Kamis, 26 Apr 2018 18:22
  • Home
  • Politik
  • Berbiaya Rp100 Miliar, Tengku Erry Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Diklat

Berbiaya Rp100 Miliar, Tengku Erry Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Diklat

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Sabtu, 14 Apr 2018 05:14
Humas Pemprov Sumut
Peletakan batu pertama pembangunan gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara, Jumat (13/4).

Gubsu Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap pertama gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Ngalengko Nomor 1 Medan, Jumat (13/4/2018).

Gedung baru itu menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Sumatera Utara (Sumut), karena akan dilengkapi fasilitas setara dengan hotel bintang tiga. "Pada waktu tidak ada Diklat, bisa disewakan untuk umum, yang merupakan PAD bagi BPSDM dan Pemprovsu," ucap Erry.

Dikatakan Erry, gedung BPSDM  ini dulunya merupakan gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan Provsu yang berdiri sejak tahun 1971. Sampai saat ini, gedung ini sudah 47 tahun berdiri, namun belum pernah direnovasi.




Perlu diketahui juga, gedung BPSDM dulunya selalu digunakan untuk Diklat Pim tingkat dua. Namun, saat ini sudah cukup lama tidak diberi kesempatan lagi, karena mungkin fasilitasnya yang kurang baik, sehingga perlu renovasi total.

Dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung BPSDM ini, diharapkan bisa bangkit kembali untuk menjadi salah satu BPSDM yang bisa diandalkan, bahkan menjadi salah satu yang terunggul di Indonesia. "Jajaran BPSDM Provsu agar tetap kompak, jangan sampai terpecah belah. Karena disamping infrastruktur yang baik Sumber Daya Manusianya (SDM-nya) juga harus baik. Agar BPSDM ini benar-benar bisa menjadi yang terbaik di Sumatera Utara, bahkan di Indonesia," ujar Erry.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Provsu Ir Bonar Sirait MSi menyampaikan pembangunan gedung BPSDM ini dilaksanakan karena memang usia gedung yang sudah lama. Luas tanahnya 1,78 hektar dan akan dilakukan pembangunan gedung sekitar 10 ribu meter. "Sisanya untuk penghijauan," ujarnya.

Gedung yang akan dibangun ini nantinya vertikal, berlantai lima dengan daya tampung hingga 450 orang. "Sehingga penyelenggaraan diklat yang lebih besar nantinya akan bisa dilaksanakan di BPSDM Provsu ini," katanya.

Selain itu, pembangunan tahap pertama gedung BPSDM Provsu tahun 2018 ini membutuhkan anggaran hingga Rp 100 miliar. Dana yang dimiliki saat ini ada Rp 34 miliar. Karenanya, pembangunan ini sudah mulai bisa dikerjakan. "Mudah-mudahan pekerjaan ini bisa terus berlanjut, hingga tahun 2020 bisa rampung," sebut Bonar.

Nantinya akan dibangun juga asrama, ruang belajar, ruang seminar, perpustakaan, ruang makan, termasuk juga sarana olah raga. "Yang semuanya untuk kebutuhan peserta Diklat," ucapnya.

Pelaksana dari PT Harawana Konsultan Ir Sabar M Sitompul MSi memaparkan, pembangunan gedung ini telah direncanakan tahun 2017. Beberapa item yang akan dibangun yaitu gedung asrama, kantor dan masjid, sarana pendukung berupa halaman pagar dan pos jaga. Pada 2018 ini akan dibangun gedung asrama yang terdiri 45 kamar, dan bisa menampung 110 orang. 

Pembangunan ini, katanya, dilatarbelakangi karena kapasitas daya tampung BPSDM Provsu ini kurang memadai. Juga untuk mengejar akreditasi, karena memang BPSDM di seluruh Indonesia juga fasilitasnya diakreditasi.

"Dengan perencanaan ini diharapkan BPSDM Sumut meraih Akreditasi A, dan bisa menjadi pusat pelatihan dan penataran di Sumatera Utara juga dapat meningkatkan kualitas peserta didiknya," ujarnya, seraya mengatakan bahwa rencana Pembangunan Gedung BPSDM ini merupakan Karya Besar Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang menjadi kenang-kenangan bagi masyarakat Sumatera Utara.

Editor: Herda

T#g:proyek
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Apr 2018 12:13

    Gubernur Harap Pemerintah Pusat Perhatikan Proyek Strategis Nasional di Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan perhatian Pemerintah Pusat terhadap proyek-proyek strategis nasional yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Di antaranya, pengembangan destinasi wisata Dana

  • Minggu, 04 Feb 2018 20:24

    Diduga Anggota Dewan Palas Garap Proyek Senilai Rp1,6 M Lebih

    Ketua Fraksi Golkar yang disebut-sebut adek kandung Bupati Palas berinisial "AH" diduga menggarap proyek pembangunan jembatan gantung di Desa Tanjung Morang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.&

  • Jumat, 02 Feb 2018 07:32

    Wasit Jadi Pemain, Diduga Anggota DPRD Garap Proyek

    Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2014, tentang MPR, DPR, DPD, DPRD sudah jelas dan tegas melarang Dewan bermain proyek hal ini terlihat pada pasal 400 ayat (2) Anggota DPRD kabupaten/kota dilarang mela

  • Selasa, 30 Jan 2018 18:00

    Paket Proyek Diduga Milik Anggota DPRD Palas Molor

    Pembangunan jembatan gantung yang berlokasi di Desa Tanjung Morang, Kecamatan Huristak, molor dari batas waktu yang ditetapkan. Proyek pembangunan mestinya sudah selesai pada Desember 2017 lalu.Pantau

  • Selasa, 19 Des 2017 17:19

    Gubernur Sumut Ingatkan Proyek Pembangunan Jangan Kejar Tayang

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan pagu Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik/Dana Desa Provsu tahun 2018 kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang ada di

  • Senin, 13 Nov 2017 15:43

    Kontraktor Langkat Unjuk Rasa Datangi Kantor Jaksa

    Sedikitnya 50 kontraktor lokal Kabupaten Langkat, Senin (13/11/2017), berunjuk rasa di depan gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Stabat. Mereka adalah yang selama ini tidak mendapatkan proyek pekerjaan y

  • Selasa, 03 Okt 2017 17:03

    Anggota Banggar DPRD Palas, Dinilai Lecehkan Masyarakat

    Oknum Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa dinilai lecehkan Masyarakat Padang Lawas, pasalnya, ia disebut-sebut miliki paket proyek senilai Rp6,1 Milyar lebih, dan hasi

  • Sabtu, 05 Agu 2017 02:05

    Erry Paparkan Peluang Investasi di Forum Bisnis Indonesia-Rusia

    Gubsu Tengku Erry Nuradi memaparkan peluang dan harapan untuk berinvestasi di Sumatera Utara di hadapan pebisnis Rusia dalam pertemuan Forum Bisnis Indonesia-Rusia di InterContinental Hotel Moskow, Jumat (4/8/2017).

  • Minggu, 04 Jun 2017 22:04

    Warga Halangi Pengaspalan Jalan di Rampa Poriaha Tapteng

    Sejumlah warga desa Tapian Nauli III Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah mencoba menghentikan pekerjaan pengaspalan jalan dengan cara memberi palang di lahan mereka, Jumat (2/6/2017).

  • Rabu, 31 Mei 2017 08:21

    Bappeda Sumut akan bentuk Pokja mempercepat pembangunan Mebindangro

    Ir. H. Irman, M.Si, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara (Sumut) segera membentuk kelompok kerja (Pokja) dalam rangka mempercepat pertumbuhan pembangunan kawasan Mebidangro (Medan, Binjai Deliserdan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak