Sabtu, 22 Sep 2018 07:25
  • Home
  • Pendidikan
  • Gelar Doktor Menjadi Motivasi Erry Membangun Sumut Lebih Giat Lagi

Gelar Doktor Menjadi Motivasi Erry Membangun Sumut Lebih Giat Lagi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 19 Agu 2017 06:19
Dok
Gubsu Tengku Erry saat mempertahankan disertasi doktor di USU
Di tengah aktivitas dan kesibukan yang luar biasa padat, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berhasil meraih gelar S3 nya (doktor).

Orang nomor satu di Sumut ini mampu mempertahankan disertasinya dengan judul 'Pengaruh Risiko Politik Terhadap Investasi dan Pengembangan Wilayah Provinsi Sumatera Utara' dalam ujian promosi doktor (sidang terbuka) yang digelar di gedung Biro Rektor kampus USU di Medan, Jumat (18/08/2017).

Bahkan di hadapan Rektor USU, Runtung Sitepu bersama tim promotor Badaruddin, Rujiman, Muslich Lufti (alm) dan tim penguji luar komisi yakni Subhilhar, Sirojuzilam dan Said Muhammad, Erry mampu menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan dan dapat meraih gelar doktor di bidang program ilmu perencanaan wilayah pada sekolah pascasarjana USU dengan predikat sangat memuaskan.

Dalam sidang terbuka tersebut, Erry memaparkan alasannya memilih judul disertasi tersebut karena pelaksanaan demokrasi di Sumut melalui aktivitas politik baik dalam proses legislatif dan eksekutif, secara nasional maupun regional sangat penting karena membawa pembaharuan baru khususnya di bidang ekonomi. 

Menurut Erry, selama masa agenda politik ini, ternyata menimbulkan risiko terganggunya kestabilan politik di wilayah Sumut sehingga menjadi pertimbangan bagi investor dalam melakukan investasi. Sementara, investasi ini dapat menjadi pendorong pengembangan wilayah karena kesempatan kerja, roda perekonomian daerah dan kesejahteraan akan meningkat.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko politik terhadap investasi di Sumut, mengetahui pengaruh infrastruktur terhadap investasi di Sumut, mengetahui pengaruh sumber daya alam terhadap investasi, mengetahui pengaruh sumber daya manusia terhadap investasi," ujar Erry.

Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh perekonomian terhadap investasi di Sumut dan untuk mengetahui pengaruh pajak terhadap investasi di Provinsi Sumut serta mengetahui pengaruh investasi terhadap pengembangan wilayah di Provinsi Sumut.

Penelitian ini mengunakan data primer dengan jumlah sampel sebanyak 244 badan usaha sebagai responden yang diambil dari 33 kabupaten/kota di Sumut. Teknik analisis penelitian dilakukan dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM).

Dikatakan Erry dengan mengambil lima indikator yakni hukum dan peraturan, konflik sosial budaya, konflik sosial ekonomi, konflik sosial politik serta penyalahgunaan wewenang oleh pejabat pemerintah, penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa risiko politik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap investasi.

"Apabila lima indikator ini dianggap kurang aman oleh investor, maka realisasi investasi akan menurun, begitu juga sebaliknya. Bila risiko politik dianggap dapat menjamin keamanan berinvestasi, maka realisasi investasi juga akan meningkat," papar Erry.

Sementara, infrastruktur berpengaruh negatif dan signifikan terhadap investasi. Sumber daya alam berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap investasi. Sumber Daya Manusia berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap investasi, sosial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap investasi, perekonomian berpengaruh positif dan signifikan terhadap investasi. Pajak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap investasi dan investasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengembangan wilayah Provinsi Sumut.

Dari hasil penelitian ini, lanjut Erry, maka diajukan beberapa saran yakni untuk meningkatkan persepsi investor terhadap risiko politik, maka perlu penanganan khusus terhadap lima indikator tersebut untuk dijadikan dasar kebijakan pemerintah, baik pusat dan daerah. Pungutan liar yang selama ini membuat investor terganggu maka diperlukan peran serta dari pemerintah daerah dan Satpol PP untuk menertibkannya.

Selain itu, untuk menarik investasi, baik domestik dan asing perlu dikelola risiko politik dengan lebih baik dan kondusif. Aspek yang perlu diperhatikan adalah kepastian hukum dan peraturan yang menyangkut birokrasi dalam berinvestasi.

Setelah meraih gelar doktor, Erry Nuradi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya untuk dapat meraih capaian tersebut. Apalagi dikatakannya, proses meraih gelar doktor ini cukup panjang dimulai dari 2010 dan baru dapat diselesaikan 2017 karena padatnya kegiatan dan kesibukan.

Dari hasil penelitiannya, kata Erry, diharapkanya dapat memotivasi dirinya dan segenap unsur di jajaran Pemprov Sumut untuk lebih giat lagi bahu membahu membangun Sumut. "Kita tahu membangun suatu daerah itu tidak gampang. Sebab, banyak hal yang harus dikoordinasikan terutama regulasi antara pemerintah dan daerah yang perlu disempurnakan, begitu juga pelayanan publik harus dipermudah dengan mengedepankan program berbasis IT," ujar Erry.

Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan tentunya suatu kebahagiaan bagi Sumut dan menjadi catatan dalam sejarah di Sumut pemimpinnya baik Gubsu dan Wagubsu sama-sama sudah bergelar Doktor. "Bahkan yang paling membanggakan lagi baik Gubsu dan Wagubsu dua-duanya berasal dari alumni USU," kata Runtung sembari mengharapkan dengan gelar Doktor baru yang diraih Erry diharapkan dapat membangun Sumut menjadi lebih baik.

Sidang terbuka Promosi Doktor ini turut dihadiri Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Pangkosek Hanudnas III Masma TNI Tri Bowo Budi Santoso, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Danlanud Soewondo, mewakili Danlantamal I Belawan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, istri Gubsu Erry juga Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Evi Diana Br Sitorus beserta ketiga buah hati Gubsu Tengku Erry Nuradi yakni Tengku Muhammad Ryan Novandi, Tengku Vira Annisa dan Tengku Muhammad Rivi Riadhi, serta sejumlah pimpinan SKPD di jajaran Pemprov Sumut.

Editor: Sam

T#g:DoktorerryUSU
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Jumat, 21 Sep 2018 06:31

    Relawan Jokowi-Ma'ruf Sumut Buka Puasa Asyura Bersama Anak Yatim

    Sejumlah elemen pendukung calon Presiden Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin berbuka puasa Asyura bersama anak yatim di Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Jokowi Sumatera Utara (Sumut) Jalan Mo

  • Jumat, 07 Sep 2018 17:07

    Pulang Dari Tanah Suci, Erry Berharap Sumut Lebih Bermartabat

    Mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berharap kinerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara lebih baik, menjadi provinsi yang maju, rakyat sejahtera serta tidak ada lagi pejabatnya yang ters

  • Selasa, 04 Sep 2018 04:04

    Hanifan Yudani Kusuma, Pesilat yang Sejukkan Indonesia

    Pencak Silat adalah salah satu bela diri khas Indonesia yang turut dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Pesilat tentunya identik dengan karakt

  • Rabu, 22 Agu 2018 19:22

    Spontan, Jamaah Haji Sumut Galang Bantuan Untuk Lombok

    Jamaah haji Sumatera Utara (Sumut) yang sedang menjalani ibadah di tanah suci Mekkah, tergabung dalam Kloter 12 Embarkasi Medan (MES) secara spontanitas menggalang bantuan untuk korban gempa di Lombok

  • Kamis, 16 Agu 2018 23:16

    Jelang Wukuf Di Arafah, Jamaah Haji Sumut Panjatkan Doa

    Menjelang puncak ibadah haji, yakni wukuf di Padang Arafah, 9 Dzulhijah 1439 Hijriyah (20 Agustus 2018) atau sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, jamaah haji Sumatera Utara yang tergabung dalam Kloter

  • Kamis, 09 Agu 2018 13:39

    Tengku Erry: Padatnya Masjidil Haram Menguji Kesabaran Jamaah Haji

    Kawasan Masjidil Haram di Makkah (Mekkah) mulai dipadati jamaah haji. Ini dikarenakan jamaah haji gelombang pertama dari Madinah sudah masuk Makkah.Masjidil Haram sebagai masjid terbesar di dunia dan

  • Senin, 06 Agu 2018 18:16

    KLH dan KRI Ekspos Rencana Kerja Pemulihan Ekosistem Gambut

    Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, ekspos Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dan program kemandirian masyarakat untuk mendukung pemulihan ekositem gambut di Kabupaten Labuhanba

  • Selasa, 31 Jul 2018 13:20

    Tengku Erry Tunaikan Ibadah Haji

    Tengku Erry Nuradi dan istri, Ny Evi Diana Br Sitorus kembali menunaikan rukun Islam kelima, ibadah haji ke tanah suci Makkah.Tengku Erry tergabung dalam Kloter 12, dijadwalkan masuk Asrama Haji Pangk

  • Senin, 23 Jul 2018 23:23

    IMHU USU Audensi Dengan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE didampingi Kabag Protokol Sabar Lampos Purba ST menerima audensi IMHU (Ikatan Mahasiswa Humbang Hasundutan) USU, di ruang kerja Bupati Humbahas, Senin (23/7).&nbs

  • Minggu, 22 Jul 2018 17:22

    Bisa Paparkan Keberhasilan Jokowi, Warga Terima Hadiah Jam Tangan Dari Tengku Erry

    Ketua Umum Sekretariat Bersama Relawan Jokowi Sumut, Tengku Erry Nuradi melontarkan pertanyaan berhadiah jam tangan bagi masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan seputar keberhasilan Presiden Joko Wid

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak