Rabu, 13 Des 2017 20:15
  • Home
  • Pendidikan
  • Tengku Erry: Bukan Zamannya Lagi Sarjana Menjadi Pencari Kerja

Tengku Erry: Bukan Zamannya Lagi Sarjana Menjadi Pencari Kerja

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 22 Jul 2017 17:52
Dibaca: 177 kali
Dok
Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi, BPP HIPMI 2017 di gedung Digital Library, Unimed, Sabtu (22/7)
Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka pelatihan kewirausahaan pemuda dan Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi, BPP HIPMI 2017 di gedung Digital Library, Unimed Jalan Williem Iskandar Medan, Sabtu (22/7/2017).

Acara ini dihadiri Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan anggota DPR RI Tifatul Sembiring. Dua tokoh nasional ini merupakan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hadir juga disitu Rektor HIPMI PT Said Aldi Al Idrus, mewakil Rektor Unimed Abdul Hamid, mahasiswa peserta pelantihan dan anggota HIPMI PT serta undangan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu mendorong para mahasiswa yang kelak lulus menjadi sarjana untuk  membuka lapangan pekerjaan atau menjadi entrepreneur bukan sebagai pencari kerja. "Kita harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan," cetus Erry.

Gubsu juga mengatakan bukan zamannya lagi saat ini para sarjana menjadi pencari kerja, tapi menjadi entrepreneur sejati. Karena tak hanya lapangan pekerjaan semakin sedikit, tidak sebanding dengan para sarjana yang setiap tahunnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan yang lulusan dari perguruaan tinggi.

"Perlu diketahui bahwa Presiden dan Wakilnya merupakan seorang entrepreuner sejati, maka kemajuan satu negara dikarenakan jumlah entrepreneur sangat banyak misalnya di Singapura jumlah entrepreneur berkisar 70 persen dibandingkan Indonesia yang hanya 2 persen," ucap Erry.

Oleh karena itu Gubsu Erry menyambut baik Rakernas yang dirangkai dengan pelatihan kewirausahaan pemuda ini. Ini sangat baik sebagai sarana untuk menciptakan pengusaha dan pemimpin muda yang tangguh dengan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda dan mahasiswa guna meningkatkan perekonomian daerah.

Mengapa pemuda, karena kapasitas pemuda dapat dikembangkan sebagai penentu masa depan bangsa. "Peran pemuda dapat diandalkan sebagai agen perubahan (agent of change) kontrol sosial dan kekuatan moral," ujar Erry.

Selain itu berdasarkan data BPS bahwa jumlah pemuda Indonesia mencapai 62,4 juta orang atau 25 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Itu semua merupakan aset sekaligus kekuatan sosial ekonomi yang luar biasa.

Di samping itu pengembangan kewirausahaan ini penting dalam rangka menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. "Dengan berwirausaha berarti tidak bergantung pada pekerjaan di sektor formal tetapi justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitar. Sehingga tingkat pengangguran, khususnya di Sumut yang sampai saat ini jumlahnya masih cukup banyak berangsur-angsur berkurang dan kegiatan usaha ekonomi di Sumut bisa semakin kokoh dan berdaya saing tinggi," jelas Erry yang pernah menjadi Ketua HIPMI Sumut tahun 2001 ini.

Lebih lanjut, dengan adanya program HIPMI Go Kampus, Gubsu mengaku bangga terhadap HIPMI yang telah membina pengusaha muda sejak dini.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Dia mengatakan bahwa baik itu pengusaha maupun pemimpin (entrepreneur) juga mendapat dukungan dari lembaga DPR, karena mampu menjadi atau mewujudkan ekonomi Indonesia lebih baik tidak tergantung dengan negara lain.

Selain itu para entrepreneur kata Hidayat harus dilengkapi dengan 4 pilar negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. "Alasannya saat ini banyak dari entrepreneur yang sudah melupakan 4 pilar kebangsaan," demikian Hidayat Nur Wahid.

Editor: Sam

T#g:HIPMIUnimed
Berita Terkait
  • Senin, 11 Des 2017 18:51

    Pengusaha Sumut Sebut Gubernur Tokoh yang 'Cerewet' Demi Majukan Wirausaha Pemula

    Sebagai tokoh di kalangan kelompok pengusaha muda, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Dr HT Erry Nuradi dinilai cerewet dan getol untuk mendorong kemajuan wirausaha pemula. Hal itu terungkap saat pembuka

  • Jumat, 10 Nov 2017 14:10

    Pilkada Sumut: Awas Eksodus dan Mobilisasi Warga

    Medan Jurnalis Club menggelar dialog bertema Pilkada Sumut: Ketiadaan Blangko e-KTP dan Nasib Pemilik Suara, Kamis (9/11/2017) di Medan Club.Ada sejumlah Narasumber yang hadir. Di antaranya Akademisi

  • Selasa, 24 Okt 2017 19:04

    HIPMI Langkat Gelar Pelatihan & Pendidikan Pengusaha Muda

    Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Langkat, menggelar pendidikan dan pelatihan bagi pemuda pemudi di Langkat agar tertarik menjadi pengusaha muda.Pendidikan dan pelatihan bagi para ca

  • Kamis, 05 Okt 2017 19:05

    LPM Unimed Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam keg

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:50

    Pembentukan Karakter & Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

    Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan kepada masyarakat sejak usia dini.

  • Senin, 18 Sep 2017 08:38

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro di Asahan untuk Inovasi Produk

    Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro tersebut untuk mempertahan

  • Minggu, 17 Sep 2017 11:07

    Pusdib-KLH Unimed Gelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup

    Ketua Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Pusdib KLH Unimed), Syarifuddin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan degradasi lingkungan di Indonesia telah sampai pada tahap yang sanga

  • Sabtu, 09 Sep 2017 02:09

    LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

    Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi.

  • Kamis, 07 Sep 2017 18:17

    LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

    Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan saat ini giat melakukan pelatihan dan workshop pembelajaran sains berbasis Guru Asyik Menyenangkan dan Energik dala

  • Rabu, 06 Sep 2017 22:46

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah Deli Serdang Butuh Perhatian Pemerintah

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Deli Serdang butuh perhatian serius dari pihak pemerintah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak