Selasa, 24 Apr 2018 19:45
  • Home
  • Pendidikan
  • Beri pendidikan dan kesiagaan bencana melalui tarian Maena

Beri pendidikan dan kesiagaan bencana melalui tarian Maena

TELUK DALAM (utamanews.com)
Oleh: Putra
Selasa, 29 Agu 2017 06:59
Dok
JICA dan OBI sosialisasikan pendidikan tanggapan bencana melalui tarian Maena, Senin (28/8).

Pendidikan dan pemahaman tentang bencana dan kesiagaan menghadapi perlu ditanamkan sejak dini terhadap anak-anak usia sekolah, sehingga kesiagaan terhadap resiko bencana alam terutama di daerah pantai dapatmeningkat dan efek yang ditimbulkan diminimalisir.

Hal ini juga yang coba diterapkan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) yang bekerja sama dengan Obor Berkat Indonesia (OBI). Organisasi yang berpusat di Jepang ini mencoba menerapakan hal tersebut melalui program "Integrasi pendidikan Siaga Bencana Melalui Tarian Tradisional Maena.".

Melalui kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Sinode Kec. Teluk Dalam, Senin (28/8), JICA dan OBI mencoba memberikan pembelajaran kepada siswa sekolah SD tentang kesiapan menghadapi bencana melalui tarian, sekaligus membudayakan tarian Maena di kalangan anak usia sekolah.

Wakil bupati Nias Selatan yang juga hadir dalam kegiatan tersebut merasa sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut, dan mendukung penuh kegiatan itu. Beliau juga menyampaikan dengan kegiatan tersebut akan menambah pemahaman daerah lain tentang kebudayaan di Nias Selatan.

Perwakilan JICA yang hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Yoko Takafuji menyampaikan, "Kegiatan ini akan dimulai dengan 6 (enam SD) sebagai percontohan, dan ke depan kita akan mengajukan ke Dinas Pendidikan dan Ke Pemerintah daerah Nias Selatan agar program ini dimasukkan dalam mata pelajaran muatan lokal ataupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah."

"Program JICAdan OBI ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana terutama di daerah pesisir pantai," pungkasnya.

Editor: Budi

T#g:MaenaNiselpendidikanTarian
Berita Terkait
  • Minggu, 22 Apr 2018 10:02

    Amin Rais dan Balada Bobroknya Pendidikan Politik

    Amin Rais, nama ini lagi-lagi menjadi viral akibat pernyataannya yang menghebohkan masyarakat, bahkan beberapa orang melaporkannya kepada pihak kepolisian dengan tuduhan penghinaan. Aulia, selaku pela

  • Kamis, 01 Mar 2018 05:21

    Oknum Guru SMA di Nias Diduga Lakukan Kekerasan Pada Siswa

    Kasus kekerasan terhadap murid kembali terjadi di lingkungan pendidikan. Kali ini terjadi di SMA Negeri 1 Amandraya, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Oknum guru berinisial NH diduga melaku

  • Selasa, 19 Des 2017 06:29

    Faisal Napitupulu resmi Jabat Kapolres Nias Selatan

    Polres Nias Selatan melaksanakan upacara serah terima jabatan Kapolres dari AKBP Robert Kennedy Aritonang kepada AKBP Faisal Florentinus Napitupulu, Senin (18/12).

  • Minggu, 17 Des 2017 13:07

    Pemkab Palas Langgar Amanat UUD 1945 Tentang Pendidikan

    UUD Negara RI tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah mengusahakan dan meneyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak m

  • Rabu, 13 Des 2017 08:43

    Mustaqim Zamili, dkk Laporkan Dugaan Penghinaan Oleh PM ke Polisi

    Beredarnya statement oknum PPK KEC OOU berinisial PM, di sosial media berbuntut panjang.

  • Rabu, 22 Nov 2017 10:32

    Bupati Hilarius Duha Lantik 25 Pejabat Eselon II, Ini namanya..

    Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, melantik 25 Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Nias Selatan, Selasa (21/11).

  • Jumat, 03 Nov 2017 15:33

    Panwaslih: Seleksi PPK Nias Selatan terindikasi curang

    Seleksi penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kab. Nias Selatan tercoreng akibat adanya indikasi kecurangan.

  • Jumat, 27 Okt 2017 13:07

    Desa Tanpa Listrik Di Kecamatan Mazo, Nias Selatan

    Sebanyak 10 desa di kecamatan Mazo Nias Selatan belum tersentuh pelayanan listrik PLN. Untuk mendapatkan listrik, warga menggunakan genset desa yang dibeli dengan swadaya. Dimana penggunaan genset ter

  • Kamis, 12 Okt 2017 15:32

    Pelantikan Anggota Panwascam Se-Kab. Nias Selatan

    Pelantikan anggota Panwascam terpilih dihadiri oleh 105 orang yang berasal dari 35 kecamatan se-Kab. Nias Selatan (Nisel).

  • Senin, 02 Okt 2017 10:02

    Williem Iskandar Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional

    Sati Nasution atau yang lebih dikenal dengan Willem Iskandar yang merupakan pelopor pendidikan yang berasal dari Tabagsel, Sumatera Utara, yang lahir pada tahun 1840 sudah selayaknya mendapatkan anuge

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak