Selasa, 17 Jul 2018 22:19

Tengku Erry Canangkan Satu Kecamatan Wajib Satu SLTA

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Senin, 24 Jul 2017 13:24
Dok
Rapim dan pelantikan Lembaga Bantuan Hukum Gerbang Swara Minggu (23/07/2017).
Gubsu Tengku Erry Nuradi mencanangkan gerakan wajib membangun satu Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) pada masing-masing kecamatan di Sumut.

Pembangunan sekolah ini diharapkan dapat dilakukan bersama antara masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprovsu). Dengan begitu, kualitas pendidikan di Sumut akan semakin baik pasca beralihnya kewenangan pengelolaan SMA/SMK kepada Provinsi.

Hal itu diungkapkan Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam acara halal bihalal yang dirangkaikan dengan rapat pimpinan (rapim) dan pelantikan lembaga bantuan hukum Gerbang Swara (Gerakan Membangun Swadaya Rakyat) yang digelar di Hotel Haji Achmad Tahir Akademi Pariwisata Medan, Minggu (23/07/2017).

Turut Hadir Ketua Umum DPP Gerbang Swara, Tasimin MT, Bendahara DPP Gerbang Swara, Tagor Muda Harahap, tokoh pemuda asal Sumut, Effendi Syahputra, jajaran pengurus DPP Gerbang Swara serta pengurus DPW Gerbang Swara dari berbagai kabupaten/kota.

"Gerbang Swara ini sebenarnya merupakan program yang sudah kami lakukan saat saya menjadi bupati di tahun 2005 lalu. Ketika itu banyak masyarakat yang membutuhkan prasarana seperti sekolah, pasar dan lainnya. Namun, untuk memenuhinya, pemerintah mengalami kendala, salah satunya adalah ketersediaan lahan. Padahal, pemerintah memiliki dana untuk pembangunan," ujar Erry.

Oleh karena itulah lanjut Erry, sebagai upaya untuk mengatasi hal itu, pihaknya turun ke kecamatan-kecamatan dengan membawa angin perubahan, di mana  pemerintah menyiapkan dana pembangunan tapi harus ada sharring dengan pola bergandengan tangan dengan masyarakat dimana masyarakat mau bersedia memberikan lahannya untuk kepentingan bersama.

"Tahun 2005 di kabupaten Sergai itu hanya ada 7 sekolah SMA Negeri dan sama sekali tidak memiliki SMK Negeri. Namun, setelah saya 8 tahun memimpin di sana dapat membangun 21 sekolah. Sehingga saat ini jumlah sekolah SLTA Negeri di Sergai ada 28 sekolah yakni 18 SMA dan 10 SMK," papar Erry.

Diterangkannya, program Gerbang Swara yang dilakukan di Sergai mengadopasi pola program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) dari pusat. Di mana daerah yang ingin mendapatkan bantuan pemerintah pusat harus memiliki dana sharring paling sedikit 20 persen.

"Pola bergandengan tangan bersama-sama inilah yang kita adopsi dan harus kita dorong ke depan. Terutama saat ini setelah beralihnya kewenagan tanggung jawab SLTA kepada provinsi, masih banyak kecamatan di Sumut yang belum memiliki SLTA. Makanya kita harapkan tidak hanya Gerbang Swara, tapi pihak manapun yang dapat memfasilitasi dengan menyediakan lahan untuk sekolah, Pemprovsu akan bersedia untuk menggelontorkan dana pembangunannya," jelas Erry.

Ditambahkannya, lahan yang diusul kepada Pemprovsu tentunya bukan lahan yang bermasalah, bukan lahan hutan lindung. Selain itu juga diharapkan lahan yang diusul tidak terlalu jauh dari permukiman agar pembangunan sekolah dapat bermanfaat. "Jika ada masyarakat yang mengusul, maka akan kita tinjau langsung sehingga pembangunan dapat dilaksanakan. Kalau untuk membangunnya kita akan sediakan dananya dari APBD," ucap Erry.

Lebih lanjut, Erry mengharapkan Gerbang Swara juga dapat bersinergi dengan pemerintah untuk dapat menjembatani masyarakat yang selama ini belum tersentuh jalur- jalur pemerintah, terutama mensosialisasikan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti program pertanggungan jaminan kesehatan (BPJS) Kesehatan kepada masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp510 per bulan per orang. Karena Pemprovsu sudah mempersiapkan anggaran Rp100 miliar untuk menanggung 3.000 masyarakat berpengasilan Rp510 ribu per bulan per orang.

"Kita juga memiliki program asuransi nelayan untuk 20.000 nelayan di Sumut. Di mana jika terjadi kecelakaan yang dapat merenggut jiwa nelayan kepada keluarganya akan diberi tanggungan sebesar Rp200 juta. Program inilah yang kita harapkan dapat tersosialisasi dengan luas kepada masyarakat," terangnya.

Ketua Umum DPP Gerbang Swara, Tasimin, MT mengatakan pihaknya siap mendukung program Pemprovsu di bawah kepemimpinan Gubsu Tengku Erry Nuradi. "Kami siap menjadi garda terdepan mendukung Pemprovsu untuk mempercepat pembangunan di Sumut," ujar Tasimin.

Apalagi, lanjut Tasimin, selama beberapa tahun yang lalu, Sumut mengalami masa turbulensi yang berat, para pemangku kebijakan banyak yang terjerat kasus korupsi. Utang dana bagi hasil kepada daerah mencapai hingga Rp2,4 triliun.

"Namun berkat kerja keras Gubsu, Tengku Erry Nuradi yang juga Ketua Dewan Pembina Gerbang Swara, masa turbulensi itu dapat dilewati. PAD Sumut mencapai Rp10 triliun dan utang DBH kepada daerah dapat dibayarkan. Makanya, kalau dulu kita pernah mengalami masa sulit, saat ini mari bersama kita membenahi agar Sumut ke depan bisa lebih paten lagi," papar Tasimin.

Editor: Sam

T#g:Gerbang SwaraSMASMKTasimin
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Jul 2018 15:13

    Danramil 0824/25 Jenggawah Beri Wasbang pada Siswa SMK Roushatuth Tholabah

    Kapten Inf Ismianto selaku Danramil 0824/25 Jenggawah menyampaikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) pada siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Roudhatuth Tholabah di Dusun Kebunsadeng Desa Ke

  • Kamis, 12 Jul 2018 11:12

    Koramil 0824/23 Wuluhan Bekali Wasbang dan PBB Pada Siswa SMK Nadlatul Tholabah Yasinat

    Bertempat di halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nadlatul Tholabah Yasinat Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kab Jember, pada Rabu (11/07/2018) pagi, dilaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS) kepada

  • Kamis, 12 Jul 2018 07:52

    Panglima TNI: Pendidikan Dasar dan Menengah Merupakan Pondasi Dasar Bagi Anak-Anak

    Pendidikan dasar dan menengah merupakan peletak pondasi dasar bagi anak-anak dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan bidang minat dan potensi diri masing-masing.

  • Selasa, 10 Jul 2018 12:20

    Polisi OTT Dinas Kesehatan Pemkab Labusel, 5 Kepala Puskesmas Diamankan

    Tim Saber Pungli Polda Sumut melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kantor Dinas Kesehatan Pemkab Labusel, di Kotapinang, Senin (9/7) sore.

  • Senin, 09 Jul 2018 10:09

    Panglima TNI Hadiri Rangkaian Kegiatan Grand Opening SMA Pradita Dirgantara

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri Grand Opening SMA Pradita Dirgantara yang terletak di Jalan Cendrawasih nomor 4 Tanjun

  • Minggu, 08 Jul 2018 07:08

    Laporan 69 Kasus Pembunuhan Di Papua Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan

    Saat ini kita sedang dihebohkan dengan adanya laporan dari Lembaga Amnesty International Indonesia terkait adanya 69 kasus pembunuhan di Papua yang tidak diproses secara hukum, dan dari 69 kasus terse

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:24

    6 Ancaman Kesehatan akibat Teknologi

    Teknologi kini semakin berkembang. Ingin menghubungi teman berbeda negara, Anda bisa memanfaatkan fitur video call. Ingin membeli makanan tapi malas pergi, tinggal klik aplikasi ojek online. Namun iba

  • Selasa, 19 Jun 2018 13:29

    Kombatan dan Tim Kuasa Hukum Djoss Laporkan Fitnah ke Polda Sumut

    Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) Sumatera Utara (Sumut) didampingi Tim Kuasa Hukum Djarot-Sihar (Djoss) menyambangi Polda Sumut, Senin (18/6/2018).

  • Rabu, 09 Mei 2018 00:09

    Plt Bupati Deli Serdang MoU dengan Kementerian Kominfo

    Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melakukan penandatanganan Memory of Understanding (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tentang program Gerakan Menuju 100 Smart City

  • Sabtu, 07 Apr 2018 18:27

    Kazona Timur Bakamla RI Serahkan Bantuan Sosial Muatan Tj. Datu Untuk Asmat

    Kazona Kamla Maritim Timur Vetty V. Salakay, S.H., M.Si. menyerahkan bantuan sosial muatan KN Tj. Datu 1101 Bakamla RI kepada masyarakat Asmat, diterima Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos., di Pelabuhan Agats, Papua, kemarin.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak