Kamis, 17 Agu 2017 13:03
Iklan Kota1

Butuh Keunggulan Kompetitif Jadikan Sumut Paten

Gubsu Ajak Pesantren Lahirkan Generasi Mumpuni

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 23 Jul 2017 22:13
Dibaca: 194 kali
Dok
Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy Pesantren Ar Raudlatul Hasanah

Di tengah sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini seperti halnya ancaman terdegradasi mental dan moral, terkikisnya rasa persatuan dan kesatuan, serta ancaman bahaya narkoba dan pornografi kehadiran Pesantren dinilai cukup relevan sebagai salah satu agen pembangunan khususnya di bidang pendidikan. 

Sebagai lembaga pendidikan yang secara operasional telah berhasil menerapkan perpaduan tiga lingkungan pendidikan sekaligus dalam proses pembelajarannya yaitu lingkungan informal (keluarga) formal (sekolah), dan non formal (masyarakat).

"Mekanisme perpaduan seperti di Pesantren Ar Raudlatul Hasana Medan, insyaallah akan melahirkan tamatan yang mumpuni yaitu memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelejensi, kecerdasan emosi dan kecerdasan spritual dalam kepribadian para alumninya," ujar Gubsu Erry saat menghadiri Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy Pesantren Ar Raudlatul Hasanah di Jalan Jamin Ginting KM 11 Paya Bundung, Medan Minggu (23/07/2017).

Dalam kesempatan itu Gubsu mengingatkan bahwa tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia semakin berat dan kompleks. Oleh karenanya perlu adanya gerakan seluruh komponen bangsa untuk bersatu dan terpanggil untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan yang ada.

Sebagaimana cita-cita yang dirumuskan para pendiri bangsa yakni terciptanya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945 tentunya akan sulit terwujud jika masing-masing komponen berjalan sendiri-sendiri. Secara ril, lanjut Gubsu Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah dengan iklim yang bersahabat. Tetapi keunggulan ini tidak sertamerta dapat menghasilkan karya-karya unggulan yang bermanfaat untuk mendorong Indonesia sebagai bangsa yang maju dan sejahtera. Termasuk juga menjadikan Sumatera Utara sebagai provinsi yang bersaya saing, sejahtera dan lebih paten.

"Seorang pakar manajemen dan strategi bisnis, Michael Porter dalam penelitiannya menemukan bahwa kemajuan suatu negara tidaklah ditentukan oleh kekayaan alam yang berlimpah atau keunggulan komparatif tetapi lebih ditentukan oleh keunggulan kompetitif yaitu kemampuan suatu bangsa dalam membangkitkan saya saing sehingga mampu memproduksi barang-barang yang berkualitas," beber Erry.

Erry mencontohkan, negara Swiss yang sukses menjadi negara produsen makanan terbesar di dunia walaupun hanya memiliki 11 persen daratan. Ironisnya lagi, Swiss bukanlah negara yang memiliki perkebunan coklat, tetapi Swiss cukup terkenal sebagai penghasil coklat olahan terbaik di dunia.

Lebih lanjut dikatakan Erry, berdasarkan analisa para pengamat dalam dan luar negeri, Indonesia saat ini menghadapi sedikitnya dua permasalahan krusial yang sangat mendesak untuk disikapi bersama-sama yaitu rendahnya kualitas sumber daya manusia yang kita miliki dan kelunturan jati diri kita sebagai satu bangsa yang bermatabat. Kedua tantangan tersebut bermuara kepada sektor pendidikan yang jauh tertinggal dibanding negara-negara tetangga. Sektor pendidikan merupakan center poin yang sangat berperan dalam mengatasi berbagai persoalan sosial yang sedang dialami bangsa ini, terang Erry.

"Untuk itu besar harapan saya, Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Medan ini kedepan dapat memberikan kontribusi yang besar, bersinerji dengan pemerintah dan elemen lainnya dalam upaya pembangunan bidang pendidikan demi mewujudkan cita-cita para pendiri negara kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:Pesantren
Berita Terkait
  • Sabtu, 05 Agu 2017 12:05

    Pelantikan pengurus DPW Ikatan Pesantren Indonesia di Sumut

    Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW IPI) Sumut dan DPD IPI Kabupaten/Kota se-Sumatera pada Jum'at malam 4/8), di Hotel Madani jalan Sisi

  • Kamis, 03 Agu 2017 15:03

    Babinsa Beri Wawasan Kebangsaan pada Santri Ponpes Al Ikhlas

    Pondok Pesantren (Ponpes) masih menjadi salah satu pilihan dalam pembinaan dan pendidikan anak di Kabupaten Jember. Hal tersebut terbukti dengan adanya sekitar 350 Pondok Pesantren yang tersebar di wilayah Kabupaten Jember.

  • Selasa, 18 Jul 2017 06:08

    Panglima TNI: Peran Serta Ulama Wujudkan Indonesia Sebagai Bangsa Pemenang

    Saat ini bangsa Indonesia hidup di era yang penuh tantangan dan peluang menghadapi kompetisi global berupa persaingan antar negara. Peran serta ulama Indonesia merupakan salah satu komponen penting da

  • Minggu, 16 Jul 2017 17:56

    Tahfiz Azhar Centre Kekurangan Lahan Untuk Pengembangan Pesantren

    Pengurus Tahfiz Azhar Centre Muhammad Ifdarsyam Ritonga, LC. MA mengungkapkan bahwa pihaknya berharap semakin banyak lahir penghafal Qur'an di daerah ini.

  • Minggu, 18 Jun 2017 17:08

    Pesantren Ini Dukung Irjen Pol Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua

    Santri dan jamaah Pondok Pesantren (Ponpes) Istiqomah di Masjid Al Aqsa Merasugun Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua mendoakan dan mengharapkan agar Irjen Pol Paulus Waterpauw menjadi Gubernur Papua periode 2018-2022.

  • Jumat, 16 Jun 2017 15:26

    Tengku Erry: Jaga Madina, Bumi Sejuta Santri

    Memasuki hari ke-20 Ramadhan, rombongan tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi dipimpin Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi Gubsu Erry Nuradi singgah ke Mandailing Natal (Madina).

  • Rabu, 14 Jun 2017 07:54

    Koramil 0819/03 Kraton dan Ponpes Sidogiri bersinergi jaga lingkungan

    Sebagai satuan kewilayahan, Koramil 0819/03 Kraton bekerjasama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri melaksanakan Karya bhakti di Ponpes Sidogiri pimpinan KH Nawawi, di jalan Sidogiri Desa Sidogir

  • Minggu, 28 Mei 2017 11:28

    Tak Mampu Bayar, 2 Santri Disandera Pesantren Al-Zaytun

    IF dan PR disandera oleh Yayasan Pesantren Indonesia Al Zaytun, lantaran belum membayar uang sekolah yang mencapai Rp43 juta.

  • Sabtu, 27 Mei 2017 00:27

    Gubernur Tengku Erry: Pesantren Kilat banyak bawa manfaat bagi siswa

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan seiring tibanya bulan suci Ramadhan, tentunya sekolah-sekolah banyak diliburkan, namun pihak sekolah mengisi hari libur tersebut dengan menggelar pesantren kilat.

  • Minggu, 21 Mei 2017 12:01

    Islam Itu Damai, Islam Itu Toleran

    Menyambut Hari Kebangkitan Nasional dan menyongsong datangnya Bulan Suci Ramadhan 1438 H, dilaksanakan pengajian dengan pembicara tunggal Hj Aisyaturrosidah dari Ponpes Al Qodiri Jember.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak