Jumat, 15 Des 2017 03:59
  • Home
  • Politik
  • Bupati Himbau Para Pejabat Hati-Hati Gunakan Medsos

Bupati Himbau Para Pejabat Hati-Hati Gunakan Medsos

Bali (utamanews.com)
Oleh: Dehar
Sabtu, 17 Jun 2017 14:07
Dibaca: 467 kali
Net
Ilustrasi
Foto dan video syur istri pejabat yang beredar luas di media sosial menjadi perhatian Bupati Jembrana I Putu Artha. Apalagi ini merupakan yang kedua kali terjadi dengan unsur pemerasan. Orang nomor satu di Gumi Makepung itu mengimbau kepada seluruh pejabat agar bijak dan berhati-hati berinteraksi di media sosial (medsos).

Bupati Artha pada Rabu (14/6), langsung menginstruksikan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jembrana dalam setiap kesempatan pertemuan Dharma Wanita diberikan himbauan mengenai hal ini. Apalagi sudah dua kali terjadi dan ujung-ujungnya ada dugaan pemerasan. "Saya harap ini menjadi perhatian, berhati-hati dalam berinteraksi di medsos," ujar Bupati Artha.

Sejatinya, dalam setiap kesempatan himbauan ini sudah sering disampaikan. Bahkan ada instruksi kepada para pejabat agar mewaspadai kejahatan melalui medsos itu. 

Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan mengatakan kejahatan yang memanfaatkan medsos ini memanfaatkan dan mengincar para ibu-ibu pejabat. "Lantas masuknya dari mana? Ketika mengunggah foto seksi kemudian (status) suka galau di Medsos, disana celah (pelaku) untuk masuk," tandas Wabup Kembang.

Kemudian para pelaku masuk menggunakan akun palsu yang menarik. Berlanjut ke curhat, sampai bertindak yang diluar nalar. Selanjutnya, pelaku akan mengatakan kesulitan uang, pinjam uang dan memeras. Ketika tidak dapat, ujung-ujungnya fotonya diunggah. "Sasarannya ibu-ibu pejabat, kalau kalangan ramai, tidak ada hubungan dan bukan sasaran. Diperas sampai habis uangnya dan pada akhirnya minta ke suaminya. Dan saya yakin banyak kasus yang sama tetapi belum terekspos," tukas Kembang.

Berulangkali Bupati dan Wabup mengimbau bahkan menginstruksikan agar tidak mengunggah foto seksi dan status galau. "Gunakan medsos dengan baik dan cerdas. Ada modus kejahatan seperti ini agar diperhatikan," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar foto dan video syur yang diduga istri salah satu pejabat lurah di Jembrana lewat medsos. Kepada wartawan, NG, lurah yang diduga foto istrinya diunggah di FB mengungkapkan akun facebook yang digunakan itu merupakan akun palsu istrinya, SN (37). 

Pihaknya juga sudah meminta kerabat untuk melaporkan ke polisi. Sebab selain menggunakan akun palsu, juga ada unsur pemerasan. Foto dan video itu diduga hasil rekaman percakapan melalui video call oleh oknum yang memeras. Istrinya seperti tidak sadar melakukan dan menuruti permintaan orang tersebut.

Belakangan juga muncul sms pemerasan. Dalam sms tersebut, istrinya diminta mengirimkan sejumlah uang. Apabila tidak, maka foto dan video itu akan diunggah dan disebarluaskan. Kasus ini merupakan yang keduakali terjadi di Jembrana.

Editor: Budi

T#g:facebookmedsossyur
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Des 2017 08:43

    Mustaqim Zamili, dkk Laporkan Dugaan Penghinaan Oleh PM ke Polisi

    Beredarnya statement oknum PPK KEC OOU berinisial PM, di sosial media berbuntut panjang.

  • Selasa, 14 Nov 2017 06:34

    Aparat kepolisian buru penyebar video syur Cikupa

    Aparat kepolisian dari Polresta Tangerang telah membentuk tim cyber guna membekuk pelaku pengunggah video penganiayaan akibat dugaan asusila di Cikupa ke media sosial yang menjadi viral di jagat media

  • Senin, 04 Sep 2017 11:54

    Aiptu O. Daeli, PS. Kanit Binmas Polsek Sirombu, diberi penghargaan

    Salah Seorang dari 16 Personil Polres Nias yang mendapat Reward/Penghargaan dari Kapolres Nias adalah Aiptu O. Daeli Ps. Kanit Binmas Polsek Sirombu yang juga Mantan Ps. Paur Humas Polres Nias.Aiptu O

  • Kamis, 24 Agu 2017 07:14

    Terbongkar, sindikat penyebar fitnah bayaran di Facebook

    Polisi berhasil membongkar siapa di balik sindikat penyebar fitnah di media sosial Facebook, dengan nama "Saracen". Dalam kasus ini, Polisi telah menangkap tersangka berinisial JAS (32), MFT (43), dan SRN (32).

  • Rabu, 16 Agu 2017 13:36

    BKPM Apresiasi Peresmian Kantor Baru Facebook Indonesia

    Thomas Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mengatakan peresmian kantor baru Facebook Indonesia merupakan bukti dari komitmen Facebook untuk berinvestasi di Indonesia dan daya tari

  • Kamis, 03 Agu 2017 11:03

    Foto seksi gadis ini buat heboh se-kabupaten

    Kepala Satpol PP Bangkalan, Muhammad Rufai, menyatakan bahwa pihaknya sudah memproses gadis yang berfoto syur di di taman Paseban Bangkalan beberapa waktu lalu.

  • Selasa, 01 Agu 2017 20:21

    Grup Facebook K2AM Rayakan HUT Ke-8

    Hari ini 1 Agustus 2017, genap sudah Delapan tahun usia grup Koyok-Koyok Anak Medan (K2AM). Grup yang berada di media sosial Facebook ini tetap eksis dan terjaga kekompakannya walaupun dihuni oleh ber

  • Minggu, 30 Jul 2017 14:10

    Kekayaan Facebook makin bersinar, laba naik hingga 3,9 miliar dolar AS

    Facebook mengumumkan kenaikan 71 persen laba triwulan keduanya menjadi 3,9 miliar dolar AS. Hal ini dikatakan berkat sokongan iklan yang disalurkan kepada dua miliar penggunanya. Seperti diketahui, ak

  • Senin, 17 Jul 2017 18:27

    Ini Kegunaan Internet Untuk Teroris

    Masih lemahnya upaya kontrol dan pengawasan secara masif dan komprehensif dari pemerintah terkait tindak terorrisme di internet, seringkali dimanfaatkan oleh beberapa kelompok radikal dan ekstrimis tidak hanya pada sarana prasarana propaganda.

  • Sabtu, 15 Jul 2017 14:15

    Kejahatan pemerasan bermodus foto syur kini marak di Kalimantan

    Tindak pidana kejahatan melalui dunia maya (cybercrime) kembali merebak di Kalimantan, khususnya di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak