Selasa, 20 Feb 2018 05:07

Tengku Erry Harap Panwaslih Kerja Sesuai Aturan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Selasa, 29 Agu 2017 20:09
Dibaca: 284 kali
Dok
Gubernur Sumut melantik Panwaslih Pilgubsu
Sebanyak 97 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) se-Sumut dilantik dan dilakukan pembekalan di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (28/8/2017).

Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan seluruh anggota Panwaslih dapat bekerja sesuai dengan aturan dan dapat bekerjasama dengan aparatur penegak hukum untuk menyelesaikan pelanggaran-pelanggaran Pemilu yang terjadi.

Pelantikan Panwaslih kabupaten/kota se-Sumut dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018, serta pemilihan legislatif dan  pemilihan Presiden tahun 2019 ini langsung dilakukan oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan.

Turut hadir komisioner Bawaslu Sumut Hardi Munthe, FKPD Provsu, tim seleksi Panwaslih se-Sumut serta sejumlah tokoh masyarakat dan undangan. 

"Atas nama pemerintah Provinsi Sumut, kami mengucapkan selamat atas pelantikan bapak dan ibu. Setelah ini tugas-tugas anggota Panwaslih ke depan sudah menanti di hadapan. Apalagi, Panwaslih memiliki tugas yang cukup panjang, mulai dari menggelar Pilkada, Pilgubsu, pemilhan legislatif hingga pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang," terang Erry.

Untuk itulah, lanjut Erry, masa depan demokrasi berada di tangan penyelengara pemilu, sebab suksesnya demokrasi merupakan suksesnya penyelenggaraan pemilu. Oleh karena itulah, diharapkannya Panwaslih bisa bekerja sesuai dengan undang-undang. 

"Makanya undang-undang pemilu itu harus menjadi buku wajib bagi semua anggota Panwaslih. Selain itu kita harapkan juga Panwaslih dapat berkoordinasi dengan aparat yang ada di daerah karena itu akan berhubungan dengan penegakan hukum," terang Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, setelah pelantikan ini, anggota Panwaslih juga akan bekerja membentuk perangkat panitia pengawas di daerah mulai dari membentuk Panwas kecamatan hingga Panwas ke tingkat desa.

"Kami dari pemerintah berupaya untuk mempersiapkan anggaran melalui naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk KPU Sumut dan Bawaslu Sumut. Anggaran ini cukup besar, makanya kami berharap anggaran ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan memiliki nilai amanah," jelas Erry. 

Selain itu, Erry juga mensyukuri karena 55 persen dari anggota Panwaslih se-Sumut yang dilantik ini merupakan incumben yang sudah memiliki pengalaman menjadi pengawas pemilihan sebelumnya. 

Diharapkannya, anggota Panwaslih lainnya yang masih baru dapat segera menyesuaikan diri sehingga Panwas bisa segera bekerja dengan baik.

"Panwas itu harus menjaga netralitas, tidak boleh berafiliasi dengan salah satu partai dan harus benar-benar independen. Itulah yang kita harapkan dalam pembekalan ini nantinya anggota Panwas​ dapat lebih memahami aturan dan mendapatkan pembekalan capacity building," kata Erry.

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan pelantikan anggota Panwaslih se-Sumut ini dilakukan sebanyak 97 orang dari yang seharusnya sebanyak 99 orang. Sementara dua orang anggota Panwaslih yang sudah terpilih terpaksa ditunda pelantikannya karena Bawaslu Sumut sebelumnya mendapatkan tanggapan dari masyarakat.

"Kita hanya melantik 97 orang dari seharusnya 99 orang karena kami menerima tanggapan dari masyarakat terhadap dua anggota Panwaslih yang sudah terpilih. Pertama dari kabupaten Padang Lawas atas nama Zainal Abidin karena laporan adanya keterlibatannya di partai yakni PAN. Kedua dari kabupaten Sergai atas nama Heru Herianto yang dari laporan kami terima yang bersangkutan masuk dalam tim pemenangan salah satu bakal calon Gubsu," terang Syafrida.

Untuk itulah, kata Syafrida kedua anggota Panwaslih ini harus dapat memberikan klarifikasi. Jika keduanya bersih dan tidak terlibat dalam perihal yang dilaporkan, maka keduanya akan dilantik secara menyusul. Namun, bila keduanya tidak dapat memberikan klarifikasi terkait laporan tersebut, maka keduanya akan digantikan dengan calon anggota Panwaslih pada urutan di bawahnya.

Dalam kesempatan itu, Syafrida mengatakan tugas Panwaslih kabupaten/kota se Sumut ini cukup berat karena anggota Panwaslih harus menyelenggarakan Pilkada untuk delapan kabupaten/kota di Sumut, menyelenggarakan​ Pilgubsu, pemilihan legislatif hingga pemilihan Presiden.

"Saya berharap seluruh anggota Panwaslih dapat bekerja dengan baik, bekerjalah sesuai dengan aturan dan sumpah, untuk mensukseskan dan menyelenggarakan pemilu dengan aman, lancar tanpa ada persoalan dan tidak ada sengketa yang dapat mengakibatkan kondisi perpecahan di Sumut," papar Syafrida.

Editor: Sam

T#g:PanwasPanwaslihPelantikan
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Feb 2018 11:17

    Pangdam V/Brw lantik 149 Bintara TNI AD

    Pangdam V/Brw Mayor Jenderal TNI Arif Rahman bertindak sebagai inseptur upacara (Irup) Penutupan Pendidikan Pertama Sekolah Calon Bintara TNI AD Program Tahun Anggaran 2017 (Dikmaba TNI AD Progran TA

  • Kamis, 15 Feb 2018 16:45

    Tengku Erry Lantik Faisal Jabat Pjs Bupati Batu Bara

    Gubsu Tengku Erry Nuradi melantik Kepala Biro (Karo) Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Provsu, M Faisal Hasrimy sebagai Pjs Bupati Batu Bara di Aula Martabe (Aula Raja Inal Siregar) Lantai II K

  • Rabu, 14 Feb 2018 21:24

    Satpol PP dan Panwaslih Paluta Turunkan APK

    Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Padang Lawas Utara bersama dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara menurunkan ratusan media sosialisasi maupun alat per

  • Rabu, 14 Feb 2018 20:24

    Panwas Paluta Tekankan Paslon serta Parpol Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara bersama sejumlah pimpinan partai politik pengusung maupun pendukung pasangan calon Pilkada 2018 mendeklarasikan untuk melawan dan me

  • Selasa, 13 Feb 2018 22:13

    Panwaslih Paluta Deklarasikan Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara akan melaksanakan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) untuk Pemilihan Kepa

  • Senin, 12 Feb 2018 19:42

    Kordiv PHL dan PP Panwascam Ikuti Rakernis

    Kordinator (Kordiv) Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga (PHL) dan Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran (PP), pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam), se-Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengi

  • Senin, 12 Feb 2018 07:02

    Panwaslih Gelar Musyawarah Penyelesaian Sengketa, KPU Deli Serdang Tak Hadir

    Panita Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Deli Serdang menggelar musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018 di Kantor Panwaslih Kabupaten Deli

  • Senin, 05 Feb 2018 08:35

    Panwascam dan PPL Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pilkada Serentak 2018

    Seluruh komisioner pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) dan utusan pengawas pemilihan lapangan (PPL) dari 12 kecamatan, se-Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengikuti acara kegiatan sosialisasi peng

  • Rabu, 31 Jan 2018 14:41

    Sengketa Pilkada Deliserdang, Panwaslih Putuskan Verifikasi Faktual

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Deli Serdang kembali melaksanakan musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018, Selasa (30/1/20

  • Rabu, 24 Jan 2018 17:34

    Dua Paslon Jalur Independen Laporkan Sengketa ke Panwaslu Deli Serdang

    Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang jalur independen (perseorangan) Mion Tarigan yang berpasangan dengan Zainal Arifin, yang sebelumnya dinyatakan Komisi Pemilihan Umu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak