Kamis, 19 Jul 2018 16:32
  • Home
  • Politik
  • Bupati Himbau Para Pejabat Hati-Hati Gunakan Medsos

Bupati Himbau Para Pejabat Hati-Hati Gunakan Medsos

Bali (utamanews.com)
Oleh: Dehar
Sabtu, 17 Jun 2017 14:07
Net
Ilustrasi
Foto dan video syur istri pejabat yang beredar luas di media sosial menjadi perhatian Bupati Jembrana I Putu Artha. Apalagi ini merupakan yang kedua kali terjadi dengan unsur pemerasan. Orang nomor satu di Gumi Makepung itu mengimbau kepada seluruh pejabat agar bijak dan berhati-hati berinteraksi di media sosial (medsos).

Bupati Artha pada Rabu (14/6), langsung menginstruksikan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jembrana dalam setiap kesempatan pertemuan Dharma Wanita diberikan himbauan mengenai hal ini. Apalagi sudah dua kali terjadi dan ujung-ujungnya ada dugaan pemerasan. "Saya harap ini menjadi perhatian, berhati-hati dalam berinteraksi di medsos," ujar Bupati Artha.

Sejatinya, dalam setiap kesempatan himbauan ini sudah sering disampaikan. Bahkan ada instruksi kepada para pejabat agar mewaspadai kejahatan melalui medsos itu. 

Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan mengatakan kejahatan yang memanfaatkan medsos ini memanfaatkan dan mengincar para ibu-ibu pejabat. "Lantas masuknya dari mana? Ketika mengunggah foto seksi kemudian (status) suka galau di Medsos, disana celah (pelaku) untuk masuk," tandas Wabup Kembang.

Kemudian para pelaku masuk menggunakan akun palsu yang menarik. Berlanjut ke curhat, sampai bertindak yang diluar nalar. Selanjutnya, pelaku akan mengatakan kesulitan uang, pinjam uang dan memeras. Ketika tidak dapat, ujung-ujungnya fotonya diunggah. "Sasarannya ibu-ibu pejabat, kalau kalangan ramai, tidak ada hubungan dan bukan sasaran. Diperas sampai habis uangnya dan pada akhirnya minta ke suaminya. Dan saya yakin banyak kasus yang sama tetapi belum terekspos," tukas Kembang.

Berulangkali Bupati dan Wabup mengimbau bahkan menginstruksikan agar tidak mengunggah foto seksi dan status galau. "Gunakan medsos dengan baik dan cerdas. Ada modus kejahatan seperti ini agar diperhatikan," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar foto dan video syur yang diduga istri salah satu pejabat lurah di Jembrana lewat medsos. Kepada wartawan, NG, lurah yang diduga foto istrinya diunggah di FB mengungkapkan akun facebook yang digunakan itu merupakan akun palsu istrinya, SN (37). 

Pihaknya juga sudah meminta kerabat untuk melaporkan ke polisi. Sebab selain menggunakan akun palsu, juga ada unsur pemerasan. Foto dan video itu diduga hasil rekaman percakapan melalui video call oleh oknum yang memeras. Istrinya seperti tidak sadar melakukan dan menuruti permintaan orang tersebut.

Belakangan juga muncul sms pemerasan. Dalam sms tersebut, istrinya diminta mengirimkan sejumlah uang. Apabila tidak, maka foto dan video itu akan diunggah dan disebarluaskan. Kasus ini merupakan yang keduakali terjadi di Jembrana.

Editor: Budi

T#g:facebookmedsossyur
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Jun 2018 12:54

    Komunikonten Gelar Diskusi Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Diplomasi Media Sosial

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) akan mengadakan diskusi bertema, "Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Diplomasi Media Sosial," pada Selasa 26 Juni 2018, pukul 13.30 sampai

  • Jumat, 15 Jun 2018 16:05

    Tertangkap Kamera Netizen di Labura, Mobil Gendong Keranda Mayat

    Mudik di saat menjelang datangnya Libur Lebaran, Hari Raya Idul Fitri memang punya nuansa cerita tersendiri.

  • Kamis, 14 Jun 2018 06:54

    Konten Politik Saat Libur Lebaran

    Libur lebaran adalah waktu yang tepat untuk memproduksi, menyebarkan berbagai konten (tulisan, video, infografis, dll). Itulah mengapa para produser film berebut agar film mereka tayang di bioskop saa

  • Rabu, 11 Apr 2018 20:11

    Walikota Buka Diskusi Menjaga Kerukunan dan Antisipasi Ujaran Kebencian SARA di Medsos

    Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM membuka resmi kegiatan menjaga kerukunan dan antisipasi ujaran kebencian SARA di media sosial, Selasa (10/4) bertempat di Aula Kemenag Kota Tebing Tinggi.

  • Rabu, 17 Jan 2018 22:17

    Perkembangan Ilpengtek Pengaruhi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

    Tantangan Indonesia ke depan tidak semakin ringan, karena perkembangan Ilmu Pengetahuan teknologi (Ilpengtek) Informasi dan komunikasi, dimana  perubahannya sangat cepat dan pesat sehingga perlu

  • Sabtu, 06 Jan 2018 15:06

    Viral Foto Syur, Bacawagub Pilkada Jatim 2018 Kembalikan Mandat ke PDIP

    Abdullah Azwar Anas mengembalikan mandat penugasan sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur melalui PDI Perjuangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018.Kepastian ini diperoleh setel

  • Jumat, 05 Jan 2018 20:05

    Pengguna Internet Di Indonesia Dominan Akses Konten Media Sosial

    Pengguna internet di Indonesia cukup signifikan, dari 256,2 juta penduduk, 51,8% merupakan pengguna aktif di dunia maya. Lebih dari 132 juta penduduk mengakses internet setiap saat. Melihat prilaku pe

  • Rabu, 03 Jan 2018 18:13

    Kapolsek Tebing Lepaskan Pencuri Celana Dalam Warga

    Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono menyatakan tidak melakukan penahanan terhadap pelaku pencurian celana dalam wanita di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Karimun, Kepri, Selasa (2/1/2018)."Nilai barang

  • Selasa, 02 Jan 2018 14:22

    Polisi Tangkap Jennifer Dunn

    Jennifer Dunn ditangkap aparat kepolisian dari Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).

  • Senin, 25 Des 2017 00:05

    Capture Video Call Syur Tersebar, Kepala Desa Terancam Dicopot Bupati

    Warga Desa Bonto Matene mendesak Bupati Bulukumba, Sulawesi Selatan, mencopot Kepala Desa mereka. Pasalnya di sosial media Facebook, beberapa foto yang memperlihatkan seorang perempuan berpose panas t

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak