Kamis, 13 Des 2018 07:44
  • Home
  • Pemilukada
  • Jika Terpilih, Pedagang Meminta Djarot-Sihar Tata Pasar Aek Nabara

Jika Terpilih, Pedagang Meminta Djarot-Sihar Tata Pasar Aek Nabara

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Sam
Minggu, 11 Mar 2018 00:41
Dok
Sihar bersama para pedagang di pasar Aek Nabara

Dalam blusukan dan pertemuan bersama masyarakat dan Pedagang di pasar tradisional Aek Nabara, Rantauprapat, Labuhan Batu, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (10/3), Calon Wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus banyak mendapatkan keluhan soal kondisi pasar yang tidak tertata rapi.

Dorlan Malau, 45 tahun, salah seorang pedagang di pasar Aek Nabara mengatakan bahwa, kesemrawutan itu dikarenakan adanya sejumlah pedagang yang lebih memilih berjualan di jalan raya.

Sehingga, pemandangan pasar menjadi terlihat tidak tertata. Tak hanya membuat pemandangan tak beraturan, kondisi itu juga berdampak kepada berkurangnya pendapatan pedagang yang sudah memiliki kios dibagian dalam. Padahal mereka telah merogoh koceknya  untuk membayar sewa kios sebesar Rp 10 juta setiap tahunnya.

"Karena masyarakat umumnya membeli di pinggir jalan. Disisi lain pedagang di pinggir jalan jauh lebih murah. Selain itu mereka tidak memberikan retribusi kepada negara. Sehingga modal yang digunakan sangat rendah dibandingkan mereka," kata Dorlan, Sabtu (10/3).

"Kami mau mengatakan bahwa itu ditertibkan pak. Karena jika tidak, kami akan rugi. Ini juga kami sampaikan kepada pihak pemerintah kabupaten. Karena kami membayar retribusi kepada negara," tambah Dorlan.

Dia mengungkapkan, barang dagangan pedagang yang menyewa kios baru terjual ketika barang dagangan pedagang di luar pasar sudah habis.  Dirinya dan pedagang lainnya menilai, hal tersebut tidak adil. Karena mereka memberikan kontribusi pada negara.

"Kami maunya semua sama-sama mendapat untung. Karena kita sama sama pedagang yang mencari nafkah untuk keluarga kita," katanya.

Selain masalah pasar dia juga berharap agar Sihar membangun Aek Nabara yang merupakan salah satu kota terkotor dan semrawut di Sumut.

Mendengar keluhan masyarakat, Sihar Sitorus mengatakan, penataan pasar memang hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan baik, agar tidak terjadi bentrok antara para pedagang.

"Semua keluhan pedagang harus di akomodir. Baik yang di luar pasar maupun di dalam pasar. Harus ada solusi yang baik juga nantinya yang akan diberikan kepada para pedagang," tandas Sihar.
Editor: Herda

T#g:ekonomi
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Senin, 15 Okt 2018 09:05

    Wakil Walikota Buka Sosialisasi SDGs Kota Tebing Tinggi

    Pemerintah Kota Tebing Tinggi yang diwakili oleh Wakil WalikotaTebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar membuka Acara Sosialisasi Rencana Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Go

  • Selasa, 09 Okt 2018 08:39

    Panglima Kogasgabpad Himbau Warga Kembali ke Sulawesi Tengah

    Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Mayjen TNI Tri Suwandono menghimbau kepada warga masyarakat yang sebelumnya telah meninggalkan Kota Palu, Kabupaten Donggala dan KabupatenSigi, ag

  • Jumat, 05 Okt 2018 18:05

    150 Personel TNI Amankan Roda Perekonomian di Pasar Inpres Palu

    Sebanyak 150 personel TNI ditempatkan di Pasar Inpres yang terletak di jantung Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk membantu mengamankan jalannya roda perekonomian agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan

  • Jumat, 21 Sep 2018 09:21

    Wakasad: Generasi Muda harus jadi Agent Of Change dan Entrepreneur

    Guna menghadapi kompetisi global yang penuh dengan tantangan Generasi muda diharapkan mampu menjadi Agent of Change sekaligus Entrepreneur berwawasan kebangsaan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ke

  • Sabtu, 08 Sep 2018 18:48

    Ketua Umum Dharma Pertiwi Hadiri Talkshow Akses Pemasaran

    Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri Talkshow "Akses Pemasaran" Gebyar Karya Pertiwi 2018 di Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268, Jakarta Selatan, Sabtu (8/9/2018). S

  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Minggu, 06 Mei 2018 02:36

    Manfaat Kunjungan PM China, Secara Ekonomi dan Politik

    Indonesia akan kedatangan Perdana Menteri China Li Keqiang yang dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018.  Lawatan ini menurut Kementerian China merupakan undangan Presiden Jo

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak