Rabu, 23 Jan 2019 05:07

KPU Dinilai Memihak pada Paslon Satu di Pilgub Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 09 Mei 2018 02:09
Bcl comm
LSM Pijar Keadilan Sumatera Utara, Selasa (8/5/2018).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara dituding tidak independen sebagai pelaksana pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 mendatang.

Tudingan ini disampaikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar Keadilan Sumatera Utara yang menilai berdasarkan alat peraga kampanye (APK) yang ditetapkan KPU. Di mana, Pilgub Sumut yang menetapkan dua pasangan calon, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus itu, KPU terkesan memihak salah satu paslon.

Ketua DPD LSM Pijar Keadilan Sumut, Osborn Siahaan, mengatakan, tudingan itu berdasarkan bukti yang mereka temukan pada APK yang dipasang oleh KPU. "Bahwa KPU lakukan kampanye langsung terhadap salah satu Paslon Gubsu. Itu terlihat dari APK yang dikeluarkan oleh KPU. Baik itu spanduk, baliho, umbul-umbul," ungkapnya, di Medan, Selasa (8/5/2018).

Didampingi Wakil Ketua, Suhunan Sirait dan Divisi Hukum, Demson Butarbutar, Osborn menjelaskan, pada APK tersebut, KPU terkesan menginstruksikan masyarakat untuk memilih paslon nomor urut satu. "Dari APK yang dikeluarkan KPU Sumut itu, terdapat kata 'coblos' di luar lingkaran paslon nomor urut satu. Sedangkan, paslon nomor urut dua, tidak ada kata coblos," jelasnya.

Juga, lanjut Osborn, ukuran lingkaran yang di dalamnya terdapat nomor masing-masing paslon, juga gambar paku berbeda. Di mana, paslon nomor urut satu lebih besar dari pada nomor urut dua. "APK KPU itu tertera pada Paslon satu, seolah-olah KPU memaksakan, mengimbau, mengajak  masyarakat untuk coblos nomor satu. Jelas, visualisasi itu KPU telah secara langsung mengajak, masyarakat Sumut memilih nomor satu itu," sebut Orborn.

"Temuan ini, dari 33 kab/kota se-Sumut, sudah ada 25 kab/kota kami temukan. Antara lain, Asahan, Batubara, Simalungun, Pematangsiantar, Tobasa, Samosir, Humbahas, Medan," sebutnya.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya pun melakukan somasi terhadap KPU, Sabtu (5/5/2018). Surat somasi bernomor 0010/DPD-LSM-PK/PK/SU/V/2018 diterima staf KPU. Somasi tersebut, katanya, juga ditembuskan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumut, KPU Pusat, Kementerian Dalam Negeri, juga masing-masing paslon. 

"Kami menanggapi KPU tidak jujur, tidak independen, atau menduga KPU memihak kepada Paslon nomor urut satu. Akibat itu, ada pihak yang dirugikan, yaitu Paslon nomor urut dua. Isi somasi kami meminta KPU agar mencabut seluruh APK yang telah dipasang, diganti dengan APK yang fair dan independen. Juga minta maaf kepada pihak yang dirugikan," tegasnya.

Divisi Hukum, Demson Butarbutar menambahkan, pihaknya berharap agar masyarakat bijak dalam menentukan hak pilih 27 Juni 2018 mendatang. "Imbauan kami, agar masyarakat tidak terprovokasi adanya somasi ini dengan tetap melakukan hak pilih. Kita tidak bermaksud negatif, kami hanya mengingatkan adanya kesalahan yang dilakukan KPU, tidak berlaku jujur," pungkasnya. 

Sedangkan Komisioner KPU Sumut, Yulhasni, mengamini telah menerima somasi tersebut. Katanya, jika yang ditunjukan tersebut merupakan bahan sosialisasi yang dicetak oleh KPU sesuai dengan jumlah desa se-Sumut. "Itu template brill yang kami cetak sebanyak 6.110 lembar masing-masing paslon. Itu disebarkan ke seluruh desa di Sumut," ungkapnya yang ditemui di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (8/5/2018).

Katanya, pihaknya akan menjawab somasi tersebut. Hal yang sama pun akan dijelaskan oleh KPU Sumut di hadapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut. 'Somasi itu akan kami jawab. Juga kami akan klarifikasi kepada Panwas," pungkasnya. 

Editor: Herda

T#g:kpu
Berita Terkait
  • Selasa, 22 Jan 2019 17:42

    Timo Dicopot dari Jabatan Ketua KPU Deli Serdang

    Timo Dahlia Daulay diberhentikan dari jabatan sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang. Pemberhentian jabatan itu berlaku setelah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) m

  • Minggu, 20 Jan 2019 18:20

    Amien Rais Semakin Ngelantur

    Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, optimis bahwa Capres dan Cawapres nomor urut 02 ini akan menjadi pemenang jika tak ada kecurangan.Dalam diskusi 'Refleksi Malari, G

  • Kamis, 10 Jan 2019 17:40

    KPU Paluta Rekrut Relawan Demokrasi Pemilu tahun 2019

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membuka pendaftaran bagi masyarakat umum untuk menjadi Relawan Demokrasi. Hal tersebut bertujuan dalam rangka pelaksanaan kegiatan sos

  • Kamis, 03 Jan 2019 20:13

    14 Parpol Di Paluta Sampaikan LPSDK

    Dari 15 Partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), hanya 14 Parpol yang menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU)

  • Rabu, 02 Jan 2019 14:52

    KPU Labura Lantik Penambahan PPK Dua Orang Pasca Putusan MK

    KPU Labura melantik dua orang anggota PPK pasca putusan MK, di Aula Kantor KPU Labura Aek Kanopan pada Hari Rabu (2/1/2019).Pelantikan Ini berdasarkan Berita Pleno Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labu

  • Kamis, 27 Des 2018 15:07

    Komisioner Baru KPU Paluta Laksanakan Rapat Konsolidasi

    Hari pertama masuk kerja, seluruh anggota KPU Padang Lawas Utara periode 2018-2023 langsung melaksanakan konsolidasi di lingkungan satuan kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Utara (Paluta),

  • Rabu, 12 Des 2018 09:52

    KPUD Labuhanbatu Sosialisasi Surat Suara Pileg-Pilpres pada Istri Prajurit TNI di Kodim 0209/LB

    Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu mensosialisasikan surat suara untuk Pemilu 2019 baik pemilihan legislatif pusat, provinsi, kabupaten serta pemilihan presiden dan wakil presid

  • Selasa, 11 Des 2018 07:01

    Pemilu 2019, Jumlah Pemilih Kab. Labuhanbatu Terkoreksi, Mengalami Penurunan

    Hasil rekapitulasi rapat DPTHP-II, pemilih di Labuhanbatu sebanyak 295.788 orang.

  • Senin, 03 Des 2018 13:23

    Jelang Pemilu 2019, KPU Nias Sosialisasikan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Nias menggelar sosialisasi pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu tahun 2019, di aula Serbaguna Gido, Senin (3/11/2018).Komisioner KPU Dev

  • Senin, 26 Nov 2018 17:26

    KPU Deli Serdang Gelar Kursus Kepemiluan

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang menggelar kursus Kepemiluan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Aula Kantor KPU Kabupaten Deli Serdang, Lubuk Pakam, Senin (26/11/2018).Ketua K

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak