Jumat, 20 Jul 2018 07:53
  • Home
  • Pemilukada
  • Tiga Bacabup Sepakat, Cabup/Cawabup Harus Bebas Narkoba

Tiga Bacabup Sepakat, Cabup/Cawabup Harus Bebas Narkoba

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Yasir Harahap
Senin, 14 Agu 2017 06:04
Dok
Mukhlis Harahap, Parlinsyah Harahap, Riskon Hasibuan dan Ahmad Thamrin Harahap di Hotel Borobudur, Jakarta.
H. Riskon Hasibuan SE., Wabup Padang Lawas Utara (Paluta) petahana, yang digadang-gadang akan maju sebagai Calon Bupati (cabup) pada pilkada Paluta 2018 mendatang, menyambangi Ahmad Thamrin Harahap (ATH) di Jakarta, Kamis (10/8) lalu.

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Borobudur pada pukul 16.15 WIB juga dihadiri Mukhlis Harahap S.Hi., Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara selama dua periode ini, yang dikabarkan akan menjadi cawabup pasangan Riskon Hasibuan dan Golkar sebagai partai pendukungnya.

Tak berselang lama, tampak terlihat datang Parlinsyah Harahap SE. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dari fraksi Gerindra DPRD Sumut, yang juga dikabarkan akan maju pada Pilkada Paluta 2018 berpasangan dengan Rico Rivai Siregar.

"Katanya mereka mau bersilaturrahmi dengan pak Thamrin (ATH). Selain itu saling bertukar informasi, berbincang-bincang seputar Pilkada, seperti siapa-siapa yang akan maju, langkah dan strategi apa saja yang mesti dilakukan, dan hal-hal yang berkembang di Paluta," jelas narasumber yang namanya tidak mau disebutkan melalui pesan elektroniknya kepada UTAMANEWS, Minggu (13/8).

Baik Riskon, Mukhlis, Parlinsyah dan Ahmad Thamrin berpendapat, siapapun yang akan maju pada pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara nantinya adalah putra terbaik yang jasmani dan rohaninya sehat dan cerdas agar mampu serta mumpuni dalam memimpin dan membangun daerah.

Karena, kata mereka, harapan tersebut bisa dicapai jika pemimpinnya (Bupati dan Wakil Bupati) mempunyai niat yang bersih dan tulus. Untuk mempunyai niat yang bersih dalam memimpin menurut mereka, cabup/cawabup nya mesti bebas dari Narkoba.

Perihal tersebut, menurut hemat Ahmad Thamrin, tidak terlalu berlebihan. Sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku, pemeriksaan kesehatan bagi calon pemimpin daerah juga setara dengan prosedur pemeriksaan calon Presiden.

"Salah satu klausul dalam UU 10 Tahun 2016, tentang Pilkada, calon walikota, wakil walikota, bupati, wakil bupati, gubernur, wakil gubernur harus bebas narkoba," tandas Ahmad Thamrin Harahap.

Informasi yang dihimpun UTAMANEWS dari berbagai sumber, Komisi Pemilihan Umum Pusat bersama Ikatan Dokter Indonesia dan Badan Narkotika Nasional telah menyepakati untuk mengetatkan pemeriksaan bakal pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah. Penguatan tersebut dengan menambah metode untuk tes narkoba.

Pada pemeriksaan klinis, KPU akan menambahkan aturan tes narkoba melalui metode uji rambut dan air liur. Sebab, selama ini pasangan calon hanya melewati tes urine dan darah.

Jika UU Pilkada tidak mengakomodasi peran BNN, dalam UU Pilkada pun telah disebutkan koordinasi pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah dilakukan dengan organisasi profesi, yakni Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Editor: Sam

T#g:narkobapalutaPilkadates urine
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jul 2018 11:47

    Saat Asyik Karaokean, Polisi Tangkap 2 Pria Diduga Bandar Narkoba di Labuhanbatu

    MI alias Isa alias Isa Botot (36 tahun) beralamat di jalan Adam Malik Kelurahan Padang Bulan Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu, dan HPS alias Tonggek (28 tahun) beralamat di Cikampak dusun Asahan Kec

  • Selasa, 17 Jul 2018 13:17

    Panglima TNI: Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

    Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu "Cyber Narcoterorism" yaitu kelompok yang menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menya

  • Senin, 16 Jul 2018 20:16

    Ibu Nanny Hadi Tjahjanto: Generasi Muda Harus Bentengi Diri Dari Narkoba

    Para generasi muda sebagai penerus bangsa harus membentengi diri dari Narkoba dengan selalu meningkatkan iman dan takwa, baik di lingkungan tempat bertugas maupun tempat tinggal serta mengawasi dan me

  • Minggu, 15 Jul 2018 14:25

    Kompaspol Paluta: Untukmu yang muda, saatnya tunjukkan kreativitasmu!

    Jelang pemilihan legislatif (Pileg) 2019, sejumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mulai bermunculan. Bacaleg kebanyakan diisi tokoh muda, baik dari kalangan

  • Minggu, 15 Jul 2018 06:15

    Sat Res Narkoba Polres Binjai Amankan 3 Tersangka di Sei Bingai

    Merespon aduan masyarakat terkait maraknya transaksi narkotika di jalan Binjai-namukur Dusun Bandar Meriah Kec Sei Bingei Kab. Langkat, petugas Unit III Satuan Res Narkoba mengamankan para pelaku dan

  • Senin, 09 Jul 2018 09:39

    KPU Deliserdang: Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 2018 Meningkat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang telah selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupat

  • Sabtu, 07 Jul 2018 12:07

    Polres Deli Serdang Gelar Apel Konsolidasi Pasca Pilkada Serentak

    Polres Deli Serdang menggelar Apel Konsolidasi (Operasi Mantap Praja 2018) Pengamanan Pasca pemungutan suara dan penghitungan surat suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Ke

  • Jumat, 06 Jul 2018 16:06

    TERASA dan ERAMAS Unggul Di Rekapitulasi KPU Langkat

    Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Terbit Rencana PA- Syah Afandin (TERASA) mengantongi jumlah suara terbanyak pada Pilkada Kab. Langkat 2018.

  • Jumat, 06 Jul 2018 07:16

    KPU Deli Serdang Laksanakan Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bu

  • Rabu, 04 Jul 2018 14:54

    KPU Palas Rapat Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2018, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak