Jumat, 18 Agu 2017 02:11
Iklan Kota1
  • Home
  • Pendidikan
  • Kunjungi Labura, Profesor Minda : Membangun Karakter Bukan Hanya Tugas Guru Agama

Kunjungi Labura, Profesor Minda : Membangun Karakter Bukan Hanya Tugas Guru Agama

LABUHANBATU UTARA (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Jumat, 11 Agu 2017 08:31
Dibaca: 101 kali
Dok
Kadis Pendidikan Labura saat memberikan tanggapan seminar karakter, Kamis (10/8).

Prof. Dr. Sri Minda Murni MS, guru besar Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan saat mereview proposal penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), menyampaikan bahwa membangun karakter siswa bukan hanya tugas guru agama. Selain keluarga dan masyarakat, sekolah merupakan tempat membangun karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

"Karakter siswa dibangun oleh semua guru dan bukan hanya guru agama saja. Guru menguatkan karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga," kata Minda di hadapan akademisi, guru, dan perwakilan dari SKPD, Kamis (10/8) di aula kantor Bupati Labura.

Seminar yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labura tersebut bertujuan untuk memahami program pendidikan karakter serta menggali nilai-nilai budaya lokal Labura yang relevan. 

Selain itu, penelitian yang akan dilakukan terkait pendidikan karakter ini nantinya mampu menjawab bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal di Labura ke dalam pendidikan karakter.

Sebelumnya, Wakil Bupati Labura Drs Dwi Prantara MM saat membuka acara mengatakan bahwa Indonesia akan memiliki moral dan etika yang tinggi jika setiap kabupaten berupaya membangun karakter masyarakatnya. 

Menurutnya, kearifan lokal dapat membedakan daerah yang satu dengan daerah lainnya.

Editor: Budi

T#g:laburakarakterSeminar
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 18:17

    DPC JBMI Labura Ikut Upacara HUT RI Ke-72 di Lapangan Bayangkara Aek Kanopan

    Dewan Pimpinan Cabang Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (DPC JBMI) Labuhanbatu Utara (Labura) ikut dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-72, di Lapangan Bayangkara Aek Kanopan, Labura, Ka

  • Selasa, 08 Agu 2017 22:08

    Wakil Bupati Lepas Peserta Raimunas ke XI Tahun 2017

    Sebanyak 26 peserta terdiri pembina pendamping 2 orang, peserta putra 12 orang dan putri 12 orang dari kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Utara dilepas Wakil Bupati Labura

  • Selasa, 08 Agu 2017 21:08

    Bupati Kukuhkan FPK Labura Periode 2017-2022

    Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah, SE mengkukuhkan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) masa bakti 2017-2022 pada acara forum dialog pembauran antar suku dan etnis di aula grand hotel Labura, Selasa (8/8).

  • Selasa, 08 Agu 2017 14:28

    2 Desa Terisolir di Labura Dapat "Kado Kemerdekaan" dari PLN

    Komitmen PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri terus dilakukan. Kemarin, Senin (7/8), PLN wilayah Rantau Prapat melakukan peresmian penyalaan listrik pertama bagi pelanggan dalam program listrik ped

  • Minggu, 30 Jul 2017 08:20

    Rakernas Muhammadiyah di Yogyakarta, Ini 'Oleh-oleh' untuk Warga Labura

    Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Labuhanbatu Utara, Parlindungan Sianipar MPd menyampaikan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pendid

  • Jumat, 21 Jul 2017 23:51

    Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-9 Kabupaten Labura

    Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddinsyah Sitorus, SE Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara, Drs Ali Tambunan Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Utara, H. Selamat Arifin Ketua DPRD Kabup

  • Jumat, 21 Jul 2017 21:21

    Peringatan HUT Kabupaten Labura diwarnai aksi unjuk rasa

    Ratusan massa Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Labuhan Batu Utara (Labura), tepatnya di jalan Serma Ahmad Khazali Sinaga No. 21 Aek Kanopan pada Juma'at (21/7).

  • Rabu, 19 Jul 2017 18:19

    Pemkab Labura laksanakan Operasi Katarak

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labura melalui Dinas Kesehatan melakukan kegiatan bakti sosial operasi Katarak, di RSUD Labura, Jalan Jend. Sudirman Aek Kanopan, Rabu (19/7).

  • Minggu, 16 Jul 2017 17:56

    Tahfiz Azhar Centre Kekurangan Lahan Untuk Pengembangan Pesantren

    Pengurus Tahfiz Azhar Centre Muhammad Ifdarsyam Ritonga, LC. MA mengungkapkan bahwa pihaknya berharap semakin banyak lahir penghafal Qur'an di daerah ini.

  • Sabtu, 15 Jul 2017 11:15

    Hasil Tim Operasi Pemulihan Hutan Lindung Prov Sumut di Leidong Tidak Maksimal

    Pencapaian tim operasi pemulihan kawasan hutan lindung Provinsi Sumatera Utara di Desa Simandulang dan Kelurahan Tanjung Leidong Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labura dinilai tidak maksimal.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak