Selasa, 21 Agu 2018 02:05

KPU Dinilai Memihak pada Paslon Satu di Pilgub Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 09 Mei 2018 02:09
Bcl comm
LSM Pijar Keadilan Sumatera Utara, Selasa (8/5/2018).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara dituding tidak independen sebagai pelaksana pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 mendatang.

Tudingan ini disampaikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar Keadilan Sumatera Utara yang menilai berdasarkan alat peraga kampanye (APK) yang ditetapkan KPU. Di mana, Pilgub Sumut yang menetapkan dua pasangan calon, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus itu, KPU terkesan memihak salah satu paslon.

Ketua DPD LSM Pijar Keadilan Sumut, Osborn Siahaan, mengatakan, tudingan itu berdasarkan bukti yang mereka temukan pada APK yang dipasang oleh KPU. "Bahwa KPU lakukan kampanye langsung terhadap salah satu Paslon Gubsu. Itu terlihat dari APK yang dikeluarkan oleh KPU. Baik itu spanduk, baliho, umbul-umbul," ungkapnya, di Medan, Selasa (8/5/2018).

Didampingi Wakil Ketua, Suhunan Sirait dan Divisi Hukum, Demson Butarbutar, Osborn menjelaskan, pada APK tersebut, KPU terkesan menginstruksikan masyarakat untuk memilih paslon nomor urut satu. "Dari APK yang dikeluarkan KPU Sumut itu, terdapat kata 'coblos' di luar lingkaran paslon nomor urut satu. Sedangkan, paslon nomor urut dua, tidak ada kata coblos," jelasnya.

Juga, lanjut Osborn, ukuran lingkaran yang di dalamnya terdapat nomor masing-masing paslon, juga gambar paku berbeda. Di mana, paslon nomor urut satu lebih besar dari pada nomor urut dua. "APK KPU itu tertera pada Paslon satu, seolah-olah KPU memaksakan, mengimbau, mengajak  masyarakat untuk coblos nomor satu. Jelas, visualisasi itu KPU telah secara langsung mengajak, masyarakat Sumut memilih nomor satu itu," sebut Orborn.

"Temuan ini, dari 33 kab/kota se-Sumut, sudah ada 25 kab/kota kami temukan. Antara lain, Asahan, Batubara, Simalungun, Pematangsiantar, Tobasa, Samosir, Humbahas, Medan," sebutnya.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya pun melakukan somasi terhadap KPU, Sabtu (5/5/2018). Surat somasi bernomor 0010/DPD-LSM-PK/PK/SU/V/2018 diterima staf KPU. Somasi tersebut, katanya, juga ditembuskan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumut, KPU Pusat, Kementerian Dalam Negeri, juga masing-masing paslon. 

"Kami menanggapi KPU tidak jujur, tidak independen, atau menduga KPU memihak kepada Paslon nomor urut satu. Akibat itu, ada pihak yang dirugikan, yaitu Paslon nomor urut dua. Isi somasi kami meminta KPU agar mencabut seluruh APK yang telah dipasang, diganti dengan APK yang fair dan independen. Juga minta maaf kepada pihak yang dirugikan," tegasnya.

Divisi Hukum, Demson Butarbutar menambahkan, pihaknya berharap agar masyarakat bijak dalam menentukan hak pilih 27 Juni 2018 mendatang. "Imbauan kami, agar masyarakat tidak terprovokasi adanya somasi ini dengan tetap melakukan hak pilih. Kita tidak bermaksud negatif, kami hanya mengingatkan adanya kesalahan yang dilakukan KPU, tidak berlaku jujur," pungkasnya. 

Sedangkan Komisioner KPU Sumut, Yulhasni, mengamini telah menerima somasi tersebut. Katanya, jika yang ditunjukan tersebut merupakan bahan sosialisasi yang dicetak oleh KPU sesuai dengan jumlah desa se-Sumut. "Itu template brill yang kami cetak sebanyak 6.110 lembar masing-masing paslon. Itu disebarkan ke seluruh desa di Sumut," ungkapnya yang ditemui di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (8/5/2018).

Katanya, pihaknya akan menjawab somasi tersebut. Hal yang sama pun akan dijelaskan oleh KPU Sumut di hadapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut. 'Somasi itu akan kami jawab. Juga kami akan klarifikasi kepada Panwas," pungkasnya. 

Editor: Herda

T#g:kpu
Berita Terkait
  • Kamis, 16 Agu 2018 06:06

    Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan Dukung Timsel Sumut V Untuk Lanjutkan Tahapan Seleksi

    Merujuk surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 890/PP.06-SD/05/KPU/VIII/2018 tentang Penundaan Tes Wawancara Bagi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Sumut V (lima), Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggot

  • Minggu, 12 Agu 2018 15:22

    KPU Gunungsitoli Umumkan DCS Anggota DPRD 2019

    Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum serta memperhatikan Peraturan KPU Nomor 20Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD, DPRD Provinsi, danDPRD Kabupate

  • Selasa, 17 Jul 2018 15:47

    GP Ansor dan GMNI Minta Timsel KPU Kab/Kota Tidak Rekrut Calon Bermasalah di DKPP RI

    Ketua GP Ansor Kabupaten Nias Selatan dan Nias Barat Alex Brian Wau meminta Tim Seleksi (Timsel) Perekrutan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara untuk tidak mengakomodir Calon Anggota KP

  • Rabu, 04 Jul 2018 15:34

    KPU Deli Serdang Buka Pendaftaran Bacaleg

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Rabu (4/7/2018). Pendaftaran Bacaleg akan dibuka sampai Selasa (17/7/2018).

  • Senin, 02 Jul 2018 17:32

    Soal DPT, Kantor KPU Sumut dikepung massa

    Sebanyak 70 orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Demokrasi (AMARA PEDAS) melakukan unjuk rasa di depan Kantor KPU Sumut Jl. Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (2/7/2018).

  • Minggu, 01 Jul 2018 18:11

    KPU Paluta Umumkan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengeluarkan pengumuman tentang Pengajuan Bakan Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu tahun 2019 nanti.Komis

  • Minggu, 24 Jun 2018 17:44

    GMKI Wilayah I dan KPU Sumut Sosialisasikan "Cerdas Menjadi Pemilih Pemula"

    Saat ini, kaum cendekiawan umumnya bersemayam di perguruan-perguruan tinggi dengan berbagai bidang studi, baik sebagai dosen maupun peneliti, atau para sarjana yang tersebar dan bergerak di barbagai s

  • Kamis, 31 Mei 2018 22:31

    Amran Pulungan: Pengunduran Diri AZP dan SEH Memenuhi Syarat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH) sebagai Calon Wakil Bupati Palas telah memenu

  • Rabu, 30 Mei 2018 18:20

    Rumah Pintar Pemilu KPU Deli Serdang Diresmikan

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Deli Serdang di Kantornya, Lubuk Pakam, Rabu (30/05/2018).Peresmian ini dihadiri Plt Bupati Deli Serdang H Zainudd

  • Senin, 28 Mei 2018 16:58

    HIMMAH Sumut Minta Penegak Hukum Periksa Anggaran Sosialisasi KPU Sumut

    Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Sumatera Utara Abdul Razak Nasution meminta aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian untuk memeriksa anggaran sosialisasi KPU Sumatera Utara

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak