Rabu, 27 Sep 2017 01:13
  • Home
  • Pemilukada
  • Tiga Bacabup Sepakat, Cabup/Cawabup Harus Bebas Narkoba

Tiga Bacabup Sepakat, Cabup/Cawabup Harus Bebas Narkoba

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Yasir Harahap
Senin, 14 Agu 2017 06:04
Dibaca: 1.203 kali
Dok
Mukhlis Harahap, Parlinsyah Harahap, Riskon Hasibuan dan Ahmad Thamrin Harahap di Hotel Borobudur, Jakarta.
H. Riskon Hasibuan SE., Wabup Padang Lawas Utara (Paluta) petahana, yang digadang-gadang akan maju sebagai Calon Bupati (cabup) pada pilkada Paluta 2018 mendatang, menyambangi Ahmad Thamrin Harahap (ATH) di Jakarta, Kamis (10/8) lalu.

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Borobudur pada pukul 16.15 WIB juga dihadiri Mukhlis Harahap S.Hi., Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara selama dua periode ini, yang dikabarkan akan menjadi cawabup pasangan Riskon Hasibuan dan Golkar sebagai partai pendukungnya.

Tak berselang lama, tampak terlihat datang Parlinsyah Harahap SE. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dari fraksi Gerindra DPRD Sumut, yang juga dikabarkan akan maju pada Pilkada Paluta 2018 berpasangan dengan Rico Rivai Siregar.

"Katanya mereka mau bersilaturrahmi dengan pak Thamrin (ATH). Selain itu saling bertukar informasi, berbincang-bincang seputar Pilkada, seperti siapa-siapa yang akan maju, langkah dan strategi apa saja yang mesti dilakukan, dan hal-hal yang berkembang di Paluta," jelas narasumber yang namanya tidak mau disebutkan melalui pesan elektroniknya kepada UTAMANEWS, Minggu (13/8).

Baik Riskon, Mukhlis, Parlinsyah dan Ahmad Thamrin berpendapat, siapapun yang akan maju pada pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara nantinya adalah putra terbaik yang jasmani dan rohaninya sehat dan cerdas agar mampu serta mumpuni dalam memimpin dan membangun daerah.

Karena, kata mereka, harapan tersebut bisa dicapai jika pemimpinnya (Bupati dan Wakil Bupati) mempunyai niat yang bersih dan tulus. Untuk mempunyai niat yang bersih dalam memimpin menurut mereka, cabup/cawabup nya mesti bebas dari Narkoba.

Perihal tersebut, menurut hemat Ahmad Thamrin, tidak terlalu berlebihan. Sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku, pemeriksaan kesehatan bagi calon pemimpin daerah juga setara dengan prosedur pemeriksaan calon Presiden.

"Salah satu klausul dalam UU 10 Tahun 2016, tentang Pilkada, calon walikota, wakil walikota, bupati, wakil bupati, gubernur, wakil gubernur harus bebas narkoba," tandas Ahmad Thamrin Harahap.

Informasi yang dihimpun UTAMANEWS dari berbagai sumber, Komisi Pemilihan Umum Pusat bersama Ikatan Dokter Indonesia dan Badan Narkotika Nasional telah menyepakati untuk mengetatkan pemeriksaan bakal pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah. Penguatan tersebut dengan menambah metode untuk tes narkoba.

Pada pemeriksaan klinis, KPU akan menambahkan aturan tes narkoba melalui metode uji rambut dan air liur. Sebab, selama ini pasangan calon hanya melewati tes urine dan darah.

Jika UU Pilkada tidak mengakomodasi peran BNN, dalam UU Pilkada pun telah disebutkan koordinasi pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah dilakukan dengan organisasi profesi, yakni Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Editor: Sam

T#g:narkobapalutaPilkadates urine
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 07:20

    Pendaftaran Panwascam Tapteng Dibuka Sejak 20 September 2017

    Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) membuka pendaftaran calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang nantinya akan bertugas pada perhelatan Pilkada serent

  • Selasa, 19 Sep 2017 14:09

    Panwaslih Paluta Buka Pendaftaran Panwascam

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membuka pendaftaran untuk Panwas Kecamatan (Panwascam).

  • Minggu, 17 Sep 2017 19:27

    Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

    Memanfaatkan waktu luang dan berharap bisa berguna untuk keterampilan, sejumlah narapidana (Napi) wanita di  Lapas narkotika kelas tiga di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, melaksanakan kegiata

  • Sabtu, 16 Sep 2017 15:16

    SMAN 1 Portibi Butuh Ruang Kelas Baru

    SMAN 1 Portibi, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara saat ini sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah, khususnya untuk membangun ruang kelas tambahan.

  • Sabtu, 16 Sep 2017 04:56

    Pilkada Serentak 2018, ada 171 Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan tahun 2018 kita akan menggelar 171 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yakni 17 Provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota.''Kita inginkan Pi

  • Rabu, 13 Sep 2017 08:03

    Kodam I/BB Tangkal Bahaya Narkoba

                Kakesdam I/BB Kolonel dr. Sutan Bangun, Sp.B. membuka kegiatan soialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di

  • Selasa, 12 Sep 2017 18:52

    Kapuspen TNI: TNI Ungkap Peredaran Narkoba Jaringan Internasional

    Pasukan TNI yang bertugas di perbatasan Indonesia-Malaysia berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pengedar Narkoba jaringan berskala Internasional, yang masuk melalui jalur darat Entikong, tepatnya

  • Selasa, 12 Sep 2017 15:32

    Calon Perseorangan di Pilkada Palas, Harus Didukung 15.897 KTP Elektronik

    Bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dari jalur perseorangan atau calon independen, pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 di Kabupaten Padang Lawas (Palas)

  • Selasa, 12 Sep 2017 05:42

    16 Hari menjelang mulainya Tahapan Pilkada Serentak 2018

    Enam belas hari menjelang masuknya tahapan pilkada pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan tahun 2018, yang jatuh pada hari, Rabu (27/9/2017), intensitas dan beban kerja di Kantor

  • Minggu, 10 Sep 2017 20:20

    KPU Langkat Tetapkan Calon Perseorangan Butuh 53.552 Dukungan KTP

    Menyikapi Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 515/KPU/2017 tentang persiapan pelaksanaan tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan tahun 2018, KPUD Langkat menggelar rapat penetapan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak