Senin, 18 Jun 2018 22:47
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Pendidikan
  • LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Elya/Rls
Kamis, 07 Sep 2017 18:17
Dok
Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games
Selamat Puasa Paluta

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan saat ini giat melakukan pelatihan dan workshop pembelajaran sains berbasis Guru Asyik Menyenangkan dan Energik dalam Sains (GAMES). 

Pelatihan dan workshop tersebut dilaksanakan di Laboratorium Fisika Unimed yang menghadirkan guru-guru sekolah Menegah Pertama se-Kota Medan.

Kegiatan ini merupakan wujud dari amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni menyelenggarakan Perkuliahan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. 

Amatan media pada kegiatan yang berlangsung pada Kamis, (7/9), dibuka oleh Ketua LPM Unimed diwakili oleh Sekretaris Mukti Hamjah Harahap, M.Si. 

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si, Dr. Saronom Silaban, M.Pd dan Halim Simatupang, M.Pd masing-masing untuk bidang pelatihan fisika, kimia dan biologi.

Ketua Pelaksana, yang sekaligus narasumber bidang fisika, Dr. Juniastel Rajagukguk menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru sains dalam mengelola pembelajaran di kelas sehingga siswa lebih mudah menyerap, memahami dan menerapkan materi pelajaran yang disampaikan guru. 

Dalam kegiatan ini dilakukan pemantapan materi sains bagi guru yang diintegrasikan dengan pertunjukan media sederhana untuk mendukung pembelajaran. 

Pada hari kedua yakni kegiatan workshop, guru-guru dipertunjukkan cara merancang dan mengemas materi eksperimen sederhana sehingga pada saat pembelajaran guru dapat mendemonstrasikan fenomena nyata sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru. 

"Peserta dalam pelatihan kali ini merupakan guru-guru dari SMP dan MTs di Kota Medan. Selain guru, kegiatan pengabdian ini juga diikuti oleh beberapa calon guru sains yang saat ini sedang praktek pengalaman lapangan (PPL) di beberapa sekolah di Kota Medan", ungkap doktor dalam bidang material tersebut. 

Sementara itu, Ketua LPM Unimed yang diwakili oleh sekretaris Mukti Hamjah Harahap, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa sejak tahun 2016, Unimed sedang mengelola 100 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tersebar di wilayah Sumatera Utara. 

Dari jumlah tersebut, 57 diantaranya didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). 

Hasil capaian ini telah mencatatkan Unimed menjadi Universitas terbaik dan paling produktif di Sumatera dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi khusus bidang pengabdian masyarakat. 

Pelatihan dan workshop ini tidak dipungut biaya apapun dari peserta alias gratis. Malah selama kegiatan berlangsung terlihat panitia pelaksana menyediakan konsumsi dan fasilitas pendukung lainnya bagi para peserta sehingga pelaksanaannya lebih maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, Mukti juga memotivasi para guru untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kemampuan dalam membimbing siswa di kelas. "Manfaatkanlah kesempatan pelatihan ini sebaik-baiknya, gali ilmu dari para narasumber semaksimal mungkin", pesan Mukti. 

Sebelum kegiatan berakhir, kegiatan pelatihan dan workshop ditutup dengan acara penyerahan alat-alat eksperimen sains kepada sekolah mitra yang diterima langsung oleh peserta pelatihan. Adapun setiap sekolah mitra menerima sembilan set peralatan eksperimen sains yang terdiri dari tiga set eksperimen berkaitan dengan fisika, tiga set eksperimen untuk biologi dan tiga set eksperimen untuk kimia. 

Setelah selesai pelatihan dan workshop, diharapkan para guru dapat menerapkan pola pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan yang diterimanya saat pelatihan. 

Editor: Budi

T#g:GuruLPM UnimedSMP
Berita Terkait
  • Senin, 11 Jun 2018 18:11

    Ikatan Guru Madrasah Sumut Deklarasikan Dukungan Untuk DJOSS

    Dukungan berbagai elemen masyarakat untuk pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) terus mengalir. Sebelumnya beberapa perkumpulan serikat buruh mendeklarasikan dukunganya kepada pasangan Djarot-Sihar (DJOSS).

  • Selasa, 08 Mei 2018 23:08

    Djarot Akan Tambah Insentif Guru Honor

    Tidak hanya masyarakat di Kecamatan Sei Lepan, namun masyarakat di Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat sangat antusias menyambut kehadiran Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat.Sedikit

  • Sabtu, 05 Mei 2018 11:35

    Kantor Bupati Tapteng Didemo Guru Honorer

    Gideon Purba bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan unjuk rasa di depan Kantor Bupati Tapteng, Jumat (4/5/2018).

  • Selasa, 01 Mei 2018 02:01

    Sihar Cetak 2 Poin, Awali Kemenangan Melawan Tim Basket SMP Kalam Kudus

    Sihar Sitorus membuka keunggulan dalam pertandingan 3x3 basket melawan tim SMP Kalam Kudus 2 Medan, di Lapangan Basket SMP Krtisten Kalam Kudus 2 Medan Jalan Kapten Muslim, Medan, Senin (30/4/2018).Si

  • Selasa, 24 Apr 2018 10:14

    Gangguan Server, UNBK SMP di Tebingtingggi Molor Satu Jam

    Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kota Tebingtinggi terpaksa molor hingga satu jam karena

  • Rabu, 11 Apr 2018 15:11

    Diduga Pungli Sertifikat Guru, Kadisdik Dairi didemo Mahasiswa

    Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Membaca (Gema-Baca) dan Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan A.H Nasution Medan

  • Rabu, 28 Mar 2018 05:28

    Sihar Dorong Kawasan Hamparan Perak Jadi Daerah Khusus Sejarah

    Cawagub Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus menyambangi Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Senin (26/3) siang. Di hadapan masyarakat Hamparan Perak, Sihar menilai Hamparan Per

  • Rabu, 28 Feb 2018 07:28

    Tingkatkan Pendidikan Pancasila, Bela Negara dan Pembinaan Karakter Siswa Pelajar

    Tingkatkan pendidikan Pancasila, bela negara dan pembinaan karakter tingkat SMP se-wilayah Medan. Demikian disampaikan Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI Dr. Supriano, M.Ed., didam

  • Jumat, 23 Feb 2018 05:03

    Bupati Humbahas Motivasi Siswa SMP Kelas IX Hadapi Ujian

    Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan SMA Unggul Del Laguboti Tobasa melaksanakan try out bagi siswa/i SMP Negeri/Swasta kelas IX se-Kabupaten Humbang Hasund

  • Selasa, 20 Feb 2018 17:10

    Pangudi Luhur: Tidak Ada Masalah dengan SKPI Sihar

    Beberapa waktu lalu, persoalan ijazah para calon yang mengikuti konstalasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menjadi perbincangan dan sorotan publik. Sampai-sampai, permasalahan itu dibawa-baw

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak