Minggu, 22 Okt 2017 18:34
  • Home
  • Pendidikan
  • 28.350 Bangku Sekolah Kosong, Pemprov Sumut Buka PPDB Online SMA/SMK Tahap II

28.350 Bangku Sekolah Kosong, Pemprov Sumut Buka PPDB Online SMA/SMK Tahap II

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Aan
Rabu, 12 Jul 2017 22:42
Dibaca: 235 kali
Dok
Rapat dengar pendapat Komisi E DPRD Sumut membahas PPDB Online, Rabu (12/7).
Drs. Arsyad Lubis MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menyatakan bahwa Pemprov Sumut akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA dan SMK Negeri tahap II tahun 2017.

"Hal ini dilaksanakan karena ada sebanyak 28.350 bangku sekolah mengalami kekosongan akibat sejumlah sekolah tidak ada yang mendaftar dan kurang peminat pada PPDB Online tahap pertama," kata Arsyad Lubis pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi E DPRD-SU dan Dinas terkait, Rabu (12/7).

Dalam rapat dengar pendapat Komisi E DPRD Sumut ini, hadir Kepala Dinas Pendidikan Provsu, Ketua dan Sekretaris Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Provsu, Staf Ahli Dinas Pendidikan Provsu, Inspektorat Provsu, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika Provsu, KONI Sumut, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan, Kepala Sekolah dan Verifikasi SMA N 1 Medan, SMA N 2 Medan, SMA N 3 Medan, SMA N 4 Medan, SMA N 15 Medan dan SMK N 9 Medan, Komite Sekolah dan Perwakilan dari Orang Tua Murid.

"Adapun pelaksanaan penerimaan PPDB tahap II, akan dilaksanakan ketika semua proses PPDB Online tahap I sudah selesai," tambahnya.

Menurutnya, sekolah yang mengikuti PPDB On line tahap II merupakan sekolah-sekolah atau program keahliannya kurang dari daya tampung.

"Kuota PPDB Online tahap II hanya untuk jalur akademik baik dalam wilayah maupun luar wilayah tanpa mengikut-sertakan jalur non akademik, karena kuota yang tersisa hanya jalur akademik," ujarnya lagi.

Adapun siswa/siswi yang diperbolehkan mendaftar untuk PPDB Online tahap II, katanya, hanya siswa/i yang gagal atau tidak lulus pada tahap PPDB Online tahap I atau siswa yang belum pernah mendaftar sama sekali pada PPDB Online tahap I.

"Untuk pengumuman mekanisme pendaftaran akan dipublikasikan di website tanpa menghilangkan pengumuman atau informasi PPDB Online tahap I," terang Arsyad.

"Sementara untuk kekosongan bangku yang disebabkan oleh siswa yang tidak mendaftar ulang, akan diisi oleh siswa yamg memiliki rangking di bawah siswa yang lulus pada sekolah dari jurusan siswa tersebut," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:dprdsuDiknasDisdikKomisiEPPDB
Berita Terkait
  • Kamis, 12 Okt 2017 19:42

    Penerapan Sistem Online SMA/SMK Hapus Praktik KKN

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan sistem online yang diberlakukan untuk ujian maupun masuk sekolah dapat dipastikan menghapuskan indikasi Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).''Sistem Pener

  • Sabtu, 16 Sep 2017 13:46

    Bobby Dalimunthe: Jangan sebut siswa siluman

    Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum menemukan solusi pasti.Rekomendasi Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara untuk meminta orang tua siswa PPDB no online agar memindahkan anak mereka ke

  • Kamis, 14 Sep 2017 13:14

    Dugaan Pemotongan Dana BOS Tingkat SD Kab. Nias Selatan

    Isu terjadinya pemotongan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkup Dinas Pendidikan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, dibantah oleh Kepala Bidang (Kabid)

  • Rabu, 13 Sep 2017 07:33

    Sering Bolos di Paripurna, DPRD Sumut Desak Arsyad Lubis Dievaluasi

    Beriringan dengan mencuatnya tiga ratusan siswa SMA Negeri favorit di kota Medan yang masuk melalui jalur ilegal sehingga memunculkan "kelas siluman", Arsyad Lubis selaku Kepala Dinas Pendidikan Provi

  • Rabu, 30 Agu 2017 08:30

    Korsubgah KPK bobol, 252 siswa SMA Negeri di Sumut masuk tanpa seleksi online

    Masyarakat Sumatera Utara khususnya kota Medan terkejut dengan pemaparan yang disampaikan oleh Ombudsman RI bahwa di SMA 2 Medan, ditemukan sebanyak 180 orang siswa baru yang masuk melalui jalur tidak

  • Rabu, 16 Agu 2017 07:56

    Cegah Pungli pakai sistem elektronik, Tengku Erry akui jadi sasaran kemarahan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online diterapkan.

  • Selasa, 08 Agu 2017 03:58

    DPRD ajak Investor dari Hubei, China berinvestasi di Sumatera Utara

    DPRD Provinsi Sumatera Utara mengajak Investor dari Provinsi Hubei untuk berinvestasi di Sumatera Utara, hal ini dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Ruben Tarigan, SE ketika menerima Ku

  • Jumat, 21 Jul 2017 13:41

    Gubsu dan Ketua DPRD Sumut Sahkan Enam Perda

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengesahkan enam rancangan peraturan daerah (Ranperda) menjadi peraturan daerah (Perda) dalam rapat paripurna DPRD Sumut di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (20/7/2017).

  • Rabu, 19 Jul 2017 07:19

    Pemprov Sumut Bidik Kenaikan Pangkat Guru Via Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan penerapan Pelaksanaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK dengan sistem online sudah dilakukan dan terus dalam tahap penyempurnaan.

  • Jumat, 14 Jul 2017 20:14

    Mengapa Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tidak Terbuka ke Publik?

    Sikap arogansi yang ditunjukkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Dinas Pendidikan mengejutkan publik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak