Jumat, 22 Jun 2018 08:36
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Pemilukada
  • Sihar Dorong Kawasan Hamparan Perak Jadi Daerah Khusus Sejarah

Sihar Dorong Kawasan Hamparan Perak Jadi Daerah Khusus Sejarah

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 28 Mar 2018 05:28
Dok
Sihar Sitorus bersama tokoh masyarakat Hamparan Perak, Deli Serdang.
Selamat Puasa Paluta

Cawagub Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus menyambangi Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Senin (26/3) siang. Di hadapan masyarakat Hamparan Perak, Sihar menilai Hamparan Perak dan sekitarnya sepatutnya menjadi daerah khusus sejarah. 

Hal itu diutarakannya karena, banyak peninggalan benda-benda sejarah hingga ditemukannya jejak pendiri Kota Medan, Guru Patimpus Sembiring di sana. Itu menjadi bukti bahwa, daerah yang masuk ke wilayah pemerintahan Kabupaten Deli Serdang itu memiliki kekayaan sejarah. "Sepatutnya wilayah ini menjadi kawasan wisata sejarah yang harus dijaga, dilestarikan dan dimajukan pengembangannya," aku Sihar saat berziarah ke makam Guru Patimpus Sembiring, Senin (26/3).

Didampingi tokoh masyarakat Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak, Saiful Bukhari Tarigan dan Saddam Husin, mantan Exco PSSI itu menambahkan, berbagai sumber dan penjelasan soal sejarah Hamparan Perak sebagai bagian sejarah yang penting juga menunjukkan kekayaan yang dimiliki. "Berbagai sumber dan juga literatur saat ini, memberikan argumen valid dan budaya lisan yang diturunkan memang diceritakan secara konsisten dan terus dijaga hingga saat ini. Apalagi juga ditemukan guci yang diyakini dari abad ke-14, itu menjadi bukti Hamparan Perak menjadi bagian penting dari sejarah di Sumut," jelasnya.

"Bahwa sesungguhnya sejarah Kota Medan telah mengusung konsep keberagaman dalam diri Guru Patimpus. Ini akan menjadi warisan bagi kita dan anak cucu kita ke depannya. Keberagaman ini pesan moral sebagai benang merah Kota Medan," tambah Sihar.

Sihar menilai, banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan bukti peninggalan sejarah ini. Tak hanya berpangku pada Pemko Medan saja. Namun, juga Pemkab Deli Serdang hingga Pemprov Sumut juga harus bahu membahu menjaga dan turut melestarikannya. 

"Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk mengenal sejarah Kota Medan ini. Mari sama-sama kita mengenal Sumut dari sejarahnya," tegas Sihar.

Sementara itu, Sekretaris Aliansi Masyarakat Peduli Pengembangan Pariwisata dan Situs Budaya (AMP3SB) Kec Hamparan Perak Rian Sulaiman yang turut mendampingi Sihar mengatakan, masyarakat menginginkan kepedulian dan keseriusan pemerintah dalam menjaga dan melestarikan berbagai bukti sejarah yang ada di Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak ini. "Harapan kami dari poros peninggalan ini menjadi situs terlestarikan. Ini tak hanya diperlukan peran pemerintah Kabupaten/Kota saja, tapi juga pemerintah provinsi harus turut peduli. Bukti sejarah inilah yang akan diturunkan kepada anak cucu kita soal sejarah dan sosok Guru Patimpus Sembiring ini sebagai pendiri Kota Medan," jelasnya.

Soal kedatangan Sihar, Rian menilai, jika hal tersebut menunjukkan rasa kepedulian dan keinginan yang kuat untuk turut bertanggungjawab atas bukti sejarah yang ada di Desa Lama Hamparan Perak tersebut. "Kedatangan Bang Sihar ke Desa Lama dan ziarah ke makam Guru Patimpus ini menunjukkan bahwa Bang Sihar figur kepedulian yang sangat luar biasa. Harapan kami, kepedulian ini diwujudkan saat memimpin Sumut ini," harapnya.

Sebelumnya, Sihar diundang Saiful Bukhari Tarigan dan Sadam Husin, untuk makan siang bersama. Dalam pertemuan tersebut Sihar pun diberi penghormatan untuk menaburkan bibit ikan.
Editor: Herda

T#g:Guru PatimpusMedan
Berita Terkait
  • Kamis, 11 Jan 2018 21:37

    Bangun Sinergitas TNI/Polri Bersama Pemko Medan

    Membangun Sinergitas antara TNI/Polri bersama Pemko Medan dalam rangka  apel bersama yang diikuti ribuan personel TNI/Polri dan ASN serta Pemko Medan yang dipimpin Kapoldasu, Irjen Pol Drs. Paulu

  • Sabtu, 23 Des 2017 21:03

    Hanya 19% Pada Pilwako Medan 2015, KPU Gencar Sosialisasi di Medan Amplas

    Kecamatan Medan Amplas mencatat rekor terendah dalam tingkat partisipasi pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan tahun 2015 lalu, oleh karenanya dalam rangka sosialisasi Pemilihan Gubernur Su

  • Jumat, 22 Des 2017 22:02

    Sosialisasikan Pilgubsu 2018, KPU Medan Goes To School

    Dalam rangka sosialisasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menyambangi sejumlah sekolah menengah atas.

  • Senin, 04 Des 2017 13:04

    Peringati Hari Guru, Tim Tari UPT Medan Deli Torehkan Juara III Tarian Daerah

    Memperingati Hari Guru Nasional Tingkat Kota Medan, tim tari UPT Kecamatan Medan Deli berhasil menorehkan Juara III pada lomba tarian daerah antar guru SD tingkat Kota Medan.Penyerahan piala, sertifik

  • Senin, 06 Nov 2017 17:16

    GMKI Nilai Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi belum layak beroperasi

    Koordinator Wilayah I SUMUT-NAD PP GMKI mengapresiasi pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Ruas Kualanamu-Sei Rampah dan Medan-Binjai-Seksi Helvetia-Semayang-Binjai yang diresmikan oleh

  • Jumat, 13 Okt 2017 21:03

    Jokowi Berpantun Saat Resmikan Jalan Tol Di Sumut

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpantun saat meresmikan ruas jalan tol Medan-Binjai seksi Helvetia-Sei Semayang-Binjai, Jumat (13/10/2017).

  • Senin, 09 Okt 2017 22:39

    Jalan Tol Medan-Binjai Siap Beroperasi

    Pembangunan jalan tol Medan-Binjai dari gerbang tol Helvetia-Binjai sepanjang 10,6 Km siap dioperasionalkan. Tinggal pembangunan jalan tol seksi Tanjung Mulia sepanjang 3,3 Km masih menunggu proses pe

  • Kamis, 07 Sep 2017 06:17

    Bulan Ini, 2 Seksi Tol Medan-Binjai Dioperasionalkan

    Pembangunan jalan tol Medan-Binjai sudah mulai rampung. Bahkan ditargetkan dalam bulan ini untuk seksi 2 yakni Helvetia-Sei Semayang dan seksi 3 Sei Semayang-Binjai akan diresmikan dan dioperasionalka

  • Selasa, 29 Agu 2017 14:19

    DPRD Medan heran, harga kontrak Ruko Pemko di Petisah cuma Rp2 juta per tahun

    Sengketa melibatkan aset Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang kerap dimenangkan pihak lain, menimbulkan dugaan Pemko Medan kurang serius mempertahankan aset, dan bahkan tidak tertutup kemungkinan berkon

  • Senin, 07 Agu 2017 13:47

    Pembunuhan sadis di Kota Bangun Darat Medan Deli

    Masyarakat dihebohkan dengan peristiwa pembunuhan sadis terhadap Dedi Wiyono, 36 tahun, di jalan ke pabrik tahu di Kota Bangun Darat Medan Deli, pagi tadi, Senin (7/8/2017), sekira pukul 08.00 WIB.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak