Jumat, 29 Mar 2024 11:50
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Tiba di Teluk Dalam, Sihar Disambut Tarian Fogaele

Nias Selatan (UtamaNews.com)

Oleh: Sam

Selasa, 10 Apr 2018 16:10

Dok
Tarian menyambut tamu kehormatan, Fogaele untuk Sihar
Terdengar suara alat musik tradisional Nias melantun dengan lantang diiringi tarian yang dibawakan oleh sejumlah putra putri Nias. Dengan gemulai sejumlah penari menggerakkan tangan dan kaki disertai senyum di wajah, mereka berbaris menghadap Sihar Sitorus. 

Tarian itu bernama Fogaele, tarian kehormatan untuk menyambut tamu. Dari informasi yang dihimpun wartawan, tarian itu dipersembahkan kepada tamu istimewa. Karena mereka mengganggap Sihar sebagai putra Sumatera Utara (Sumut) terbaik maka mereka mempersembahkan tarian tersebut sebagai bagian dari penghormatan. Secara filosofis tarian tersebut menunjukkan tentang keindahan dunia secara penuh karena perdamaian.

Penyambutan tersebut diberikan karena Sihar berkesempatan menjadi pemateri dalam acara Seminar Nasional dengan tajuk Kreativitas dan Inovasi Desa dalam Pemberdayaan Perekonomian Daerah yang di selenggarakan oleh Forum Akademisi Ononiha (FAO) Nias Selatan. 

Sambutan istimewa tersebut dibalas Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumut nomor urut dua itu dengan senyum bahagia. Selain menerima tarian penyambutan, Wakil dari Djarot Saiful Hidayat itu juga menerima kehormatan pakaian adat Nias Selatan, Teluk Dalam. Pakaian adat tersebut merupakan pakaian adat bangsawan. Dimana warna kuning emas dalam baju tersebut sebagai simbol kejayaan, kemulian dan kesuksesan. Sementara warna merah mewakili keberanian dan kekuatan pendekar Nias. Selanjutnya warna hitam sebagai simbol kecintaan terhadap tanah air.

Sekadar diketahui, Cawagub Sumut yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan materi pemaksimalan desa lewat Banda Usaha Milik Desa (BUMDes). Menurut Sihar, inovasi dan pemberdayaan masyarakat untuk pemaksimalan kemandirian desa sangat penting. Terlebih saat ini tingkat persaingan semakin besar. 

Editor: Herda

T#g:BudayaTari
makeup remover
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Mar 2024 15:49

    Tiba di Ambon, Kepala Bakamla RI Disambut Tari Lenso

    Hendak membuka Patroli Bersama Tahun 2024, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla beserta rombongan tiba di Ambon dan disambut dengan tarian khas daerah Tari Lenso, Ambon, Sela

  • Senin, 15 Jan 2024 19:05

    Pesta Rakyat Kampanye Benawan Tarigan

    Calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Binjai dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Dapil l Kecamatan Binjai Kota, Benawan Tarigan, menggelar "Pesta Rakyat Kampanye Benawan Tarigan", Senin (15/1) siang,


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️