Sabtu, 23 Jun 2018 05:53
  • Home
  • Pendidikan
  • Pertama di Indonesia, Tengku Erry Apresiasi Sumut Terapkan Penerimaan Siswa Baru Secara Online

Pertama di Indonesia, Tengku Erry Apresiasi Sumut Terapkan Penerimaan Siswa Baru Secara Online

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Selasa, 13 Jun 2017 03:23
Dok
Gubsu Tengku Erry saat memantau langsung pelaksanaan PPDB online di SMAN 1 Medan
Selamat Puasa Paluta
Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi penerapan sistem online pada penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA dan SMK Negeri di Sumatera Utara.

Ini yang pertama di Indonesia. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online mulai dilaksanakan pada tanggal 12-22 Juni 2017 serempak di 33 kabupaten/kota.

"Hari ini dunia pendidikan Sumut memulai sistem baru dalam penerimaan siswa baru yaitu PPDB online untuk tingkat SMA. Sekarang semua orang bisa memantau sistem ini melalui smartphone atau komputer masing-masing. Ini tentu sangat positif sekali dalam rangka transparansi, mencegah KKN," kata Gubsu Tengku Erry usai memantau langsung pelaksanaan PPDB online di SMAN 1 Medan, Senin (12/6/2017).

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis, anggota Dewan Pendidikan Sumut, Kepala SMAN 1 Medan dan lainnnya, Gubsu Erry menyebutkan, PPDB online merupakan salah satu aplikasi yang dibangun Pemprov Sumut dalam rangka penerimaan siswa baru SMA dan SMK setelah kewenangan pengelolaan pendidikan tingkat SMA/SMK dialihkan ke Pemprov Sumut.

Gubernur menyambut baik terobosan yang dibuat oleh Dinas Pendidikan dalam penggunaan sistem elektronik yang dewasa ini sudah tidak terelakkan lagi. "Sekarang ini niat sudah ada, sistem ada dan tinggal pelaksanaan. Kalau berjalan baik, maka kita bisa menjadi contoh di Indonesia. Saya ingin Sumut selalu menjadi yang terdepan, kita harus jadi leader bukan follower," kata Erry.

Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis menjelaskan penerapan PPDB online didasarkan pada Pergub No 53 tahun 2017, tentang tatacara pelaksanaaan PPDB online. Pihaknya dalam pembangunan sistem dan pelaksnaan terus didampingi oleh Tim Kordinasi Supervisi dan Pencegahan Korupsi (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dia mengakui masih ada beberapa kekhawatiran teknis dalam pelaksanaan PPDB online. Hal yang masih menjadi pemikiran adalah jaringan yang menggunakan server Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut yang masih dalam tahap pengujian. Selain itu risiko pemadaman listrik juga menjadi pemikiran pihaknya.

Berdasarkan hasil pantauan, pelaksanaan pendaftaran dilakukan di sekolah yang dituju dengan alur pendaftaran yaitu mengambil formulir, mengisi formulir PPDB dan melengkapi berkas dan melakukan pendaftaran secara online. Selanjutnya, menyerahkan formulir ke operator sekolah piliihan 1 untuk diinput dalam aplikasi. Selanjutnya verifikator sekolah memeriksa data yang diinput, operator lalu mencentak tanda terima berkas.

Pendaftaran terbagi atas dua jalur yakni jalur akademik (72% dari kuota) dan jalur non akademik (28% dari kuota).

Para pendaftar bisa melihat langsung ranking secara real time. Ranking ditentukan sistem berdasarkan bererapa kriteria yaitu nilai ujian nasional (UN), peringkat berdasarkan urutan mata pelajaran UN dan jarak tempat tinggal calon peserta dengan sekolah pilihan. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat pada website http://ppdb.disdik@sumutprov.go.id pada tanggal 22 Juni 2017 pukul 14 wib.

Editor: Sam

T#g:PPDBSMASMK
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Jun 2018 16:24

    6 Ancaman Kesehatan akibat Teknologi

    Teknologi kini semakin berkembang. Ingin menghubungi teman berbeda negara, Anda bisa memanfaatkan fitur video call. Ingin membeli makanan tapi malas pergi, tinggal klik aplikasi ojek online. Namun iba

  • Selasa, 19 Jun 2018 13:29

    Kombatan dan Tim Kuasa Hukum Djoss Laporkan Fitnah ke Polda Sumut

    Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) Sumatera Utara (Sumut) didampingi Tim Kuasa Hukum Djarot-Sihar (Djoss) menyambangi Polda Sumut, Senin (18/6/2018).

  • Rabu, 09 Mei 2018 00:09

    Plt Bupati Deli Serdang MoU dengan Kementerian Kominfo

    Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melakukan penandatanganan Memory of Understanding (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tentang program Gerakan Menuju 100 Smart City

  • Sabtu, 07 Apr 2018 18:27

    Kazona Timur Bakamla RI Serahkan Bantuan Sosial Muatan Tj. Datu Untuk Asmat

    Kazona Kamla Maritim Timur Vetty V. Salakay, S.H., M.Si. menyerahkan bantuan sosial muatan KN Tj. Datu 1101 Bakamla RI kepada masyarakat Asmat, diterima Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos., di Pelabuhan Agats, Papua, kemarin.

  • Sabtu, 07 Apr 2018 09:47

    'Wisenet' Nama Baru Bisnis Sekuriti Samsung

    Hanwha Techwin (sebelumnya Samsung Techwin) sebagai pemimpin global dalam industri manufaktur CCTV bersama dengan PT. Professtama Teknik Cemerlang selaku distributor tunggalnya di Indonesia, Jumat, 6

  • Jumat, 06 Apr 2018 05:16

    Usai Cegat Sihar, Siswa SMK: Coblos Djoss, menangkan Djoss!

    Sekelompok pelajar SMK menghentikan iring-iringan rombongan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus yang melintas di Jalan Pasar IV Namo Trasi Pondok Besar Kec Sei Bingei Kota Binjai, Kamis (5/4/2018) siang.

  • Senin, 02 Apr 2018 17:22

    Bakamla RI Serahkan Bantuan Asmat

    Komandan Satuan Tugas Operasi Dalam Negri Nusantara-1 Khusus Bantuan Sosial Bakamla RI ke Asmat, Papua, Letkol Laut (P) Asep Budiman menyerahkan secara simbolis bantuan sosial Asmat kepada Kepala Bida

  • Jumat, 30 Mar 2018 19:00

    Karoum Bakamla RI-Bupati Asmat Bahas Teknis Penyerahan Bantuan Sosial

    Kepala Biro Umum Bakamla RI Kolonel Marinir Sandy M. Latief dan Kazona Kamla Maritim Timur Vetty V. Salakay, S.H., M.Si. bertemu dengan Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos., untuk membahas teknis penyerah

  • Rabu, 28 Mar 2018 10:38

    Kapal Pengangkut Bantuan Sosial ke Asmat Tiba di Ambon

    Setelah menempuh perjalanan lintas laut dari Jakarta selama empat hari, KN. Tanjung Datu-1101, kapal pengangkut bantuan sosial ke Asmat, Papua, ahirnya tiba di Dermaga Perikanan Nusantara, Ambon, Malu

  • Selasa, 27 Mar 2018 17:27

    Dandim 0824: Prajurit Satkowil Harus Miliki Fisik Prima

    Program Minggu Militer merupakan salah satu program tetap yang selalu dilaksanakan setiap bulan pada minggu terakhir di masing-masing satuan dengan materi yang sudah ditentukan sesuai Direktif maupun

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak