Kamis, 23 Nov 2017 10:53
  • Home
  • Pendidikan
  • LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Elya/Rls
Kamis, 07 Sep 2017 18:17
Dibaca: 300 kali
Dok
Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan saat ini giat melakukan pelatihan dan workshop pembelajaran sains berbasis Guru Asyik Menyenangkan dan Energik dalam Sains (GAMES). 

Pelatihan dan workshop tersebut dilaksanakan di Laboratorium Fisika Unimed yang menghadirkan guru-guru sekolah Menegah Pertama se-Kota Medan.

Kegiatan ini merupakan wujud dari amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni menyelenggarakan Perkuliahan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. 

Amatan media pada kegiatan yang berlangsung pada Kamis, (7/9), dibuka oleh Ketua LPM Unimed diwakili oleh Sekretaris Mukti Hamjah Harahap, M.Si. 

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si, Dr. Saronom Silaban, M.Pd dan Halim Simatupang, M.Pd masing-masing untuk bidang pelatihan fisika, kimia dan biologi.

Ketua Pelaksana, yang sekaligus narasumber bidang fisika, Dr. Juniastel Rajagukguk menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru sains dalam mengelola pembelajaran di kelas sehingga siswa lebih mudah menyerap, memahami dan menerapkan materi pelajaran yang disampaikan guru. 

Dalam kegiatan ini dilakukan pemantapan materi sains bagi guru yang diintegrasikan dengan pertunjukan media sederhana untuk mendukung pembelajaran. 

Pada hari kedua yakni kegiatan workshop, guru-guru dipertunjukkan cara merancang dan mengemas materi eksperimen sederhana sehingga pada saat pembelajaran guru dapat mendemonstrasikan fenomena nyata sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru. 

"Peserta dalam pelatihan kali ini merupakan guru-guru dari SMP dan MTs di Kota Medan. Selain guru, kegiatan pengabdian ini juga diikuti oleh beberapa calon guru sains yang saat ini sedang praktek pengalaman lapangan (PPL) di beberapa sekolah di Kota Medan", ungkap doktor dalam bidang material tersebut. 

Sementara itu, Ketua LPM Unimed yang diwakili oleh sekretaris Mukti Hamjah Harahap, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa sejak tahun 2016, Unimed sedang mengelola 100 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tersebar di wilayah Sumatera Utara. 

Dari jumlah tersebut, 57 diantaranya didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). 

Hasil capaian ini telah mencatatkan Unimed menjadi Universitas terbaik dan paling produktif di Sumatera dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi khusus bidang pengabdian masyarakat. 

Pelatihan dan workshop ini tidak dipungut biaya apapun dari peserta alias gratis. Malah selama kegiatan berlangsung terlihat panitia pelaksana menyediakan konsumsi dan fasilitas pendukung lainnya bagi para peserta sehingga pelaksanaannya lebih maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, Mukti juga memotivasi para guru untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kemampuan dalam membimbing siswa di kelas. "Manfaatkanlah kesempatan pelatihan ini sebaik-baiknya, gali ilmu dari para narasumber semaksimal mungkin", pesan Mukti. 

Sebelum kegiatan berakhir, kegiatan pelatihan dan workshop ditutup dengan acara penyerahan alat-alat eksperimen sains kepada sekolah mitra yang diterima langsung oleh peserta pelatihan. Adapun setiap sekolah mitra menerima sembilan set peralatan eksperimen sains yang terdiri dari tiga set eksperimen berkaitan dengan fisika, tiga set eksperimen untuk biologi dan tiga set eksperimen untuk kimia. 

Setelah selesai pelatihan dan workshop, diharapkan para guru dapat menerapkan pola pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan yang diterimanya saat pelatihan. 

Editor: Budi

T#g:GuruLPM UnimedSMP
Berita Terkait
  • Kamis, 16 Nov 2017 15:26

    PGHK Padang Lawas Utara Pertanyakan Nasibnya

    Persatuan Guru Honor Komite (PGHK) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melayangkan surat permohonan kepada Pemerintah Kabupaten Paluta agar guru, operator sekolah, maupun tenaga lainnya yang berstat

  • Senin, 06 Nov 2017 18:36

    Workshop Penyusunan DUPAK/PAK Jabatan Guru dan Kesehatan di Humbang Hasundutan

    Pemkab Humbang Hasundutan mengadakan workshop penyusunan DUPAK/PAK (Daftar Uraian Penetapan Angka Kredit/Penetapan Angka Kredit) selama tiga (3) hari bagi jabatan fungsional guru dan kesehatan bertemp

  • Kamis, 05 Okt 2017 19:05

    LPM Unimed Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam keg

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:50

    Pembentukan Karakter & Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

    Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan kepada masyarakat sejak usia dini.

  • Senin, 18 Sep 2017 08:38

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro di Asahan untuk Inovasi Produk

    Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro tersebut untuk mempertahan

  • Minggu, 17 Sep 2017 11:07

    Pusdib-KLH Unimed Gelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup

    Ketua Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Pusdib KLH Unimed), Syarifuddin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan degradasi lingkungan di Indonesia telah sampai pada tahap yang sanga

  • Sabtu, 09 Sep 2017 02:09

    LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

    Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi.

  • Rabu, 06 Sep 2017 22:46

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah Deli Serdang Butuh Perhatian Pemerintah

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Deli Serdang butuh perhatian serius dari pihak pemerintah.

  • Selasa, 05 Sep 2017 08:15

    LPM Unimed Manfaatkan Limbah Meuble jadi Media Tanam Jamur Tiram

    Lembaga pengabdian masyarakat (LPM) Unimed intensif melakukan pemberdayaan masyarakat pinggiran dengan berbagai kegiatan produktif yang mengasah skill masyarakat hingga mampu tetap eksis dalam persaingan pada masyarakat luas.

  • Rabu, 26 Jul 2017 12:16

    Lomba Lagu-Lagu Nasional Daerah Antar Guru Se-Kabupaten Humbang Hasundutan

    Menyambut HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2017 ini, Dinas Pendidikan melaksanakan lomba lagu-lagu nasional daerah antar guru se- Kabupaten Humbang Hasundutan, di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (25/7).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak