Kamis, 19 Okt 2017 19:52
  • Home
  • Pendidikan
  • Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 22 Jul 2017 13:02
Dibaca: 681 kali
Dok
Dr Sabar O. Hutagalung saat menjelaskan di Lab Fisika Unimed.
Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

"Saat ini jurusaan Fisika Unimed harus sudah berbicara pada tataran internasional untuk menjawab tantangan akreditasi bahwa untuk Tridarma perguruan tinggi yang meliputi penelitian, pengabdian dan pengajaran harus sudah menjalin hubungan dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri," ungkap Alkhafi Maas Siregar Ketua Jurusan Fisika, di Laboratorium Fisika Material Universitas Negeri Medan, Sabtu (22/7).

Dituturkan khafi, Kegiatan penjajakan kerjasama dengan Jazan University di bingkai dengan kegiatan Diskusi Ilmiah yang dihadiri oleh Associate Professor Physics Departement, Faculty of Science, Jazan University Saudi Arabia Dr. Sabar D. Hutagalung, M.Sc., Ph.D, Ketua Jurusan Fisika Unimed Dr. Alkhafi Maas Siregar, M.Si, Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah, M.Si serta diikuti Dosen dan mahasiswa se-jurusan Fisika. 

Topik diskusi meliputi bidang material sains dan teknologi nano yang saat ini sangat berkembang pesat. Hal itu berkaitan dengan interes peneliti, peralatan yang tersedia maupun pemanfaatannya. 

Adapun sub bidang terkait antara lain semiconductors, Thin Films Technology, Nanostructured Materials (Nanoparticles, nanowires,  nanorods, quantum dots), Nanodevices Fabrication (AFM Lithography) dan Electroceramics/Electro-Active Ceramic Materials (High-k dielectrics, ferroelectrics, magnetoresistance). 

Dr. Sabar D. Hutagalung memaparkan berbagai proyek eksperimen terkait dengan reka bentuk dan fabrikasi menggunakan AFM Lithography, yang dapat juga didukung melalui simulasi. Beliau menjelaskan bahwa Silikon nanowires, misalnya, mempunyai potensi aplikasi yang sangat luas pada bidang biosensor dan biomedical, Antireflection layer, Photosensitive device, Solar cells, DSSC dan lainnya.

Pada Electroceramics Projects meliputi CaCu3Ti4O12 (CCTO),CaCu3Mn4O12 (CCMO), dan EMI Shieldieng Materials (Cement-based) yang terkait dengan High dielectric constant, up to105, Good temperature stability from 100 to 600K. Potensi aplikasi pada Microelectronic and Microwave devices (e.g. Capacitor, Dielectric Resonator Antenna) serta meningkatkan serta meningkatkan nilai dielectrik bahan. 

Mahasiswa sangat antusias berinteraksi, tentang informasi baru maupun solusi tentang masalah penelitian pada bidang terkait. Inspirasi dan pengembangan penelitian yang selama ini dilakukan sangat menarik bagi Dosen yang terlibat. 

Dosen internasional asli suku Batak tersebut menuturkan bahwa, peralatan penelitian yang saat ini di jurusan Fisika FMIPA Unimed sangat berpotensi untuk ikut mengembangkan bidang material sains dan teknologi nano. Sinergi antar dosen dengan dosen, baik pada satu Jurusan, antar Fakultas maupun Universitas maupun keterlibatan mahasiswa, menurut beliau, sangat diperlukan. 

"Kerjasama dengan pihak-pihak pendidikan di luar negeri dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi sebuah keniscayaan untuk memajukan Universitas, karena mau tidak mau saat ini semua karya ilmiah harus publish dan dapat diakses oleh seluruh penjuru dunia," papar dosen yang melanglangbuana di berbagai negara tersebut.

Editor: Elya

T#g:arabdosenFisikaSabar HutagalungUnimed
Berita Terkait
  • Kamis, 05 Okt 2017 19:05

    LPM Unimed Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam keg

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:50

    Pembentukan Karakter & Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

    Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan kepada masyarakat sejak usia dini.

  • Senin, 18 Sep 2017 08:38

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro di Asahan untuk Inovasi Produk

    Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro tersebut untuk mempertahan

  • Minggu, 17 Sep 2017 11:07

    Pusdib-KLH Unimed Gelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup

    Ketua Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Pusdib KLH Unimed), Syarifuddin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan degradasi lingkungan di Indonesia telah sampai pada tahap yang sanga

  • Sabtu, 09 Sep 2017 02:09

    LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

    Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi.

  • Kamis, 07 Sep 2017 18:17

    LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

    Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan saat ini giat melakukan pelatihan dan workshop pembelajaran sains berbasis Guru Asyik Menyenangkan dan Energik dala

  • Rabu, 06 Sep 2017 22:46

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah Deli Serdang Butuh Perhatian Pemerintah

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Deli Serdang butuh perhatian serius dari pihak pemerintah.

  • Selasa, 05 Sep 2017 08:15

    LPM Unimed Manfaatkan Limbah Meuble jadi Media Tanam Jamur Tiram

    Lembaga pengabdian masyarakat (LPM) Unimed intensif melakukan pemberdayaan masyarakat pinggiran dengan berbagai kegiatan produktif yang mengasah skill masyarakat hingga mampu tetap eksis dalam persaingan pada masyarakat luas.

  • Senin, 04 Sep 2017 23:14

    Saudi Akan Bangun Lembaga Pendidikan Islam Arab Di Sumut

    Usai bertemu Imam Besar Masjidil Haram, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bertemu Rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Prof Sulaiman bin Abdullah Aba Al Khail di Riyadh, A

  • Senin, 28 Agu 2017 21:38

    Tengku Erry Dan Istri Tunaikan Ibadah Haji atas Undangan Khusus Raja Arab Saudi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah bersama istri Hj Evi Diana Br Sitorus. Keberangkatan Gubsu Erry dan istri atas undangan khusus Raja Arab Saudi itu dilepas para ula

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak