Minggu, 22 Okt 2017 16:57
  • Home
  • Pendidikan
  • KIPAS Ke-6, SMKN I PST Bentuk Karakter dan Kemandirian Siswa

KIPAS Ke-6, SMKN I PST Bentuk Karakter dan Kemandirian Siswa

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Dehar
Kamis, 12 Okt 2017 18:22
Dibaca: 52 kali
Dok
Lomba Formasi Pengibaran Bendera.

Pelaksanaan kegiatan yang dikemas dalam KIPAS  (Ajang Kompetisi Inspirasi Paskibra Satuan) ke-6, diselenggarakan di halaman SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Jalan Kolam Medan, Estate kecamatan Percut Seituan kabupaten Deliserdang, Kamis (12/10).

Kegiatan yang digelar sejak  Senin yang lalu untuk tingkat perlombaan SD, dan SMP sedangkan Kamis hingga Sabtu mendatang yang digelar untuk tingkat SMK/SMA sederajat. Para peserta yang mengikuti kegiatan cukup antusias dengan berpakaian lengkap rapi tertib dalam pelaksanaan.

Acara KIPAS ke-6 ini dibuka secara resmi oleh Nasib Solihin, Kasi Kebersihan Pemerintahaan kecamatan Percut Seituan yang mewakili Camat Zaki Aufa, S.Sos MAP yang saat ini sedang menjalakan tugas di luar kota. 

Nasib Solihin dalam sambutannya mengatakan bahwa aktivitas dalam kegiatan KIPAS ke 6 ini adalah kegiatan yang patut untuk dibanggakan.

Sebab, sebutnya sebagai ajang inspirasi juga menjadi ajang persahabatan dalam menimba ilmu pendidikan di wilayah Sumatera Utara khususnya di kabupaten Deliserdang. Bukan saja kegiatan yang penuh inspirasi ini, melainkan​ menjalin persudaraan dan silahturahim yang dapat terbentuk, terangnya. 

Nasib Solihin yang juga mantan kepala desa itu, merasa yakin bahwa dengan pelaksanaan kegiatan KIPAS ke-6 dapat membentuk generasi muda yang berkarakter, mandiri dan mampu menjawab tantangan jaman.

Dalam sambutannya secara singkat, dikatakan bahwa sejatinya dalam kegiatan tetap berada dalam bingkai NKRI dan menumbuh kembangkan jiwa kemandirian serta jiwa kebangsaan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Kepada peserta, Nasib Solihin berharap agar kegiatan KIPAS dijadikan sebagai pemandu bakat dan minat serta guna menjalin persahabatan sesama siswa lainnya. 

Nasib Solihin yang didampingi kepala SMKN I Percut Seituan, Drs. Kasni, M.Pd, Wakil Kepala SMKN I Percut Seituan Sukirman, S.Pd serta para guru di SMKN I Percut Seituan, juga membuka secara resmi tanda dilaksanakannya acara KIPAS ke-6 serta melepas balon sebagai pertanda kegiatan dimulai.

Selain itu turut juga hadir, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Deliserdang Rahmadsyah, Kepala Desa Medan Estate, jajaran kecamatan Percut Seituan, para guru pendamping peserta didik dan para senioran Parprastu SMK Negeri Percut Seituan.

Sementara Ketua pantia pelaksana Surya Dharma, S.Pd menyampaikan laporan kegiatan yang diikuti para siswa siswa se-Sumatera. Kegiatan KIPAS ke-6 ini berbeda dengan sebelumnya dengan melibatkan siswa SMK/SMA sederajat yang di luar Sumatera Utara.

Disebutkannya peserta yang turut ambil bagian dalam acara tersebut untuk tingkat SD/MI pesertanya dari Deliserdang. Sedangkan untuk tingkat SMP sederajat selain dari Deliserdang juga mengikuti sertakan dari Medan, Kota Binjai, kabupaten Langkat, kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Labuhan Batu dan  kepulauan Riau, (kota Batam). Kemudian untuk tingkat SMK/SMAS sederajat panitia selain mengundang  SMA/SMK dari kabupaten  Deliserdang juga mengundang SMA/SMK dari Medan, Binjai, Kabupaten Langkat, Tanah Karo, Labuhan Batu dan MAN  Kota Batam Kepulauan Riau.

Menurut Surya Dharma, kegiatan KIPAS ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang telah menjadi program kerja Parprastu SMKN I Percut Seituan. Sedangkan motto dari kegiatan ini "Satukan langkah di bawah derap merah putih."

Selain itu, sebagai materi dalam pelaksanaan KIPAS ke 6 ini diantaranya Tingkat SMA/SMK/MA, yakni lomba Formasi Pengibaran Bendera, Lomba Kerapian Baris Berbaris (LKBB) dan Lomba Variasi Formasi. "Karena berasal dari daerah, maka mereka menginap di sekolah," katanya. 

Editor: Budi

T#g:KIPASlombaPercut
Berita Terkait
  • Sabtu, 14 Okt 2017 09:54

    Peserta Jember Off Road Expedition Jalani Scrutineering Sebelum Turun Lintasan

    Bertempat di Taman Wisata Botani Jember pada Kamis (13/10) dilaksanakan scrutineering kepada mobil peserta yang akan ikut turun pada Jember Off Road Expedition (JOE) 2017 Dalam Rangka HUT TNI Ke

  • Sabtu, 30 Sep 2017 06:40

    Irdam I/BB Kolonel Inf Ardani Lukitanta Adi Juara Pertama

    Irdam I/BB, Kolonel Inf Ardani Lukitanta Adi, sukses menyabet juara pertama lomba menembak eksebisi HUT ke-72 TNI yang digelar Lantamal I Belawan bertempat di Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5

  • Sabtu, 30 Sep 2017 06:40

    Sambut HUT TNI Ke-72 Kodam I/BB Gelar Lomba Tembak Eksekutif

    Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri dalam sambutan pembukaan acara yang dibacakan Kasdam I/BB menyebutkan, aneka perlombaan yang digelar ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi di antara pe

  • Jumat, 29 Sep 2017 12:19

    Evi Diana Motivasi Siswa Sumut Ukir Prestasi FLS2N Di NTT

    Ketua PKK dan Dekranasda Sumatera Utara Ny Evi Diana Sitorus memotivasi siswa-siswi Sumatera Utara (Sumut) yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kupang, Nusa Tenggara Timur,

  • Jumat, 15 Sep 2017 01:15

    Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Sambut Kunjungan Tim Penilai Lomba Binter Tingkat Kodim XX Tahun 2017

    Pusat Penelitian (Puslit) Kopi dan Kakao yang lebih dikenal dengan Kebun Renteng yang terletak di dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambupuji Kabupaten Jember, merupakan pusat penelitian untuk

  • Senin, 11 Sep 2017 13:01

    Dandim 0824 Mohon Doa Restu Masyarakat untuk Lomba Binter Tingkat Kodim XX

    Markas Kodim 0824 Jember yang berdiri megah di Jl PB Sudirman 46, Jember memang tampak berbeda dengan kodim-kodim lainnya.

  • Rabu, 06 Sep 2017 22:46

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah Deli Serdang Butuh Perhatian Pemerintah

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Deli Serdang butuh perhatian serius dari pihak pemerintah.

  • Senin, 04 Sep 2017 16:24

    Mendikbud Buka Olympiade Olahraga Siswa di Medan

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Prof Dr Muhadjir Effendy membuka Olympiade OIahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2017 ditandai dengan pemukulan gordang sembilan di Gedu

  • Kamis, 31 Agu 2017 11:11

    4.543 peserta O2SN dari 34 provinsi akan bertarung di Medan

    Arsyad Lubis selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut memaparkan rencana pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang akan diselenggarakan di gedung Serbaguna Pemprov Sumut, jalan Pa

  • Selasa, 15 Agu 2017 12:25

    Sumut Paten Gelar Lomba Foto Selfie Kemerdekaan

    Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, relawan Sumut Paten menggelar lomba foto selfie dengan hadiah-hadiah menarik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak