Sabtu, 18 Agu 2018 16:01
  • Home
  • Politik
  • Bupati Humbahas Ajak TP PKK Berperan Aktif Mensukseskan Penanaman Jagung

Bupati Humbahas Ajak TP PKK Berperan Aktif Mensukseskan Penanaman Jagung

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Selasa, 13 Feb 2018 18:23
Dok
Rapat konsultasi TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2018, Selasa (13/2)

Tahun 2018 ini Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan pembudidayaan jagung seluas 20.000 hektare. 

Ini menjadi tugas utama semua untuk mensukseskan kegiatan ini, disamping komoditi lainnya yang sedang dilaksanakan seperti penanaman cabe, tomat, dan kopi. Oleh karenanya, pimpinan OPD selaku anggota pembina untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan TP PKK mengajak keluarga-keluarga untuk lebih menitikberatkan sektor pertanian menjadi andalan sumber pendapatan keluarga sehingga membentuk keluarga yang cerdas, sejahtera, partisipatif dan mempunyai ketangguhan membangun masa depan bangsa dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif demi mewujudkan Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul. 

"TP PKK harus ikut berperan aktif mensukseskan penanaman jagung," kata Plt Sekda Drs Augus Panuturi Marbun saat membacakan sambutan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam acara rapat konsultasi TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2018, Selasa (13/2) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.  



Bupati juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TP PKK Humbang Hasundutan, atas segala daya dan upaya yang telah dipersembahkan bersama-sama Pemkab untuk memberdayakan masyarakat melalui sosialisasi, pembinaan pelaksanaan 10 program pokok PKK di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Mengacu kepada visi dan misi Pemkab Humbang Hasundutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sektor pertanian, pada kesempatan yang baik ini diharapkan agar TP PKK kabupaten bekerjasama dengan TP PKK kecamatan dan TP PKK desa untuk memfokuskan program kerja pada upaya peningkatan kapasitas masyarakat pada sektor pertanian.  

Rapat seperti ini sangat didukung pemerintah, karena melalui kegiatan ini dapat melakukan evaluasi terhadap apa saja yang telah dilakukan pada tahun yang lalu, kemudian apa keberhasilan yang telah dicapai serta bagaimana solusi ke depan. Maka rapat ini dapat menjadi sarana koordinasi, komunikasi dan informasi serta sinkronisasi program kerja TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan dengan program kerja OPD selaku anggota pembina TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan pada desa-desa percontohan PKK tahun 2018. Dengan harapan program kerja TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan dapat semakin bersinergitas tajam dengan program dan kegiatan OPD dalam membina dan membangun desa.

Selanjutnya, secara khusus kepada pimpinan OPD selaku anggota pembina Tim Penggerak PKK meminta dan mengharapkan agar desa yang telah ditetapkan sebagai desa percontohan PKK, baik yang diperlombakan ke tingkat provinsi maupun desa percontohan pelaksana 10 program pokok PKK tingkat kabupaten supaya memberikan perhatian yang serius dalam membenahi kelompok tani dan para anggotanya. Sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan serta pertanian dalam skala prioritas dan bisa diandalkan sebagai sumber utama pendapatan keluarga. 

Ada tiga hal pokok yang disampaikan Bupati Humbahas dalam rapat itu. Pertama, agar TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat menyusun dan melaksanakan program kerja yang bersinergi dengan program kerja Pemkab Humbang Hasundutan yaitu bidang pertanian. Kedua, agar pimpinan OPD dapat mengarahkan program kegiatan, dan dukungan serta bantuan terhadap desa-desa percontohan binaan PKK khususnya bantuan dalam sektor pertanian. Sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Ketiga,  agar para camat lebih giat lagi mengajak masyarakat untuk mensukseskan penanaman jagung di seluruh wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga  dapat terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera menuju Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul.

Sementara Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor mengatakan rapat konsultasi TP PKK merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan TP PKK sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan dan tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK. Terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan dan aspek kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintah di setiap tingkatan melalui pelaksanaan 10 program PKK.

Berbagai prestasi tahun 2017 disampaikan Ketua TP PKK Humbahas dalam rapat itu antara lain, juara II pelaksana perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Desa Sihas Dolok I Kecamatan Parlilitan. Juara harapan II pelaksana pos pelayanan terpadu (posyandu), Desa Purba Dolok Kecamatan Doloksanggul. Juara harapan II pelaksana program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (PT.P2-WKSS), Desa Sitanduk Kecamatan Tarabintang. Juara harapan III, pelaksana lingkungan bersih dan sehat (LBS), Desa Sigulok Kecamatan Sijamapolang. Juara harapan III pelaksana tanaman obat keluarga (toga), Desa Sihonongan Kecamatan Paranginan. Juara harapan III pelaksanan pemanfaatan lahan pekarangan (hatinya PKK), Desa Janjinagodang Kecamatan Onanganjang.  Tentu itu adalah hasil upaya dan kerja sama  yang baik antara TP PKK  dan tim pembina.  Kedepan diharapankan  lebih banyak lagi prestasi yang dapat diperoleh menjadi kekuatan untuk lebih semangat dalam meningkatkan program-program yang telah disusun.

Sebelumnya Kadis PMDP2A Drs Vandeik Simanungkalit MM melaporkan tujuan rapat untuk mengoptimalkan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Humbang Hasundutan untuk tahun anggaran 2018. Membangun persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK di Kabupaten Humbang Hasundutan. Merumuskan program kerja TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan.
Editor: Tommy

T#g:Jagung
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Apr 2018 15:08

    Distan Palas Programkan Tanam Pajale Seluas 26.768 Ha

    Pada tahun 2018, Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas (Distan Palas) programkan pertanaman Padi, Jagung Dan Kedele (Pajale) di atas lahan seluas 26.768 Ha dengan total jumlah kelompok tani (poktan)

  • Rabu, 21 Mar 2018 13:11

    PPN Bantu Petani Jagung di Kecamatan Pollung Humbang Hasundutan

    Mendukung program Pemkab Humbang Hasundutan, anak rantau yang tergabung dalam PPN (Peduli Parsingguran Nauli) memberikan motivasi sekaligus menyerahkan bantuan kepada petani jagung di Desa Parsinggura

  • Kamis, 22 Feb 2018 07:52

    Kapolsek Pakkat Tanam Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    Kapolsek Pakkat AKP Dani Sembiring bekerjasama dengan unsur pimpinan kecamatan memprogramkan penanaman jagung seluas 3 hektar di wilayah Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan, dan hasilnya akan dibagika

  • Jumat, 02 Feb 2018 06:32

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Kunjungi Lahan Jagung di Pollung

    Walaupun terik matahari dan gerimis termasuk menelusuri semak-semak, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing, Seketaris Dinas Pertanian Ir Ida Maria Manu

  • Kamis, 18 Jan 2018 15:28

    Sosialisasi Penerimaan Jagung di Kantor Bupati Humbahas

    Ternyata kebutuhan Jagung secara nasional belum tercukupi. Secara nasional kebutuhan jagung 9 juta ton/tahun sedangkan untuk tingkat Sumut dibutuhkan 1,2 juta ton/tahun. Sehingga program penanaman jag

  • Rabu, 17 Jan 2018 20:57

    Bupati Humbahas Panen Jagung di Lintongnihuta

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Plt Sekdakab Drs AP Marbun MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit, Kadis Pertanian Ir Junter Marbun, Kabag Protokol Drs Jakkon Marb

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:39

    Penanaman Jagung di lahan seluas 3 hektar di Nagasaribu III, Humbahas

    Kelompok Tani (Poktan) Sepadan, Desa Nagasaribu III Kecamatan Lintongnihuta melakukan penanaman jagung di lahan seluah lebih kurang 3 hektar, di Desa Nagasaribu III, Selasa (29/8).

  • Senin, 19 Jun 2017 22:59

    Rambah Hutan Lindung, Dishut Sumut amankan alat berat Pemkab Humbahas

    Program penanaman Jagung di areal 100 hektar oleh Pemkab Humbang Hasundutan ternyata menabrak undang-undang yang mengatur lingkungan hidup dan kehutanan.

  • Selasa, 23 Mei 2017 20:23

    Babinsa Ramil 0824/25 Jenggawah Dampingi Pembagian Bantuan Bibit Jagung

    Seluruh Babinsa Koramil 0824/25 Jenggawah mendampingi Gabungan Pok Tani Kec Jenggawah menerima bantuan bibit jagung dari Dinas Pertanaman dan Perkebunan Kabupaten Jember, Selasa (23/05/2017).

  • Selasa, 23 Mei 2017 03:13

    Danramil Jajaran Kodim 0819/Pasuruan Ikuti Rakor Pemberian Bibit Jagung Hibrida

    Para Danramil jajaran Kodim 0819/Pasuruan mengikuti rapat kordinasi tentang pemberian bibit jagung hibrida bisi 228 ke 10 wilayah kecamatan Pasuruan, yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Tatik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak