Senin, 18 Jun 2018 05:06
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Pemilukada
  • KPU Paluta Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Dengan Satu Pasangan Calon

KPU Paluta Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Dengan Satu Pasangan Calon

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Yasir Harahap
Selasa, 12 Jun 2018 14:32
Ahmad
Suasana simulasi pemungutan suara pilkada Paluta dengan satu pasangan calon.
Selamat Puasa Paluta
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara mengadakan simulasi pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara tahun 2018.

Simulasi dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) III desa Aek Haruaya, Kecamatan Portibi, tepatnya di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 101580 Aek Haruaya, Selasa, (12/6/2018) pada pukul 07.00 WIB. 

TPS III Aek Haruaya terdiri dari 201 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dalam kegiatan tersebut dilakukan simulasi tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Paluta tahun 2018 pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Amatan UTAMANEWS.COM, adapun tata cara pemungutan suara adalah pemilih yang datang ke TPS dan melakukan pendaftaran ke KPPS dan menyerahkan formulir C6, KTP atau Suket, selanjutnya menunggu namanya dipanggil Ketua KKPS, selanjutnya Ketua KPPS memberikan surat suara kepada pemilih dan selanjutnya pemilih ke bilik suara melakukan pencoblosan, pemilih selanjutnya memasukkan surat suara ke Kotak Suara dan mencelupkan jari kelingking kiri ke dalam tinta lalu meninggalkan TPS.

Di sela-sela kegiatan, Komisioner KPU Paluta, Herisal Lubis SH kepada sejumlah wartawan mengatakan, tujuan diadakannya simulasi adalah memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam pemungutan suara dengan satu pasangan calon pun masih ada pilihan lainnya yang sah yaitu Kolom Kosong.

"Agar masyarakat mengetahui pada kolom sebelah kiri adalah pasangan calon dengan Kolom Bergambar dan kolom sebelah kanan adalah Kolom Kosong. Jika pemilih mencoblos pada kolom sebelah kiri maka itu akan menjadi satu suara sah untuk pasangan calon dan begitu juga sebaliknya," ujar Herisal, Koordinator Divisi SDM dan PARMAS KPU Paluta ini.

Dari 201 daftar pemilih tetap TPS III, pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya sebanyak 80 orang hingga pukul 13.00 WIB.

Kemudian pada pukul 13.15 WIB, simulasi penghitungan perolehan suara dilakukan. Ketua KPU menginstruksikan kepada anggota KPPS didalam membacakan perolehan suara dengan menyebutkan kolom bergambar dan kolom kosong.

Setelah dilakukan penghitungan perolehan suara sebanyak 20 surat suara sah, 18 suara untuk kolom bergambar, 2 suara untuk kolom kosong.

Kemudian, penghitungan perolehan suara dihentikan. Ketua KPU Paluta, Rahmat Hidayat Siregar menjelaskan alasan dihentikannya penghitungan suara adalah karena ini hanyalah simulasi. 

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sesuai dengan peraturan hanya 20% suara yang dihitung. Dan hasil perolehan suara dalam simulasi tidak boleh dipublikasikan," jelas Rahmat Hidayat sembari menutup kegiatan simulasi.

Editor: Adjie

T#g:simulasi
Berita Terkait
  • Minggu, 29 Apr 2018 20:09

    150 Prajurit TNI Ikuti Briefing Pelaku PPRC TNI Tahun 2018

    Sebanyak 150 Prajurit TNI unsur Komandan Satuan dari ketiga angkatan yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang terlibat dalam latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI tahun 2018 mengikuti Briefing P

  • Senin, 02 Apr 2018 14:02

    Lagi, Taifib Sapu Perompak Di Perairan Laut Aru

    Setelah sukses melumpuhkan sekawanan perompak di perairan Ambon, kini satu tim Pasukan Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap kapal yang telah berhasil dibebask

  • Minggu, 18 Feb 2018 14:28

    Satkorcab Banser Palas Buat Rusuh di Pilkada Palas

    Sedikitnya 30-an personil Satkorcab Banser Kabupaten Padang Lawas (Palas) membuat kerusuhan di lokasi Pilkada Palas tahun 2018, saat proses berjalannya tahapan-tahapan di Pilkada serentak Kabupaten Pa

  • Kamis, 24 Agu 2017 06:34

    Sumut Kategori Tinggi Bencana, Gubsu Erry minta Pemkab dan Pemko buat terobosan konkrit

    Dengan menggunakan helikopter, tim Basarnas Sumut sukses menyelamatkan seorang nelayan yang tenggelam akibat diterpa anging kencang di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Rabu (23/8/2017).

  • Sabtu, 12 Agu 2017 21:52

    Polsek Lubuk Pakam Lakukan Simulasi Pilkada Serentak

    Personil Polsek Lubuk Pakam melaksanakan latihan simulasi Sistem Pengamanan Mako (Sispamko) dan Kontijensi.

  • Kamis, 06 Jul 2017 07:56

    Pos Penjagaan Polres Deli Serdang Diserang Empat Pelaku Teror

    Pos Penjagaan Polres Deli Serdang diserang empat orang tak dikenal (OTK) diduga pelaku teror. Beruntung, para pelaku dihadang petugas pengamanan markas di pintu gerbang Mapolres Deli Serdang saat melaksanakan tugas rutin, Rabu (5/7/2017).

  • Senin, 03 Jul 2017 23:43

    Pos Penjagaan Polisi di Jakarta Utara Diserang OTK

    Di tengah keramaian masyarakat yang berurusan, dua orang tidak dikenal melakukan penyerangan kepada anggota polisi yang sedang jaga di pos penjagaan halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Senin (3/7/2017).

  • Minggu, 19 Feb 2017 19:26

    Bantu Masyarakat, Polrestabes Medan Gelar Simulasi Ujian Praktek di Car Free Day

    Mayoritas masyarakat yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor polisi gagal saat mengikuti ujian praktek. Mengingat hal tersebut, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan menggelar pelatihan untu

  • Rabu, 18 Nov 2015 06:52

    PPRC TNI Hancurkan Musuh di Pulau Morotai

    Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI menghancurkan musuh di Pulau Morotai. Pertempuran diawali dengan pendaratan 1 Kompi Marinir yang berhasil melakukan perebutan secara cepat Dermaga Umum dan Derm

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak