Selasa, 17 Okt 2017 14:43
  • Home
  • Politik
  • Dipimpin Wenis Tabuni, 215 Anggota OPM, Berikrar Kembali Ke Pangkuan Ibu Pertiwi (NKRI)

Dipimpin Wenis Tabuni, 215 Anggota OPM, Berikrar Kembali Ke Pangkuan Ibu Pertiwi (NKRI)

Puncak Jaya (utamanews.com)
Oleh: Ahmad
Minggu, 02 Jul 2017 23:52
Dibaca: 392 kali
Antara
Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo menerima ikrar kebulatan tekad kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sabtu (1/7)
Melihat kemajuan pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan masa depan Rakyat Papua, akhirnya kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengikrarkan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ikrar tersebut dilakukan oleh 215 orang, mewakili anggota Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) dan simpatisan anggota separatis kelompok Goliat Tabuni yang bermarkas di wilayah Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya turun gunung berikrar masuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sabtu (1/7/2017).

Dikutip dari MataIndonesia, Ikrar kesetiaan anggota dan diikuti simpatisan kelompok OPM ini dilakukan di lapangan Tingginambut, ditandai pembacaan Ikrar oleh anggota TPN-OPM Yesko Kogoya di depan Bupati Kabupaten Puncak Jaya Henock Ibo, Danrem 173/PVB Brigjen I Nyoman Cantiasa, Kapolres Puncak Jaya AKBP Hutabarat, serta Dandim Puncak Jaya.

Adapun Ikrar tersebut terdiri dari 5 butir pernyataan, yakni :

Pertama, setia kepada NKRI dan membela tanah air Indonesia serta mendukung Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Kedua, menolak kelompok anti pembangunan yang mengatasnamakan perjuangan kemerdekaan Papua dan menjadi musuh bersama.

Ketiga, menghentikan aksi-aksi bersenjata dan siap mendukung pembangunan di wilayah Puncak Jaya.

Keempat, bersedia mengajak seluruh saudara-saudara kami yang masih berada di hutan agar segera turun dan kembali kepangkuan NKRI.

Kelima, meminta kepada aparat keamanan dalam hal ini TNI/Polri, agar menjamin keamanan, jika ada anggota TPN-OPM yang kembali dan menyerahkan amunisi atau senjata api dengan sukarela.


Tokoh OPM yang juga merupakan penasehat spiritual Goliat Tabuni, Wenis Tabuni, mengaku jika keinginan ikrar bergabungnya kembali dirinya bersama anggota dan simpatisan lain murni akibat keinginan hidup normal dan merasakan pembangunan pemerintah di wilayah Puncak Jaya, utamanya wilayah Distrik Tingginambut.

"Kami ingin hidup layak seperti saudara-saudara kami yang sudah bergabung dengan NKRI. Maka kami hari ini turun gunung untuk ikrar setia bergabung dengan NKRI," kata Wenis Tabuni.

Dikatakan, dirinya yang juga berhubungan saudara dengan Goliat Tabuni tersebut, meminta pimpinan OPM Goliat Tabuni untuk turut turun gunung dan membuka diri untuk bergabung dengan NKRI, sama seperti yang telah dilakukan olehnya bersama anggota dan simpatisannya. Wenis Tabuni berjanji akan ketemu dengan adiknya Goliat Tabuni.

"Karena saya kakaknya sudah turun dan bergabung bersama NKRI,"ucapnya.


Sementara itu, Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Henock Ibo dalam kesempatan tersebut meminta Goliat Tabuni untuk turun gunung terhitung satu bulan ini.

Menurutnya sudah lama, dan sudah saatnya untuk turun gunung.

"Saya kasih waktu sebulan untuk Goliat turun. Mari bergabung dengan kami, untuk membangun Puncak Jaya," tandasnya.

Kegiatan tersebut di samping merepresentasikan kehendak masyarakat Papua, juga sebagai kelanjutan dari kegiatan tokoh-tokoh pemuda Papua yang diawaki oleh Yanto Eluay (Putra Theys Eluay) dan Nulce Monim (selaku Ondoafi Putali Sentani Tengah) Bapak Martinus Maware, SH Ketua LMA Kab. Jayapura menyatakan sikap dalam jumpa pers (29/06), bertempat di Pendopo Theys Kp. Sereh jalan Sentani-Kemiri Distrik Sentani Kota Kab. Jayapura yang intinya menolak separatisme dan isu Papua Merdeka. 


Editor: Sam

T#g:Goliat TabuniOPMPapuaWenis Tabuniikrar
Berita Terkait
  • Selasa, 10 Okt 2017 17:40

    Ekspedisi NKRI Gelar Khitanan Massal Di Merauke

    Menyambut HUT TNI ke-72, Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-3/ Merauke bidang Pengabdian Masyarakat yang dipimpin Letda Inf Alion Ria, mengadakan Khitan Massal setelah sebelumn

  • Sabtu, 07 Okt 2017 02:27

    Ekspedisi NKRI gagas pagelaran budaya dan tarian lokal di Mindiptana

    Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-4/Mindiptana mengadakan pagelaran dan perlombaan tarian budaya di kampung Andopbit distrik Mindiptana kab. Bovendigoel, Kamis (5/10).Dengan me

  • Rabu, 04 Okt 2017 18:54

    Denkesyah 17.04.04/Merauke Bersama Ekspedisi NKRI Menggelar Donor Darah

    Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-72, Denkes17.04.04/Merauke berkolaborasi dengan PMI Merauke dan Tim Ekspedisi Subkorwil-3/ Merauke, menggelar Kegiatan Bakti Sosial Donor Dara

  • Sabtu, 30 Sep 2017 10:20

    Ekspedisi NKRI dan Masyarakat Nonton Bareng Film G30S/PKI di Papua Selatan

    Tim Ekspedisi NKRI bersama masyarakat menyaksikan pemutaran film G 30 S/PKI di Aula Poskotis Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat, Agats Kab Asmat pada Jumat, (29/9).Acara pemutaran film diawali dengan ka

  • Senin, 18 Sep 2017 04:28

    Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

    Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi melakukan pengobatan massal secara gratis di Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur Kabupaten Mappi, Sabtu (16/9).Selama 4 hari sejak Rabu (13/

  • Kamis, 14 Sep 2017 13:24

    BKKBN Bersama ekspedisi NKRI 2017 Cegah Penyebaran HIV di Papua Selatan

     Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Mindiptana, melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi, penting

  • Jumat, 25 Agu 2017 18:55

    Menggunakan Tandu, Tim Ekspedisi NKRI Evakuasi Pasien

    Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi  membantu proses evakuasi warga di pelabuhan Obaa, Kamis (24/8). 

  • Senin, 21 Agu 2017 15:53

    Panglima TNI Terima Kunjungan Pangab Papua Nugini

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Papua Nugini Brigadir Jenderal Gilbert Toropo, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/8).

  • Selasa, 15 Agu 2017 03:45

    Bukan hanya di Langkat, Warga Papua pun jadi korban UN Swissindo

    Misran Pasaribu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua, mengaku sudah mengetahui sejumlah warga di Jayapura terindikasi menjadi korban United Nations (UN) Swissindo.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 18:12

    Petugas temukan 4 ekor burung Cendrawasih Papua "tak bertuan" di Kualanamu

    Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan menggagalkan penyelundupan empat ekor Burung Cendrawasih Kuning Besar (Paradisea Apoda) dari Surabaya, di Lini 1 Terminal Kargo Bandara Kuala Namu. Inform

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak