Selasa, 11 Des 2018 01:46
  • Home
  • Pemilukada
  • Mendadak!! Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho Mundur Dari Calon Bupati

Mendadak!! Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho Mundur Dari Calon Bupati

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Wan
Rabu, 24 Jan 2018 11:44
Dok
Ketua KPUD Batubara, Muksin Kalid, SE.

Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho, SE dikabarkan mundur dari kursi pencalonan Bupati Kabupaten Batubara pada pelaksanaan Pilkada Batubara yang rencananya akan digelar pada 27 Juni 2018.

Informasi dihimpun, kabar mengenai mundurnya Harry Nugroho dari pencalonan perebutan kursi orang nomor satu di Batubara itu terhembus di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, pada Selasa (23/1) sekira jam 17.00 WIB.

Sebuah mobil Toyota Fortuner warna putih BK 99 HF yang diduga merupakan milik kuasa hukum Plt Bupati Batubara Harry Nugroho tampak terparkir di halaman kantor KPU.

"Iya bang, kabarnya Plt Harry Nugroho kabarnya mengundurkan diri. Alasan pengunduran dirinya kabarnya karena alasan keluarga dan masalah kesehatan," kata sumber di halaman kantor KPU Batubara.

Sekitar jam 19.00 WIB, tiga orang yang diduga merupakan tim kuasa hukum Plt Harry Nugroho tampak keluar dari dalam kantor KPU Batubara sambil menenteng tas. Saat hendak dikonfirmasi, ketiganya pun tampak enggan memberikan komentar seputar informasi pengunduran diri RM Harry Nugroho tersebut.

"Nanti saja ya dek kita ngomong," ujar pria yang mengaku bernama Surya perdana itu.

Ketua KPU Kabupaten Batubara Muksin Kalid, SE pada Wartawan di kantor KPU, Selasa (23/1) malam saat ditemui di ruang kerjanya membenarkan perihal pengunduran diri Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho tersebut.

"Iya benar, surat pengunduran diri diserahkan langsung tadi oleh kuasa hukumnya Dr Surya Perdana yang langsung menyerahkan surat pengunduran diri atasnama Harry Nugroho sebagai calon Bupati Batubara," ujarnya.

Dia juga mengatakan, setelah menerima surat pengunduran diri itu, pihaknya kemudian akan mencermati dan pihak KPU Batubara kemudian juga akan melakukan konsultasi ke KPU Provinsi dan Pusat dan jika perlu ke MA untuk meminta fatwa apa yang akan dilakukan KPU nantinya.

"Alasan beliau mengundurkan diri itu karena keluarganya gak mendukung, kalau alasan kesehatan gak ada, sebab kemarin beliau sudah ikut tes kesehatan," ujarnya.

Dia juga mengatakan, terkait pengunduran diri itu pihaknya kemudian akan melakukan proses selanjutnya.

"Kita pelajari dulu berdasarkan peraturan yang ada, apakah pengunduran diri itu disampaikan ke  KPU atau ke Partai Politik itu masih kita pelajari dan akan kita konsultasikan.

"Seluruh tembusan sudah disampaikan, dimana ada sekitar 22 item tembusan yang ada di antaranya yakni ke KPU pusat, KPU Provinsi, Kementrian Dalam Negeri, KPUD Batubara, partai pendukung dan Kepolisian Resort Batubara," jelasnya.

Dan masalah proses selanjutnya, akan dilihat terlebih dahulu dari peraturan yang ada sampai batas penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Batubara Pada 12 Februari 2018.

"Saat ini tahapan yang dilakukan yakni masih lanjutan proses penelitian perbaikan sampai tanggal 27 Januari 2018, artinya pengunduran diri itu tidak langsung diganti, makanya ada proses dan kita perlu konsultasikan dulu. Dan benar pengunduran diri atasnama Harry Nugroho telah kita terima," ungkapnya mengakhiri. 

Sementara itu, sebelumnya pada Rabu (10/1) sekitar jam 16.30 WIB, Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Batubara H. RM Harry Nugroho, SE. dan DR. M. Syafii telah melakukan pendaftaran melalui jalur Partai Politik dengan ratusan masa pendukungnya.

Pendaftaran pasangan calon tersebut langsung diterima Ketua KPU Batubara Muksin Kalid, SE dan komisioner lainnya.

Adapun tim yang mendampingi Paslon tersebut saat itu yakni, Ketua DPD Partai Nasdem Batubara Amran SH, Ketua DPC Partai Hanura Batubara Usman, SE, dan Ketua Partai PAN Batubara Fahmi, SH serta ketua Partai PKS Batubara Ahmad Hadian. Pendaftaran tersebut juga tampak dihadiri Ketua Panwaslih Batubara, Ade Sutoyo.

Editor: Tommy

T#g:BatubarakpuPilkada Batubara
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Senin, 03 Des 2018 13:23

    Jelang Pemilu 2019, KPU Nias Sosialisasikan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Nias menggelar sosialisasi pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu tahun 2019, di aula Serbaguna Gido, Senin (3/11/2018).Komisioner KPU Dev

  • Senin, 26 Nov 2018 17:26

    KPU Deli Serdang Gelar Kursus Kepemiluan

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang menggelar kursus Kepemiluan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Aula Kantor KPU Kabupaten Deli Serdang, Lubuk Pakam, Senin (26/11/2018).Ketua K

  • Kamis, 18 Okt 2018 13:28

    Plt Bupati Hadiri Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih KPU Labuhanbatu

    Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Labuhanbatu mengadakan sosialisasi GMHP (gerakan melindungi hak pilih) yang dilaksanakan di Gedung Nasional Rantauprapat, Kamis (18/10/18) sekira pukul 09.30 wib

  • Selasa, 16 Okt 2018 19:16

    KPU Palas Berharap Siswa Tidak Golput

    Seribuan siswa SMAN I Barumun mengikuti sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas, Selasa, (16/10).Ketua KPU Palas Amran Pulungan (Ampul) mengatakan, tujuan dari sosi

  • Kamis, 11 Okt 2018 04:11

    Kredibilitas KPU RI untuk Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumut Jangan Sampai Diragukan

    Beberapa hari lalu pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPU Periode 2018-2023 di 26 Kabupaten/Kota, di Sumatera Utara, telah berlangsung. Namun GMKI Wilayah I Sumut-NAD melihat kondis

  • Sabtu, 22 Sep 2018 14:52

    Ketua KPU Paluta Umumkan Kekerabatan dengan Peserta Pemilu

    Sebagai penyelenggara Pemilu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara, Rahmat Hidayat membuat pengumuman secara tertulis. Pengumuman tersebut dibuat untuk memenuhi dan melaksanak

  • Jumat, 21 Sep 2018 15:01

    Peserta Pemilu 2019 Ikuti Sosialisasi Peraturan KPU RI Tentang Kampanye

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan kegiatan sosialisasi peraturan KPU RI tentang kampanye di kantor KPU Paluta, Jum'at (21/9/2018).Acara yang dimulai p

  • Kamis, 20 Sep 2018 20:10

    KPU Paluta Gelar Rapat Pleno Penetapan DCT Pemilu 2019

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Utara gelar rapat pleno penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2019 mendatang di kantor KPU Paluta, Kamis

  • Minggu, 16 Sep 2018 16:26

    20.853 Pemilih Ganda, KPUD Simalungun Tidak Perbaiki Secara Menyeluruh

    Terungkap, dari pelaksanaan Pleno untuk DPTHP di Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pihak KPUD Simalungun ternyata tidak memperbaiki hasil temuan Bawaslu RI.Dalam pelaksanaan

  • Jumat, 14 Sep 2018 06:14

    Sulit Input Data, Pleno DPTHP Pemilih 2019 Simalungun Diskor 5 Jam

    Akibat sulitnya melakukan penginputan terhadap data Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk Pemilihan Umum tahun 2019. Rapat pleno hasil mutlak DPTHP untuk Kabupaten Simalungun diskor selam

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak