Kamis, 20 Sep 2018 18:37
  • Home
  • Politik
  • Didampingi Rahmat Shah, Tengku Erry Sambut Baik Minat Turki

Didampingi Rahmat Shah, Tengku Erry Sambut Baik Minat Turki

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Selasa, 20 Mar 2018 09:30
Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumatera Utara dan Dubes Turki

Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz di ruang kerja Gubsu, lantai 10 kantor Gubsu di Medan, Senin (19/3/2018).

Dubes Turki untuk Indonesia tersebut menawarkan kerjasama bidang ekonomi dan infrastruktur di Sumut. Hadir mendampingi Dubes Turki, Konsul Kehormatan Turki di Medan Rahmat Shah.

Dubes menyebutkan, kerjasama yang diminati tersebut ada diberbagai bidang termasuk sektor energi, pariwisata, pendidikan, perdagangan ekspor dan impor, serta pembangunan infrastruktur.




Dari sektor energi, Turki menawarkan bentuk kerjasama energi panas bumi (Geothermal), dimana memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik karena Indonesia mempunyai 65% potensi geothermal. Untuk sektor pariwisata, Turki sebagai negara yang mampu mendatangkan 35 juta wisatawan untuk berkunjung, sangat tertarik bekerjsama dalam pembangunan kawasan Danau Toba.

Di sektor pendidikan, Turki mempunyai program pertukaran pelajar dan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa baik universitas negeri maupun swasta. Dalam bidang perdagangan ekspor impor, kelapa sawit dan karet sebagai bahan baku hampir di 95% industri di negara ini.

Sedangkan untuk bidang pembangunan infrastruktur, Turki mempunyai perusahaan yang dapat membantu dalam hal kerjasama infrastruktur. Salah satunya, saat ini Turki sedang membangun bandara terbesar di dunia yang dilaksanakan oleh 5 perusahaan besar. Bandara tersebut dapat menampung 150 juta penumpang setahun. Turki sendiri telah membuka rute penerbangan langsung ke Jakarta dan akan membuka rute ke Bali.

"Di samping itu, kedatangan saya beserta rombongan ke Sumut, ingin melakukan kerjasama melalui program Sister City. Karena Provinsi Sumut memiliki tipologi yang sama dengan Provinsi Mersin di bagian selatan Negara Turki sebagai daerah wisata dan pelabuhan serta industri," ujar Dubes Turki.

Menanggapi penjelasan Dubes Turki Mehmet Kadri Sander Gurbuz, Gubsu Tengku Erry Nuradi sangat senang mendengar banyak potensi sumber daya alam di Sumut yang ditawarkan Pemerintah Turki untuk dilakukan kerjasama. "Saya sangat bangga dan berterima kasih atas tawaran kerjasama yang akan dilakukan Pemerintah Turki di wilayah Sumut ini," ujarnya.

Untuk masalah energi, geothermal yang memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik, Sumut mempunyai banyak potensi kekayaan alam yang terbarukan, yang ramah lingkungan. Sedangkan masalah daya listrik, saat ini Provinsi Sumut telah dapat mengatasi masalah kekurangan daya listrik selama 15 tahun terakhir. Hal ini juga dikarenakan adanya bantuan kapal pembangkit listrik dari Turki yakni Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang bersandar di dermaga PLTGU Belawan.

"Pertumbuhan ekonomi di Sumut sangat tinggi sehingga keperluan daya listrik cukup banyak. Tetapi hari ini sudah dapat teratasi dengan bantuan kapal pembangkit listrik MVPP. Saya sendiri yang menjemputnya untuk dibawa ke Medan, Indonesia dari Turki," ucap Gubsu.

Dijelaskannya, Sumut sendiri dari sisi pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata nasional dimana pertumbuhan ekonomi di Sumut sebesar 5,12% di atas rata-rata nasional yang hanya sebesar 5,07%. Pertumbuhan ekonomi di Sumut juga dapat mengendalikan inflasi di bawah rata-rata nasional. Berdasarkan hasil Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Triwulan I, bahwa inflasi di Sumut pada tahun 2017 yakni 3,2 persen lebih kecil dibandingkan nasional 3,61 persen.

Dalam hal pembangunan infrastruktur, saat ini Sumut telah mempunyai 8 bandara, dimana dua bandara diantaranya merupakan bandara internasional yakni di Kualanamu dan Silangit yang jaraknya tidak jauh dengan Danau Toba.

Bandara Silangit ini dibangun untuk menunjang perkembangan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional. Selain itu juga pemerintah telah menyediakan lahan seluas 386,5 hektar untuk pengembangan kawasan Danau Toba. "Untuk itu diharapkan pemerintah Turki dapat ikut berperan dengan berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur kawasan Danau Toba maupun perluasan Bandara Internasional Kualanamu", kata Gubsu.

Selain Danau Toba, Sumut yang merupakan provinsi dengan perkebunan kelapa sawit terbanyak di Indonesia juga sedang giat-giatnya mengembangkan kawasan industri yang dikenal dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Disamping itu juga sedang dibangunnya Pelabuhan Kuala Tanjung yang akan menjadi pelabuhan terbesar di wilayah Indonesia bagian barat dan ini tentunya akan mendukung konektifitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Mengenai kerjasama sister city, Gubsu sangat menyambut baik kerjasama ini. Apalagi jika ditarik benang merah, Sumut dan Mersin merupakan kawasan wisata dengan pelabuhan dan kawasan industri. "Saya berharap kedepannya kerjasama bidang ekonomi dan infrastruktur ini dapat dilakukan dan ditingkatkan lagi," pungkas Erry.
Editor: Erickson

T#g:Rahmat ShahTurki
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Agu 2018 12:01

    Satgas MTF TNI Peringati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di KBRI Ankara Turki

    Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) melaksanakan upacara bendera da

  • Rabu, 14 Jun 2017 10:44

    Polsek amankan WNA Turki tanpa paspor, punya surat nikah di KUA Delitua

    Omer Sartoglu, 42 tahun, warga negara asing (WNA) asal Turki diamankan Polsek Delitua, di rumah kontrakan milik Darman, di Kedai Durian, Delitua, Senin malam (12/6).

  • Senin, 05 Jun 2017 02:55

    Kapal Listrik Dioperasikan, Gubernur Optimis Masalah Listrik Sumut Teratasi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meninjau dimulainya uji coba operasional Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) di pusat pembangkit listrik PLN Sicanang, Belawan, Minggu (4/6/2017) sore.

  • Minggu, 23 Apr 2017 08:33

    Gubsu Erry Lepas Kapal Listrik 240 MW dari Turki, Krisis Listrik Berakhir Bulan Depan

    Keseriusan Gubernur Tengku Erry Nuradi mengawal masalah kelistrikan di Sumatera Utara agar lebih baik, ditunjukkan dengan hadirnya beliau di Istanbul, Turki untuk melepas keberangkatan Kapal Listrik t

  • Rabu, 11 Jan 2017 07:52

    Rusia Meradang, Petaka Bagi Ankara

    Oleh: Ardian Wiwaha *)Dunia dikejutkan dengan persitiwa penembakan mati Duta Besar Rusia untuk Turki Andrey Karlov Selasa (20/12/2016), yang dilakukan oleh Mevlut Mert Altintas, diduga merupakan manta

  • Senin, 13 Jun 2016 13:46

    Kandaskan Turki, Kroasia buka peluang

    Setalah mengkandaskan Turki dalam pertandingan pertama Grup D di Parc de Prince, Paris, Minggu (12/6/2016). Kroasia buka peluang untuk ke babak selanjutnya. Mereka menang 1-0 lewat gol tunggal Luka Mo

  • Kamis, 12 Mar 2015 17:34

    16 WNI ini tertangkap pemerintah Turki saat hendak menyeberang ke Suriah

    Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri RI membenarkan bahwa 16 warga negara Indonesia ditahan oleh pihak keamanan Turki. Juru bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir mengatakan, 16 WNI tersebut ditangkap

  • Minggu, 15 Jun 2014 07:22

    Turki berminat kembangkan potensi panas bumi Dairi jadi tenaga listrik

    Pengusaha Turki berminat mengembangkan potensi panas bumi atau geothermal di Kabupaten Dairi untuk menghasilkan listrik. Rencana lokasi dimaksud berada di sekitar Kecamatan Sumbul dan Pegagan Hilir.&n

  • Kamis, 09 Mei 2013 12:00

    10 Wartawan Waspada Wisata Ke UEA, Turki Dan Umroh

    Sepuluh wartawan Harian Waspada melakukan kunjungan wisata ke Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA) dan Istanbul Turki serta ibadah umroh di tanah suci selama dua minggu.H. Prabudi Said selaku pimpinan romb

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak