Jumat, 21 Sep 2018 13:58
  • Home
  • Pemilukada
  • Mendadak!! Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho Mundur Dari Calon Bupati

Mendadak!! Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho Mundur Dari Calon Bupati

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Wan
Rabu, 24 Jan 2018 11:44
Dok
Ketua KPUD Batubara, Muksin Kalid, SE.

Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho, SE dikabarkan mundur dari kursi pencalonan Bupati Kabupaten Batubara pada pelaksanaan Pilkada Batubara yang rencananya akan digelar pada 27 Juni 2018.

Informasi dihimpun, kabar mengenai mundurnya Harry Nugroho dari pencalonan perebutan kursi orang nomor satu di Batubara itu terhembus di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, pada Selasa (23/1) sekira jam 17.00 WIB.

Sebuah mobil Toyota Fortuner warna putih BK 99 HF yang diduga merupakan milik kuasa hukum Plt Bupati Batubara Harry Nugroho tampak terparkir di halaman kantor KPU.

"Iya bang, kabarnya Plt Harry Nugroho kabarnya mengundurkan diri. Alasan pengunduran dirinya kabarnya karena alasan keluarga dan masalah kesehatan," kata sumber di halaman kantor KPU Batubara.

Sekitar jam 19.00 WIB, tiga orang yang diduga merupakan tim kuasa hukum Plt Harry Nugroho tampak keluar dari dalam kantor KPU Batubara sambil menenteng tas. Saat hendak dikonfirmasi, ketiganya pun tampak enggan memberikan komentar seputar informasi pengunduran diri RM Harry Nugroho tersebut.

"Nanti saja ya dek kita ngomong," ujar pria yang mengaku bernama Surya perdana itu.

Ketua KPU Kabupaten Batubara Muksin Kalid, SE pada Wartawan di kantor KPU, Selasa (23/1) malam saat ditemui di ruang kerjanya membenarkan perihal pengunduran diri Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho tersebut.

"Iya benar, surat pengunduran diri diserahkan langsung tadi oleh kuasa hukumnya Dr Surya Perdana yang langsung menyerahkan surat pengunduran diri atasnama Harry Nugroho sebagai calon Bupati Batubara," ujarnya.

Dia juga mengatakan, setelah menerima surat pengunduran diri itu, pihaknya kemudian akan mencermati dan pihak KPU Batubara kemudian juga akan melakukan konsultasi ke KPU Provinsi dan Pusat dan jika perlu ke MA untuk meminta fatwa apa yang akan dilakukan KPU nantinya.

"Alasan beliau mengundurkan diri itu karena keluarganya gak mendukung, kalau alasan kesehatan gak ada, sebab kemarin beliau sudah ikut tes kesehatan," ujarnya.

Dia juga mengatakan, terkait pengunduran diri itu pihaknya kemudian akan melakukan proses selanjutnya.

"Kita pelajari dulu berdasarkan peraturan yang ada, apakah pengunduran diri itu disampaikan ke  KPU atau ke Partai Politik itu masih kita pelajari dan akan kita konsultasikan.

"Seluruh tembusan sudah disampaikan, dimana ada sekitar 22 item tembusan yang ada di antaranya yakni ke KPU pusat, KPU Provinsi, Kementrian Dalam Negeri, KPUD Batubara, partai pendukung dan Kepolisian Resort Batubara," jelasnya.

Dan masalah proses selanjutnya, akan dilihat terlebih dahulu dari peraturan yang ada sampai batas penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Batubara Pada 12 Februari 2018.

"Saat ini tahapan yang dilakukan yakni masih lanjutan proses penelitian perbaikan sampai tanggal 27 Januari 2018, artinya pengunduran diri itu tidak langsung diganti, makanya ada proses dan kita perlu konsultasikan dulu. Dan benar pengunduran diri atasnama Harry Nugroho telah kita terima," ungkapnya mengakhiri. 

Sementara itu, sebelumnya pada Rabu (10/1) sekitar jam 16.30 WIB, Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Batubara H. RM Harry Nugroho, SE. dan DR. M. Syafii telah melakukan pendaftaran melalui jalur Partai Politik dengan ratusan masa pendukungnya.

Pendaftaran pasangan calon tersebut langsung diterima Ketua KPU Batubara Muksin Kalid, SE dan komisioner lainnya.

Adapun tim yang mendampingi Paslon tersebut saat itu yakni, Ketua DPD Partai Nasdem Batubara Amran SH, Ketua DPC Partai Hanura Batubara Usman, SE, dan Ketua Partai PAN Batubara Fahmi, SH serta ketua Partai PKS Batubara Ahmad Hadian. Pendaftaran tersebut juga tampak dihadiri Ketua Panwaslih Batubara, Ade Sutoyo.

Editor: Tommy

T#g:BatubarakpuPilkada Batubara
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Kamis, 20 Sep 2018 20:10

    KPU Paluta Gelar Rapat Pleno Penetapan DCT Pemilu 2019

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Utara gelar rapat pleno penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2019 mendatang di kantor KPU Paluta, Kamis

  • Minggu, 16 Sep 2018 16:26

    20.853 Pemilih Ganda, KPUD Simalungun Tidak Perbaiki Secara Menyeluruh

    Terungkap, dari pelaksanaan Pleno untuk DPTHP di Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pihak KPUD Simalungun ternyata tidak memperbaiki hasil temuan Bawaslu RI.Dalam pelaksanaan

  • Jumat, 14 Sep 2018 06:14

    Sulit Input Data, Pleno DPTHP Pemilih 2019 Simalungun Diskor 5 Jam

    Akibat sulitnya melakukan penginputan terhadap data Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk Pemilihan Umum tahun 2019. Rapat pleno hasil mutlak DPTHP untuk Kabupaten Simalungun diskor selam

  • Senin, 03 Sep 2018 19:23

    Masyarakat Nias Minta KPU RI dan Timsel Sumut V Batalkan Ujian CAT Calon KPU Nias Selatan

    Ratusan masyarakat Kepulauan Nias yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Ono Niha (HIMONI) dan Forum Komunikasi Masyarakat Nias (Forkamnis) geruduk Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, Senin (3/9/201

  • Kamis, 16 Agu 2018 06:06

    Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan Dukung Timsel Sumut V Untuk Lanjutkan Tahapan Seleksi

    Merujuk surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 890/PP.06-SD/05/KPU/VIII/2018 tentang Penundaan Tes Wawancara Bagi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Sumut V (lima), Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggot

  • Minggu, 12 Agu 2018 15:22

    KPU Gunungsitoli Umumkan DCS Anggota DPRD 2019

    Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum serta memperhatikan Peraturan KPU Nomor 20Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD, DPRD Provinsi, danDPRD Kabupate

  • Senin, 23 Jul 2018 08:23

    Ingin Bangun Kabupaten Batubara, Nanda MJC Jadi Caleg Gerindra

    Terjun langsung ke dunia perpolitikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara mungkin tak pernah ada dalam pikiran M. Nanda Octavian sebelumnya.Namun, untuk bisa ikut andil dalam

  • Selasa, 17 Jul 2018 15:47

    GP Ansor dan GMNI Minta Timsel KPU Kab/Kota Tidak Rekrut Calon Bermasalah di DKPP RI

    Ketua GP Ansor Kabupaten Nias Selatan dan Nias Barat Alex Brian Wau meminta Tim Seleksi (Timsel) Perekrutan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara untuk tidak mengakomodir Calon Anggota KP

  • Rabu, 04 Jul 2018 15:34

    KPU Deli Serdang Buka Pendaftaran Bacaleg

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Rabu (4/7/2018). Pendaftaran Bacaleg akan dibuka sampai Selasa (17/7/2018).

  • Senin, 02 Jul 2018 17:32

    Soal DPT, Kantor KPU Sumut dikepung massa

    Sebanyak 70 orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Demokrasi (AMARA PEDAS) melakukan unjuk rasa di depan Kantor KPU Sumut Jl. Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (2/7/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak