Selasa, 24 Jul 2018 00:51
  • Home
  • Politik
  • 50 Dubes Asia Afrika Ikuti Lake Toba Forum di Parapat

50 Dubes Asia Afrika Ikuti Lake Toba Forum di Parapat

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Senin, 18 Des 2017 04:18
Humas Pemprovsu
Jamuan makan malam Gubsu dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark Lake Toba Forum

50 Duta Besar (Dubes) yang berasal dari Asia-Afrika mengikuti Lake Toba Forum dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark di Parapat, Simalungun, Sabtu (16/12). Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan kegiatan strategis ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan kawasan Danau Toba.



"Forum ini sangat strategis, karena dihadiri sebanyak 50 duta besar dari Asia Afrika. Selain itu juga akan dihadiri para pengusaha dari berbagai negara. Oleh karenanya, saya berharap kepala daerah yang ada di sekitar kawasan Danau Toba dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk pengembangan kawasan Danau Toba," ujar Gubsu, Tengku Erry Nuradi pada saat jamuan makan malam Gubsu dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark Lake Toba Forum yang digelar di rumah dinas Gubernur, Jumat (15/12/2017) malam.

Turut hadir dalam kesempatan itu, utusan khusus Presiden Seychelles untuk ASEAN, HE Nico Barito, Minister of Science Technology Innovation of Malaysia, Madius Bin Tangau, The Representative of Bussiner Sector, Lawrence Yeo Chua Poh, Direktur Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, Wakil Bupati Karo, Corry Sebayang, para delegasi dari Malaysia, Sabah dan Serawak serta Kadis Lingkungan Hidup Provsu, Wan Hidayati, Kepala Bappeda, Irman, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, Elisa Marbun dan Kadis Koperasi Provsu, M Zein.

Lebih lanjut dikatakan Erry, dalam sejarah Sumut belum pernah hadir sebanyak 50 duta besar. Sebelumnya di tahun 2011, pada penyelenggaraan MTQ hadir 24 dubes yang berasal dari negara-negara muslim. Begitu juga, sekitar 2 tahun yang lalu hadir sekitar 20 an dubes untuk meninjau masuknya Islam pertama di Barus. "Sekarang hadir hingga 50 dubes Asia Afrika dan ini atas prakarsa bapak Nico Barito. Para dubes ini tiba di Silangit dan langsung ke Parapat. Tentu ini pertemuan yang sangat strategis," kata Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry mengucapkan selamat datang kepada para delegasi yang akan mengikuti kegiatan Lake Toba Forum. Dikatakan Erry, Sumut merupakan negara terbesar keempat di Indonesia dari jumlah penduduk. Saat ini jumlah penduduk Sumut mencapai 14 juta jiwa.

"Sumut memiliki banyak potensi dan peluang kerjasama. Potensi perkebunan kelapa sawit terbesar setelah Riau. Sumut juga memiliki kawasan ekonomi khusus industri kelapa sawit di Sei Mangke. Sumut juga memiliki Danau Toba yakni danau terbesar di Asia," kata Erry.

Utusan khusus Presiden Seychelles untuk ASEAN, HE Nico Barito mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang telah melayani dan menjamu delegasi yang hadir. Dikatakannya, dia sudah mengikuti Lake Toba Summit sejak tahun 2005 lalu ketika dirinya masih menjadi Secretary United Nation. Diharapkannya Danau Toba terus maju sehingga wisatawan dapat terus datang ke Sumut. Apalagi saat ini sudah ada koneksi langsung melalui bandara Silangit.

Menurut Nico, pariwisata Danau Toba harus diangkat. Sama halnya seperti Switzerland yang merupakan negara danau, namun mereka tidak pernah menjual danau. Malah yang dijual kepada wisatawan adalah industri kecil yakni jam tangan. "Mereka mengatakan kepada wisatawan kalau jam tangan itu handmade, satu jam satu juta. Artinya di sini juga bisa dibuat pusat organisasi internasional yang baik sehingga Danau Toba bisa hidup. Di sini ada delegasi dari Serawak dan lainnya yang nantinya bisa berkontribusi memberikan investasi di bidang pertanian, peternakan, teknologi agar dapat membangun perekonomian masyarakat sehingga nantinya pariwisata akan tumbuh dengan sendirinya," ujar Nico.

Minister of Science Technology Innovation of Malaysia, Madius Bin Tangau mengatakan, pihaknya sangat gembira bisa mengikuti Lake Toba Forum. Dikatakannya, Kuala Lumpur siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan Sumut menjadi partner entrepreneur untuk kebaikan di masa depan. "Kita akan memberikan informasi tentang teknologi, terutama teknologi hydro untuk pertanian yang tidak menggunakan bahan kimia dan pestisida, sehingga produk pertanian akan lebih baik dan pasarnya juga akan baik," ujarnya.

Editor: Budi

T#g:Danau TobaDubes
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Jul 2018 11:15

    Panglima TNI Hadiri Jamuan Makan Malam di KBRI Bandar Seri Begawan

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri undangan jamuan makan malam Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Brunei Darussalam Yang Mul

  • Senin, 25 Jun 2018 09:55

    Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kecelakaan Kapal di Danau Toba, Ini Peranannya

    Polda Sumut menetapkan Nahkoda, 2 Kepala Pos di Simanindo, dan Kabid ASDP jadi tersangka pada kecelakaan maut yang mengakibatkan seratusan penumpang hingga kini belum ditemukan.Kapolda Sumut Irjen Pol

  • Jumat, 22 Jun 2018 15:12

    Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya T

  • Senin, 18 Jun 2018 21:08

    BNPB Rilis Update Kapal Tenggelam di Danau Toba, 1 Meninggal Dunia

    KM. Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba Kabupaten Simalungun, Kamis (18/6/2018), sekitar pukul 17.30 wib.

  • Senin, 18 Jun 2018 20:18

    Kecelakaan, Mobil Fortuner Keluarga Lumban Raja Terjun Ke Danau Toba

    Keluarga Lijon Lumban Raja, asal Kota Harapan Indah Bekasi, yang mengendarai Mobil Toyota Portuner warna putih dengan Nopol B 1915 KJI, mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke danau Toba, tepatnya di

  • Minggu, 22 Apr 2018 21:12

    Peringati Hari Bumi, Sihar Kampanyekan Camping Bersih Bersahabat pada Alam

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak para pencinta wisata alam bebas maupun traveller yang melaksanakan camping agar melakukan aktivitas wisata yang bersih serta bersahabat dengan alam. Ajaka

  • Kamis, 19 Apr 2018 14:29

    Ibu Negara dan Ketua TP PKK Provsu Tanam Pohon di Geopark Kaldera Toba

    Ibu Negara Ny Hj Iriana Joko Widodo didampingi Ketua TP PKK Provsu Ny Hj Evi Diana Erry dan rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, melakukan penanaman pohon di di Geopark Kaldera Toba, Kabupaten Samosir, Rabu (18/4/2018).

  • Kamis, 19 Apr 2018 16:19

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes LBBP Amerika Serikat

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Yang Mulia Mr. Joseph R.

  • Jumat, 13 Apr 2018 12:13

    Gubernur Harap Pemerintah Pusat Perhatikan Proyek Strategis Nasional di Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan perhatian Pemerintah Pusat terhadap proyek-proyek strategis nasional yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Di antaranya, pengembangan destinasi wisata Dana

  • Sabtu, 07 Apr 2018 03:07

    Panglima TNI Courtesy Call Dengan FCHM UNIFIL

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan Courtesy Call dengan Force Commander And Head Of Mission Of The United Nations Interim Force In Lebanon (FCHM UNIFIL) Major General Michae

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak