Selasa, 17 Jul 2018 22:26
  • Home
  • Pendidikan
  • Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 22 Jul 2017 13:02
Dok
Dr Sabar O. Hutagalung saat menjelaskan di Lab Fisika Unimed.
Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

"Saat ini jurusaan Fisika Unimed harus sudah berbicara pada tataran internasional untuk menjawab tantangan akreditasi bahwa untuk Tridarma perguruan tinggi yang meliputi penelitian, pengabdian dan pengajaran harus sudah menjalin hubungan dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri," ungkap Alkhafi Maas Siregar Ketua Jurusan Fisika, di Laboratorium Fisika Material Universitas Negeri Medan, Sabtu (22/7).

Dituturkan khafi, Kegiatan penjajakan kerjasama dengan Jazan University di bingkai dengan kegiatan Diskusi Ilmiah yang dihadiri oleh Associate Professor Physics Departement, Faculty of Science, Jazan University Saudi Arabia Dr. Sabar D. Hutagalung, M.Sc., Ph.D, Ketua Jurusan Fisika Unimed Dr. Alkhafi Maas Siregar, M.Si, Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah, M.Si serta diikuti Dosen dan mahasiswa se-jurusan Fisika. 

Topik diskusi meliputi bidang material sains dan teknologi nano yang saat ini sangat berkembang pesat. Hal itu berkaitan dengan interes peneliti, peralatan yang tersedia maupun pemanfaatannya. 

Adapun sub bidang terkait antara lain semiconductors, Thin Films Technology, Nanostructured Materials (Nanoparticles, nanowires,  nanorods, quantum dots), Nanodevices Fabrication (AFM Lithography) dan Electroceramics/Electro-Active Ceramic Materials (High-k dielectrics, ferroelectrics, magnetoresistance). 

Dr. Sabar D. Hutagalung memaparkan berbagai proyek eksperimen terkait dengan reka bentuk dan fabrikasi menggunakan AFM Lithography, yang dapat juga didukung melalui simulasi. Beliau menjelaskan bahwa Silikon nanowires, misalnya, mempunyai potensi aplikasi yang sangat luas pada bidang biosensor dan biomedical, Antireflection layer, Photosensitive device, Solar cells, DSSC dan lainnya.

Pada Electroceramics Projects meliputi CaCu3Ti4O12 (CCTO),CaCu3Mn4O12 (CCMO), dan EMI Shieldieng Materials (Cement-based) yang terkait dengan High dielectric constant, up to105, Good temperature stability from 100 to 600K. Potensi aplikasi pada Microelectronic and Microwave devices (e.g. Capacitor, Dielectric Resonator Antenna) serta meningkatkan serta meningkatkan nilai dielectrik bahan. 

Mahasiswa sangat antusias berinteraksi, tentang informasi baru maupun solusi tentang masalah penelitian pada bidang terkait. Inspirasi dan pengembangan penelitian yang selama ini dilakukan sangat menarik bagi Dosen yang terlibat. 

Dosen internasional asli suku Batak tersebut menuturkan bahwa, peralatan penelitian yang saat ini di jurusan Fisika FMIPA Unimed sangat berpotensi untuk ikut mengembangkan bidang material sains dan teknologi nano. Sinergi antar dosen dengan dosen, baik pada satu Jurusan, antar Fakultas maupun Universitas maupun keterlibatan mahasiswa, menurut beliau, sangat diperlukan. 

"Kerjasama dengan pihak-pihak pendidikan di luar negeri dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi sebuah keniscayaan untuk memajukan Universitas, karena mau tidak mau saat ini semua karya ilmiah harus publish dan dapat diakses oleh seluruh penjuru dunia," papar dosen yang melanglangbuana di berbagai negara tersebut.

Editor: Elya

T#g:arabdosenFisikaSabar HutagalungUnimed
Berita Terkait
  • Rabu, 04 Jul 2018 21:44

    Panglima TNI Kunjungi Mabes AB Uni Emirat Arab

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Kapuskersin TN

  • Rabu, 04 Jul 2018 11:44

    Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Abu Dhabi

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Aspers Panglima TNI M

  • Selasa, 03 Jul 2018 04:03

    Panglima TNI Terima Kunjungan Duta Besar RI Untuk UEA

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han) menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab Yang Mulia Husin Ba

  • Selasa, 26 Jun 2018 16:46

    DPK GMNI UNIMED Gelar Dialog Publik Bertema Soekarno

    Bulan Juni merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi kaum Nasionalis, karena pada bulan Juni, Bung Karno sebagai The Founding Father Republik Indonesia dilahirkan dan wafat, begitu juga dengan Panca

  • Kamis, 31 Mei 2018 18:11

    Dukungan Terhadap Putra Batak, Akademisi: Sihar Preferensi Pilkada Sumut

    Dukungan para Raja Luat di Padang Sidimpuan dan Tapanuli Selatan (Tapsel) terhadap Sihar Sitorus menunjukkan keinginan yang kuat bahwa putra asli daerah yang sepatutnya menjadi katrol penggerak dalam perubahan Sumatera Utara.

  • Sabtu, 21 Apr 2018 21:51

    Akademisi Menilai Aksi Spontan Sihar Menjadi Nilai Tambah

    Aksi spontanitas yang kerap dilakukan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus akan menjadi nilai tambah bagi pasangan nomor urut dua itu.

  • Selasa, 17 Apr 2018 06:57

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Pangab Persatuan Emirat Arab

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menerima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab (PEA) Staff Lt. General Hamad Mohamed Tahni Al Rumaithi di ruang tamu P

  • Sabtu, 14 Apr 2018 13:44

    Gubernur Minta Travel Umroh Bersaing Sehat

    Penyelenggaraan ibadah umroh di Indonesia kini telah didorong untuk melibatkan lembaga terkait untuk pengawasan, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini mengingat sejumlah kasus telah menimpa

  • Sabtu, 17 Mar 2018 13:47

    Partisipasi Masyarakat, Keniscayaan Dalam Mendokrak Kesuksesan Ikon Pariwisata

    Porsi partisipasi masyarakat menjadi sebuah keniscayaan dalam mendongkrak kesuksesan sebuah ikon pariwisata di daerah, hampir 80% tergantung dari kondisi partisipasi kelompok sosial masyarakat dan sel

  • Selasa, 13 Mar 2018 11:23

    Panglima TNI Menerima Kunjungan Kehormatan Dubes Uni Emirat Arab

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Uni Emirat Arab Yang Mulia Mr. Mohammed Abdulla AI Ghfeli di ruang tamu Panglima TNI Mabes TNI Cilangkap Jakar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak