Jumat, 19 Jan 2018 02:21
  • Home
  • Pemilukada
  • Institut Masa Depan Indonesia Gelar FGD "Menatap Masa Depan Sumut dalam Kontestasi Pilkada Serentak 2018"

Refleksi akhir Tahun 2017,

Institut Masa Depan Indonesia Gelar FGD "Menatap Masa Depan Sumut dalam Kontestasi Pilkada Serentak 2018"

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 30 Des 2017 21:40
Dibaca: 108 kali
Dok
Focus Group Discusion IMDI di Aula Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara, Kamis (28/12/17)

Institut Masa Depan Indonesia (IMDI) menggelar Focus Group Discusion (FGD) refleksi akhir  tahun 2017 di Aula Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara, Kamis (28/12/17) pukul 14.00 WIB.

FGD mengusung tema, "Refleksi Di Akhir Tahun, Menatap Posisi Sumatera Utara Menjelang Pilkada 2018", dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari sejumlah kampus di kota Medan.

Para pembicara dalam FGD yang digelar IMDI terdiri dari politisi dan akademisi yang menjadi penyeimbang bagi jalannya diskusi tersebut seperti, Dr Kusbianto, SH, MHum (Rektor Universitas Dharmawangsa), Oky T M Bangun (Ketua PA PC GMNI Deli Serdang ) dan Irsan Diapari Lubis, SH, MH (Ketua DPC Gardu Prabowo Medan) acara ini digagas oleh Direktur IMDI Faisal Hadi Pinem.

Turut hadir Badan Pendiri IMDI yang juga Sekretaris DPC GMNI Kota Medan Syam Firdaus Jafba dan pengurus Cabang GMNI Kota Medan Doni Irwasnyah. Acara dipandu oleh Gubernur Mahasiswa Fakultas Agama Islam UISU Yunan Habibi (moderator).

Dalam diskusinya salah seorang narasumber Irsan Diapari berpendapat, bahwa Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi terbesar di Indoensia dengan sumber daya alamnya yang begitu melimpah, serta keberagaman etnis budaya yang menjadikan Sumatera Utara daerah yang layak diperhitungkan dalam kancah pilkada.

Masih menurut Irsan, Pilkada tahun 2018 akan cukup kompetitif karena bermunculannya sosok figur calon yang mempunyai karismatik dan tingkat pemilih yang cukup banyak. Jadi tidak menutup kemungkinan tidak akan ada perolehan suara yang mayoritas nantinya. Melihat peristiwa di tahun 2017, begitu banyak kepala daerah yang terjerat kasus korupsi maupun KKN,  dengan bergulirnya pemilu yang akan datang, para calon yang maju dalam pilgubsu tahun 2018 diharapkan mampu memperbaiki Sumut untuk menjadi daerah yang maju dan lebih baik lagi.

"Kita tentu sangat mengharapkan kehadiran pemimpin seperti itu, karena Sumatera Utara ini sudah dua periode sebelumnya sangat malu, sebab dua gubernur masuk penjara karena persoalan korupsi. Semoga persoalan ke depan adalah bagaimana caranya agar membawa Sumut tidak seperti itu lagi, maka perlu peningkatan infrastruktur yang saat ini amburadul, benahi sektor pariwisata dan industry serta tingkatkan pendapatan daerah dari BUMD," jelas Irsan.


Senafas dengan Irsan Diapari, Rektor Dharmawangsa yakni Dr Kusbianto  juga menyampaikan, bahwa pemimpin Sumut ke depan harus bisa lebih memperhatikan sektor pendidikan, karena pendidikan di Sumut ini masih kurang dari perhatian kepala daerah.

Selain itu, Dr Kusbianto juga mengingatkan agar masyarakat Sumut  untuk ikut serta dalam pemilu 2018 nantinya, jangan mau menjadi peserta yang golput, karena pemimpin yang dipilih oleh rakyat untuk rakyat dan dari rakyat harus benar-benar  pro dengan kepentingan rakyat dan berani berantas praktik korupsi penyengsara warga Sumut.

Senada dengan kedua Pembicara, Oky T M Bangun selaku narasumber ketiga juga berpendapat untuk menghindari gejolak Pilkada yang dinilai cukup kompetitif di tahun 2018, maka para peserta pilkada maupun para tim sukses di setiap pendukung balon Gubsu untuk tidak menggandeng isu isu SARA atau isu Money Politik yang dapat menimbulkan perpecahan diantara para kubu yang sedang berpesta demokrasi, untuk itu diusahakan tindakan yang perlu diambil dari para pelaku partai politik  adalah dengan mengecek kualitas orang-orang yang akan dicalonkan dari masing masing partai, agar figur-figur yang memang memiliki akuntabilitas yang bersih maju dalam pilgubsu di tahun 2018 di Sumut.

"Maka dari itu hendaknya dari tim sukses dari masing masing calon gubernur menggunakan cara cara yang beretika, tidak perlu membuat isu isu yang tidak benar, SARA, membuat fitnah dan segala macam yang dapat menimbulkan perpecahan, untuk itu bersaing lah dari segi program kerja yang akan dijual kepada masyarakat, beradulah masalah visi dan misi agar masyarakat yang mengingkan perubahan di tingkatan Sumut segeranya dapat terwujud," ucap Oky T M Bangun di hadapan Audiens.

"Terakhir, siapapun yang akan menang dan siapapun yang akan maju, mulailah dari sekarang untuk bisa memberikan sebuah harapan baru yang semoga akan terealisasi dalam program kerjanya jika terpilih, yang mana harapan itu dapat dirasakan perubahannya, baik infrastruktur, ekonomi maupun mental dari petinggi pemerintahan yang menduduki tahta Sumut 1 agar sinergitas antara masyarakat dan pemeirntahan dapat berjalan seimbang dan stabil," tutup Oky salah seorang pengurus PDIP Cabang Deli Serdang ini.

Faisal Hadi Pinem selaku Direktur IMDI saat ditemui awak media menambahkan, "Menjadi seorang pimpinan tidaklah mudah. Apalagi menjadi Gubernur Sumatera Utara. Maka diperlukan pikiran yang suci dan niat yang tulus dari beberapa bakal calon Gubernur Sumatera utara agar dikemudian hari sumatera utara bebas dari praktek-praktek Korupsi berjamaah."

Di tempat yang sama, salah satu badan pendiri IMDI Syam Firdaus Jafba menyampaikan harapannya pada Institut Masa Depan Indonesia (IMDI) kedepannya terus melakukan gerakan-gerakan dalam memberikan penyadaran politik, kajian-kajian tentang perundang-undangan dan lain-lain yang bersifat kerakyatan agar kemudian terkait mengenai Pilkada Sumut, rakyat dapat mengukur Integritas dari masing-masing bakal calon secara Objektif. 

Kegiatan berakhir dengan baik dan ditutup dengan sesi poto bersama serta penyerahan plakat oleh Direktur IMDI kepada Rektor Universitas Dharmawangasa Dr Kusbianto, SH, MHum, Badan Pendiri Syam Firdaus Jafba kepada Irsan Diapari, SH, MHum, dan Doni Irwansyah, SPd.I kepada Oky T M Bangun, S.I.P

Editor: Budi

T#g:Pilgubsu 2018
Berita Terkait
  • Minggu, 14 Jan 2018 17:14

    Daftar di Pilgub Sumut, Djarot Langsung Diserang Kampanye Hitam

    Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat langsung mendapat serangan black campaign sesaat setelah mendaftar di KPU Sumut, Rabu (10/1/2018).

  • Minggu, 14 Jan 2018 09:54

    Jelang Pilgubsu, Warga Palas Minta Jalan Provinsi Segera Diperbaiki

    Jelang pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018, warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) berharap besar, agar jalan Provinsi y

  • Minggu, 07 Jan 2018 17:57

    Sah.. SBY Umumkan JR Saragih-Ance Selian untuk Pilgubsu 2018

    Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono resmi mengumumkan JR Saragih-Ance Selian bertarung di Pemilihan Gubernur Sumut 2018.Pengumuman ini dilaksanakan di Kantor DPP Partai Demokrat di kaw

  • Sabtu, 06 Jan 2018 20:56

    Kodam I/BB Siap Membantu "Operasi Praja Toba 2018"

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri menyampaikan Kodam I/BB siap membantu "Operasi Mantap Praja Toba 2018."

  • Rabu, 27 Des 2017 14:17

    Sore ini PKS umumkan Bacagub dan Bacawagub Sumut dan 4 Provinsi lainnya

    Setelah menyatakan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN), sore ini, Rabu (27/12), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengumumkan nama-nama bakal calon gubernur dan wakil

  • Sabtu, 23 Des 2017 21:03

    Hanya 19% Pada Pilwako Medan 2015, KPU Gencar Sosialisasi di Medan Amplas

    Kecamatan Medan Amplas mencatat rekor terendah dalam tingkat partisipasi pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan tahun 2015 lalu, oleh karenanya dalam rangka sosialisasi Pemilihan Gubernur Su

  • Sabtu, 23 Des 2017 06:53

    Djarot, Kader Terbaik PDI Perjuangan dalam Pertarungan Sengit Pilgub Sumut

    Suhu politik menjelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara makin naik, dengan tampilnya nama kader "Banteng" ke permukaan. Nama yang sama sekali baru, dan berada di luar lingkaran pembicaraan masyarakat

  • Jumat, 22 Des 2017 22:02

    Sosialisasikan Pilgubsu 2018, KPU Medan Goes To School

    Dalam rangka sosialisasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menyambangi sejumlah sekolah menengah atas.

  • Kamis, 06 Apr 2017 06:58

    Gubsu Erry Fasilitasi 1.500 Roda Dua Untuk Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa

    Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengalokasikan bantuan 1.500 kendaraan roda dua untuk Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah plus Tokoh Masyarakat pada tahun anggaran 2017.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak