Sabtu, 18 Agu 2018 16:01
  • Home
  • Pemilukada
  • Sihar Sitorus Temui Nenek Saulina, yang Divonis Bersalah Karena Tebang Pohon Durian

Sihar Sitorus: Belajarlah dari Keindahan Danau Toba

Sihar Sitorus Temui Nenek Saulina, yang Divonis Bersalah Karena Tebang Pohon Durian

Tobasa (utamanews.com)
Oleh: Sam
Minggu, 11 Feb 2018 17:41
Dok
Sihar dan Nek Saulina Sitorus

Awan terlihat berwarna pekat, air Danau Toba bergelombang menyapa bibir pantai di Ajibata, Toba Samosir. Sihar Sitorus memulai langkah bersama istrinya dengan menaiki sebuah boat yang disewa.

Perjalanan Sihar sore itu untuk menemui warga di Dusun Panamean, Desa Sampura, Kecamatan Ukuran, Toba Samosir (Tobasa)

Kunjungan Sihar ke dusun tersebut bukan hanya sekadar menyapa warga, tapi ada seseorang yang spesial yang harus ditemuinya.
"Yang pasti yang saya temui bukan politisi. Bukan juga seorang tokoh masyarakat. Tetapi harus ke sana," kata Sihar saat di atas boat.

Meski cuaca terlihat kurang bersahabat, Sihar mengatakan dia tidak mencemaskan hal itu. Ia bilang, Danau Toba itu anugrah Tuhan untuk masyarakat dengan segala keindahannya. Jadi, selama niat kita tulus, alam akan bersahabat. "Ini kampungku, indah kan? Kampung mu di mana?" katanya saat melaju mengarungi danau kepada wartawan yang ikut menemaninya.



Sihar mengatakan masyarakat yang dikunjunginya adalah warga yang bermukim di tepi danau. Mereka sudah tinggal secara turun temurun, serta hidup dengan sederhana. Berdampingan satu dengan yang lain. Namun ada persoalan yang terjadi di lingkungan masyarakat itu. Sehingga dia harus ke sana untuk menemui mereka. "Saya mendengar ada beberapa masalah vertikal di sana antarsesama kerabat. Saya datang ingin menyapa dan berbagi cerita damai bersama mereka," jelasnya.

Sihar mengatakan, di lingkungan masyarakat pada umumnya kerap terjadi papasan vertikal tersebut. Seorang pemimpin harus dapat menjadi pendamai. Memihak kebenaran dan kebaikan. "Jadi kalau ingin hidup di lingkungan masyarakat yang baik, ya kita harus bisa menempatkan diri sebagai objek dan sebagai subjek. Agar kita dapat hidup dengan damai," jelasnya.

Sesampainya di dusun Sampura, Sihar melangkah ke pemukiman warga. Menemui sejumlah masyarakat yang ada di sana. Sihar pun duduk bersama, serta mendengar keluh kesah mereka. Termasuk persoalan internal warga yang berujung kasus hukum.

Setelah mendengarkan latar belakang dari persoalan tersebut, Sihar pun menemui seorang nenek bernama Saulina Boru Sitorus. Tujuan utama yang membawanya ke tempat ini. Saulina merupakan salah satu penerima dampak atas persoalan yang terjadi di desa tersebut. Saulina yang sudah berusia 92 tahun tersebut dipidana atas kasus penebangan pohon durian.

Sihar mendengar penuturan Saulina. Menurut Sihar persoalan yang terjadi di lingkungan masyarakat tersebut hanya kesalahan pemahaman. Dia memediasi kedua belah pihak untuk berdamai dan tetap rukun.
"Karena hanya mediasi itu yang dapat kita lakukan sebagai solusi. Mereka harus saling memaafkan dan tidak berkonflik. Serta harus bersama agar dapat mencapai kebaikan," terang Sihar.

Sihar mengatakan bahwa di dusun itu masih diikat kekerabatan yang harus terus dikuatkan sebagai tali persaudaraan. "Ada persoalan penebangan kayu, ada tanah, dan menurut saya persoalan utama itu komunikasi dalam keluarga. Karena semua keluarga. Jadi kita berharap masyarakat tetap rukun," ujarnya.

Sihar mencontohkan Danau Toba yang merupakan bentang alam, wadah air mineral terbesar nomor dua di dunia. Danau tersebut merupakan danau vulkano yang memiliki keunikan. Sekitar bentangan alamnya dihuni sejumlah warga yang berbeda-beda. Tetapi tetap satu dalam satu kesatuan kawasan. "Masyarakat Danau Toba kan unik, contohnya saja ada Simalungun, Karo, Pakpak dan Toba. Semuanya menyatu dalam ikatan yang kuat," katanya.

Pertemuan antara Sihar Sitorus bersama istrinya dengan Nek Saulina pun diakhiri dengan pelukan hangat. Pelukan yang diharap bisa membuat Nek Saulina lebih tegar dan menjalani hidup lebih tenang ke depannya.

Editor: Tommy

T#g:Danau TobaSihar Sitorus
Berita Terkait
  • Minggu, 12 Agu 2018 04:12

    Pawai Obor Asian Games Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

    Pawai obor menjadi agenda yang saat ini tengah dilakukan di beberapa tempat di Indonesia demi menyambut Asian Games yang nantinya akan dibuka pada 18 Agustus 2018. Pawai obor yang diselenggarakan pun

  • Senin, 25 Jun 2018 09:55

    Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kecelakaan Kapal di Danau Toba, Ini Peranannya

    Polda Sumut menetapkan Nahkoda, 2 Kepala Pos di Simanindo, dan Kabid ASDP jadi tersangka pada kecelakaan maut yang mengakibatkan seratusan penumpang hingga kini belum ditemukan.Kapolda Sumut Irjen Pol

  • Jumat, 22 Jun 2018 15:12

    Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya T

  • Senin, 18 Jun 2018 21:08

    BNPB Rilis Update Kapal Tenggelam di Danau Toba, 1 Meninggal Dunia

    KM. Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba Kabupaten Simalungun, Kamis (18/6/2018), sekitar pukul 17.30 wib.

  • Senin, 18 Jun 2018 20:18

    Kecelakaan, Mobil Fortuner Keluarga Lumban Raja Terjun Ke Danau Toba

    Keluarga Lijon Lumban Raja, asal Kota Harapan Indah Bekasi, yang mengendarai Mobil Toyota Portuner warna putih dengan Nopol B 1915 KJI, mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke danau Toba, tepatnya di

  • Minggu, 22 Apr 2018 21:12

    Peringati Hari Bumi, Sihar Kampanyekan Camping Bersih Bersahabat pada Alam

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak para pencinta wisata alam bebas maupun traveller yang melaksanakan camping agar melakukan aktivitas wisata yang bersih serta bersahabat dengan alam. Ajaka

  • Kamis, 19 Apr 2018 14:29

    Ibu Negara dan Ketua TP PKK Provsu Tanam Pohon di Geopark Kaldera Toba

    Ibu Negara Ny Hj Iriana Joko Widodo didampingi Ketua TP PKK Provsu Ny Hj Evi Diana Erry dan rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, melakukan penanaman pohon di di Geopark Kaldera Toba, Kabupaten Samosir, Rabu (18/4/2018).

  • Jumat, 13 Apr 2018 12:13

    Gubernur Harap Pemerintah Pusat Perhatikan Proyek Strategis Nasional di Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan perhatian Pemerintah Pusat terhadap proyek-proyek strategis nasional yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Di antaranya, pengembangan destinasi wisata Dana

  • Minggu, 01 Apr 2018 15:01

    Akademisi: Sihar Sitorus Paham Membangun Sumut

    Sejumlah komentar Sihar Sitorus di media publik termasuk liputan perjalanan Sihar di berbagai daerah di Sumatera (Sumut) menunjukkan keseriusan dan pemahamannya sangat kuat dalam membangun daerah. Hal

  • Senin, 05 Mar 2018 19:05

    Sihar Sitorus: Jangkar Perekonomian Danau Toba Bergantung pada Geo, Bio dan Cultural Diversity

    Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus mengajak masyarakat di Sumut untuk menjaga keragaman hayati dan budaya yang ada di kawasan Danau Toba. Menurut calon nomor urut

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak