Minggu, 19 Agu 2018 20:30
  • Home
  • Pemilukada
  • Maria Zalukhu Bangga Persembahkan Tarian dan Sirih pada Sihar Sitorus

Maria Zalukhu Bangga Persembahkan Tarian dan Sirih pada Sihar Sitorus

Nias Utara (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 11 Apr 2018 20:51
Dok
Kunjungan Sihar Sitorus ke salah satu desa terdalam di Nias Utara.
Perempuan itu bernama Maria Zalukhu, yang memberikan sirih lewat tarian Famee Afo. Maria dipilih dari sejumlah penari untuk memberikan kepada Sihar Sitorus yang datang berkunjung ke Lahewa, Nias Utara.

Pemberian sirih tersebut merupakan tradisi di desa mereka, sebagai penghormatan kepada tamu terhormat. Kunjungan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumut nomor urut dua dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 ini merupakan kebanggaan bagi mereka. Karena mereka tinggal di salah satu desa terdalam di Nias Utara.

Maria mengaku bangga didaulat sebagai pengantar sirih kepada Sihar. Karena posisi tersebut merupakan salah satu posisi yang memiliki tugas inti menyambut raja. Karena wakil Djarot Saiful Hidayat tersebut merupakan salah satu putra terbaik Sumut.

Selama ini Maria sudah sering melihat Sihar lewat media publik dan jejaring sosial. Namun tidak menyangka akan menjadi pengantar sirih kepada Sihar. Di sisi lain, Maria juga akan menggunakan hak suaranya pada Pilkada Sumut 2018 ini. Karena itu, tugas mengantar Siri menjadi kesempatan untuk mengenal Sihar lebih dekat. "Dari yang saya lihat, bapak itu lembut, berkarisma dan memiliki marwah sebagai pemimpin. Saya pasti tidak akan menyia-nyiakan suara saya dan akan memilih dia," katanya.



Selain Maria, Berniat Putri Lase juga mengatakan hal yang sama. Baginya yang sudah menapaki usia 17 tahun, menjadi penari yang mengantar sirih adalah hal istimewa. Terlebih dia akan menggunakan hak suaranya pertama sekali pada Pilkada nanti.

Prinsipnya, penggunaan suara pertama harus tepat dengan memilih pasangan yang pas. Karena itu, kesempatan menari memberi penyambutan atas kedatangan Sihar menjadi ruang baginya untuk mengenal Sihar lebih dekat. Dari yang dilihatnya, Sihar sangat menghargai budaya, karena dia menerima pemberian mereka dengan senyum yang bersahabat.

Dia juga meyakini bahwa Sihar juga akan mengembangkan desa mereka ini, karena selama ini belum ada tokoh seperti Sihar yang mendatangi mereka. "Dia pasti akan membangun kampung kami, karena tadi dia menerima pemberian kami dengan bahagia," katanya.

Sementara itu, pelatih tari Famee Afo, Anisa Zalukhu mengatakan bahwa dia sengaja memilih para pemuda pemudi yang baru menyelesaikan pendidikan dari bangku sekolah untuk menumbuhkan minat memilih pemimpin mereka. Ketika ditawarkan untuk menari menyambut Sihar yang merupakan Cawagub Sumut, mereka tertarik.

Dengan kata lain, menurut Anisa ketertarikan itu merupakan salah satu tolak ukur bahwa animo mereka untuk mengenal Cawagub mereka sangat tinggi. "Harapan kita, agar Pak Sihar Sitorus terus memberikan perhatian kepada mereka, saat terpilih nanti menjadi pemimpin mereka di Sumut," katanya.

Sementara itu, Ketua Relawan Persatuan Omoda Djoss, Ferry Laoly mengatakan, kreativitas anak muda di Nias Utara tersebut merupakan kreasi pengenalan calon pemimpin yang sangat baik. Sebab secara tidak langsung, anak muda tersebut akan memahami seperti apa calon yang mereka pilih dan akan mengajak mereka untuk memilih dengan baik. "Karena selama ini minat memilih itu rendah, karena itu lewat ruang kreasi mereka diajak untuk memilih," katanya.

Sihar Sitorus mengungkapkan, masyarakat harus bersama-sama menggunakan hak suaranya dengan baik. Memilih dalam Pilkada Sumut merupakan kesempatan untuk menentukan pilihan pembangunan lima tahun ke depan. Saat ini, kemiskinan dan ketidakadilan sosial menjadi alasan untuk menentukan pilihan.

Terlebih saat ini Nias berada di persimpangan yang dihadapkan pada pilihan untuk tetap atau maju. Karena itu, pemilih pemula dan kalangan sosial harus memiliki komitmen untuk menggunakan suara dengan baik.

"Prinsipnya kami dari pasangan nomor urut dua, menawarkan perubahan, Sumut Hebat dan Sumut yang Lebih Baik dengan Semua Urusan Mudah dan Transparan. Gunakan hak suara dan jangan biarkan golput sebagai pemenang," katanya.
Editor: Herda

T#g:Lahewanias
Berita Terkait
  • Kamis, 09 Agu 2018 16:49

    Dalam Hitungan Jam, Polres Nias Selatan Ungkap dan Bekuk Pelaku Pembunuhan

    Petugas Gabungan Polres Nias Selatan dan Polsek Lolowau Kamis (09/08) pagi, membekuk seorang pelaku pembunuhan di Desa Sifaorasi Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan. Tersangka ditangkap petug

  • Jumat, 20 Jul 2018 18:30

    Provinsi Sumut Alokasikan Anggaran 54 Miliar Lebih Untuk Penanganan Jalan Di Nias

    Ruas jalan berstatus jalan provinsi yang ada di kepulauan Nias, Sumatera Utara, akhirnya mulai dibenahi. Ruas jalan ini sebelumnya banyak warga, khususnya pengendara yang mengeluh, bahkan kepala daera

  • Jumat, 20 Jul 2018 14:50

    Kepulauan Nias Terpilih Lokasi Penerbangan Layangan Bendera Merah Putih Tandem 8 PLBN

    Pemerintah pusat perlahan melirik Kepulauan Nias, Sumatera Utara, karena salah satu dari 111 (seratus sebelas) pulau terluar di wilayah NKRI.

  • Kamis, 19 Jul 2018 16:09

    Tiga Kasus Menonjol Berhasil Diungkap Polres Nias Dalam Sepekan

    Kepolisian Resort Nias, Sumatera Utara berhasil mengungkap tiga kasus menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polres selama sepekan terakhir, yakni curanmor, judi online dan pengungkapan aktor pembobol

  • Jumat, 29 Jun 2018 21:29

    Pergantian Pimpinan Lanal Nias

    Tongkat Komando Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias akan segera berpindah tangan dari Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto kepada Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, M. Tr. Hanla. Demikian dikatakan oleh

  • Minggu, 03 Jun 2018 20:03

    Tragis, 3 Warga Nias Ditemukan Tewas Di Dalam Sumur

    Tiga warga desa Moasio, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias ditemukan tidak bernyawa di dalam sumur galian di desa Ahedano, kecamatan yang sama, Sabtu malam (2/6/2018).Informasi beredar di kalangan me

  • Rabu, 16 Mei 2018 17:26

    Soal Pemekaran, Ternyata Edy Setuju dengan DJOSS

    Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) menyatakan bahwa keputusan pemekaran daerah adalah kewenangan pemerintah pusat. Terpenting bagi Paslon no

  • Minggu, 13 Mei 2018 03:13

    Pemerataan Pembangunan, DJOSS Prioritaskan Pantai Barat dan Kepulauan Nias

    Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, menyatakan, Pantai Barat dan Kepulauan Nias menjadi prioritas pembangunan ke depan. Menurut mereka, ini harus dil

  • Senin, 07 Mei 2018 12:47

    Sihar: Jadikan Sumut Provinsi Sejahtera, Tidak Akan Ada Permintaan Pemekaran

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus menilai, pemerintah harus hadir ke tengah-tengah permasalahan yang dihadapi masyarakat dan memberikan solusi serta jawaban. Jika ini dilakukan, maka sikap apatis k

  • Rabu, 25 Apr 2018 20:35

    Sihar Iri dengan Kehidupan Anak-anak Panti Asuhan

    Pernyataan mengejutkan diungkapkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus saat berkunjung ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi, Jalan Pengayoman Ujung Sei Agul Medan, Rabu (25/4/201

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak