Kamis, 17 Agu 2017 13:04
Iklan Kota1
  • Home
  • Pendidikan
  • LPM Unimed dominasi pengabdian kepada masyarakat di Sumbagut

LPM Unimed dominasi pengabdian kepada masyarakat di Sumbagut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 29 Jul 2017 20:09
Dibaca: 216 kali
Dok
Seminar Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Mono Tahun di Medan.
Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) mendominasi banyaknya pengabdian yang ada di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Dari 169 kegiatan pengabadian yang ada di Sumbagut, 57 judul telah dilaksanakan dosen pengabdi Unimed, ini setara dengan sekitar 30 % lebih dosen Unimed ikut membantu masyarakat di Sumbagut.  

Disusul Universitas Syah Kuala Banda Aceh dengan 25 Kegiatan pengabdian, di urutan ke-3 USU dengan 19 kegiatan pengabdian dan di urutan 4 dan 5 bersaing ketat Universitas Riau dan Universitas Lhokseumawe dengan perolahan pengabdian 11 dan 9 Judul. 

Hal ini tampak pada kegiatan "Seminar Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Mono Tahun", yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, 28-29 Juli 2017, di ball room Le Polonia Hotel & Convention.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Prof. Ocky Radjasa yang diwakili oleh Kasubdit Pengabdian Masyarakat Viktoriana Suhartini, Riviewer Nasional Prof.Dr. Khasrat, Prof. Haslinda Z Tamin, Prof. Satria Jaya Prianta, Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah, M.Si dan Ratusan Dosen pengabdi dari kampus-kampus di Sumatera Utara, Aceh dan Riau. 

Dalam arahannya, Kasubdit Pengabdian Masyarakat Viktoriana Suhartini mengungkapkan bahwa kegiatan Seminar Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat, merupakan Forum ilmiah antara para pengabdi, riviewer dan kementerian untuk sharing pola maupun sistem pengabdian dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, yang kesemuanya di fasilitasi oleh DRPM

Selain itu para pengabdi juga diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas pengabdiaanya dan naik kelas, tidak hanya melakukan pengabdian mono tahun akan tetapi bergerak untuk menyentuh pengabdian multi tahun sehingga dampaknya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat. 

"Bagi dosen yang belum menyelesaikan tagihan dokumen secara Daring agar menyelesaikan tagihan tersebut, karena ini akan menjadi track record bagi pengabdi," tegas pejabat eselon di Kementerian Ristek Dikti tersebut.

Presenter Karya Ilmiah dan Poster Pengabdian Terbaik

Pada puncak acara, diumumkan para presenter Karya Ilmiah dan poster pengabdian masyarakat yang dinilai oleh para riviewer dan panitia, dengan kualitas di atas rata-rata atau dikatakan terbaik. Dengan spesifikasi : Kualitas parameter Karya Ilmiah meliputi : Teknik penyajian, Penguasaan materi, Kemampuan Diskusi, dan Sistematika Penulisan. Selain itu yang tak lepas dinilai seperti Parameter Subtansi Iptek dan Pemanfaatan bagi Sektor Riil UMKM. Didapatlah peserta Pemakalah dan Poster dengan kriteria terbaik  pada tiap ruangan paralel diskusi, sbb:

No RUANG PENYAJI KARYA ILMIAH ASAL KAMPUS PENYAJI POSTER ASAL KAMPUS
1 RUANG I SUMIHAR HUTAPEA UMA JONGGA MANULANG UNIMED
2 RUANG II IRFANDI UNIMED NIKMAT AKMAL UNIMED
3 RUANG III ELVIAWATY M Z USU JASMIDI UNIMED
4 RUANG IV M. BASYUNI USU FATMA TRESNO NINGTIYAS UNIMED
5 RUANG V ANIZAR USU SABANI UNIMED

Pada bagian ini semua nominasi disapu bersih oleh kampus di Sumatera Utara, dengan representasi Unimed mendominasi dengan 5 penyaji poster terbaik dan 1 penyaji karya Ilmiah terbaik, disusul dengan USU dengan torehan 3 Penyaji Karya Ilmiah terbaik dan Universitas Medan Area dengan raihan 1 Penyaji Karya Ilmiah Terbaik. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta di dampingi Sekertaris Mukti Hamjah, M.Si mengungkapkan apresiasi terhadap dosen pengabdi atas raihan yang didapatkan pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenristek Dikti tersebut. 

"Jadi bila dilihat secara data bahwa dosen pengabdi Unimed tidak hanya unggul secara kuantitas akan tetapi pada tataran kualitas. Pusat atau kementerian mengakui keunggulan dan kreatifitas pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen Unimed", ungkap Kustoro.

Selain itu, Unimed juga LPM, mulai mulai membidik pengabdian di luar Sumatera Utara untuk mengembangkan invasi pengabdian. "Tahun ini kita juga akan melakukan pengabdian di luar Sumatera Utara, yakni di kabupaten Sijunjung kerjasama antara LPM Unimed, DRPM dan Komisi VII DPR-RI untuk membina guru-guru di Sumatera Barat. Ini dilakukan untuk menyahuti kebutuhan masyarakat kepada LPM Unimed", terang Doktor bidang Manajemen tersebut.

Editor: Sam

T#g:LPMSumbarUnimed
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Agu 2017 08:38

    Dosen Unimed Ubah Sampah jadi Rupiah

    Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan mengajak masyarakat Deli Tua untuk memanfaatkan sampah anorganik menjadi karya Seni Rupa dan Kerajinan.

  • Minggu, 30 Jul 2017 12:20

    Ibu penghina Jokowi mengeluh, sejak anaknya dipenjara, barang terjual untuk biayai hidup

    Maya, 65 tahun, orang tua Ropi Yatsman, 35 tahun, admin dari akun grup publik Facebook "Keranda Jokowi-Ahok", yang sudah menjadi narapidana kasus penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo dan penyebar

  • Sabtu, 22 Jul 2017 17:52

    Tengku Erry: Bukan Zamannya Lagi Sarjana Menjadi Pencari Kerja

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka pelatihan kewirausahaan pemuda dan Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi, BPP HIPMI 2017 di gedung Digital Library, Unimed Jalan Williem Iskandar Medan, Sabtu (22/7/2017).

  • Sabtu, 22 Jul 2017 13:02

    Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

    Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

  • Kamis, 20 Jul 2017 11:20

    LPM Unimed dampingi Standarisasi dan Sertifikasi UMKM Sergai

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan sedang gencar-gencarnya melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). Karena ekonomi kerakyatan yang diga

  • Rabu, 19 Jul 2017 12:49

    Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar dan jadi backbone perekonomian nasional, serta penggerak ekonomi riil di Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus tersendiri bagi dunia kampus, khususnya Universitas Negeri Medan (Unimed).

  • Selasa, 27 Jun 2017 20:17

    2.000 Pasang Buku Nikah Dicuri dari Kantor Kemenag. Ini nomor serinya

    Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso mengkonfirmasi bahwa sekitar dua ribu pasang buku nikah telah dicuri dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, S

  • Senin, 12 Jun 2017 13:32

    Para Pemegang Saham Tuntut Dirut Bank Nagari Sumbar, Dicopot

    Keuntungan perseroan PT Bank Pembangunan Daerah Nagari (BPD Nagari), anjlok 30,76% menjadi Rp77,15 miliar, padahal di periode yang sama tahun lalu Bank milik Pemerintah Daerah Sumatera Barat ini membukukan keuntungan Rp111,44 miliar.

  • Sabtu, 03 Jun 2017 10:43

    Lamban tangani kasus dr Fiera Lovita, Kapolres Solok dicopot

    Mabes Polri mengevaluasi posisi Kapolres Solok AKBP Susmelawati Rosya sebagai buntut aksi persekusi atau main hakim sendiri oleh sekelompok massa ormas di daerahnya.

  • Rabu, 31 Mei 2017 16:21

    Alasan istri hamil, Fesbuker dari Sumbar ini mohon tidak dipenjara

    Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Drs. Martinus Sitompul, M.Si., menyatakan bahwa permohonan penangguhan penahanan yang dibuat ARP, 37 tahun, merupakan pertimbangan penyidik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak