Minggu, 22 Okt 2017 16:59

Penerapan Sistem Online SMA/SMK Hapus Praktik KKN

Labuhan Batu (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Kamis, 12 Okt 2017 19:42
Dibaca: 83 kali
Dok
Gubsu, Bupati Labuhan Batu dan sejumlah pejabat daerah saat menyerahkan SK Kenaikan Pangkat Guru SMA/SMK di SMAN 1 Rantau Prapat.

Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan sistem online yang diberlakukan untuk ujian maupun masuk sekolah dapat dipastikan menghapuskan indikasi Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

''Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diterapkan di SMA/SMK oleh Pemrpov Sumut sebagai upaya mencegah praktik KKN,'' tandas Tengku Erry saat menyerahkan SK Kenaikan Pangkat Guru SMA/SMK di SMAN 1 Rantau Prapat, Labuhan Batu, Kamis (12/10/2017).

Hadir disitu Bupati Labuhan Batu Pangonal Harahap, Kadis Pendidikan Sumut  Arsyad Lubis, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry Nuradi, kepala sekolah, guru dan siswa SMAN 1 Rantau Prapat serta sejumlah SKPD  Provsu dan SKPD Kabupaten Labuhan Batu.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyebutkan bahwa sudah saatnya lembaga pendidikan menggunakan teknologi internet/sistem online mulai dari ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian masuk sekolah. "Dengan menggunakan sistem online tidak hanya menghemat anggaran, seperti kertas, juga menghindari kebocoran soal,  serta menjawab soal isu tentang titipan siswa," ucap Erry.

Untuk UNBK sendiri, Erry mengakui sebelum SMA/SMK dibawah naungan Provinsi Sumut, sekolah menggunakan sistem online (UNBK) ada 90 sekolah (2016) dan tahun 2017 ini jumlah sekolah bertambah menjadi 1.500.

Begitu juga dengan sistem peneriman siswa baru, hingga tak ada lagi yang namanya siswa titipan yang ada siswa yang masuk ke sekolah-sekolah favorit benar sesuai dengan nilai dari kelulusan ujian masuk berbasis komputer. "Tak ada lagi siswa yang dititip oleh oknum-oknum dengan kualitas siswa tak maksimal," sebut Erry.

Tak hanya itu, saat ujian setiap siswa tidak diberikan soal yang sama dengan kata lain setiap komputer soalnya tugas berdasarkan dengan password yang ada dan siswa dapat melihat langsung dari nilai ujian masing-masing.

Sementara, Erry juga menjelaskan, untuk pengurusan kenaikan pangkat, para ASN termasuk guru tidak perlu lagi datang ke instansi terkait seperti BKD cukup menggunakan sistem online yang sudah diterapkan di masing-masing BKD setempat.

Sebelumnya, Bupati Labuhan Batu Pangonal Harahap merasa bangga karena Gubsu langsung menyerahkan SK kenaikan pangkat untuk tenaga pendidik (guru) SMA /SMK yang masing- masing dari Kabupaten Labuhan Batu berjumlah 32 orang dan Labuhanbatu Selatan 8 orang.

"Sejak tahun 2017, sudah sah para tenaga pengajar SMA dan SMK sudah dibawa naungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, untuk Labuhan Batu 617 orang guru dan murid 13.500 siswa dengan jumlah sekolah SMA Negeri dan swasta masing-masing 15 dan SMK negeri 7 dan swasta 23," paparnya.

Sedangkan untuk Labuhanbatu Selatan jumlah tenaga pengajar 360 orang guru dengan siswa 9.700 orang, sementara jumlah sekolah SMAN 10 , swasta 7 serta SMK negeri berjumlah 2 dan swasta 20 sekolah. Tak hanya itu jumlah siswa yang lulus masuk perguruan tinggi favorit cukup banyak SMPTN 100 orang, STAN 3 orang dan SBMPTN 51 orang.

Editor: Budi

T#g:Labuhan batuPPDB
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Okt 2017 17:48

    Bupati Labura Hadiri Resepsi Hari Jadi Kabupaten Labuhanbatu ke-72

    Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE menghadiri resepsi peringatan hari jadi Kabupaten Labuhanbatu ke-72 yang dilaksanakan di Lapangan Ika Bina Rantau Prapat, Selasa (17/10).Peringa

  • Rabu, 30 Agu 2017 08:30

    Korsubgah KPK bobol, 252 siswa SMA Negeri di Sumut masuk tanpa seleksi online

    Masyarakat Sumatera Utara khususnya kota Medan terkejut dengan pemaparan yang disampaikan oleh Ombudsman RI bahwa di SMA 2 Medan, ditemukan sebanyak 180 orang siswa baru yang masuk melalui jalur tidak

  • Rabu, 16 Agu 2017 07:56

    Cegah Pungli pakai sistem elektronik, Tengku Erry akui jadi sasaran kemarahan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online diterapkan.

  • Rabu, 19 Jul 2017 07:19

    Pemprov Sumut Bidik Kenaikan Pangkat Guru Via Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan penerapan Pelaksanaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK dengan sistem online sudah dilakukan dan terus dalam tahap penyempurnaan.

  • Jumat, 14 Jul 2017 20:14

    Mengapa Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tidak Terbuka ke Publik?

    Sikap arogansi yang ditunjukkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Dinas Pendidikan mengejutkan publik.

  • Rabu, 12 Jul 2017 22:42

    28.350 Bangku Sekolah Kosong, Pemprov Sumut Buka PPDB Online SMA/SMK Tahap II

    Drs. Arsyad Lubis MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menyatakan bahwa Pemprov Sumut akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA dan SMK Negeri tahap II tahun 2017.

  • Jumat, 16 Jun 2017 02:06

    Tengku Erry: Kendala Pendaftaran SMA/SMK Online akan terus diminimalisir

    Sejak dibukanya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri secara online di Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (12/6), pengunjung website PPDB online Sumut sangat tinggi.

  • Selasa, 13 Jun 2017 03:23

    Pertama di Indonesia, Tengku Erry Apresiasi Sumut Terapkan Penerimaan Siswa Baru Secara Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi penerapan sistem online pada penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA dan SMK Negeri di Sumatera Utara.

  • Minggu, 11 Jun 2017 06:11

    Seleksi Masuk SMPN di Medan, 70% Akademik, 30% Tes Tertulis

    Memasuki tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan menerapkan sistem penyaringan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan pola 70% seleksi akademik dan 30% seleksi tes tertulis.

  • Minggu, 21 Agu 2016 07:18

    LSM STRATEGI: Seleksi PPDB jadi ajang memperkaya diri

    Ketua Umum LSM STRATEGI M. Yusuf Siregar, menuding bahwa dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Medan, telah terjadi ajang atau upaya memperkaya diri maupun kelompok. Menurut

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak