Kamis, 17 Agu 2017 13:03
Iklan Kota1
  • Home
  • Pendidikan
  • Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 22 Jul 2017 13:02
Dibaca: 602 kali
Dok
Dr Sabar O. Hutagalung saat menjelaskan di Lab Fisika Unimed.
Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

"Saat ini jurusaan Fisika Unimed harus sudah berbicara pada tataran internasional untuk menjawab tantangan akreditasi bahwa untuk Tridarma perguruan tinggi yang meliputi penelitian, pengabdian dan pengajaran harus sudah menjalin hubungan dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri," ungkap Alkhafi Maas Siregar Ketua Jurusan Fisika, di Laboratorium Fisika Material Universitas Negeri Medan, Sabtu (22/7).

Dituturkan khafi, Kegiatan penjajakan kerjasama dengan Jazan University di bingkai dengan kegiatan Diskusi Ilmiah yang dihadiri oleh Associate Professor Physics Departement, Faculty of Science, Jazan University Saudi Arabia Dr. Sabar D. Hutagalung, M.Sc., Ph.D, Ketua Jurusan Fisika Unimed Dr. Alkhafi Maas Siregar, M.Si, Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah, M.Si serta diikuti Dosen dan mahasiswa se-jurusan Fisika. 

Topik diskusi meliputi bidang material sains dan teknologi nano yang saat ini sangat berkembang pesat. Hal itu berkaitan dengan interes peneliti, peralatan yang tersedia maupun pemanfaatannya. 

Adapun sub bidang terkait antara lain semiconductors, Thin Films Technology, Nanostructured Materials (Nanoparticles, nanowires,  nanorods, quantum dots), Nanodevices Fabrication (AFM Lithography) dan Electroceramics/Electro-Active Ceramic Materials (High-k dielectrics, ferroelectrics, magnetoresistance). 

Dr. Sabar D. Hutagalung memaparkan berbagai proyek eksperimen terkait dengan reka bentuk dan fabrikasi menggunakan AFM Lithography, yang dapat juga didukung melalui simulasi. Beliau menjelaskan bahwa Silikon nanowires, misalnya, mempunyai potensi aplikasi yang sangat luas pada bidang biosensor dan biomedical, Antireflection layer, Photosensitive device, Solar cells, DSSC dan lainnya.

Pada Electroceramics Projects meliputi CaCu3Ti4O12 (CCTO),CaCu3Mn4O12 (CCMO), dan EMI Shieldieng Materials (Cement-based) yang terkait dengan High dielectric constant, up to105, Good temperature stability from 100 to 600K. Potensi aplikasi pada Microelectronic and Microwave devices (e.g. Capacitor, Dielectric Resonator Antenna) serta meningkatkan serta meningkatkan nilai dielectrik bahan. 

Mahasiswa sangat antusias berinteraksi, tentang informasi baru maupun solusi tentang masalah penelitian pada bidang terkait. Inspirasi dan pengembangan penelitian yang selama ini dilakukan sangat menarik bagi Dosen yang terlibat. 

Dosen internasional asli suku Batak tersebut menuturkan bahwa, peralatan penelitian yang saat ini di jurusan Fisika FMIPA Unimed sangat berpotensi untuk ikut mengembangkan bidang material sains dan teknologi nano. Sinergi antar dosen dengan dosen, baik pada satu Jurusan, antar Fakultas maupun Universitas maupun keterlibatan mahasiswa, menurut beliau, sangat diperlukan. 

"Kerjasama dengan pihak-pihak pendidikan di luar negeri dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi sebuah keniscayaan untuk memajukan Universitas, karena mau tidak mau saat ini semua karya ilmiah harus publish dan dapat diakses oleh seluruh penjuru dunia," papar dosen yang melanglangbuana di berbagai negara tersebut.

Editor: Elya

T#g:arabdosenFisikaSabar HutagalungUnimed
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Agu 2017 08:38

    Dosen Unimed Ubah Sampah jadi Rupiah

    Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan mengajak masyarakat Deli Tua untuk memanfaatkan sampah anorganik menjadi karya Seni Rupa dan Kerajinan.

  • Minggu, 30 Jul 2017 07:10

    Nasir: Dosen yang Terlibat HTI Tinggal Pilih, Pancasila atau Keluar dari Kampus

    Prof Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), memberikan dua pilihan kepada dosen dan pegawai negeri di perguruan tinggi yang terlibat dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

  • Sabtu, 29 Jul 2017 20:09

    LPM Unimed dominasi pengabdian kepada masyarakat di Sumbagut

    Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) mendominasi banyaknya pengabdian yang ada di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

  • Rabu, 26 Jul 2017 13:16

    Buya Syafii: Rongsokan peradaban Arab justru 'dibeli' di sini

    Radikalisme dan terorisme merupakan ancaman bagi Pancasila. Demikian dikatakan oleh Mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

  • Sabtu, 22 Jul 2017 17:52

    Tengku Erry: Bukan Zamannya Lagi Sarjana Menjadi Pencari Kerja

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka pelatihan kewirausahaan pemuda dan Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi, BPP HIPMI 2017 di gedung Digital Library, Unimed Jalan Williem Iskandar Medan, Sabtu (22/7/2017).

  • Jumat, 21 Jul 2017 11:11

    Isu Kudeta warnai pergantian Putra Mahkota Arab Saudi

    Reuters merilis bantahan terhadap isu kudeta dalam pergantian Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi dari Pangeran Mohammed bin Nayef pada putra kesayangan Raja Salman, Mohammed bin Salman.

  • Kamis, 20 Jul 2017 11:20

    LPM Unimed dampingi Standarisasi dan Sertifikasi UMKM Sergai

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan sedang gencar-gencarnya melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). Karena ekonomi kerakyatan yang diga

  • Rabu, 19 Jul 2017 12:49

    Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar dan jadi backbone perekonomian nasional, serta penggerak ekonomi riil di Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus tersendiri bagi dunia kampus, khususnya Universitas Negeri Medan (Unimed).

  • Minggu, 25 Jun 2017 03:25

    Masjidil Haram Nyaris Diledakkan oleh Teroris

    Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan bahwa pasukan keamanan negaranya telah menggagalkan serangan bunuh diri di Masjidil Haram, tempat suci umat Islam di Kota Mekah, dengan mengamankan calon pela

  • Kamis, 08 Jun 2017 17:38

    Terima Utusan Arab Saudi, Gubernur Tindaklanjuti Pembangunan Kampus LIPIA

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima utusan Duta Besar Arab Saudi Osamah Mohammed Al Shuibi dalam rangka mendindaklanjuti pembangunan kampus cabang Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Prov

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak