Kamis, 17 Agu 2017 13:05
Iklan Kota1
  • Home
  • Pendidikan
  • Tengku Erry: Bukan Zamannya Lagi Sarjana Menjadi Pencari Kerja

Tengku Erry: Bukan Zamannya Lagi Sarjana Menjadi Pencari Kerja

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 22 Jul 2017 17:52
Dibaca: 101 kali
Dok
Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi, BPP HIPMI 2017 di gedung Digital Library, Unimed, Sabtu (22/7)
Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka pelatihan kewirausahaan pemuda dan Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi, BPP HIPMI 2017 di gedung Digital Library, Unimed Jalan Williem Iskandar Medan, Sabtu (22/7/2017).

Acara ini dihadiri Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan anggota DPR RI Tifatul Sembiring. Dua tokoh nasional ini merupakan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hadir juga disitu Rektor HIPMI PT Said Aldi Al Idrus, mewakil Rektor Unimed Abdul Hamid, mahasiswa peserta pelantihan dan anggota HIPMI PT serta undangan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu mendorong para mahasiswa yang kelak lulus menjadi sarjana untuk  membuka lapangan pekerjaan atau menjadi entrepreneur bukan sebagai pencari kerja. "Kita harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan," cetus Erry.

Gubsu juga mengatakan bukan zamannya lagi saat ini para sarjana menjadi pencari kerja, tapi menjadi entrepreneur sejati. Karena tak hanya lapangan pekerjaan semakin sedikit, tidak sebanding dengan para sarjana yang setiap tahunnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan yang lulusan dari perguruaan tinggi.

"Perlu diketahui bahwa Presiden dan Wakilnya merupakan seorang entrepreuner sejati, maka kemajuan satu negara dikarenakan jumlah entrepreneur sangat banyak misalnya di Singapura jumlah entrepreneur berkisar 70 persen dibandingkan Indonesia yang hanya 2 persen," ucap Erry.

Oleh karena itu Gubsu Erry menyambut baik Rakernas yang dirangkai dengan pelatihan kewirausahaan pemuda ini. Ini sangat baik sebagai sarana untuk menciptakan pengusaha dan pemimpin muda yang tangguh dengan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda dan mahasiswa guna meningkatkan perekonomian daerah.

Mengapa pemuda, karena kapasitas pemuda dapat dikembangkan sebagai penentu masa depan bangsa. "Peran pemuda dapat diandalkan sebagai agen perubahan (agent of change) kontrol sosial dan kekuatan moral," ujar Erry.

Selain itu berdasarkan data BPS bahwa jumlah pemuda Indonesia mencapai 62,4 juta orang atau 25 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Itu semua merupakan aset sekaligus kekuatan sosial ekonomi yang luar biasa.

Di samping itu pengembangan kewirausahaan ini penting dalam rangka menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. "Dengan berwirausaha berarti tidak bergantung pada pekerjaan di sektor formal tetapi justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitar. Sehingga tingkat pengangguran, khususnya di Sumut yang sampai saat ini jumlahnya masih cukup banyak berangsur-angsur berkurang dan kegiatan usaha ekonomi di Sumut bisa semakin kokoh dan berdaya saing tinggi," jelas Erry yang pernah menjadi Ketua HIPMI Sumut tahun 2001 ini.

Lebih lanjut, dengan adanya program HIPMI Go Kampus, Gubsu mengaku bangga terhadap HIPMI yang telah membina pengusaha muda sejak dini.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Dia mengatakan bahwa baik itu pengusaha maupun pemimpin (entrepreneur) juga mendapat dukungan dari lembaga DPR, karena mampu menjadi atau mewujudkan ekonomi Indonesia lebih baik tidak tergantung dengan negara lain.

Selain itu para entrepreneur kata Hidayat harus dilengkapi dengan 4 pilar negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. "Alasannya saat ini banyak dari entrepreneur yang sudah melupakan 4 pilar kebangsaan," demikian Hidayat Nur Wahid.

Editor: Sam

T#g:HIPMIUnimed
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Agu 2017 08:38

    Dosen Unimed Ubah Sampah jadi Rupiah

    Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan mengajak masyarakat Deli Tua untuk memanfaatkan sampah anorganik menjadi karya Seni Rupa dan Kerajinan.

  • Jumat, 04 Agu 2017 12:14

    Pelantikan BPD HIPMI Tapanuli Tengah

    Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tapteng periode 2017-2020, dilantik di Ballroom PIA Hotel Tapanuli Tengah Jl. Sibolga Padang Sidempuan Kel. Pandan Kec. Pandan Kab

  • Sabtu, 29 Jul 2017 20:09

    LPM Unimed dominasi pengabdian kepada masyarakat di Sumbagut

    Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) mendominasi banyaknya pengabdian yang ada di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

  • Sabtu, 22 Jul 2017 13:02

    Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

    Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

  • Kamis, 20 Jul 2017 11:20

    LPM Unimed dampingi Standarisasi dan Sertifikasi UMKM Sergai

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan sedang gencar-gencarnya melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). Karena ekonomi kerakyatan yang diga

  • Rabu, 19 Jul 2017 12:49

    Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar dan jadi backbone perekonomian nasional, serta penggerak ekonomi riil di Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus tersendiri bagi dunia kampus, khususnya Universitas Negeri Medan (Unimed).

  • Sabtu, 08 Jul 2017 08:08

    Tengku Erry Ajak HIPMI Bersama Membangun Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menghadiri Halal Bihalal bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara yang digelar di Royal Sumatera, Jalan Djamin Ginting, Medan, Kamis (06/07/2017) malam.

  • Sabtu, 17 Jun 2017 10:47

    Buka Puasa HIPMI, Tengku Erry Jadi MC

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menjadi MC (pembawa acara) pada silaturahmi sekaligus berbuka puasa dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumut dan HIPMI Perguruan Tinggi Sumut di Gubernuran (ruma

  • Sabtu, 29 Apr 2017 14:00

    LIMA Unimed Resmi dilantik

    Lingkar Mahasiswa Asahan (LIMA) Komisariat Universitas Medan (UNIMED) resmi dilantik pada Sabtu, (29/4) pagi, di gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan.Acara yang berlangsung kh

  • Minggu, 09 Apr 2017 23:03

    Seminar Gali Masuknya Islam Nusantara di Barus

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan, Seminar Nasional Peradaban Islam di Nusantara dan Kilometer Nol di Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara sangat bermanfaat dalam upaya menggali pertama kali masuknya Islam di Nusantara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak