Keluarkan Air Mata Seperti Kapas Setiap Hari

    Umumnya, air mata dinilai sebagai simbol kesedihan. Namun, sebenarnya air mata muncul tak hanya ketika seseorang merasa sedih saja. Saat seseorang bahagia, terharu dan mengantuk, air mata pun tidak ja

  • Senin, 14 Mei 2018 21:14

    Bakamla RI Hadiri Expert Level Meeting dengan India

    Bakamla RI yang diwakili oleh Direktur Latihan Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., menghadiri Informal Expert Level Meeting between Indonesia and India on Maritime Security Cooperation

  • Rabu, 07 Mar 2018 11:37

    Bakamla RI-India Bahas Rencana Kerja Sama Keamanan Laut Kawasan

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. beserta jajaran menerima Courtesy Call Duta Besar India Yang Mulia Pradeep Kumar Rawat dan Atase Pertahanan India Captain J.S. Dhanoa, di Kantor P

  • Sabtu, 27 Jan 2018 12:07

    Satgas Indobatt XXIII-L Patroli Udara Bersama Indiabatt di Lebanon

    Untuk memantau dan mengantisipasi pelanggaran di area operasi atau batas wilayah udara, Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion

  • Jumat, 12 Jan 2018 15:32

    Bakamla RI Jajaki Framework Kerjasama Bilateral dengan India CG

    Delegasi Indonesia dipimpin Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto melakukan kunjungan kerja The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1) dan diterima Penasehat Keamanan India Ajit K. Doval

  • Senin, 11 Sep 2017 13:31

    Satgas MTF TNI dan Angkatan Laut India Gelar Cocktail Party

    Selama melaksanakan perjalanan melintasi Laut atau lintas laut Samudera Hindia dari Indonesia menuju India dengan menggunakan KRI Usman Harun-359, prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas 

  • Selasa, 05 Sep 2017 14:15

    Komandan Satgas MTF TNI Courtessy Call Chief of Staff Southern Naval Command India

    Komandan Satuan Tugas Satgas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Konga XXVIII-J/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) 2017 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H

  • Selasa, 29 Agu 2017 21:59

    Kapuskersin TNI Terima Kunjungan National Defense College India

    Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han) menerima kunjungan Delegasi National Defense College India Additional Secretary and Senior Dir

  • Jumat, 21 Jul 2017 01:51

    India cabut Paspornya, Zakir Naik kini tak punya kewarganegaraan

    Setelah National Investigation Agency (NIA), badan anti teroris India, merekomendasikan bahwa Zakir Naik melakukan Tindakan Pelanggaran (Act of Action Act for the terror link), maka pemerintah India mencabut paspor penceramah muslim tersebut.

  • Senin, 10 Jul 2017 02:10

    Wanita 15 tahun diikat di pohon dan disiksa karena ketahuan selingkuh

    Wanita yang sudah bersuami, Jyashoda, 15 tahun, diikat dan dan disiksa beramai-ramai selama empat jam lebih, setelah ketahuan berselingkuh dengan Prem Kumar, 22 tahun.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak