Kamis, 26 Apr 2018 18:29
  • Home
  • Pemilukada
  • Hasil Survey, Masyarakat Sumut Butuh Cagub-Cawagub yang Tegas dan Berpengalaman

Hasil Survey, Masyarakat Sumut Butuh Cagub-Cawagub yang Tegas dan Berpengalaman

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 16 Apr 2018 18:56
Sam
Rio Prayugo, Direktur Riset PRC, saat memaparkan hasil survey PRC di hotel JW Marriot, Jalan Putri Hijau Medan, Senin (16/4/2018).
Politika Research Center (PRC) merilis hasil survey yang mereka laksanakan untuk Pilgub Sumut 2018 akhir Maret 2018 lalu, dengan responden 1.000 penduduk Sumut 100 desa/kelurahan terpilih, yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah dengan proporsi responden pria dan wanita masing-masing sebesar 50%.

"Berdasarkan kemampuan, karakteristik, dan kepribadian Cagub-Cawagub Sumut, dalam simulasi 2 pasang, ERAMAS mendapatkan dukungan publik 48,7 persen, sedangkan DJOSS 38,3 persen. Ini sudah termasuk hasil limpahan suara Paslon JR Saragih-Ance Selian," ungkap Rio Prayugo, Direktur Riset PRC, di hotel JW Marriot, Jalan Putri Hijau Medan, Senin (16/4/2018).
 
Rio menegaskan bahwa survei yang berlangsung akhir bulan Maret 2018 ini bertujuan untuk mengukur persepsi publik berkaitan dengan figur atau sosok pemimpin yang dirindukan masyarakat Sumut lima tahun ke depan. 




"Dari segi kemampuan, tiga hal yang menjadi kelebihan pasangan ERAMAS yaitu: (a) menjaga Kamtibmas dan menanggulangi premanisme, (b) menyelesaikan ketimpangan sosial dan mengentaskan kemiskinan, dan (c) menjaga pluralisme dan kemajemukan. Sedangkan tiga hal yang menjadi kelebihan pasangan DJOSS, yaitu: (a) berpengalaman dalam memimpin pemerintahan, (b) mampu memperbaiki infrastruktur, dan (c) meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dari segi karakteristik, pasangan ERAMAS dipandang sebagai pasangan yang menghargai perbedaan, adil dan merangkul semua pihak serta paling serasi dan saling melengkapi. Sementara pasangan DJOSS dinilai paling berpengalaman dalam memimpin dan paling menguasai masalah pembangunan.  Adapun dari segi kepribadian, pasangan ERAMAS dinilai sebagai pasangan yang bijaksana dan tegas dalam mengambil keputusan dan dipercaya mampu membawa perubahan. Sedangkan pasangan DJOSS dipersepsikan sebagai pasangan yang ramah dan komunikatif kepada masyarakat serta sederhana dalam hidup," tuturnya.
 
Rio juga menegaskan bahwa dukungan dari pemilih JR Saragih-Ance Selian sebagian besar beralih ke pasangan DJOSS. Mayoritas pemilih juga sudah mantap dengan pilihannya, dan tak lebih dari 35 persen pemilih yang mengaku mungkin mengubah pilihan atau belum menentukan pilihan. Adapun faktor yang cukup dominan mengubah pilihan publik adalah tawaran program pasangan lawan lebih meyakinkan untuk perubahan Sumut yang lebih baik. 

"Hal lain yang menggembirakan bagi masyarakat Sumut adalah tingginya keyakinan masyarakat akan terselenggaranya Pemilukada yang aman dan lancar. Selain itu, publik juga menaruh keyakinan yang sama tinggi akan profesionalitas dan netralitas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dalam menyelenggarakan pemilihan gubernur-wakil gubernur Sumut pada 27 Juni mendatang," tukasnya.


Editor: Herda

T#g:Survei
Berita Terkait
  • Senin, 26 Mar 2018 07:26

    Menang dari Hasil Survei Indo Barometer, Djoss Tak Mau Terlena

    Sihar Sitorus enggan jumawa menanggapi hasil survei Indo Barometer yang menempatkan unggulnya elektabilitas pasangan calon nomor urut dua pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.Bagi Sihar, hal te

  • Sabtu, 24 Mar 2018 06:34

    Pemimpin Jujur Bersih lebih diinginkan daripada Tegas Berwibawa

    Masyarakat Sumatera Utara lebih menginginkan pemimpin yang jujur dan bersih dibandingkan yang tegas dan berwibawa.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak