Kamis, 23 Nov 2017 01:35
  • Home
  • Politik
  • DPD RI Serap Masukan Sumut Soal RUU Energi Terbarukan

DPD RI Serap Masukan Sumut Soal RUU Energi Terbarukan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 19 Jul 2017 17:19
Dibaca: 252 kali
Dok
Wagubsu saat menerima anggota DPD RI di kantor Gubernur Sumut, Selasa (18/7).

Delegasi Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Sumut, Selasa (18/7), dengan tujuan menggali masukan dan menginventarisir berbagai masalah terkait soal RUU energi terbarukan yang saat ini sedang diusulkan oleh DPD RI.

"Kunjungan kerja ini kami lakukan dalam rangka untuk menginventarisir masalah dan masukan apa saja yang ada di Sumut terkait dengan energi​ baru dan energi terbarukan. Masukan ini kami perlukan sebagai bahan dalam proses pembahasan RUU Energi Terbarukan yang saat ini sedang kami bahas bersama RUU Geologi," ujar Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, Selasa (18/7).

Hadir dalam kegiatan ini, Wagubsu Nurhajizah Marpaung, anggota Komite II DPD RI, Telue Gozelie dari Babel, Ahmad Syaifullah Malonda dari Sulteng, Riri Damayanti dari Bengkulu, Aceng HM Fikri dari Jabar, Mesakh Mirin dari Papua, Afnan Hadikusumo dari DIY, Rahmijati Jahja dari Gorontalo, Habib Ali Alwi dari Banten, Marhany VP PUA dari Sulut, Permana Sari dari Kalteng, Matheus Stefi Pasimanjeku dari Maluku Utara, Plt Kadis Pertambangan dan Energi Provsu, Zubaidi, Masyarakat Ketenagalistrikan Sumut, dan sejumlah pengembang serta perwakilan dari kabupaten/kota.

Lebih lanjut dikatakan Parlindungan, pemerintah berupaya untuk mempercepat proses pembahasan RUU energi terbarukan, sebab kata Parlindungan, Indonesia sudah sangat tertinggal dari negara lain yang sudah lama meninggalkan energi fosil dan beralih kepada energi terbarukan.

"Kita ini sudah sangat terlambat, China itu sudah lama meninggalkan energi fosil, ini sekarang kita harus memikirkan aspek yang lebih luas terutama terkait dengan kelangsungan lingkungan kita. Oleh karena itulah diperlukan penguatan agar pengembangan pemanfaatan energi terbarukan dapat berjalan dengan cepat melalui penyusunan undang-undang," kata Parlindungan.

Untuk mendapatkan masukan terkait dengan RUU Energi terbarukan inilah, lanjut Parlindungan, makanya Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke daerah yakni ke Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumut dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

"Kami ingin mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan sehubungan dengan pentingnya RUU ini," terang Parlindungan.

Wagubsu, Nurhajizah Marpaung mengapresiasi kunjungan kerja yang dilakukan Komite II DPD RI untuk menyerap aspirasi masyarakat Sumut dalam pembahasan RUU Energi Terbarukan. 

"Kami mengucapkan terima kasih karena Sumut terpilih menjadi salah satu provinsi untuk dikunjungi DPD RI," kata Nurhajizah.

Dijelaskannya, saat ini peran Pemprovsu semakin meningkat seiring implementasi dari UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Dimana ada kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota yang dialihkan kepada Provinsi, salah satunya adalah izin pertambangan.

Di sisi lain, Provinsi Sumut memiliki potensi energi yang sangat banyak, mulai dari energi panas bumi, bio massa, bio gas hingga tenaga surya. 

"Besarnya potensi energi ini membuat kami pemerintah provinsi terus berupaya untuk meningkatkan investor yang mau bekerjasama untuk membangun sumber-sumber ketenagalistrikan seperti dari China dan Korea. Di samping itu pemerintah provinsi juga terus berupaya memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat Sumut," terang Nurhajizah.

Dalam pertemuan tersebut, seorang pengembang, Johannes I.W menyampaikan keluhannya terkait dengan regulasi yang berubah-ubah yang dikeluarkan pemerintah. 

"Regulasi yang berubah-ubah dari Permen No 12 sekarang muncul lagi Permen No. 19 tahun 2017 menyulitkan bagi kami. Apalagi saat ini pihak perbankan tidak mau lagi memberikan supportnya kepada Indonesia terutama untuk pembangunan mini hydro karena regulasi yang terus berubah-ubah. Kalau bisa ini menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah," kata Johannes.

Editor: Sam

T#g:DPDEnergiListrikParlindungan Purba
Berita Terkait
  • Sabtu, 28 Okt 2017 09:48

    Seluruh Desa Di Sumut Sudah Berlistrik Pada 2018

    Usai memimpin upacara peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-72 yang digelar PLN Sumut di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (27/10/2017), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meresmikan l

  • Jumat, 27 Okt 2017 17:37

    Sumut Tidak Akan Defisit Listrik Lagi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi memimpin upacara peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-72 yang digelar PLN Sumut di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (27/10/2017).

  • Jumat, 27 Okt 2017 14:47

    Sabtu, Aliran Listrik PLN di Palas Padam Seharian

    Aliran listrik PLN yang menyuplai 10 kecamatan di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), akan dipadamkan oleh pihak PLN Rayon Sibuhuan pada Sabtu (28/10/2017), mulai pukul 09.00-16.00 wib. Ke-10

  • Jumat, 27 Okt 2017 13:07

    Desa Tanpa Listrik Di Kecamatan Mazo, Nias Selatan

    Sebanyak 10 desa di kecamatan Mazo Nias Selatan belum tersentuh pelayanan listrik PLN. Untuk mendapatkan listrik, warga menggunakan genset desa yang dibeli dengan swadaya. Dimana penggunaan genset ter

  • Rabu, 18 Okt 2017 18:48

    Kepala Bakamla RI Jadi Pembicara FGD Komite IV DPD RI

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Komite IV DPD RI di Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (

  • Kamis, 12 Okt 2017 14:32

    Kapal Pembangkit Turki Atasi Defisit Listrik Sumut

    Kehadiran Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan atau kapal pembangkit listrik di Belawan tidak hanya menyelesaikan defisit listrik di Sumut. Namun jauh dari itu Gubernur Sumut Dr Erry Nuradi MS

  • Sabtu, 02 Sep 2017 22:32

    KNPI Tebing Tinggi: Usir Dubes Myanmar Jika Tidak Stop Pembantaian Muslim Rohingya

    Kecaman terhadap kekerasan yang dilakukan tentara Myanmar di wilayah Komunitas Muslim Rohingya terus terjadi.

  • Minggu, 13 Agu 2017 12:43

    Gubsu Erry Resmikan PLTMH Pergetteng-getteng Sengkut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi melakukan ground breaking pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH​) Lae Ordi 1 yang terletak di Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, Sabt

  • Rabu, 09 Agu 2017 11:09

    Kapolda Sumut minta masyarakat tidak tutup akses jalan PT Wampu Electric

    Kapolda Sumut meminta agar masyarakat tidak melakukan penutupan jalan terhadap operasional PT. Wampu Electric Power (WEP), sehingga perusahaan dapat beroperasi kembali dan dapat memberikan kewajibanny

  • Selasa, 08 Agu 2017 14:28

    2 Desa Terisolir di Labura Dapat "Kado Kemerdekaan" dari PLN

    Komitmen PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri terus dilakukan. Kemarin, Senin (7/8), PLN wilayah Rantau Prapat melakukan peresmian penyalaan listrik pertama bagi pelanggan dalam program listrik ped

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak