Kamis, 17 Agu 2017 13:02
Iklan Kota1
  • Home
  • Pemilukada
  • Pemerataan Pembangunan TIK di Perbatasan dan Pulau Terluar

Pemerataan Pembangunan TIK di Perbatasan dan Pulau Terluar

SULAWESI (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 02 Agu 2017 02:02
Dibaca: 962 kali
Puspen TNI
Rudiantara didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Manalip

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat cepat sehingga perlu adanya program pemerataan pembangunan sarana dan prasarana khususnya di Pulau Miangas yang masuk dalam kategori wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang terletak paling utara di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.
 
Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Rudiantara didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Manalip saat meninjau Infrastruktur Telekomunikasi dan Layanan Akses Informasi di Pulau Miangas, Kec. Nanusa, Kab. Kepulauan Talaud, Prov. Sulawesi Utara, Senin (31/7/2017).
 
"Miangas merupakan pulau kecil dan paling luar dari belasan ribu pulau di Indonesia, tetapi sangat strategis posisinya karena merupakan pulau paling utara di Indonesia sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus pemerintah pusat," kata Rudiantara.
 
Pada kesempatan yang sama Menkominfo RI Rudiantara meresmikan siaran digital TVRI dan RRI di Miangas serta secara simbolis stasiun radio RRI di wilayah Bima, Rote, Sanggau dan Belitung, selanjutnya meninjau Base Transceiver Station (BTS) milik Telkomsel. "Hadirnya siaran TVRI dan RRI di Miangas akan semakin mempermudah akses informasi masyarakat dan menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan akses informasi di wilayah Indonesia secara adil dan merata," jelasnya.
 
Saat meninjau BTS, Menkominfo RI Rudiantara melakukan Video call dengan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang berada di Mabes TNI Jakarta. "Video call ini bertujuan untuk menguji kemampuan BTS yang telah diupgrade dengan teknologi 4G serta kualitas layanan akses internet di Pulau Miangas," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Rudiantara menyampaikan bahwa BTS milik Telkomsel yang telah diupgrade kemampuannya dari semula yang hanya menggunakan teknologi 2G menjadi saat ini memiliki kemampuan 4G. BTS ini merupakan BTS pertama di daerah 3T di Indonesia yang dilengkapi dengan kemapuan broadband. "Layanan akses internet ini ada di 5 lokasi di Pulau Miangas yang sudah dapat mengakses jaringan internet yaitu Pos TNI AL, Rumah Pintar, SMK dan RRI, Pelabuhan dan Alun-alun," ucapnya.
 
Menkominfo RI Rudiantara mengatakan bahwa tujuan kedatangan ke Miangas memastikan televisi, radio, seluler dan internet semuanya berfungsi dengan baik untuk masyarakat. "Tetapi butuh kerja sama untuk mengelola konten-konten yang ada di dunia internet agar informasi dan pesan-pesan yang ingin disampaikan terutama pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi dan Kabupaten bisa disalurkan kepada masyarakat," tutupnya.
 
Upgrade teknologi BTS serta penyediaan akses layanan internet di Pulau Miangas yang dibangun oleh Dirut Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Anang Achmad Lathief. BP3TI Kementerian Kominfo menargetkan untuk membangun 419 BTS di daerah 3T di tahun 2017. Sebanyak 140 BTS diantaranya sudah dibangun dan beroperasi. Terkait dengan penyediaan akses internet, Kementerian Kominfo menargetkan 800 lokasi di daerah 3T sudah dapat terlayani di tahun 2017.

Editor: Dian

T#g:sulawesiperbatasan
Berita Terkait
  • Rabu, 16 Agu 2017 23:26

    Jelang HUT ke-72 RI, Kemendesa PDTT RI dan Bakamla RI Sibuk di Perbatasan

    Tiga hari menjelang perayaan HUT ke-72 RI, puluhan pejabat dan staf dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa PDTT RI) yang didukung personel d

  • Rabu, 16 Agu 2017 09:46

    Wartawan di perbatasan harus berani sampaikan fakta

    Wartawan yang bertugas meliput peristiwa di perbatasan, harus berani menyampaikan fakta. Meskipun konsekwensinya tak jarang harus menghadapi tekanan. Baik itu dari aparat, maupun masyarakat.Demikian d

  • Jumat, 11 Agu 2017 10:31

    TNI Dukung Program Pemerataan Pembangunan di Perbatasan

    Pembangunan wilayah perbatasan merupakan salah satu fokus konsentrasi kerja Presiden RI Ir Joko Widodo dan seluruh perangkat pemerintahan, termasuk TNI di dalamnya.

  • Minggu, 06 Agu 2017 20:06

    Kapoldasu tinjau perbatasan Kabupaten Karo dan Langkat di Kuta Rakyat

    Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Ketua Bhayangkari Daerah Sumut dan para Pejabat Utama Polda Sumut, pengurus Bhayangkari Daerah Sumut dan Kapolres Tanah Karo meninjau langsung pe

  • Selasa, 01 Agu 2017 08:51

    Panglima TNI : Program Pembangunan TIK Dukung Tugas TNI di Perbatasan dan Pulau Terluar

    TNI saat ini sedang merencanakan dan melaksanakan pembangunan pangkalan-pangkalan baru di wilayah terpencil, perbatasan dan pulau terluar. Program pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  • Sabtu, 29 Jul 2017 07:37

    Telanjang bulat, PNS ini keliling kota naik sepeda motor

    Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Toraja Utara berinisial AT, 38 tahun, membuah heboh kota setempat dengan aksi nyelenehnya.

  • Sabtu, 15 Jul 2017 08:05

    Bakamla RI Terima Kunjungan Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan

    Sebagai bentuk dukungan Bakamla RI dalam dunia pendidikan dan penelitian ilmu pengetahuan, Kepala Kantor Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Manembo-nembo Ridwan Basuki, S.T. mene

  • Kamis, 13 Jul 2017 20:53

    Panglima TNI: Pembangunan Satuan TNI di Lima Pulau Terluar Strategis Tetap Dilanjutkan

    TNI akan tetap melanjutkan pembangunan satuan TNI di lima pulau terluar yang letaknya strategis meliputi pulau Natuna, Morotai, Biak, Saumlaki dan Merauke berdasarkan skala prioritas, khusus pembangunan di Natuna sudah memasuki tahap penyelesaian.

  • Selasa, 04 Jul 2017 06:54

    Biadab, Pemuda 18 Tahun Perkosa Siswi SMP Bermodal Obat Tidur

    Modus jalan-jalan, seorang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) berinisial M, 15 tahun, di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, diperkosa oleh pelaku yang masih berusia 18 tahun, Y alias Ucil.

  • Senin, 05 Jun 2017 17:05

    Babinsa Pulau Terluar Terima Bingkisan dari Kepala Staf Angkatan Darat

    Bertepatan dengan pelaksanaan Upacara Minggu Pertama (5/6/2017) di halaman Makodim 0824 Jember, sekaligus dilaksanakan penyerahan bingkisan lebaran dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) kepada Babinsa yang wilayahnya terdapat Pulau Terluar.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak