Rabu, 13 Des 2017 20:12

Pekan Raya Pendidikan Dinas Pendidikan Paluta 2017

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Yasir Harahap
Jumat, 11 Agu 2017 06:31
Dibaca: 271 kali
Dok
Pekan Raya Pendidikan sekaligus Perkemahan Dinas Pendidikan

Bertempat di Lapangan GOR Purba Sinomba, kawasan Paranginan, Kecamatan Padang Bolak, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Pekan Raya Pendidikan.

Pekan Raya Pendidikan dengan tema 'Tantangan Pendidikan Ditengah Ketidakstabilan Ekonomi Indonesia' ini dibuka oleh Asisten II Ali Akbar Siagian, Kamis (10/8/2017).

"Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan Pekan Raya Pendidikan ini secara resmi dibuka," ucap Ali Akbar Siagian saat membuka acara pada pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, dalam laporan ketua panitia, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Umar Pohan melaporkan, peserta terdiri 20 orang dan 2 pendamping dari masing-masing SD dan SMP se-Padang Lawas Utara. Diperkirakan peserta berjumlah lebih kurang 4000 orang siswa.

"Kegiatan ini adalah Pekan Raya  Pendidikan sekaligus Perkemahan Dinas Pendidikan yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Kamis, 10 Agustus, hingga hari Minggu, 13 Agustus," ujarnya.

Lebih lanjut, dalam laporannya, ia mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan apresiasi serta mempertajam imajinasi dan intuisi karena melalui pameran seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat ataupun masyarakat umum.

Kegiatan pameran seni di sekolah biasanya hanya dilakukan pada akhir semester, akhir tahun ajaran atau dalam rangka memperingati hari-hari besar. Penyelenggaraan pameran di beberapa sekolah juga bisa memiliki beberapa tujuan seperti tujuan sosial dan kemanusiaan, tujuan komersial dan tujuan yang berkaitan dengan pendidikan. 

Ditambahkannya, Kabupaten Paluta adalah salah satu Kabupaten di provinsi Sumatera Utara yang mempunyai banyak bakat potensi dalam masyarakat, sehingga Dinas Pendidikan Paluta menyelenggarakan Pameran Pekan Raya Pendidikan serta perlombaan-perlombaan untuk siswa siswi tingkat SD dan SMP dengan tujuan untuk memacu pihak sekolah serta siswa siswi sekolah agar ikut memamerkan hasil kreativitas, hasil juara dan keunggulan dari pihak sekolah untuk memacu bangkitnya pendidikan di Padang Lawas Utara.

Lebih lanjut, Kadisdik ini memaparkan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan seperti, Perkemahan anak sekolah tingkat SD dan SMP, pameran Pekan Raya Pendidikan, perlombaan cerdas cermat, lomba pidato, perlombaan pentas seni drama dan perlombaan kerajinan tangan.

Selain itu, Umar Pohan menyampaikan, Pekan Raya Pendidikan juga diisi dengan lomba mewarnai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak-kanak (TK), perlombaan Bola Dangdut dan sosialisasi bahaya Narkoba dan kenakalan remaja, pemakaian kendaraan bermotor (kakorlantas), dan cara hidup sehat.

"Target kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa persatuan dan kekeluargaan Dinas Pendidikan kepada guru-guru untuk meningkatkan mutu serta kreativitas yang berkaitan dengan pendidikan," tutupnya.

Menurut informasi yang dihimpun dari panitia kegiatan, terdapat 42 jumlah stand yang terdiri dari stand pameran SD, SMP, SLB, Disdik dan Bank Sumut.

Amatan UTAMANEWS, pembukaan Pekan Raya Pendidikan ini diwarnai dengan penampilan luar biasa dari siswa-siswi penderita tunarungu Sekolah Luar Biasa (SLB) Paluta yang mempersembahkan dua tarian yang dipandu oleh guru pembimbingnya.

Tidak hanya itu, pembukaan kegiatan juga ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Salah satu balon sudah diisi dengan nomor undian, yang mendapatkan atau menemukan nomor undian tersebut bisa menukarkannya ke Dinas Pendidikan Kabupaten Paluta.

Turut hadir, sejumlah kepala Dinas, Camat, Kapolsek Padang Bolak, Danramil 05 PB, perwakilan Bank Sumut beserta tamu undangan lainnya.

Editor: Sam

T#g:pameranSLB
Berita Terkait
  • Senin, 28 Agu 2017 11:18

    Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa di Museum Negeri Sumut, 29 Agustus-29 September 2017

    Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara akan menggelar Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa, Semangat Persatuan Rakyat Sumatera Utara dalam mencapai dan mempertahankan Kemerdekaan RI di Sumut dengan tema "

  • Rabu, 17 Mei 2017 14:37

    POM 2017 Kembali Menyapa Pecinta Otomotif Kota Medan

    Setelah mencatatkan kesuksesan dalam penyelenggaraan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2017 yang mampu menarik sekitar setengah juta pengunjung, Dyandra Promosindo kini menghadirkan semangat p

  • Rabu, 17 Mei 2017 16:17

    Gubsu minta pelaku agribisnis kuasai teknologi dan berinovasi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Tebing Tinggi Agri Market dan Pameran Flora dan Fauna (TAM PFF) 2017 di Kota Tebing Tinggi, Selasa (16/5/2017).

  • Jumat, 12 Mei 2017 04:45

    Pekan Inovasi Dongkrak Investasi & Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi berharap melalui Pekan Inovasi Sumatera Utara (Sumut) ke-5 tahun ini dapat mendongkrak nilai investasi sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

  • Senin, 08 Mei 2017 21:29

    Rusia Tertarik Investasi di Sumut dan Undang Gubernur ke Moskow

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyambut baik undangan yang disampaikan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow untuk Rusia dan Republik Belarus yang meminta agar Pemerintah Provinsi Sumate

  • Kamis, 27 Apr 2017 03:27

    Industri Kerajinan Sumut Harus Berkembang

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi hasil-hasil kerajinan daerah Sumatera Utara yang dipamerkan dalam Inacraft 2017 di Jakarta Convention Center (JCC).

  • Senin, 03 Apr 2017 08:55

    Foto membuat hidup terasa lebih indah

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi pameran foto secara rutin yang digelar rekan-rekan jurnalis foto yang tergabung dalam wadah Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan.

  • Senin, 03 Apr 2017 06:33

    Tengku Erry Beli 2 Foto di Pameran Pewarta Foto Indonesia

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menghadiri penutupan pameran dan lelang foto Kaleidoskop 2016 yang digelar Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan di Pendopo Lapangan Merdeka, Minggu (2/4/2017) malam.

  • Jumat, 10 Feb 2017 08:50

    AirAsia Travel Fair Kembali Hadir, Tawarkan Potongan Harga Hingga 50%

    AirAsia Indonesia, maskapai berbiaya hemat terkemuka kembali menggelar AirAsia Travel Fair (AATF) di Jakarta mulai 9 – 12 Februari 2017. Pameran wisata ini hadir dengan berbagai penawaran istimewa u

  • Kamis, 17 Nov 2016 21:29

    Puspen TNI Ikuti Pameran Anugerah Media Humas

    Pusat Penerangan (Puspen) TNI mengikuti perlombaan Anugerah Media Humas yang diselenggarakan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemen Kominfo RI) dengan mengangkat tema “Membangu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak