Selasa, 19 Mar 2019 17:50
  • Home
  • Pemilukada
  • Sikapi Isu SARA dan Berita Hoax, Sihar Ajak Masyarakat Berpikir Rasional

Sikapi Isu SARA dan Berita Hoax, Sihar Ajak Masyarakat Berpikir Rasional

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 17 Apr 2018 10:47
Dok
Sihar Sitorus menghadiri deklarasi Relawan Horas Indonesia di Wisma Mahinna Center, Minggu (15/4/2018).
Cawagub Sumatera Utara, Sihar Sitorus, mengajak masyarakat waspadai isu Suku Agama Ras dan Antar-golongan (SARA) dan berita hoax yang muncul. Namun, ia meyakini bahwa masyarakat saat ini sangat bijaksana dan rasional menyikapi kedua hal tersebut.

Hal tersebut dikatakan Sihar saat menyampaikan sambutan dalam deklarasi Relawan Horas Indonesia di Wisma Mahinna Center, Jalan Rela, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung, Minggu (15/4/2018) sore. 

"Saya dengar berita hoax yang muncul dan disebarkan soal putra daerah dan Pak Djarot yang dijadikan menteri. Ini semua tidak mendasar, tidak rasional," ungkap Sihar.

Pria berkacamata itu pun mengajak para relawan untuk berpikir logika. Ketika mereka dicalonkan memimpin Sumut dan tiba-tiba Djarot ditunjuk oleh Presiden RI Jokowi Widodo menjadi menteri dan menyerahkan kepemimpinan Sumut kepada dirinya, ini di luar logika. 

"Mari kita bongkar logikanya. Bayangkan, untuk menjadi pemimpin daerah, harus memberikan kemampuannya 1.000 persen untuk daerahnya. Kenapa berita hoax-nya bukan saya yang jadi menteri? Atau saya dan Pak Djarot menjadi menteri? Yang pasti, kami berdua mengabdi untuk Sumut. Ini gosip, hoax yang jangan didengar," jelasnya.

Maka dari itu, Sihar mengajak masyarakat berpikir rasional. Sumut yang berada posisi keempat terbesar nasional, sepatutnya dipimpin oleh pemimpin yang memiliki wawasan dan pengalaman yang luas. "Saya ingin memberikan edukasi, bahwa Sumut adalah provinsi terbesar keempat nasional. Artinya, Sumut ini membutuhkan pemimpin yang berwawasan nasional dan berwawasan rasional. Karena Sumut berpeluang menjadi lirikan investor internasional, serta wisatawan internasional," tegas Sihar.

Sebelumnya, Ketua Umum Djarot-Sihar Institute, M Salim Simangunsong mengatakan para Relawan Djarot-Sihar (DJOSS) sepakat untuk menyikapi isu SARA dan berita hoax dengan arif dan bijaksana. Para relawan pun siap mengawal dan mengantarkan DJOSS memimpin Sumatera Utara periode 2013-2023 mendatang.

Diyakininya, masyarakat Sumatera Utara pun sudah bijak menyikapi isu SARA yang muncul dan mengarah kepada paslon yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut. "Isu SARA belakangan ini muncul, saya kira kita harus arif dan bijaksana menyikapi itu. Kita jangan terbawa arus isu yang muncul yang akhirnya merugikan paslon yang kita usung ini. Begitu juga masyarakat, saya kira pintar dan tak bisa dipecah belah," ungkapnya.

Ia menambahkan, sepatutnya masyarakat Sumut berterima kasih kepada paslon yang mengusung tagline 'Semua Urusan Mudah dan Transparan' itu. Sebab, Djarot yang sarat pengalaman dalam memimpin, yakni menjadi Wali Kota Blitar dan Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta, bersedia untuk memimpin Sumut. "Begitu juga dengan Pak Sihar yang mengambil risiko keluar dari zona nyamannya. Pengalamannya sebagai pengusaha dan juga menggeluti dunia sepakbola nasional patutnya menjadi bagian terdepan perubahan Sumut," yakin Salim.

Dirinya pun mengajak seluruh relawan DJOSS untuk merapatkan barisan dan satukan visi misi mengantarkan Djarot-Sihar memimpin dan melakukan perubahan Sumut ke depannya. "Tinggal hitungan minggu kita menentukan siapa pemimpin Sumut ke depannya. Mari kita bekerja sama, kita pejuang perubahan, masa depan Sumut," pungkasnya.

Pada deklarasi tersebut, para relawan yang tergabung dalam Horas Indonesia se-Sumatera Utara sepakat memenangkan DJOSS menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 mendatang. Sihar juga diberikan ulos sebagai tanda dukungan dan kepercayaan masyarakat menjadi pemimpin provinsi ini.

Editor: Herda

T#g:hoax
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Mar 2019 15:23

    Jadilah Generasi Unggul dengan Perangi Hoax Pada Pemilu 2019 Untuk Suksesnya Keberlanjutan Kepemimpinan Nasional

    Dalam beberapa tahun lagi, masa depan kepemimpinan di negeri ini akan diestafetkan kepada generasi millenial. Maka dari itu dibutuhkan generasi millenial yang unggul agar masa depan negeri ini benar-b

  • Selasa, 12 Mar 2019 03:12

    Waspada Hoax Kemasan Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf

    Masyarakat Indonesia tak henti-hentinya menerima hoax yang beraneka macam, menjelang kontes demokrasi.

  • Minggu, 03 Mar 2019 22:03

    KPU Laporkan Akun Facebook Penyebar Surat Suara Tercoblos 01 ke Polda Sumut

    Berpotensi memprovokasi dan menjelekkan nama baik lembaga penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) bersama KPU Kota Medan resmi melaporkan video hoaks surat suara terco

  • Kamis, 07 Mar 2019 03:07

    Menuju Pilpres 2019 Tanpa Hoax

    Saat ini, kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang menyebabkan dunia menjadi tanpa batas (borderless).

  • Kamis, 28 Feb 2019 10:08

    Soal Luhut Saksikan Jokowi Sholat 4 Rokaat: Itu Hoax!

    Menanggapi beredarnya informasi di media online asiasatu.online pada tanggal 26 Februari 2019 mengenai kesaksian Luhut B. Pandjaitan tentang kualitas ibadah calon Presiden Joko Widodo, Staf Khusus Luh

  • Rabu, 27 Feb 2019 15:27

    Kasum TNI: Insan Penerangan TNI Dituntut Menangkan Persepsi Legitimasi Kepercayaan Publik

    Jajaran Penerangan TNI terus dituntut untuk melakukan inovasi pemberitaan yang berkualitas dalam rangka memenangkan persepsi untuk mendapatkan legitimasi kepada publik. Meskipun publik menilai bahwa i

  • Minggu, 24 Feb 2019 00:24

    Marilah Melawan Hoax Dari Diri Sendiri [Tips]

    Katanya Hoax harus dimusnahkan, tapi kenyataannya suka tidak menyadari bahwa diri sendiri masih menjadi "distributor" berita-berita yang belum jelas hanya berdasarkan membaca headline saja. Berasa sud

  • Kamis, 21 Feb 2019 17:01

    Deklarasi Melawan Hoax, Warganetizen Yogyakarta Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2019 yang Damai dan Bermartabat

    Kalangan Netizen, Blogger, Youtuber dan Seniman digital Yogjakarta bersama Forum Pemuda Kreatif menggelar Deklarasi Gerakan melawan hoax di Loco Coffe Shop Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kamis siang (21

  • Selasa, 19 Feb 2019 21:19

    Netizen Yogyakarta Akan Deklarasi Anti Hoax Untuk Pemilu 2019 Yang Damai dan Bermartabat

    Keberadaan warganetizen saat ini dalam mengawal pemilihan umum 2019 menjadi penting terlebih arus informasi yang sangat mudah diakses namun belum tentu kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya.

  • Sabtu, 09 Feb 2019 20:09

    Peringati Hari Pers Nasional, Press Police Labuhanbatu Deklarasikan Anti Hoax, SARA dan Ujaran Kebencian

    Di Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari tahun 2019, beberapa wartawan Labuhanbatu yang tergabung di komunitas Press Police mendeklarasikan Anti Hoax, SARA, dan Ujaran Kebencian.Kegiat

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak